ERP Consultant: Apa Saja Skill dan Tanggung Jawabnya?

Apakah Anda pernah mendengar ERP consultant? Atau Anda sedang mencari ERP consultant? Tidak sedikit perusahaan yang mengalami kesulitan dan kebingungan saat mengimplementasikan ERP, sehingga perusahaan memerlukan bantuan konsultan untuk memilih jenis modul yang tepat dengan bisnis flownya.

Mengapa harus modul yang tepat? Karena sistem ERP mengintegrasikan hampir seluruh fungsi bisnis dan tentu saja diperlukan analisa agar modul yang sudah tersedia di software ERP dapat digunakan oleh perusahaan.

Tidak semua modul ERP cocok dengan sebuah industri atau bisnis, terutama kalau perusahaannya sudah sangat besar dan sistemnya kompleks.

Artikel ini akan mengulas lengkap mengenai skill beserta peran seorang ERP consultant yang perlu Anda ketahui agar bisa menemukan konsultan yang tepat dan membantu Anda dalam proses implementasi ERP. Yuk, disimak!

Pengertian ERP Consultant

ERP (Enterprise Resource Planning) adalah sebuah software yang memungkinkan seluruh kegiatan bisnis dari perusahaan memiliki pengelolaan dan terkoordinasi dalam satu tempat.

ERP dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan efisiensi dan produktivitasnya, setiap departemen tidak perlu lagi menggunakan software yang berbeda karena semuanya sudah terintegrasi di dalam ERP.

Proses bisnis yang umumnya ada di sistem ERP meliputi akuntansi dan manajemen keuangan, inventory, penjualan, distribusi, manufaktur, after-sales, sumber daya manusia (HRD), e-commerce, decision making dan lain-lain. Semuanya berada di satu sistem, bahkan terkadang berada di database yang sama.

Ketika berencana menggunakan ERP, terkadang perusahaan merasa kebingungan harus memilih vendor yang mana.

Padahal sebelum memilih vendor ERP, perusahaan harus menganalisa terlebih dahulu kebutuhan apa yang akan diproses dalam sistem ERP. Nah, dalam proses ini biasanya dibutuhkan masukan dari ERP consultant.

ERP consultant merupakan orang atau pihak yang sangat memahami atau ahli di bidang keuangan, manufaktur, dan bidang industri yang modulnya tersedia di dalam software ERP.  Selain paham mengenai industrinya, konsultan ERP juga harus ahli dalam penggunaan ERP.

Konsultan ini tugasnya memberikan masukan dan saran kepada klien dalam memilih software ERP yang tepat. Mereka menyarankan setelah melakukan analisis terhadap kebutuhan klien, sehingga klien akan puas karena sesuai dengan harapannya.

Baca Juga: 12 Manfaat ERP Bagi Perusahaan, Anda Wajib Tahu!

Jenis ERP Consultant

Ada tiga konsultan yang akan dicari perusahaan untuk membantu dalam persiapan implementasi ERP yaitu konsultan bisnis atau fungsionalitas, teknis dan SME (Subject Matter Expert). Yuk kenali perbedaan ketiganya!

ERP Consultant Bisnis/Fungsional

Konsultan fungsional atau disebut juga konsultan implementasi ERP biasanya adalah pihak yang pertama kali akan dihubungi atau dikontak oleh klien. Konsultan akan mengumpulkan data dari kebutuhan klien lalu menganalisisnya untuk memahami proses bisnis mereka.

Tujuannya adalah untuk mencatat spesifikasi proyek yang dijalankan, melengkapi konfigurasi yang tepat, merencanakan dan membimbing dalam test softwarenya.

Konsultan akan meninjau proses bisnis di perusahaan klien yang akan diterapkan pada ERP dan akan memperkirakan modelnya agar bisa menjadi solusi yang bisa diadaptasikan pada proses bisnis.

Tidak semua software bisa menyelesaikan semua masalah bisnis dengan efektif dan tepat. Nah, di sinilah peran konsultan, mereka akan menggunakan informasi yang dikumpulkan dan keahliannya untuk menentukan solusi terbaik dan memastikan faktor yang diidentifikasi menjadi pertimbangan selama implementasi ERP.

ERP Consultant Teknis

Konsultan ERP selanjutnya adalah yang akan memberi bantuan teknis kepada klien untuk mengisi gap. Dalam beberapa kasus, konsultan teknis juga akan bertugas mengembangkan fungsionalitas yang spesifik untuk industri dan proses bisnis klien berdasarkan kebutuhan yang sudah diidentifikasi oleh konsultan fungsionalitas ERP di pembahasan sebelumnya.

Konsultan teknis juga bertanggung jawab untuk menentukan dan menerapkan solusi mengenai ERP yag dbutuhkan klien. Berdasarkan proyek, mereka juga dapat berperan fungsionalitas untuk mendukung konsultan fungsional.

Konsultan teknis umumnya paham satu atau lebih bahas pemrograman yang berhubungan dengan ERP serta dalam hal pengembangan interface dengan aplikasi lain.

SME (Subject Matter Expert)

SME sebagai konsultan pada umumnya, juga bekerja untuk klien. Mereka memiliki pengetahuan mendalam mengenai aktivitas, operasional dan sejarah perusahaan tempat mereka bekerja. Karena mengetahui seluruhnya, mereka berpengaruh dalam perkembangan perusahaan dan merupakan referensi dalam proses operasional tertentu.

SME bertindak sebagai katalisator yang membantu tim konsultan eksternal untuk memahami proses yang ada di perusahaan dan implementasi ERP. Terlepas dari pentingnya peran konsultan, keefektifannya sangat bergantung pada karyawan yang ditugaskan untuk penggunaan ERP.

ERP Consultant

Skill dan Kualifikasi ERP Consultant

Seorang konsultan ERP adalah pendengar dan educator yang baik. Keterampilan teknisnya yang luas, rasa ingin tahu dan ketelitiannya sangat dibutuhkan oleh perusahaan yang ingin menggunakan ERP. Mereka biasanya adalah seorang penulis yang baik, mengerti cara merangkum informasi dengan ringkas dan tepat.

Seorang konsultan biasanya merupakan ahli dalam industri bisnis tertentu. Konsultan akan menyarankan solusi untuk kliennya dari berbagai industri seperti distribusi, ritel, manufaktur, keuangan, customer relationship dan lain-lain.

Konsultan ERP harus memiliki keterampilan sosial yang baik dan bisa mudah berbaur dengan orang-orang untuk bisa lebih mudah mempelajai aspek yang dibutuhkan perusahaan. Kemampuan analisisnya juga digunakan untuk menemukan formula manajemen terbaik untuk kliennya.

Mendapatkan sertifikasi dari software publisher dapat menjadi nilai plus, ini dapat membuktikan keahlian dan pengalaman seorang konsultan profesional untuk memberikan solusi ERP kepada kliennya.

Sertifikasi ERP yang bisa diikuti oleh seorang konsultan ERP antara lain Oracle’s SaaS ERP Certification paths, SAP ERP Business Process Integration Certifications dan SAP ERP Management Accounting Certifications.

Baca Juga: 6 Langkah Implementasi ERP Lengkap dan Anti Gagal

Peran dan Tanggung Jawab ERP Consultant

Konsultam ERP harus menganalisis, meneliti dan mengusulkan solusi untuk meningkatkan produktivitas perusahaan dengan praktik bisnis terbaiknya. Peran dan tanggung jawab mereka antara lain:

  • Menyarankan perusahaan dalam pemilihan software ERP dengan mempertimbangkan masalah dan kebutuhan perusahaan.
  • Menganalisis dan mengaudit proses manajemen yang ada, mencatat spesifikasi proyek yang nantinya digunakan untuk menyusun spesifikasi modul dan dokumentasi lainnya.
  • Mendesain ulang proses bisnis dan mengadaptasikan ke sistem ERP.
  • Melakukan konfigurasi dan testing aplikasi sesuai dengan kebutuhan fungsional perusahaan yang sebelumnya sudah diidentifikasi.
  • Mengidentifikasi fungsionalitas software yang hilang dan memastikan semuanya bisa di-develop.
  • Menyiapkan fungsionalitas dan rencana testing beserta proses integrasi dengan klien.
  • Memfasilitasi sesi training user untuk memastikan support.
  • Membantu klien dalam penerapan dan pengoperasian awal penggunaan ERP.
  • Memastikan layanan after-sales setelah penerapan sistem ERP di perusahaan klien sehingga transisinya berjalan baik.

Kesimpulan

Konsultan ERP tugasnya memberikan masukan dan saran kepada klien dalam memilih software ERP yang tepat. Keterampilan teknisnya yang luas, rasa ingin tahu dan ketelitiannya sangat dibutuhkan oleh perusahaan yang ingin menggunakan ERP.

Sistem ERP memang memerlukan investasi yang lumayan, tetapi jika bisnis Anda membutuhkan solusi menyeluruh bagi operasional bisnis, menggunakan software akuntansi MASERP adalah solusi terbaik dalam mengoptimalkan proses ini.

MASERP menawarkan layanan hybrid cloud, di mana Anda bisa memasang software di server kantor atau di cloud. Kalau dipasang di server kantor, software tetap bisa digunakan walau internet tidak stabil.

MASERP memiliki layanan dedicated support pada jam kerja melalui WhatsApp dan call untuk membantu kendala Anda dalam menggunakan sistem ERP.

Yang membedakan dengan vendor lain, software MASERP dapat di-custom sesuai dengan bisnis flow perusahaan Anda. Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan kendala apa yang Anda hadapi kepada konsultan ahli kami. Gratis!

New call-to-action