Tips Memilih Vendor ERP yang Tepat untuk Perusahaan

Bagi perusahaan besar maupun sedang pasti sudah tidak asing lagi dengan sistem ERP, karena keberadaannya penting, maka perusahaan diusahakan menggunakan software dari vendor ERP yang terbaik sesuai dan mendukung dengan kebutuhan perusahaan. 

Pasalnya, penerapan software ERP dalam sistem manajemen di sebuah perusahaan ternyata sudah menjadi kebutuhan. Terlebih, di zaman yang semakin modern ini perusahaan butuh teknologi yang canggih untuk mempermudah pekerjaan dan meningkatkan persaingan pasar.

Selain itu juga, perusahaan butuh data super akurat dan update sehingga dalam memilih vendor ERP tidak boleh salah. Karena semakin kesini, konsumen semakin kritis terkait tuntutan dunia usaha untuk bisa memenuhi kebutuhan pelanggannya secara optimal.

Kamu bisa bayangkan betapa jadulnya perusahaan jika masih menggunakan sistem manajemen yang manual? Pasti karyawan atau bahkan kamu sendiri akan merasa kesulitan karena kamu tidak bisa bersaing dengan perusahaan-perusahan yang canggih menggunakan sistem manajemen dari vendor ERP yang bagus. 

Akibatnya, perusahaan jadi sulit untuk mendapatkan atau memenuhi kebutuhan pasar, hingga perusahaan juga ikut sulit untuk berkembang. 

Maka dari itu gunakan dan terapkan sistem ERP pada perusahaan kamu, maka segala kegiatan dan proses integrasi hingga otomatisasi data niscaya akan berjalan lebih mudah.

Pengertian ERP

Sebelumnya, kami pernah membuat artikel tentang ERP namun di sini akan dijelaskan kembali agar kamu bisa memahami lebih jauh terkait pemilihan vendor ERP yang tepat. 

Jadi, apa itu ERP software? Intinya, ERP (Enterprise Resource Planning) merupakan seperangkat software yang berfungsi untuk mengelola dan juga mengintegrasikan berbagai aktivitas operasional yang biasa dilakukan dalam sebuah bisnis. 

Meski pada saat itu sistem ERP biasa atau lebih sering digunakan oleh perusahaan skala besar (enterprise), namun saat ini perusahaan yang skala sedang hingga kecil, seperti UKM pun, juga sudah banyak yang menerapkannya. 

Manfaat Software Enterprise Resource Planning (ERP)

Sebagaimana yang telah dikemukakan oleh O’Brien, J. A., & Marakas, G. M. (2010: 273), tentang manfaat software ERP berikut ini:

Kualitas dan Efisiensi

Manfaat ERP yang pertama adalah bisa menciptakan kerangka kerja, terlebih sebagai alat pengintegrasi serta meningkatkan proses bisnis internal di sebuah perusahaan sehingga bisa memberikan peningkatan yang optimal.

Misalnya, peningkatan perusahaan dari segi kualitas, efisiensi dari pelayanan pelanggan, keunggulan produk dari produksi, dan kecepatan proses distribusi.

Mengurangi Biaya

Manfaat ERP yang kedua adalah bisa mengurangi biaya karena tidak sedikit perusahaan yang melaporkan terjadinya penurunan yang signifikan dalam transaksi seperti pengolahan biaya, hardware, software, dan staf IT support

Pengambilan Keputusan

Selanjutnya ada manfaat ERP dari segi pengambilan keputusan, karena sistem ERP secara cepat memberikan laporan/informasi penting, terlebih kepada petinggi seperti manajer terkait operasional perusahaan.

Sehingga sistem ERP juga bisa dijadikan sebagai alat peningkatan kemampuan manajer, khususnya dalam membuat keputusan tepat dan cepat di dalam perusahaan.

Enterprise agility

Manfaat ERP yang terakhir adalah Enterprose Agility, di mana sistem ini bisa memberikan fleksibilitas pada struktur organisasi, tanggung jawab manajerial, dan peran kerja dalam perusahaan. 

Dengan begitu, perusahaan bisa bekerja lebih mudah, terlebih dalam memanfaatkan peluang bisnis yang baru di zaman yang sudah canggih ini. 

Bagaimana, sudah tahu bukan ERP bisa bantu memenuhi kebutuhan bisnis kamu? Maka dari itu, pilihlah dan dapatkan vendor ERP yang tepat untuk bisnis di perusahaan kamu. Sebelumnya, kami akan memberikan panduan dalam memilih vendor ERP yang tepat dan sesuai.

Di Indonesia sendiri, sudah ada banyak vendor ERP yang tentunya menawarkan solusi untuk memudahkan sistem manajemen yang serupa. Namun dari banyaknya vendor ERP, ada baiknya kamu luangkan waktu untuk mencari tahu vendor mana yang sekiranya terbaik untuk bisnis perusahaan kamu.

Baca Juga: Lisensi ERP: Apa Bedanya Perpetual dan Subscription?

Faktor yang Perlu Dipertimbangkan Ketika Memilih Vendor ERP

Setidaknya ada beberapa faktor yang perlu kamu ketahui dalam memilih vendor ERP yang tepat. Pasalnya, memang sulit dalam melihat perbandingan antara vendor ERP yang ada.

Pilih Vendor Terbaik dan Cari Kelebihannya

Kamu akan merasa lebih sulit jika memilih calon vendor ERP yang jumlahnya terlalu banyak. Sehingga, akan lebih baik, mempersempit pilihan, misalnya pilih vendor ERP yang paling terbaik menjadi dua atau tiga vendor.

Sebelumnya, kamu bisa melakukan pencarian dan investigasi secara online, lalu kamu bisa meminta mereka untuk melakukan presentasi langsung kepada kamu, tentang kelebihan dari masing-masing vendor ERP.

Agar lebih mudah dalam memilihnya, berikut ini ada beberapa faktor, yang bisa dijadikan bahan pertimbangan pada penyedia sistem ERP yang satu dengan yang lain.

Baca Juga: 6 Langkah Implementasi ERP Lengkap dan Anti Gagal

Vendor ERP Memberikan Tawaran Solusi

Faktor selanjutnya adalah, kamu bisa melihat dan lebih fokus pada solusi yang memang sedang kamu atau perusahaan cari. 

Karena vendor ERP yang kamu pilih mungkin sudah memiliki pengalaman bertahun-tahun dan pastinya memiliki reputasi yang bagus serta luas, bahkan juga sudah memiliki klien dari perusahaan ternama. 

Akan tetapi, dari banyaknya klien yang bekerjasama pasti solusi dan kebutuhannya berbeda, sehingga ketika pertama kali kamu menemukan vendor ERP, tanyakan solusi ERP yang mereka tawarkan.

Selanjutnya, ada cara yang bisa kamu gunakan, yakni mencari jawaban terkait Vendor ERP dengan beberapa pertanyaan berikut ini:

  • Sistem ERP yang mereka tawarkan, apakah bisa memberikan solusi untuk berbagai isu yang sedang kamu hadapi dalam bisnis di perusahaan?
  • Adakan modul-modul yang sekiranya sesuai kebutuhan dan bisa mereka berikan kepada kamu?
  • Sistem ERP yang mereka berikan, bisa diintegrasikan dengan sistem ERP kamu yang sedang digunakan saat ini (jika sudah ada)?
  • Sistem ERP yang mereka tawarkan apakah dapat dikustomisasi, atau disesuaikan dengan kebutuhan bisnis di perusahaan kamu?
  • Apakah sistem ERP yang mereka tawarkan, mudah digunakan oleh orang-orang yang bukan spesialis IT?

Nah, itu dia beberapa hal yang mungkin bisa membantu kamu dalam menentukan vendor ERP di perusahaan kamu. 

Kesimpulan

Vendor ERP merupakan sistem yang saat ini sedang banyak digunakan oleh perusahaan skala besar maupun kecil, karena manfaat dalam mengintegrasi berbagai aktivitas di dalam bisnis sebuah perusahaan. 

Sehingga dalam memilih vendor ERP, sebuah perusahaan harus jeli agar sistem ERP yang kamu terapkan di perusahaan bisa memiliki efek yang baik. 

Maka tak heran jika banyak perusahaan menggunakan sistem ERP karena memang sangat berperan penting di dalam dunia bisnis. 

Nah, jika perusahaanmu menginginkan segala proses perencanaan hingga operasional bisa berjalan dengan lebih lancar, maka dari itu segera gunakan dan terapkan software ERP!

Kebanyakan dari perusahaan menggunakan sistem ERP untuk financial accounting, meski banyak juga bidang yang bisa menggunakannya. 

Alasannya, karena kini banyak perusahaan yang sangat membutuhkan sistem ERP untuk divisi finansialnya agar perusahaan bisa memudahkan pekerjaan akuntan dalam membuat laporan keuangan. 

Nah, bicara soal sistem ERP di bidang finansial, maka ada salah satu software yang bisa dipilih yakni MASERP. Dengan MASERP kamu bisa konsultasikan berbagai bentuk modul akuntansi yang dibutuhkan perusahaanmu. 

Dengan MASERP, seluruh kegiatan pendataan laporan tentang keuangan, gaji karyawan, hingga data bahan baku dan lainnya bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

Baca Juga: Program ERP untuk Bisnis: Apa Saja Jenis ERP dan Manfaatnya?

New call-to-action