5 Alasan Pentingnya Integrasi ERP Bagi Bisnis

Adanya integrasi ERP dapat membantu para pelaku usaha dalam mengelola segala aktivitas bisnisnya, seperti misalnya dalam manajemen pemesanan, mengelola informasi supplier, manajemen persediaan, manajemen pelaporan, serta pengelolaan akuntansi.

Selain itu, ERP software juga diperlukan untuk menangani backorders atau suatu kondisi dalam persediaan barang yang dipesan belum bisa disediakan sebagian atau keseluruhannya. Dengan demikian, bisnis yang Anda jalankan pun bisa lebih mudah terintegrasi secara real-time dan aliran pendapatan Anda bisa dikelola secara efektif dan efisien. Berikut ini beberapa alasan yang menunjukkan betapa pentingnya integrasi ERP.

Memudahkan Proses Pengelolan Persediaan 

Pengelolaan stok atau persediaan barang merupakan salah satu hal yang cukup memusingkan bagi para pelaku bisnis. Hal ini akhirnya mendorong para pelaku bisnis untuk menerapakan ERP yang dijalankannya. Untuk memudahkan pengelolaan persedian atau stok, Anda perlu mengintegrasikan sistem ERP.

Dengan mengintegrasikan software ERP maka sistem akan secara otomatis melacak jumlah persediaan barang secara real-time. Hal ini akan berdampak positif ada reputasi Anda dan sekaligus meminimalisir kekecewaan pelanggan. 

Intergasi ERP

Memudahkan Proses Pencatatan Pendapatan 

Software ERP akan memudahkan pelaku bisnis dalam mencatat nomor penjulan secara otomatis. Dengan demikian, Anda tidak perlu repot-repot lagi mencatat pendapatan secara manual. Selain itu, Anda pun tidak akan pusing memikirkan masalah ketinggalan tanggal dalam mencatat pendapatan karena semua telah berjalan secara otomatis. 

Integrasi software ERP akan membawa infomasi lebih cepat dan akurat karena semua informasi terus di-update setiap harinya. Dengan begitu, Anda cukup menjalankan laporan untuk jangka waktu tertentu dan menentukan pendapatan Anda setiap harinya. 

Baca Juga: Pengertian Software ERP Indonesia dan Keuntungan Penggunaannya

Meningkatkan Kepuasan Para Pelanggan 

Integrasi ERP penting untuk dilakukan guna membantu para pelaku bisnis dalam melacak serta memperoleh informasi terkait bisnis yang dijalankan. Dengan adanya software ERP dalam bisnis ritel akan memungkinkan pelanggan untuk mengetahui pesanan yang mereka buat.

Hal ini akan menghindarkan kekhawatiran pelangan dan sekaligus memudahkan karyawan dalam menjawab informasi yang diperlukan oleh pelanggan. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah dalam meningkatkan kepuasan para pelanggan sehingga akan membuat reputasi Anda semakin baik. 

Memudahkan dalam Pengaturan Permintaan 

Dengan adanya integrasi software ERP ini akan membantu Anda dalam meningkatkan dan menurunkan permintaan para pelanggan. Hal ini tidak terlepas dari mudahnya proses setting software ERP sehingga Anda akan lebih mudah menentukan berapa banyak yang akan dijual secara online maupun offline. Dengan demikian, para karyawan akan lenbih mudah dalam meningkatkan pekerjaannya secara efektif dan efisien. 

Menghemat Biaya Operasional 

Integrasi ini akan membantu Anda dalam menghemat biaya operasional yang harus dikeluarkan. Segala hal yang kompleks terkait bisnis tersebut yang Anda jalankan dapat disesuaikan secara cepat sehingga mengurangi lead time. Selain itu, Anda juga akan lebih mudah dalam mengurangi biaya tenaga kerja sehingga biaya operasional yang harus dikeluarkan pun akan lebih mudah ditekan. 

Kesimpulan

Demikianlah beberapa alasan yang menunjukkan pentingnya integrasi ERP. Setelah Anda mengetahui apa saja hal-hal positif yang bisa didapatkan dari integrasi ERP Software ini, maka Anda juga ingin menerapkannya pada perusahaan Anda, bukan?

Tenang saja, MASERP sebagai ERP software Indonesia, MASERP dapat dicustom dan terintegrasi dengan software atau aplikasi lain, sudah berpengalaman dari tahun 1984 dan dipercaya oleh ribuan perusahaan, memiliki dedicated support untuk customernya, dapat diinstall di server kantor Anda maupun di cloud, user friendly dan harganya cukup terjangkau dengan modul yang sangat lengkap.

Sistem ERP memang memerlukan investasi yang lumayan mahal, tetapi jika bisnis Anda membutuhkan solusi menyeluruh bagi operasional bisnis, menggunakan software akuntansi MASERP adalah solusi terbaik dalam mengoptimalkan proses ini.

Jangan khawatir data Anda bocor, Anda bisa mengontrol siapa saja yang boleh membuat dan mengedit transaksi dan laporan perusahaan, jadi tidak setiap orang bisa melihat data yang bukan tanggung jawabnya.

MASERP dapat digunakan untuk lebih dari satu entitas perusahaan tanpa biaya tambahan. Dengan database SQL server, MASERP kuat menampung jutaan transaksi dan tidak akan corrupt.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan apa yang Anda butuhkan kepada konsultan ahli kami sekarang. Gratis!

New call-to-action