22 Software ERP Indonesia Terbaik Tahun 2024 (Dengan Harga)

Semua orang mau mencari software ERP Indonesia yang paling bagus untuk diimplementasi di perusahaannya, termasuk Anda.

Kalau mau yang paling top, pasti orang bilang pakai SAP. Tapi apakah SAP terbaik untuk perusahaan Anda?

Pada artikel ini, saya ingin membahas semua software ERP Indonesia yang sering digunakan oleh perusahaan.

Mari kita mulai.

Software ERP MASERP by MAS Software

software erp indonesia
Contoh tampilan MASERP by MAS Software di gadget favorit Anda

Note: Blog ini dikelola oleh MASERP, tetapi kami berkomitmen untuk tetap objektif dalam memberikan penilaian software ERP terbaik di Indonesia

Kalau membahas software ERP yang bener-bener Indonesia, tentu list ini tidak akan lengkap tanpa membahas MASERP.

MAS Software sendiri sudah berdiri sejak tahun 1984, jadi kalau Anda berkerja di perusahaan yang sudah berpuluhan tahun, perusahaan Anda mungkin sudah tau tentang MAS Software.

MAS Software adalah perusahaan lokal yang mengembangkan software ERP di Indonesia dengan accounting sebagai corenya.

MASERP juga sudah digunakan oleh ribuan perusahaan di Indonesia, baik skala nasional maupun internasional, seperti Pembangunan Jaya, Bitdefender, Schneider Electric, Opple Lighting dan lainnya.

Dimulai sebagai software akuntansi, sekarang fitur MASERP sudah dikembangkan dan memiliki fitur lengkap seperti:

  1. Inventory Management (Multi Warehouse)
  2. Account Receivable
  3. Account Payable
  4. General Ledger/Accounting (Multi Cabang/Cost Center)
  5. Fixed Asset (Aktiva Tetap)
  6. Cash Ledger (Multi Currency)
  7. Manufacturing
  8. Purchase Order, Purchase Request, RFQ, RFQ Comparison
  9. Purchasing
  10. Sales Order/Quotation
  11. Sales Invoicing
  12. User Management & Security
  13. Project Costing & Billing
  14. Multi Company
Software ERP Indonesia

Software MASERP juga dapat dipasang di server Anda secara offline/hybrid online, jadi bagi Anda yang khawatir dengan keamanan database Anda, dengan server sendiri Anda bisa memegang kendalinya.

Tentunya, salah satu keunggulan MASERP adalah, kemampuannya untuk dicustomize dan integrasi.

Menurut saya, software ERP terbaik harus bisa dicustomize dan integrasi, karena target pasaran software ERP adalah perusahaan skala menengah ke atas. Dengan begitu investasi software ERP Anda bisa dipakai bertahun-tahun.

Keunggulan MASERP yang kedua adalah sistem support after salesnya yang terbaik di kelasnya.

Anda akan mendapatkan customer support serta implementasi dan training user full di kantor Anda (bisa ditambah sesuai kebutuhan).

Dengan harga software ERP yang relatif terjangkau (dimulai dari 98 juta, 1 kali bayar), Anda sudah mendapatkan software dengan fitur yang banyak yang umum dibutuhkan semua perusahaan menengah di Indonesia.

Harga

  • Rp98.000.000,- (termasuk 5 user)
  • Penambahan user: Rp8.000.000,- user

Pro

  1. Tampilan user-friendly meskipun fitur yang tersedia sangat banyak
  2. Web based, dapat diakses melalui komputer, smartphone dan tablet
  3. Bisa dicustomize dan integrasi dengan sistem lain
  4. Sudah mengakomodir kebiasaan user di Indonesia (ketinggalan/kesalahan input dapat dikoreksi dengan mudah)

Dapat terintegrasi dengan software dan aplikasi lain:

integrasi MASERP

Kontra

  1. Hanya memiliki kantor di Jakarta, jadi implementasi luar kota memerlukan biaya tambahan (memiliki customer support juga di Surabaya dan Solo).
  2. Terkadang volume request presentasi tinggi, jadi perlu mengantri untuk mendapatkan jadwal presentasi ke kantor Anda.

Baca Juga: ERP Software Indonesia: Kelebihan dan Fitur Lengkap MASERP!

Ecount ERP

software erp indonesia
Contoh Tampilan Software ERP Ecount

Dibentuk sejak tahun 1999 di Korea Selatan, software Ecount awalnya ditargetkan untuk perusahaan UKM. Seiring dengan perkembangan dan penambahan fitur, Ecount rebrand menjadi Ecount ERP dan mulai memasarkan produknya di luar Korea Selatan sejak tahun 2012.

Dengan kantor perwakilan di Amerika, China, Vietnam, Malaysia dan Indonesia, Ecount ERP mengabarkan bahwa softwarenya sudah dipakai di 40.000 perusahaan di seluruh dunia.

Software ERP Indonesia yang satu ini cocok banget untuk Anda yang baru memulai usaha. Yang paling menarik adalah harganya, yaitu 700ribu per bulan untuk unlimited user.

Wow. Dengan harga segitu, Anda sudah mendapatkan fitur seperti akuntansi, keuangan, pembelian, inventory, manufaktur, penjualan dan HRD.

Tentu dengan harga segitu, ada beberapa kekurangan yang kami lihat. Pertama, untuk skala software ERP, Ecount ERP belum bisa dicustomize, meskipun Anda bisa mengajukan fitur baru dan apabila diapprove oleh team Ecount ERP dan bermanfaat untuk pengguna lain, mereka akan membuatkannya secara gratis.

Kedua, support yang diberikan juga terbatas. Ya dengan harga ekonomis seperti itu, Anda 90% akan bergantung video dan buku panduan online, tetapi Anda juga dapat mendapatkan support via chat dan remote apabila Anda menjadwalkannya terlebih dahulu dengan team support mereka.

Karena support yang terbatas, bimbingan implementasi juga hanya diberikan 2 kali, selama 2 jam per sesi secara online.

Jadi pastikan Anda sudah mencoba fitur-fitur di software ERPnya terlebih dahulu dan mempersiapkan pertanyaan kepada tim implementasi mereka untuk ditanyakan demi memaksimalkan waktu terbatas tersebut.

Harga

  • Rp700.000,-/bulan, unlimited user
  • Implementasi: Free (2 x 2 jam, offsite/remote)

Pro

  1. Harga sangat terjangkau untuk software ERP
  2. Karena web based, dapat diakses melalui gadget favorit Anda
  3. Paket sudah mencukupi kebutuhan perusahaan UKM

Kontra

  1. Support terbatas
  2. Tidak dapat dicustomize

Odoo ERP

software erp indonesia
Tampilan Utama Odoo ERP

Software Odoo bisa dibilang software ERP yang unik, karena dia bersifat open source.

Artinya apabila Anda memiliki team IT sendiri, Anda dapat menggunakannya secara free dan bebas untuk mengcustomizenya sesuka hati.

Tetapi biasanya perusahaan di Indonesia tidak bersedia membentuk team IT sendiri untuk mengembangkan Odoo, jadi mereka menggunakan jasa reseller seperti Port Cities.

Keunggulan Odoo adalah jumlah modulnya yang banyak (37 modul) dan bisa dihidupkan sesuai kebutuhan. Artinya Anda dapat menghemat biaya hanya dengan menyalakan modul yang Anda perlukan.

Biasanya perusahaan di Indonesia memilih menggunakan Odoo Cloud supaya tidak perlu direpotkan dengan settingan di server sendiri.

Apabila Anda menggunakan pricing calculator yang tersedia di website Odoo, Anda dapat mendapatkan estimasi harganya dengan mudah.

Odoo juga menawarkan free trial supaya Anda dapat mencoba fitur-fiturnya sebelum membeli.

Sayangnya, meskipun modul yang tersedia sangat banyak, setiap modul masih tergolong basic dan memerlukan customize yang cukup banyak untuk dapat memenuhi semua kebutuhan Anda, jadi pastikan Anda memanfaatkan trial Odoo untuk mempelajari fiturnya terlebih dahulu.

Harga

  • Sekitar Rp3.700.000,- per bulan untuk versi cloud (ditambah biaya implementasi sekitar Rp50.000.000,-), termasuk 15 user dan fitur manufacturing

Pro

  1. Tersedia banyak modul, dan hanya membayar sesuai paket yang diinginkan
  2. Harga sangat terjangkau apabila tidak menggunakan customize

Kontra

  1. Perlu banyak customize untuk kebutuhan perusahaan menengah, terutama manufacturing
  2. Untuk fitur payroll dan timesheet, meskipun tidak login ke aplikasi, tetap perlu membayar lisensi user apabila Anda ingin melacaknya di dalam sistem, jadi untuk pabrik yang besar, bisa memerlukan harga yang cukup tinggi.

SAP Business One

Contoh Tampilan SAP Business One

Siapa yang tidak tahu dengan nama SAP di kalangan pengguna software ERP Indonesia? SAP adalah singkatan dari (System Application and Product in data processing), SAP merupakan software ERP yang namanya dikenal memimpin pasar global. SAP dan software ERP adalah hal yang sama, bedanya SAP merupakan sebuah brand dan ERP adalah nama sistemnya.

SAP merupakan software ERP berbayar dan Anda memerlukan anggaran yang tidak sedikit, biasanya mencapai miliaran Rupiah dengan sistem yang begitu kompleks.

Meskipun SAP berasal dari Jerman, software ERP yang satu ini sudah dari dulu mendunia dan digunakan oleh perusahaan tingkat Fortune 500 seperti BMW, Coca Cola, Intel, Nestle dan lainnya.

Di Indonesia sendiri, SAP memasarkan dua versi yaitu SAP Business All-In-One dan SAP Business One.

Yang paling sering digunakan di Indonesia adalah SAP Business One. Di seluruh dunia juga SAP Business One sudah digunakan lebih dari 80.000 perusahaan.

Kenapa begitu? Karena harganya lebih ekonomis dibanding versi SAP lainnya. Sebenarnya harga SAP Business One cukup rumit untuk menghitungnya, karena berbeda vendor memiliki beda harga untuk hitungan lisensi dan implementasinya.

Di Indonesia sendiri terdapat 2 vendor utama untuk penerapan SAP Business One seperti Soltius dan Sterling Team.

Mulai dari 1 milliar saja (termasuk biaya implementasi onsite), Anda sudah mendapatkan modul seperti:

  1. Accounting
  2. Sales & Service
  3. Project & Resource Management
  4. Inventory & Distribution
  5. Purchasing
  6. Production & MRP

Untuk perusahaan yang tepat, SAP Business One adalah solusi yang baik dikarenakan kemampuannya untuk dicustomize sesuai kebutuhan juga. Tetapi Anda harus siap untuk menambah ratusan juta bahkan miliaran untuk konsultasi tambahan dan pekerjaan modifikasi tambahan.

Sayangnya, SAP Business One belum memiliki terjemahan software ERPnya untuk bahasa Indonesia, jadi pastikan SDM Anda sanggup untuk menggunakan software berbahasa Inggris ini.

Di review PCMag juga disebutkan bahwa SAP Business One sering dianggap software ERP yang “jadul”. Itu karena softwarenya belum memiliki versi web yang kuat dan fiturnya yang terlalu rumit dapat membuat perusahaan menengah kewalahan dalam penggunaannya.

Harga

  • Sekitar Rp185.000.000,- (termasuk 3 user) untuk versi basic (hanya inventory, accounting, purchasing dan sales)
  • Sekitar Rp1.74 milliar (Rp820.000.000,- untuk lisensi + Rp920.000.000,- untuk konsultasi dan implementasi), paket lengkap dan 15 user
  • Rp46.000.000,- per tambahan professional user
  • Rp24.000.000,- per tambahan limited user
  • Rp3.000.000,- sampai Rp6.000.000,- per mandays konsultasi dan implementasi

Pro

  1. Dapat dicustomize selengkap apapun yang Anda inginkan (perlu biaya tambahan)
  2. Tersedia lisensi perpetual ataupun subscription, jadi Anda bisa mengatur budget pembelian lebih baik

Kontra

  1. Fitur ditargetkan untuk perusahaan menengah, tetapi harga di luar jangkauan perusahaan menengah di Indonesia
  2. Client web based kurang kuat jadi belum bisa mengakses semua fitur melalui web
  3. Fitur kompleks, jadi memerlukan SDM kualitas tinggi untuk menjalankan sistemnya.

Oracle NetSuite ERP

Contoh Tampilan NetSuite ERP di Browser

Kalau Anda kurang suka dengan SAP dan ingin meggunakan database Oracle, NetSuite adalah salah satu pilihan software ERP Indonesia yang dapat Anda gunakan.

Sudah tau tentang perusahaan asal Amerika yang satu ini? Larry Ellison membentuk Oracle pada tahun 1979 untuk menampung database perusahaan skala internasional seperti HSBC, LG Electronics, Telkomsel dan Mitsubishi Electric. Sekarang perusahaannya berkembang untuk menjual software ERP juga.

NetSuite sebenarnya bukan buatan Oracle, tetapi perusahaannya dibeli Oracle pada tahun 2016. Oracle sendiri memiliki versi ERP yang lebih tinggi yang tidak akan saya bahas di artikel ini (pengguna di Indonesia masih sedikit).

Perbedaan signifikan dari SAP Business One adalah dasarnya yang sudah web based, jadi sudah modern dan bisa digunakan secara lengkap melalui web browser.

Modul yang tersedia di NetSuite adalah:

  • Finance accounting (billing, budgeting)
  • Order management (sales order, return management)
  • Production management (work order, planning & scheduling, QA, manufacturing execution system)
  • Warehouse and order fulfillment (inventory, warehousing)
  • Procurement (purchase order, sourcing, payment)
  • Human capital management (payroll, employee center, analytics)

NetSuite juga sudah bisa integrasi ke software ERP Indonesia lain seperti SAP, Epicor Sage, Microsoft Dynamics dan lain-lain. Tapi kalau sudah pakai NetSuite, mungkin Anda lebih memilih kustomisasi daripada integrasi.

Salah satu keunggulan NetSuite adalah jangka waktu implementasinya yang lumayan cepat, yaitu 2-6 bulan untuk perusahaan pada umumnya. Ini karena softwarenya yang versi cloud sudah siap pakai, hanya perlu mempersiapkan data untuk dimasukkan ke dalam sistem saja.

Harga

  • Software ERP standard Rp15.000.000,- per bulan atau Rp180.000.000,- per tahun
  • Tambahan user sebesar Rp1.500.000 per bulan/user atau Rp18.000.000,- per tahun/user
  • Biaya implementasi Rp3.000.000,- hingga Rp6.000.000,-per mandays (minimal 90 mandays, jadi Rp270.000.000,- hingga Rp560.000.000,-)

Pro

  1. Database Oracle adalah database terkuat untuk volume data besar, cocok untuk retail volume tinggi
  2. Implementasi tergolong cepat di 2-6 bulan saja

Kontra

  1. Tidak tersedia versi on-premise bagi perusahaan yang membutuhkan
  2. Modul tambahan third party yang tidak didevelop oleh NetSuite rata-rata kurang bagus performanya
  3. Sama dengan SAP, tidak tersedia bahasa Indonesia dan kompleks, jadi memerlukan SDM kualitas tinggi untuk menjalankannya

Microsoft Dynamics 365

Microsoft Dynamics 365 adalah salah satu sistem ERP yang paling kuat dan lengkap, banyak perusahaan global yang menggunakan sistem ini. Microsoft Dynamics 365 dikenal dengan modul dan fitur canggihnya yang menyederhanakan seluruh proses bisnis.

Microsoft Dynamics 365
Microsoft Dynamics 365

Microsoft Dynamics 365 menawarkan pembelian modul satuan. Microsoft Dynamics 365 menjual tiap modul dalam paket terpisah, berikut ini rincian harganya:

  • Customer data platform mulai dari Rp22,500,000,- 
  • Penjualan (sales) mulai dari Rp975,000,-
  • Marketing mulai dari Rp22,500,000,- 
  • Customer service mulai dari Rp750,000,-
  • E-commerce mulai dari Rp2,700,000,-
  • Supply chain mulai dari Rp2,700,000,-
  • Human resources mulai dari Rp1,800,000,-
  • Finance mulai dari Rp2,700,000,-
  • Project management mulai dari Rp1,800,000,-

Harga tersebut dikenakan per user dan pembayaran per bulan, sehingga semakin banyak modul dan user yang Anda butuhkan, Anda akan dikenakan biaya semakin besar. 

ERP Next

ERP Next menawarkan beberapa fitur untuk berbagai industri bisnis, diantaranya accounting, manajemen aset, customer relationship management (CRM), human resource management (HRM), payroll, project management, purchasing, sales management, manufaktur dan warehouse management system

ERP Next juga menawarkan fitur website yang dapat digunakan oleh bisnis Anda untuk mengelola konten dalam bentuk blog, halaman website dan form.

ERP Next

Anda perlu menyiapkan budget $40/bulan untuk VPS apabila mengelola sistem ini sendiri. Ini juga memerlukan biaya tambahan untuk email, keamanan sistem dan backup. Sistem ini dapat digunakan dalam 70 bahasa dengan bantuan community. Harga yang ditawarkan:

  • Open Source (gratis) 
  • Cloud (managed hosting), mulai dari $10/bulan
  • Starter (hosting dan support), mulai dari $400/bulan
  • Small business, mulai dari $700/bulan. Anda akan mendapatkan hingga 20 users, storage 10 GB, database 2 GB, 2 perusahaan, dan lain-lain.
  • Enterprise, mulai dari $1,250/bulan. Anda akan mendapatkan hingga 50 users, storage 25 GB, database 4 GB, 5 perusahaan, unlimited support dan masih banyak lagi.

Impact ERP

Fitur utama Impact ERP terdiri dari manufaktur, manajemen persediaan barang, pembelian, penjualan dan keuangan. Selain fitur utama untuk bisnis, Impact juga support fitur omnichannel dan point of sales untuk front end bisnis Anda.

Software ERP ini dapat digunakan dari bisnis UMKM, startup dan enterprise. Support yang ditawarkan oleh tim Impact adalah melalui e-mail.

Impact dapat terintegrasi dengan berbagai ekspedisi, e-commerce dan enabler beserta payment antara lain J&T, JNE, Shopee, Shopify, Sirclo, Tokopedia, OVO, Gopay dan lain sebagainya.

Impact menawarkan harga mulai dari 99 juta untuk paket Starter yang diperuntukkan bagi bisnis kecil dan pertama kali menggunakan ERP. Paketnya terdiri dari 4 modul dasar, 10 users, 1 bulan assistance, helpdesk dan garansi.

Apabila perusahaan Anda sudah memiliki lebih dari 30 users, Anda dapat memilih paket Pro dengan harga 399 juta dengan modul dasar dan 3 tambahan modul, dapat hingga 50 users, implementasi 3 bulan, support 6 bulan dan garansi.

Brightpearl by Sage

Brightpearl merupakan ERP berbasis cloud yang umumnya digunakan oleh bisnis retail dan grosir. Dengan ERP ini, proses back end bisnis akan lebih terotomatisasi dan efisien sehingga pemilik bisnis dapat menghemat waktu dan uang, serta fokus mengembangkan bisnis.

Brightpearl menawarkan berbagai fitur seperi ERP lainnya, antara lain:

  • Purchasing
  • Inventory dan order management
  • Shipping dan fulfillment
  • Warehouse management
  • Accounting dan finance (termasuk analisisnya)
  • CRM (Customer Relationship Management)
  • Marketplaces
  • POS (Point of Sales)

Selain itu, Brightpearl juga menawarkan sistem yang terintegrasi dengan berbagai e-commerce seperti BigCommerce, Shopify, Amazon, Magento, e-Bay dan Walmart. Ini akan memudahkan Anda untuk menjual produk, memantau inventory dan penjualan di omnichannel tetapi juga tersambung dengan sistem ERP Anda.

Sage Intacct

Software ERP asal Inggris ini merupakan software berbasis multi tenant cloud atau SaaS yang cocok untuk bisnis kecil dan UMKM dengan berbagai fitur yang ditawarkan seperti akuntansi, utang dan piutang, aset tetap, manajemen inventory, manajemen proyek, pemesanan dan pembelian, serta pelaporan.

Salah satu kekurangan dari Sage Intacct adalah kurang memadai untuk kebutuhan supply chain bagi bisnis, dasarnya hanya software manajemen keuangan atau software akuntansi cloud.

Sage Intacct

Sage Intacct dapat diakses melalui handphone, tablet, PC maupun Mac. Software ini memiliki 30 fungsi inti dalam bisnis yang dapat dikonfigurasi berdasarkan kebutuhan bisnis Anda. Modulnya terdiri dari:

  • Account payable: memiliki fitur approval atau persetujuan untuk para stakeholder menyetujui permintaan pembelian dan pesanan. Fitur budgeting yang terintegrasi membantu Anda mengatur limit pengeluaran dan mengontrol pembelian.
  • Account receivable: Anda dapat dengan mudah menganalisa total utang, pendapatan bulanan, faktur yang belum terbayar, serta pelaporan untuk mendapatkan insight dan keputusan bisnis di periode akuntansi berikutnya.
  • Cash management: memiliki fitur keuangan dan akuntansi yang meliputi buku besar, utang dagang, dan piutang yang dapat digunakan oleh cabang atau anak perusahaan Anda di berbagai lokasi termasuk negara berbeda. Sage Intacct juga memiliki fitur revenue recognition (pengakuan pendapatan).
  • General ledger: memiliki fitur buku besar (general ledger), termasuk tutup buku berlanjut, konfigurasi alur kerja, kolaborasi antar departemen perusahaan, dan pelaporan internal. 
  • Order management: dapat digunakan untuk mengelola pesanan penjualan pelanggan di berbagai channel (online dan offline). Fitur ini terintegrasi dengan fitur lain seperti keuangan dan account payable.
  • Procurement: memberikan kejelasan pada siklus pengadaan hingga pembayaran. Software ini menawarkan konfigurasi permintaan pembelian, pesanan pembelian (purchase order), quotation, dan pengembalian atau retur barang.

Sage tidak memperlihatkan harga di website mereka. Anda perlu menjadwalkan konsultasi untuk mendapatkan harga yang didasarkan pada jumlah pengguna, tingkat akses pengguna, dan modul.

Biaya implementasi awal bervariasi berdasarkan kebutuhan migrasi data, layanan konfigurasi yang diinginkan, persyaratan integrasi dengan aplikasi lain, dan pelatihan untuk pengguna.

SAP S/4 HANA

SAP S/4 HANA mengubah proses bisnis dengan sistem ERP berbasis cloud dengan fitur analitik bisnis di dalamnya, robot process automation (RPA), artificial intelligence (AI) dan lain-lain.

Sistem ERP satu ini memanfaatkan teknologi terbaru, big data dan bekerja sesuai kebutuhan bisnis Anda yang bersifat spesifik seperti marketplace yang membantu bisnis Anda semakin berkembang.

SAP S/4 HANA adalah ERP yang cocok untuk bisnis besar, karena untuk bisnis kecil dari segi harga masih sangat mahal. ERP ini menawarkan free trial untuk Anda yang tertarik ingin mencoba (baik dari pihak management  maupun user Anda). Free trial ini akan dilengkapi dengan guide tour sistem berdasarkan roles, workflows dan keahlian.

Apa yang membedakan sistem ini dengan kompetitornya?

  • Manajemen performa penjualan: memiliki fitur variabel kompensasi seperti intensif dan komisi penjualan, Anda dapat selalu memperhatikan performa penjualan dan membuat strategi yang tepat untuk waktu mendatang.
  • Manajemen real estate: fitur ini membantu Anda dan tim mereview perjanjian sewa, investasi dan proyek konstruksi, serta mengelola infrastruktur.
  • Monitoring inventory: Anda dan tim memonitor semua hal yang berhubungan dengan material dan persediaan barang sehingga kebutuhan produksi atau penjualan, permintaan pelanggan dan procurement semua terpenuhi dengan baik.
  • Credit standing: fitur ini membantu meningkatkan reputasi kredit dengan supplier melalui biaya tambahan dan syarat pembayaran yang lebih baik.
  • Machine learning: menawarkan penyesuaian level buffer dengan lead time di bahan transfer stok untuk menjamin inventory disimpan pada nilai yang memuaskan sekaligus mengurangi modal.

Fitur Utama SAP S/4 HANA

  • Manajemen aset: membantu Anda dalam proses perencanaan aset, penjadwalan, dan maintenance. Melakukan maintenance terencana dan tidak terencana untuk meningkatkan produksi dan memungkinkan teknisi menemukan, melaporkan, dan memperbaiki masalah dan keadaan darurat. Perencanaan maintenance dapat mengawasi pekerjaan penting melalui berbagai prosedur dan spare parts untuk menganalisis biaya dan level kerusakan.
  • Procurement (pengadaan): evaluasi pesanan pembelian, daftar permintaan, invoice, kontrak, dan performa supplier dengan informasi real time. Setiap data dari database procurement di SAP S/4 HANA dapat diambil dan dipelajari untuk mengelola procurement menjadi lebih baik.
  • Manajemen pesanan dan kontrak: Anda dapat memonitor proses pesanan hingga pembayaran, selain itu juga di bagian multi channel dengan data ter-update. Tools manajemen kontrak memfasilitasi pengarsipan perjanjian di sistem terpusat dan tidak mengerjakan secara manual.
  • Manufaktur: membantu mengkoordinasikan kegiatan manufaktur seperti kebutuhan material, inventory, dan lainnya sekaligus mengubah jadwal sesuai kebutuhan. Anda dapat membuat perencanaan perakitan dan mengelola semuanya mulai dari BOM sampai layout dan model mesin.
  • Manajemen keuangan: mengelola berbagai aktivitas akuntansi dan keuangan, manajemen real estate dan lain-lain. Anda mendapatkan data laba dan margin real time, analisis prediktif, dan planning terintegrasi untuk mengevaluasi profit dan memantau pengalaman pelanggan.
  • Manajemen supply chain: fitur ini untuk mempertimbangkan aturan bisnis, ketersediaan material, dan pedoman alokasi saat Anda memilih tanggal janji ketersediaan produk untuk klien. Anda juga dapat mengintegrasikan manajemen transportasi dan mengelola gudang dengan memanfaatkan aset dan hasil dengan cara pengambilan, packing, dan pengiriman terbaik.

Kelemahan SAP S/4 HANA:

  • Proses instal memakan waktu lama
  • Kurang analitik di semua modul
  • Untuk multiple tasks perlu buka windows terpisah.

Daftar Harga SAP S/4 HANA

harga SAP S/4 HANNA

Deskara

Deskara merupakan software akuntansi dengan sistem cloud yang sudah ada sejak 2008. Tidak hanya ERP, Deskara pun memiliki produk MRP cloud. Software ERP Deskara memiliki basis di Singapura, USA, Kanada dan India. Mereka berkomitmen untuk membantu bisnis kecil dapat bertumbuh lebih cepat dan dapat bersaing di marketnya.

Bagi Anda yang memiliki bisnis di berbagai e-commerce atau menggunakan berbagai macam metode pembayaran, ERP satu ini menawarkan open API dan integrasi dengan Amazon, Paypal, Shipstation, Shopify, Woo Commerce, Zapier, FedEx dan masih banyak lagi.

Deskara menawarkan 4 paket harga untuk ERP mereka, antara lain:

  • Small business dengan harga mulai dari 3,8 juta ($ 250) per bulan, harga tersebut termasuk 2 users dan Anda akan mendapatkan beberapa fitur accounting, laporan keuangan, terkoneksi dengan bank, CRM serta tracking pengeluaran dan cuti karyawan. Paket ini cocok untuk Anda yang baru memulai bisnis kecil dengan jumlah karyawan tidak lebih dari 5 orang.
  • Growth merupakan paket ERP yang bisa Anda implementasikan jika masih memiliki karyawan antara 5-20 orang. Deskara menawarkan harga mulai dari 11 juta ($ 750) dengan paket 5 users sudah termasuk semua fitur di paket small business, lokasi dan departement, tracking batch number dan serial number, multi gudang, inventory reorder dan automations. Pembayaran untuk paket ini dibayarkan setiap bulan.
  • Mid Market cocok untuk bisnis dengan jumlah karyawan 20-50 orang. Harga paket ini mulai dari 22 juta per bulan ($ 1,500) termasuk 10 users. Anda akan mendapatkan semua fitur di paket Growth, kontrol keuangan, manajemen gudang, tracking waktu, landed cost dan pembuatan laporan.
  • Apabila Anda mencari paket ERP yang dapat dikustomisasi integrasi, laporan dan dashboardnya, paket Enterprise sangat cocok untuk Anda. Untuk harga, Anda dapat langsung menuju ke website Deskara dan hubungi tim sales mereka.

Dengan paket harga yang bervariasi, fitur yang tersedia di tiap paket pun berbeda. Semakin mahal, semakin lengkap fitur yang akan Anda dapatkan karena dapat memfasilitasi bisnis dengan skala besar.

Secara lengkap, fitur Deskara meliputi:

  • Account payable dan account receivable (sales order, invoice, purchase request, purchase order, bill dan pengeluaran, customer dan vendor, produk dan jasa, price list).
  • Inventory dan warehouse (tracking inventory, inventory reorder, manajemen pemesanan, tanda terima barang, variasi produk, barcode, skema UOM, multi gudang, adjust inventory, transfer inventory, batch number, serial number, bill of material, landed cost, pengemasan dan pengiriman).
  • Accounting (bank feeds khusus US, CoA, import transaksi bank, jurnal transaksi, deposit, pengeluaran, debit dan kredit, budgeting, custom fields, multi book accounting, multi currency, dan lain-lain.
  • Reporting dan analitik (keuangan, penjualan, pembelian, inventory, gudang).
  • CRM (account management, database kontak, deals dan opportunity, sales pipeline, email broadcast, sales automation, laporan, marketing automation, dan lain-lain).
  • HRM (data karyawan, recruitment management, payroll, pengeluaran, timesheet tracking, shift management, attendance tracking, performance appraisal, geo fencing).

Syspro ERP

Syspro juta termasuk vendor ERP yang menyediakan program on-premise dan cloud untuk bisnis manufaktur dan distributor yang ingin fokus pada manajemen operasi produksi, manajemen persediaan barang, manajemen pesanan, dan lini bisnis lainnya. Software ini cocok untuk bisnis kecil dan menengah.

Syspro memberikan solusi bisnis untuk mengendalikan biaya agar hasilnya optimal, proses bisnis yang lebih sederhana, meningkatkan produktivitas bisnis, analisa data real time untuk menghasilkan laporan dan mengambil keputusan yang lengkap.

Sama seperti ERP lainnya, Syspro memiliki fitur dasar seperti tracking lot dan serial number, analisis penjualan, penentuan HPP, penjualan dan pelaporan pajak.

Harga yang ditawarkan berdasarkan modul yang Anda pilih, jumlah pengguna, implementasi dan data yang tersedia. Tampilan UI yang sederhana membuat user lebih cepat menguasai program.

Database SQL disimpan di microsoft karena di-build di Microsoft.NET. Program ini dapat terkoneksi dengan aplikasi pihak ketiga.

Fitur Syspro:

  • Order management: mengotomatiskan prosedur pemesanan hingga pengiriman, transparansi produksi, pemrosesan serta pemenuhan pesanan dengan menambah pesanan penjualan.
  • Tracking lot dan serial number: mengatur tracking produk dengan melacaknya dari lokasi awal hingga tujuan akhir dengan visibilitas lengkap. User juga dapat melacak dan mengevaluasi cacat pada produk.
  • Analisis penjualan: memfilter pelanggan yang menguntungkan dan memperkirakan tren penjualan produk untuk mengukur keuntungannya.
  • Lean inventory management: mengizinkan penyesuaian dan pemantauan KPI otomatis untuk mendapatkan keseimbangan untuk investasi dan layanan inventaris.
  • Informasi produk: mengelola berbagai barang dalam satu atau beberapa gudang. User dapat merencanakan dan melakukan restorasi gudang dan kebutuhan pemenuhan pesanan.
  • Perubahan formula produk: kontrol leverage untuk menjamin produk memiliki prosedur yang konstan, formula dan persyaratan yang benar dengan kontrol perubahan teknik, bill of material, barang dalam proses dan aksesori pabrik.
  • Alur kerja dan persetujuan: mengelola prosedur desain barang dagangan dan memverifikasi bahwa produk baru dan yang direvisi melewati standar pengujian dan persetujuan yang relevan sebelum didistribusikan ke klien.
  • Monitoring: kenali produsen yang disetujui untuk penyediaan bahan mentah dan pelaksanaan supplier dengan mudah untuk dilacak melalui pertanyaan dan laporan. Pengguna akan mengawasi dan memahami kualitas bahan baku selama pembuatan produk.

Ada pro dan kontra untuk setiap solusi software. Berikut adalah beberapa kelemahan Syspro ERP yang perlu dipertimbangkan sebelum mengambil keputusan:

  • Tidak ramah pengguna atau UI
  • Menarik data memerlukan banyak penyesuaian
  • Tidak menyediakan dokumentasi menyeluruh mengenai UI pihak ketiga
  • Tidak menawarkan formulir cetak bawaan seperti pesanan pembelian, pesanan penjualan dan faktur
  •  Laporan khusus sulit untuk ditarik dan dijalankan tanpa support IT.

Biaya berlangganan: $199 (sekitar 3 juta) per pengguna dan per bulan. Semakin banyak modul, semakin mahal biaya program.

Biaya on-premise: $12,000 (sekitar 180 juta).

Biaya maintenance: Support tersedia untuk user melalui Syspro Reseller Channel and Syspro Partners. Support internal juga tersedia dari vendor untuk membantu memenuhi kebutuhan spesifik setiap pelanggan.

Biaya implementasi: Syspro menyediakan layanan implementasi melalui Syspro Reseller Channel and Syspro Partners. Biaya implementasi ini bervariasi berdasarkan jumlah pengguna, sistem arsitektur, cakupan dan kompleksitas implementasi, ukuran perusahaan, industri, dan apakah perusahaan Anda memerlukan integrasi pihak ketiga.

Biaya kustomisasi: kustomisasi dan aplikasi tambahan dikenakan biaya tambahan untuk Syspro versi on-premise dan berbasis cloud.

Biaya migrasi dan perubahan data: biaya ini juga bersifat tambahan dan akan bervariasi tergantung pada software Anda saat ini, jumlah data yang akan dimigrasi, ketersediaan tools migrasi, kompleksitas data, dan kesenjangan antara sistem yang ada dan sistem baru.

Biaya renewal: untuk kedua jenis penerapan tersebut biayanya akan bervariasi tergantung pada jumlah lisensi pengguna berbasis subscription yang dibeli ditambah biaya tambahan untuk update software, software, modifikasi, dan integrasi.

QAD

QAD ERP merupakan sistem yang ideal untuk perusahaan menengah hingga besar, sistem ini fokus pada enam industri yang dilayani yaitu otomotif, consumer goods, makanan dan minuman, industri, high tech, dan life sciences.

Sistem web-based yang ditawarkan memudahkan user mengakses informasi dan meningkatkan produktivitas kerja user. Data dan informasi yang real-time membantu user dan pihak manajemen membuat keputusan lebih cepat dan lebih baik.

QAD menerapkan kepatuhan pajak menurut undang-undang di 66 negara. Ini memastikan perusahaan Anda dapat melakukan bisnis dengan pelanggan dan supplier. Sistem ini mengikuti praktik terbaik dalam masing-masing industri, memastikan modifikasi dan implementasi yang cepat.

Fitur manufaktur pada QAD ERP menyediakan kemampuan dari back office hingga toko. Planning dan penjadwalan, penanganan material, operator produksi, pemeliharaan dan quality control semuanya berkolaborasi dalam mencapai tujuan bisnis dengan terhubung ke satu sistem database.

Informasi dalam database bersama dapat mendorong efisiensi, kualitas produk yang lebih baik, level inventory yang lebih rendah, dan SLA (Service Level Agreement) yang unggul untuk mendukung biaya operasional yang optimal.

QAD ERP membantu bisnis mengelola semua aspek lifecycle stage pelanggan, mulai dari akuisisi hingga layanan pelanggan, termasuk penawaran harga, pesanan, penetapan harga, promosi, penyesuaian, konfigurasi, pemenuhan pesanan, pengembalian, perbaikan, dan layanan.

Ini membantu perusahaan mengelola manajemen pesanan dan release terjadwal yang lebih akurat dan efisien, serta keseluruhan pesanan dengan visibilitas yang ada sesuai kesepakatan.

QAD ERP terintegrasi dengan semua divisi, menyediakan proses antara keuangan dan manajemen pelanggan dan layanan, manufaktur, manajemen supply chain, dan manajemen aset.

Tim keuangan dapat menangani persyaratan pajak multi-company, multi-currency, dan memastikan tutup buku lebih cepat dan tidak ada human error.

Harga QAD

Ada tiga model utama yang ditawarkan QAD: subscription, perpetual, dan usage-based.

  • Subscription: membayar biaya bulanan atau tahunan untuk menggunakan software. Jenis penetapan harga ini sering disebut sebagai SaaS.
  • Perpetual: Anda membeli software langsung dengan lisensi abadi dan kemudian membayar biaya pemeliharaan tahunan untuk support dan upgrade.
  • Usage-based: Anda membayar jumlah transaksi atau user dengan model penetapan harga berdasarkan penggunaan. Jenis ini sering disebut “Pay As You Go.”

Ada tiga paket berbeda yang tersedia, tergantung pada manajemen.

  • Paket Basic: pilihan paling terjangkau dan mencakup semua fitur penting yang dibutuhkan bisnis untuk menyederhanakan operasional sehari-hari. Edisi starter cocok untuk usaha kecil dengan 10 users.
  • Paket Profesional: peningkatan dari paket Basic dan mencakup fitur tambahan seperti akuntansi yang lebih advance, manajemen produksi, dan manajemen pelanggan. Paket profesional cocok untuk bisnis dengan 250 users.
  • Paket Enterprise: mencakup semua fitur yang tersedia dalam paket Basic dan Profesional, ditambah fitur tambahan seperti manajemen proyek dan input pesanan. Paket ini cocok untuk bisnis sangat besar dengan lebih dari 250 users.

Jenis paket subscription:

  • Biaya paket basic: $250 per bulan/pengguna.
  • Biaya implementasi: $25K sampai $500K
  • Jumlah user: 10 hingga 10.000 orang

Infor ERP

Infor merupakan salah satu vendor ERP dari Amerika yang sudah mengembangkan produk software ERP cloud yang banyak digunakan di dunia. Industri yang menggunakannya antara lain manufaktur, distribusi dan jasa atau service.

Setiap produk ERP pasti dibuat untuk menyederhanakan proses pada bisnis Anda. Infor sebagai perusahaan ERP, menjalankan softwarenya melalui platform Infor CloudSuite™, cloud yang dapat disesuaikan dan dihosting melalui Amazon Web Services.

Karena kerjasama dengan AWS dan terkenal dapat menyesuaikan software ERP berbasis cloud, Infor dapat menyediakan cloud yang fleksibel dan dapat ditingkatkan bagi bisnis yang juga meningkatkan kecepatan implementasi ERP.

Daftar harga Infor:

Infor M3

Harga: Rp700,000-Rp10,000,000

Biaya per user: 2,000,000/bulan

Jumlah user: 20-1,000

Fitur:

  • Multi site
  • Multi national
  • Manajemen keuangan
  • Manajemen produksi
  • MRP dan BOM
  • Sales order management
  • Supply chain management 
  • Customer relationship management

Infor LN

Harga: Rp700,000-Rp10,000,000

Biaya per user: 2,000,000/bulan

Jumlah user: 20-2,500

Fitur:

  • Multi site
  • Multi national
  • Manajemen keuangan
  • Manajemen produksi
  • MRP dan BOM
  • Customer relationship management

Infor Distribution SX.e

Harga: Rp150,000,000-Rp5,000,000,000

Biaya per user: 1,500,000/bulan

Jumlah user: 10-1,000

Fitur:

  • Multi site
  • Multi national
  • Manajemen keuangan
  • Manajemen produksi
  • MRP dan BOM
  • Customer relationship management

Effitrac ERP

Effitrac ERP merupakan salah satu vendor ERP yang berlokasi di Dubai. Sama seperti software ERP pada umumnya, Effitrac juga memiliki fitur yang dibutuhkan perusahaan skala menengah dan global seperti fitur produksi, akuntansi, manajemen purchasing, manajemen persediaan barang, manajemen supplier dan manajemen customer.

Deployment yang ditawarkan hanya berupa cloud, bukan on premise sehingga harus bergantung pada koneksi internet. Bahasa yang digunakan di dalam software adalah bahasa Ingris.

Vendor ERP satu ini mengklaim softwarenya dapat memberikan para usernya laporan bisnis yang dapat di-custom dan data yang sangat akurat, memberikan insight bisnis yang dapat membantu pertumbuhan dan mencapai tujuan bisnis pelanggannya.

Beberapa fitur Effitrac ERP:

  • Akuntansi Biaya
  • Pembelian, faktur & inventory
  • Perhitungan inventory berdasarkan FIFO, rata-rata tertimbang LIFO
  • Inventory aging
  • Dealer atau sub-dealer dashboard
  • Perencanaan waktu dan kegiatan
  • Perencanaan permintaan bahan baku
  • Pelabelan bahan mentah ke pesanan
  • Manajemen cuti
  • Manajemen pimpinan & komisi
  • Manajemen sumber daya manusia
  • Business intelligence

Support yang ditawakan oleh Effitrac ERP setelah Anda membelinya adalah support dalam bentuk email, telepon, tiket dan training user.

Harga

Modul Pembukuan: mulai dari 230,000-1,200,000 per bulan (tambahan user 150,000 per bulan)
Modul CRM: mulai dari 300,000-1,500,000 per bulan (tambahan user 230,000 per bulan)

ERP: mulai dari 1,900,000-3,500,000 per bulan (tambahan user 400,000 per bulan)

Modul HR dan Payroll: mulai dari 300,000-1,200,000 per bulan (tambahan karyawan 28,000 per bulan)

BI Dashboard: mulai dari 2,000,000-2,400,000 per bulan (tambahan user 400,000 per bulan)

Genius ERP

Genius ERP merupakan tools yang diperlukan produsen untuk meningkatkan produktivitas dan mengurangi biaya operasional.

Genius ERP adalah software ERP yang sudah 30 tahun lebih menjadi pilihan terpercaya untuk produsen engineer-to-order, custom-to-order, make-to-order, dan assemble-to-order. Software ERP ini cocok untuk produsen dari skala kecil hingga menengah.

Fitur yang ditawarkan antara lain:

  • Scheduling
  • Inventory management
  • Product engineering
  • Production planning
  • Accounting
  • CRM
  • Job costing
  • Manufacture
  • Sales
  • Financial dan accounting
  • Order management
  • Project management
  • Warehouse management

Software ERP ini memiliki fitur yang dapat terintegrasi dengan CAD, Anda dapat dengan mudah mengubah design CAD menjadi BOM dan menganalisa data yang berada di dashboard untuk mendapatkan insight mengenai proses manufaktur di perusahaan Anda. Dengan data yang akurat dan real time, Anda dapat lebih cepat mengambil keputusan dan improvisasi yang terus berkelanjutan.

Pro:

  • User interface (UI) mudah digunakan oleh pengguna.
  • Modul engineering lifecycle cocok untuk perusahaan manufaktur (BOM dapat disesuaikan dalam berbagai versi.
  • Ada tim support untuk pelanggan mereka jika membutuhkan bantuan dalam kendala penggunaan software.

Kontra:

  • Tantangan dalam integrasi.
  • Perlu membuka banyak windows untuk modul yang berbeda, kurang akses online ke modul.
  • Ada tambahan biaya walau di kontrak menyertakan update software.

Harga: 47,000,000-782,000,000

Biaya user: 7,820,000 per bulan

Deployment: on premise dan cloud

Implementasi: 157,000,000 (minimum)

Epicor ERP

Daftar ERP selanjutnya adalah Epicor ERP. Software satu ini dapat dipakai di berbagai industri untuk mengelola akuntansi dan keuangan, human resource, distribusi barang, produksi, manajemen inventory dan manajemen pelanggan. Epicor menyediakan ERP jenis cloud.

Sebagian besar klien Epicor adalah bisnis menengah dan sebagian besar berada di pasar Amerika Serikat. Tetapi, semua ukuran bisnis dapat menggunakan Epicor ERP bersama dengan software bisnis lainnya. Perusahaan yang menggunakan antara lain dari industri manufaktur, ritel, kayu dan bahan bangunan, otomotif dan lainnya.

Modul yang ada di Epicor ERP antara lain:

  • Sistem manufaktur
  • Manajemen supply chain
  • Manajemen keuangan
  • Manajemen sumber daya manusia
  • Enterprise content management
  • E-commerce dan point of sales
  • Perencanaan dan penjadwalan
  • Business analytics and intelligence
  • Customer relationship management (CRM)
  • Manajemen produksi, manajemen layanan, dan sistem pembayaran.

Harga Epicor ERP

Epicor ERP memiliki tiga tingkatan harga yang termasuk per user dan per bulan, berikut daftarnya:

Tier 1: Rp320,000-Rp780,000 (untuk bisnis kecil)

Tier 2: Rp780,000-Rp3,200,000 (untuk bisnis berskala menengah)

Tier 3: lebih dari Rp3,200,000 (untuk bisnis skala besar).

Harga tier 3 lebih mahal bisa sampai Rp15,000,000 per user per bulan karena fitur yang ditawarkan lebih banyak dan akun bisa untuk banyak user.

Modul manajemen supply chain didasarkan pada per user dan per bulan, berlaku untuk tiga tingkatan:

Tier 1: Rp320,000-Rp15,000,000

Tier 2: Rp15,000,000-Rp15,000,000

Tier 3: lebih dari Rp15,000,000

Modul manajemen gudang dibagi menjadi kategori khusus untuk UMKM dan bisnis besar. Harga untuk penawaran terendah berlaku bulanan dan penawaran premium untuk perpetual license.

Paket standar: Rp1,000,000-Rp3,000,000

Paket premium: Rp15,00,000-Rp78,000,000

Modul distribusi juga dikenakan biaya per user dan per bulan dengan harga mulai dari Rp780,000 sampai Rp3,200,000.

Umumnya, biaya migrasi data bergantung pada jumlah data yang ditransfer, data yang Anda miliki saat ini, tools migrasi, dan gap antara sistem yang ada dan sistem baru.

Sebagai aturan, Anda harus mementingkan berapa banyak data yang perlu dimigrasikan. Anda harus fokus pada jumlah pelanggan, transaksi keuangan, faktur, produk, dan versi data. 

1,000 files: Rp7,800,000

10,000 files: Rp32,000,000

100,000 files: Rp155,000,000

1,000,000 files: Rp388,000,000

Sebagai pembeli, Anda perlu membayar ekstra untuk training users. Biayanya seperti di bawah ini:

1-2 sesi: Rp7,800,000

3-4 Sesi: Rp23,000,000

5-7 Sesi: Rp39,000,000

8-10 Sesi: Rp78,000,000

Cetec ERP

Cetec ERP merupakan web based software ERP yang di dalamnya memiliki berbagai fitur untuk mengelola bisnis Anda dari penawaran dan penjualan hingga manajemen persediaan barang, manajemen dokumen, manajemen kualitas, serta akuntansi dan finance. Semua modul, customer support, maintenance dan upgrade software dikenakan biaya subscription per bulan.

Cetec ERP memiliki tiga pilihan paket harga yang dapat Anda pilih berdasarkan ukuran bisnis Anda yaitu paket Lite, Standard dan Enterprise. Untuk ketiga paket tersebut tentu memiliki penawaran yang berbeda, namun dari ketiganya, Anda akan mendapatkan:

  • Semua modul & laporan standar
  • Semua lisensi dan database software
  • Gratis install dan setup langsung di cloud Cetec ERP
  • Gratis upgrade software dan maintenance
  • Gratis hosting dan maintenance server di cloud Cetec ERP
  • Online resources (panduan memulai software, video petunjuk pengunaan, forum komunitas, dll).

Lalu apa yang membedakan dan berapa harganya? Berikut ini daftar harga Cetec ERP:

  • Lite Plan (Rp620,000 per user per bulan dengan minimal 5 users). Selain daftar di atas, juga akan mendapatkan:

– Backup mingguan

– 2GB kapasitas penyimpanan dokumen per user

– Support via forum komunitas.

  • Standard Plan (Rp620,000 per user per bulan dengan minimal 5 users dan Rp7,800,000 per bulan per perusahaan). Anda dan tim akan mendapatkan:

– Backup harian

– 4GB kapasitas penyimpanan dokumen per user

– Support prioritas dan fast track melalui telepon dan email.

  • Enterprise Plan (Rp620,000 per user per bulan dengan minimal 5 users dan Rp50,000,000 per bulan per perusahaan). Fitur dan layanan khusus yang akan didapatkan:

– Backup harian

– 8GB kapasitas penyimpanan dokumen per user

– Enterprise support dan prioritas utama melalui telepon dan email

– Konsultasi lewat telepon tiap quarter

– Sistem test Sandbox

– Lampiran dokumen secara otomatis

– Support untuk modifikasi

– Platform business intelligence

ePromis

ePromis merupakan software ERP yang dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan bisnis Anda, terutama di industri yang spesifik. Selain itu, ERP ini dilengkapi dengan kontrol akses berbasis users dan roles di perusahaan, user interface (UI) yang interaktif, data di dashboard yang real time, dan dapat terintegrasi dengan tools bisnis lainnya. 

ePromis ERP tersedia di cloud, web, sebagai hybrid, dan on premise (server di klien). Penerapan di cloud memberikan akses real time dan aman ke sistem ERP di manapun Anda berada melalui aplikasi di Android dan iOS. Anda dapat menggunakan fitur multi-location, multi-company dan multi-currency.

Fitur yang ada di ePromis ERP:

  • Billing
  • Business intelligence
  • Manajemen biaya
  • CRM
  • Customer service
  • Keuangan & akuntansi
  • SDM
  • Manajemen persediaan
  • Manajemen pesanan
  • Perencanaan & penjadwalan
  • Manajemen proyek
  • Pembelian
  • Quality control
  • Penjualan
  • Pengiriman & distribusi
  • Manajemen supply chain
  • Manajemen gudang
  • Manajemen aset
  • Manajemen dokumen.

Datacor ERP

Datacor ERP merupakan software ERP yang sangat cocok untuk produsen dan distributor bahan kimia. Software ini memfasilitasi manajemen dan pengadaan inventaris terpusat, business intelligence, manufaktur, akuntansi, customer relationship management dan banyak lagi. 

Fitur Utama

  • Quality control: tracking dan quality control dalam proses manufaktur dari awal hingga pengiriman dengan bantuan pengujian quality control tanpa batas dan memelihara dokumen untuk produk yang spesifik.
  • Batch produksi: mengotomatiskan jadwal produksi dan proses pengadaan dengan menganalisa biaya dan hasil produksi, dan dashboard produksi.
  • Manajemen pesanan: user dapat mengakses empat cara untuk memasukkan pesanan melalui web, telepon, fax atau email. Ini memiliki modul pengiriman dan rute truk yang terintegrasi.
  • Manajemen keuangan: mengelola akun pelanggan dengan detail history kredit dan laporan transaksi secara berkala, melacak tanggal jatuh tempo pembayaran dan diskon untuk mengelola arus kas, laporan keuangan termasuk neraca, laporan laba rugi, dan banyak lagi.
  • Plant maintenance: menjadwalkan maintenance dan menyimpan blueprint sebagai database aset untuk maintenance yang efektif.

Kekurangan:

  • Tools manajemen inventory tidak otomatis
  • Laporan terbatas
  • Biaya lisensi mahal
  • User interface tidak responsif.

Focus ERP

Focus ERP merupakan salah satu vendor software ERP yang berasal dari Newcastle (Inggris). Seperti ERP lainnya, Focus ERP juga dapat memfasilitasi semua departemen di perusahaan Anda.

Focus ERP tersedia dalam sistem on-premise dan cloud. Software ERP ini mengintegrasikan semua divisi dari produksi, supply chain, customer relationship management, human resources, dan modul lain dalam satu database terpusat.

Software ini memiliki kemampuan AI yang membantu Anda mengelola kontrol pada proses keuangan yang terganggu, pencarian vendor lebih cepat, membuat perkiraan menjadi mudah, dan meningkatkan proses bisnis lainnya untuk mencapai pertumbuhan yang lebih besar.

  • Intuitive UI
  • In-memory OLTP
  • VUI processing
  • Biometric login
  • Dashboard canggih
  • Pembayaran aman
  • Integrasi dengan WhatsApp
  • Login dengan banyak user
  • Aplikasi dari pihak 3 & RESTful APIs
  • Dedicated server untuk laporan
  • Authorizations & escalations
  • Advanced security log
  • Template dari berbagai industri
  • In-memory computing.

Focus ERP cocok untuk bisnis kecil dan menengah. Harga yang ditawarkan adalah sistem subscription yaitu Rp1,200,000,- per bulan. Tersedia versi free trial.

Kenapa SAP dan Software ERP Mahal?

Harga software SAP atau sistem ERP lainnya dikenal mahal jika dibandingkan dengan jenis software bisnis lain (software POS, software HR, dll). Harga yang mahal ini membuat banyak orang bertanya-tanya mengapa ERP begitu mahal? Apakah harga mahal ERP sebanding dengan output untuk bisnis?

Untuk bisa membeli ERP, sebuah bisnis atau perusahaan perlu mengeluarkan uang puluhan juta hingga miliaran Rupiah. Mahalnya biaya ini menjadi kendala bagi bisnis kecil dan UMKM.

Bila bisnis Anda mempertimbangkan bagaimana ERP bisa membuat perubahan pada bisnis, biaya pembelian ERP yang mahal dapat menjadi alasan yang masuk akal. Anda dan tim dapat menggunakan sistem yang lengkap untuk semua departemen, database terpusat, dan tidak jarang beberapa vendor ERP seperti MASERP dapat memfasilitasi software ERP yang bisa dimodifikasi sesuai bisnis flow Anda.

Software ERP dapat membuat operasional menjadi lebih efisien, transparan, dan hasil yang lebih baik (penjualan, hubungan dengan pelanggan, dll).

Alasan yang membuat harga software ERP mahal adalah kompleksitas dari sistem di dalamnya. Bayangkan belasan bahkan puluhan departemen dapat terlibat dalam penggunaan data di dalam software ERP, data di dalamnya sangat banyak dan terpusat. Ini membuat efisiensi dalam kolaborasi, koordinasi dan komunikasi di dalam bisnis menjadi lebih baik. Fitur yang lengkap, termasuk fitur keamanan yang berupa hak akses dan hak approval dapat menjadi kunci bahwa keamanan data di software ERP juga terjamin.

Selain itu, beberapa faktor lain yang membuat harga ERP mahal adalah jenis lisensi ERP (on premise atau cloud ERP), berapa banyak pengguna ERP di bisnis Anda, kustomisasi dan integrasi yang dibutuhkan, biaya implementasi, pelatihan untuk para pengguna, customer support selama pemakaian software ERP, serta server dan hardware yang dibutuhkan untuk mendukung ERP.

Kesimpulan

Semua software ERP yang telah saya bahas di atas tersedia di Indonesia dan digunakan di banyak perusahaan skala menengah.

Seperti yang Anda lihat, harganya pun sangat bervariasi dari Rp700.000,- sampai miliaran Rupiah, semuanya tergantung kebutuhan.

Tentunya salah satu kekhawatiran para pengusaha adalah support yang diberikan apabila produk tersebut bukan perusahaan lokal.

Biasanya support perusahaan luar cenderung lebih mahal dan perlu waktu menunggu untuk memanggil support ke perusahaan Anda. Saya juga telah menulis artikel tentang cara menentukan software ERP yang cocok untuk perusahaan Anda.

Tentu ini tidak menjadi masalah apabila Anda sudah planning terlebih dahulu support yang dibutuhkan, seperti menjadwalkan visit rutin bulanan untuk problem solving dan sebagainya.

Apabila Anda ingin berbicara dengan vendor software ERP lokal Indonesia, Anda dapat menghubungi MASERP dan berkonsultasi dengan konsultan ahli kami untuk memberikan solusi dari kendala dan kebutuhan bisnis Anda. Free konsultasi!

Baca Jaga: Daftar Software Akuntansi Berdasarkan Ukuran Perusahaan