MASERP: ERP Terbaik dengan Fitur Lengkap dan Terpercaya

MASERP merupakan vendor software ERP yang sudah berkecimpung sejak tahun 1984 dan memfasilitasi berbagai industri seperti manufaktur, konstruksi, teknologi, peralatan industri, home and lighting, teknologi, energi dan migas, retail, food and beverage, dan masih banyak lagi.

Vendor satu ini dipercaya oleh ribuan perusahaan berskala menengah dan besar karena menggunakan database SQL yang kuat menampung banyak transaksi, dapat digunakan hybrid cloud, terintegrasi dengan tiap departemen dan dapat juga diintegrasikan dengan vendor software lain, memiliki hak akses dan approval sehingga keamanan data terjamin sesuai dengan roles yang sudah disetting, memiliki 300+ laporan siap cetak serta yang terpenting dapat dicustom sesuai dengan flow bisnis perusahaan. Ketahui lebih dalam daftar fitur dan modul beserta harganya di bawah ini!

Modul dan Fitur MASERP

Supplier dan Pembelian

Anda dapat memilih tiga macam transaksi pembelian di MASERP, yaitu:

  • Pembelian dari purchase order (PO) 
  • Pembelian dari bukti penerimaan barang (BPB)
  • Pembelian langsung

Sebelum melakukan transaksi pembelian, perusahaan Anda dapat melakukan setting master supplier dan group supplier, serta jurnal pembelian dan jurnal account payable (AP). Pembuatan master data ini merupakan salah satu cara untuk menghilangkan pekerjaan berulang ke depannya.

Menjaga hubungan dengan supplier menjadi poin penting bagi perusahaan dan semua proses tersebut harus difasilitasi dengan sistem yang mumpuni, di fitur Supplier dan Pembelian, Anda dapat melakukan transaksi yang berhubungan dengan uang muka supplier untuk DP purchase order, permintaan pembelian, account payable, purchase order yang dapat ditracking, penerimaan barang secara parsial, retur pembelian, pengajuan pembayaran dan pelunasan utang. Setiap perusahaan Anda menerima barang, nilai persediaan di gudang juga akan otomatis terupdate. Begitu pun ketika menerima invoice pembelian, saldo utang akan otomatis bertambah.

Anda pasti menginginkan harga terbaik dari supplier ketika melakukan pembelian, di MASERP Anda bisa membandingkan harga antar supplier dan meneruskannya ke purchase order setelah diperoleh harga terbaik.

Setiap transaksi pembelian perusahaan dapat diapprove berdasarkan nominalnya dengan level yang unlimited dengan fitur Multi Level Approval.

Dashboard Supplier dan Pembelian MASERP
Dashboard Supplier dan Pembelian MASERP

Customer dan Penjualan

Selain hubungan dengan supplier yang perlu dijaga, hubungan dengan pelanggan pun sama pentingnya. Setiap perusahaan wajib memiliki database penjualan customer dan MASERP memfasilitasi itu semua.

Anda dapat memanfaatkan fitur Master dan Group Customer, jurnal account payable (AP), jurnal penjualan serta master payment. Transaksi penjualan yang dapat Anda gunakan meliputi uang muka customer, tutup pending sales order (SO), transaksi sales order (SO), penawaran penjualan, tracking sales order (SO) yang dibuat oleh salesman dan cek status pengirimannya secara real time, surat jalan yang otomatis akan mengurangi persediaan di gudang, retur surat jalan, penjualan lewat surat jalan (SO), penjualan langsung, penerimaan piutang, retur penjualan yang dapat mengurangi piutang perusahaan Anda, dan tanda terima penjualan.

Apabila ada SO yang sama, Anda dapat mengirimkan barang berulang kali asal tidak melebihi jumlahnya di SO. Faktur pajak yang ada juga mendukung untuk PPN, PPh, export ke e-faktur dan terintegrasi dengan Online Pajak.

Saat ini, banyak sekali perusahaan retail yang membutuhkan point of sales (POS) untuk main proses bisnisnya. Nah, MASERP dapat terintegrasi dengan MAS Point untuk memudahkan penjualan di toko retail Anda dan proses sales canvassing.

Dashboard Customer dan Penjualan MASERP
Dashboard Customer dan Penjualan MASERP

Persediaan Barang

Inventory atau persediaan barang tidak hanya diperlukan oleh perusahaan retail atau distributor, tetapi juga manufaktur. Di perusahaan manufaktur, inventory dapat juga termasuk bahan baku yang dipakai di proses produksi dan barang setengah jadi yang tersedia di gudang.

Anda kesulitan mencari WMS (warehouse management system) yang dapat dipakai di banyak gudang? Don’t worry! MASERP memiliki fitur Multi Gudang dan kode gudang yang terintegrasi dengan persediaan barang serta pelaporannya.

Fitur Daftar Gudang MASERP
Fitur Daftar Gudang MASERP

Fitur Quantity Minimum dan Maximum memudahkan dalam mengelola persediaan dengan mengeset jumlah maksimal dan minimal yang harus tersedia. Ini dapat menjadi salah satu cara untuk menjaga kepuasan konsumen, karena Anda dapat memastikan stok barang aman dan mengetahui kapan harus melakukan reorder ke supplier ketika stok menipis.

Pencatatan stok barang di MASERP dilakukan secara perpetual dan periodik serta dilengkapi dengan fitur Stock Opname untuk menyesuaikan nilai persediaan berdasarkan jurnal persediaan dan kategori barang. Bahkan, inventory yang sama dapat disetting multi satuan seperti gram, ton atau pcs.

Dashboard Persediaan Barang MASERP
Dashboard Persediaan Barang MASERP

Salah satu benefit dari penggunaan software ERP adalah proses kerja menjadi lebih efisien dan hemat waktu, begitu juga dengan proses input data melalui QR Barcode Scanner yang bisa Anda lakukan di penjualan, surat jalan dan saat penerimaan barang.

Manufacturing

Di master biaya modul Manufacturing, Anda dapat melakukan setting untuk segala tipe biaya produksi di perusahaan seperti biaya overhead (BOH), biaya tenaga kerja (BTK) dan biaya operasional (BOP). Fitur Bill of Material (BoM) memudahkan perusahaan memproduksi barang jadi yang dilakukan berulang serta menentukan harga pokok produksi (HPP) sementara maupun final setelah diperoleh nilai BOH, BTK dan BOP. 

Dari BoM, selanjutnya Anda dapat menggunakan fitur Work Order (WO) untuk menginput produksi setelah diinput di Bill of Material. Di program kami juga terdapat fitur realisasi pemakaian baku sebenarnya, untuk memudahkan Anda memonitor dan menganalisa proses produksi tiap waktu.

Di dunia nyata, tidak semua pabrik akan memproduksi sebuah barang yang berasal dari bahan baku, tetapi ada juga kegiatan membongkar barang jadi menjadi bahan baku. MASERP memiliki fitur Assembly dan Disassembly untuk pabrik perusahaan Anda.

Bahkan, ketika produksi sudah berjalan, Anda bisa melakukan penyesuaian (adjust) bahan baku baik dengan menambahkan atau mengurangi bahan baku yang dibutuhkan. Fitur Adjust Biaya Produksi dapat Anda gunakan di akhir bulan untuk melakukan perhitungan ulang HPP.

Dashboard Manufaktur MASERP
Dashboard Manufaktur MASERP

Kekurangan bahan baku dalam proses produksi dapat memberikan berbagai masalah seperti barang jadi tidak sesuai pesanan, pengiriman barang jadi tertunda dan pelanggan menjadi kecewa. Untuk menghindari masalah tersebut, MASERP memiliki fitur Warning kalau ada bahan baku yang jumlahnya mencapai batas minimum maka Anda bisa segera melakukan pembelian ke supplier.

Salah satu yang dapat membuat anggaran produksi membengkak adalah adanya masalah double produksi. Di fitur Batch Number, Anda dapat membedakan barang di waktu produksi berbeda. Untuk mendata produk yang berhasil dan cacat juga dapat menggunakan batch number ini.

Kas dan Bank

Bagi perusahaan berskala global, pasti akan ada transaksi dengan mata uang berbeda. MASERP memiliki fitur Multi Currency yang dapat menjadi pengakuan sebagai laba atau rugi (accrual) saat akhir bulan. Fitur Giro Mundur juga akan memudahkan dalam pengingat apabila sudah jatuh tempo pencarian. Fitur Rekonsiliasi Bank dan Rasio Keuangan di MASERP juga akan memudahkan departemen keuangan untuk mengelola keuangan perusahaan.

Dashboard Kas dan Bank MASERP
Dashboard Kas dan Bank MASERP

Baca Juga: Cepat dan Mudah! Tutup Buku dengan Software Akuntansi MASERP

General Ledger

Salah satu keunggulan program kami adalah dapat digunakan perusahaan multi cabang maupun multi gudang hanya dalam satu sistem tetapi dengan database terpisah, Anda pun tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan.

Setiap cabang perusahaan dapat menyusun laporan laba rugi tanpa perlu bercampur dengan bisnis Anda yang lain. Tentu ini sangat bermanfaat, Anda bisa lebih mudah memonitor mana bisnis yang mengalami rugi atau keuntungan sehingga bisa membuat strategi khusus di cabang tersebut. Setiap cabang belum tentu membutuhkan strategi yang sama, bukan?

Dashboard General Ledger MASERP
Dashboard General Ledger MASERP

Mengontrol biaya tiap departemen perusahaan dapat lebih mudah dilakukan dengan fitur Set Budgeting. Laporan keuangan neraca dan laba rugi perusahaan Anda dapat di set hingga 19 level sub akun di MASERP dan semua laporan dapat dilihat real time tanpa perlu menunggu akhir periode atau tutup buku.

Aktiva Tetap

Aset tetap adalah aset berwujud yang memiliki kondisi siap pakai atau dibuat terlebih dahulu dan digunakan dalam kegiatan operasi perusahaan dan mempunyai nilai manfaat ekonomi lebih dari satu tahun. Aset tetap tidak untuk dijual kembali untuk kegiatan normal perusahaan. 

Di MASERP Anda bisa mendata seluruh aset tetap yang dimiliki perusahaan berdasarkan lokasi, tanggal mulai penyusutan, kelompok aktiva dan saldo awal aktiva. Tanggal mulai penyusutan merupakan waktu aktiva mulai susut misalnya pembelian tanggal 1 Januari 2022 dan mulai susut tanggal 31 Januari 2022.

Kelompok aktiva dapat dibedakan menjadi fiskal dan komersial. Aktiva fiskal yaitu sudah ditentukan oleh pajak dan tidak memerlukan koreksi fiskal, sedangkan aktiva komersial dapat disetting sesuai keputusan perusahaan Anda tetapi tidak dapat dibuat pajak. Metode penyusutan yang digunakan MASERP adalah straight line atau declining balance yang diakui PSAK. 

Aktiva Tetap MASERP
Aktiva Tetap MASERP

Pengelolaan transaksi aktiva tetap di MASERP berupa pembelian aktiva tetap, penjualan dan biaya aset. Manajemen aset sangat dibutuhkan oleh setiap perusahaan karena akan berhubungan dengan laporan keuangan tahunan dan pajak. Di MASERP, Anda bisa membuat jurnal penyusutan tiap akhir bulan dan mentracking history biaya perawatan dan pemakaiannya.

Project Costing

Modul ini dapat dikatakan krusial bagi perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi atau perusahaan yang memiliki model bisnis kontrak dengan klien tetapi pengerjaannya berjenjang. 

Beberapa perusahaan yang terbantu dengan modul Project Management MASERP ini adalah PP Semarang Demak, Metric, Catur Griya, Rekayasa Engineering, Celebes Railway Indonesia dan masih banyak lagi.

Tidak hanya dapat dilihat di modul General Ledger, Anda bisa dengan mudah melakukan tracking berapa banyak laba maupun rugi yang diperoleh tiap proyek yang sedang berjalan di modul Project Management.

Sebelum running sebuah proyek pasti Anda dan tim sudah memiliki rincian rencana anggaran, di modul ini Anda bisa merencanakan anggaran, memonitor dan menganalisa pengeluaran yang sudah terjadi. Apakah sudah sesuai dengan budget atau malah membengkak? Kalau tidak sesuai budget, modul ini memudahkan Anda menentukan keputusan dengan cepat sebelum budget semakin membesar.

Kalau di modul Pembelian dan Penjualan memiliki fitur “pencatatan penagihan”. Di modul ini pun Anda bisa melakukannya untuk mencatat nilai kontrak proyek yang sudah disetujui, serta memonitor nominal tagihan milik customer agar selalu membayar tepat waktu dan membuat cashflow proyek Anda sehat.

MASERP Basic Quick Tour

Harga Software MASERP

Harga MASERP dapat dikatakan masuk akal dan affordable dengan fitur yang lengkap di pangsa pasar ERP. Sebenarnya, implementasi MASERP untuk perusahaan Anda adalah investasi terbaik karena dapat digunakan hingga beberapa tahun ke depan hanya dengan sekali pembayaran di awal (on-premise).

Anda bisa mengimplementasikannya untuk multi cabang, multi departemen dan multi gudang. Program ini dapat dipakai kapan saja dan di mana saja karena web based dan user friendly.

MASERP memiliki harga bundling dengan 5 user, untuk paket manufaktur akan dikenakan harga Rp90.000.000,- dan paket distributor seharga Rp75.000.000,- untuk sekali pembelian di awal. Ingin menambah user? Anda bisa membelinya seharga Rp8.000.000,- per user.

Kesimpulan

Nah, itu tadi penjelasan lengkap mengenai MASERP yang sudah dipercaya ribuan perusahaan lokal dan mancanegara dari berbagai industri. Selain fitur yang lengkap dan dapat dicustom sesuai flow perusahaan, vendor satu ini juga memberikan jasa after sales berupa training, update program dan dedicated support di hari dan jam kerja lewat chat bubble di dalam program ERP sehingga konsumen tetap terbantu jika menemui kendala.

Apakah perusahaan Anda saat ini membutuhkan software ERP dengan fitur lengkap dan dapat disesuaikan dengan bisnis flow? Segera konsultasikan kendala dan kebutuhan perusahaan Anda dengan konsultan ahli kami sekarang, gratis!

New call-to-action