Ketahui 5 Harga Software ERP Sebelum Membeli

Perkembangan teknologi di zaman sekarang sudah semakin berkembang pesat pastinya memberi kemudahan bagi manusia adanya kemudahan yang tercipta oleh teknologi bukan hanya dalam kegiatan sehari-hari tetapi juga dalam bisnis, adanya software ini dapat meminimalisir human error yang biasa terjadi dalam aktivitas bisnis. Hal ini tentu akan sangat membantu para pebisnis seperti anda menghindari kesalahan data yang mungkin terjadi. Salah satu software yang dapat membantu bisnis anda adalah Software ERP. Dari banyaknya software ERP ini Anda dapat memilih perbandingan setiap produk dengan harga software ERP yang sesuai dengan perusahaan Anda.

Simak artikel ini untuk mengetahui perbandingan harga software ERP dan faktor apa saja yang mempengaruhi harga tersebut, berikut ini:

Odoo

Odoo merupakan ERP dengan sistem open source, dimana tim IT bisa mengcustom sesuai keinginan perusahaan. Odoo memiliki 30 lebih modul yang bisa Anda beli sesuai kebutuhan perusahaan. Walaupun tersedia banyak modul, tetapi umumnya masih tergolong basic sehingga memerlukan customize cukup banyak kalau bisnis Anda tidak sesuai, itu berarti Anda perlu mengeluarkan biaya lagi.

Adanya gratis biaya diskusi dan chat untuk program untuk Anda. Apabila Anda memilih menggunakan sistem cloud, akan ada biaya tambahan untuk server cloud. Akuntan pihak ketiga yang memakai ERP Odoo untuk mengerjakan keuangan perusahaan Anda juga akan dihitung sebagai user sehingga dikenakan charge.

Ada tambahan biaya untuk konsultan, training, manajemen proyek, support email dan telepon, konfigurasi, bantuan impor data, onsite consulting, penyesuaian (laporan dan alur kerja) serta developing.

Harga software ERP Odoo:

Untuk biaya on premise software ini ada di sekitar Rp 25.000.000,- per tahunnya.

Biaya untuk cloud yaitu sekitar Rp 3.500.000,- per bulannya.

Baca Juga: Lengkap! Harga dan Fitur 7 Software ERP Terbaik di Indonesia

MASERP by MAS Software

MAS Software dalam dunia teknologi sudah melayani ribuan customer sejak tahun 1984. Perusahaan lokal karya anak bangsa ini mengembangkan ERP dan menjadikan sistem accounting sebagai corenya. MASERP dapat dipasang di server sendiri secara hybrid online.

MASERP sudah dipercaya banyak perusahaan dari berbagai industri seperti teknologi, perkapalan, material bangunan, peralatan industri, peralatan rumah tangga, food and beverages, home and lighting, kayu, konstruksi, energi dan migas, dan masih banyak lagi.

ERP ini sangat cocok untuk perusahaan berskala menengah dan besar. MASERP dapat dicustom sesuai dengan flow bisnis Anda dan integrasi dengan sistem lain seperti POS. Keunggulannya, Anda akan mendapatkan dedicated support setelah pembelian yang akan membantu Anda selama jam kerja apabila mengalami kendala dalam menjalankan program ERP.

Harga software ERP dari MASERP termasuk terjangkau kalau Anda berinvestasi untuk beberapa tahun ke depan dan Anda cukup sekali membayar saja untuk mendapatkan semua fiturnya.

Harga MASERP:

Paket Manufacturing Rp 90.000.00,- untuk 5 user (tambahan tiap user Rp 8.000.000,-)

Paket Distribution Rp 75.000.000,- untuk 5 user (tambahan tiap user Rp 8.000.000,-)

Accurate

Bagi Anda yang memiliki usaha dalam bidang dagang, jasa, kontraktor dan manufaktur, mungkin Anda bisa mempertimbangkan menggunakan ERP dari Accurate. Mereka menawarkan paket harga ERP Enterprise Edition untuk 5 user dengan harga Rp 35.000.000,-. Kekurangannya adalah tidak dapat dicustom sesuai alur bisnis Anda. Accurate dapat terintegrasi dengan Rene POS yang merupakan produk mereka.

Fitur Accurate:

  • Pembelian
  • Penjualan
  • Persediaan
  • Perpajakan
  • Rekonsiliasi Bank
  • Aktiva Tetap
  • Proyek
  • Manufaktur

Harga Accurate:

Rp 35.000.000,- untuk 5 user, untuk biaya tambahan per user Rp. 3.000.000,-.

SAP Business One

Meskipun SAP berasal dari Jerman, software ERP yang satu ini sudah dari dulu mendunia dan digunakan oleh perusahaan tingkat Fortune 500 seperti BMW, Coca Cola, Intel, Nestle dan lainnya. Di Indonesia sendiri, SAP memasarkan dua versi yaitu SAP Business All-In-One dan SAP Business One.

Yang paling sering digunakan di Indonesia adalah SAP Business One. Di seluruh dunia juga SAP Business One sudah digunakan lebih dari 80.000 perusahaan.

Kenapa begitu? Karena harganya lebih ekonomis dibanding versi SAP lainnya. Sebenarnya harga SAP Business One lumayan rumit untuk menghitungnya, karena berbeda vendor memiliki beda harga untuk hitungan lisensi dan implementasinya.

Di Indonesia sendiri terdapat 2 vendor utama untuk penerapan SAP Business One seperti Soltius dan Sterling Team.

Dimulai dari 1 milliar saja (termasuk biaya implementasi onsite), Anda sudah mendapatkan modul seperti:

  • Accounting
  • Sales & Service
  • Project & Resource Management
  • Inventory & Distribution
  • Purchasing
  • Production & MRP

Untuk perusahaan yang tepat, SAP Business One adalah solusi yang baik dikarenakan kemampuannya untuk di customize sesuai kebutuhan juga. Tetapi Anda harus siap untuk menambah ratusan juta bahkan miliaran untuk konsultasi tambahan dan pekerjaan modifikasi tambahan.

Sayangnya, SAP Business One belum memiliki terjemahan software ERPnya untuk bahasa Indonesia, jadi pastikan SDM Anda sanggup untuk menggunakan software berbahasa inggris ini.

Harga software ERP SAP:

  • 185 juta (termasuk 3 user) untuk versi basic (hanya Inventory, Accounting, Purchasing dan Sales)
  • 1.74 milliar (820 juta untuk lisensi + 920 juta untuk konsultasi dan implementasi), paket lengkap dan 15 user
  • 46 juta per tambahan Professional User
  • 24 juta per tambahan Limited User
  • 3 – 6 juta per mandays konsultasi dan implementasi

Ecount ERP

Seiring dengan perkembangan dan penambahan fitur, Ecount me-rebrand menjadi Ecount ERP dan mulai memasarkan produknya di luar Korea Selatan sejak tahun 2012. Dengan kantor perwakilan di Amerika, China, Vietnam, Malaysia dan Indonesia, Ecount ERP mengabarkan bahwa softwarenya sudah dipakai di 40.000 perusahaan di seluruh dunia.

Software ERP Indonesia yang satu ini cocok banget untuk Anda yang baru memulai usaha. Yang paling menarik adalah harganya, yaitu 700ribu per bulan untuk unlimited user, dengan harga segitu, Anda sudah mendapatkan fitur seperti Akuntansi, Keuangan, Pembelian, Inventory, Manufaktur, Penjualan dan HRD.

Tentu dengan harga segitu, ada beberapa kekurangan yang kami lihat. Pertama, untuk skala software ERP, Ecount ERP belum bisa di customize, meskipun Anda bisa mengajukan fitur baru dan apabila di approve oleh team Ecount ERP dan bermanfaat untuk pengguna lain, mereka akan membuatkannya secara gratis.

Kedua, support yang diberikan juga terbatas. Ya dengan harga ekonomis seperti itu, Anda 90% akan bergantung video dan buku panduan online, tetapi Anda juga dapat mendapatkan support via chat dan remote apabila Anda menjadwalkannya terlebih dahulu dengan team support mereka.

Karena support yang terbatas, bimbingan implementasi juga hanya diberikan 2 kali, selama 2 jam per sesi secara online. Jadi pastikan Anda sudah mencoba fitur-fitur di software ERPnya terlebih dahulu dan mempersiapkan pertanyaan kepada tim implementasi mereka untuk ditanyakan demi memaksimalkan waktu terbatas tersebut.

Harga

  • 700 ribu / bulan, unlimited user
  • Implementasi: Free (2 x 2 jam, offsite/remote)

Faktor yang Mempengaruhi Harga Software ERP

Jenis ERP

Salah satu foktor yang menentukan software ERP ini membebani modal ataupun operasional perusahaan. ERP konvensional menjadi aset modal yang tidak berwujud bagi perusahaan. Tetapi seiring berkembangnya zaman, penggunaan perangkat lunak dapat disesuaikan secara ekstensif untuk mengikuti alur kerja bisnis dan dapat diintegrasikan dengan modul-modul tertentu untuk menambah fungsinya.

Keamanan data tingkat tinggi memang merupakan benefit utama dari ERP konvensional, namun jenis ERP ini akan menjadi metode yang paling mahal untuk diterapkan ke dalam suatu perusahaan, khususnya untuk sumber daya dan pemeliharaanya.

Beda halnya dengan ERP berbasis Cloud yang hanya memerlukan biaya operasional, karena layanan yang ditawarkan kepada perusahaan sifatnya berlangganan. Meskipun keamanan data merupakan tanggung jawab vendor, kustomisasi untuk ERP ini menjadi sangat terbatas. ERP berbasis Cloud adalah pilihan yang lebih baik, terutama bagi perusahan startup karena risiko dan biaya yang terlibat relatif lebih rendah.

Teknologi

Teknologi yang digunakan untuk menciptakan dan menerapkan sistem ERP merupakan faktor penting yang menentukan harga ERP. Kualitas dan kompetensi solusi ERP hadir dengan harga tertentu. Teknologi yang efisien akan memakan biaya lebih banyak dan tentunya akan mempengaruhi kualitas perangkat lunak ERP itu sendiri.

Modul

Jumlah dan fungsi modul yang dipilih juga menjadi faktor utama yang mempengaruhi harga software ERP. Perusahaan dapat menghindari berlangganan modul yang jarang digunakan, akan tetapi tetap perlu memastikan bahwa modul tersebut dapat diintegrasikan pada tahap selanjutnya. Start-up dapat berkonsentrasi pada modul penting yang direkomendasikan oleh pakar industri. Karena semua ERP bersifat modular, modul yang paling dicari dan paling rumit seperti akuntansi, sistem informasi, dan inventori biasanya akan menghabiskan biaya lebih banyak daripada modul lainnya seperti modul pembelian and POS.

Tingkat Kustomisasi

Hal ini lebih relevan dalam kasus penerapan solusi ERP konvensional. Produk akan lebih mahal tergantung pada jenis dan tingkat penyesuaiannya. Biasanya, vendor ERP mengenakan biaya untuk penyesuaian berdasarkan jumlah perubahan, kompleksitasnya dan aspek apa saja yang mempengaruhi modul ERP yang terintegrasi. Dalam kasus ERP berbasis Cloud, jika kustomisasi diperbolehkan, maka perusahaan hanya akan dikenakan biaya satu kali.

Jenis Pembagian

ERP berbasis Cloud bekerja dengan 3 cara: berbagi software (SaaS), berbagi infrastruktur atau server (IaaS), dan berbagi platform (PaaS). Biaya berlangganan bisa berubah, tergantung pada jenis pembagian yang dipilih.

Pengalaman Vendor dan Merek ERP

Harga ERP juga sangat bergantung pada nama merek yang melekat padanya. Vendor ERP yang terkenal dan berpengalaman akan mengenakan biaya lebih besar dari vendor ERP baru. Persaingan biasanya ada di vendor ERP tingkat menengah dan bawah. Para pemain besar pastinya mengetahui nilai yang telah mereka hasilkan selama bertahun-tahun berkecimpung di industri ini.

Kesimpulan

Harga software ERP yang telah diulas diatas adalah software yang sudah ada di Indonesia dan digunakan di banyak perusahaan skala menengah. Untuk harga softwarenya cukup bervariasi tergantung kebutuhan perusahaan.

Tentunya salah satu kekhawatiran para pengusaha adalah support yang diberikan apabila produk tersebut bukan perusahaan lokal. Biasanya support perusahaan luar cenderung lebih mahal dan perlu waktu menunggu untuk memanggil support ke perusahaan Anda.

Tentu ini tidak menjadi masalah apabila Anda sudah planning terlebih dahulu support yang dibutuhkan, seperti menjadwalkan visit rutin bulanan untuk problem solving dan sebagainya.

Apabila Anda ingin berbicara dengan vendor software ERP Indonesia dan lokal, Anda dapat menghubungi MAS Software dengan klik gambar di bawah ini!

Baca Juga: Panduan Cepat untuk Segala Hal Seputar ERP

New call-to-action