Software Manufaktur Adalah Strategi Bisnis Terbaik! Sudah Pakai?

Bisnis manufaktur adalah salah satu bisnis yang ikut mengalami perkembangan pesat mengikuti perkembangan teknologi. Otomatisasi pada sistem, mesin, dan peralatan dalam bidang manufaktur ternyata membutuhkan software khusus, software manufaktur adalah pilihan yang tepat. Bahkan, sudah banyak perusahaan manufaktur yang menggunakan software terintegrasi untuk menjalankan operasional dari kegiatan bisnis yang dilakukan.

Memang apa saja sih software manufaktur yang banyak digunakan? Jawabannya adalah berbagai jenis software yang mampu menunjang kegiatan pekerjaan di manufaktur. Agar lebih jelas dan mengerti, yuk simak artikel ini sampai habis!

Software Manufaktur

Sama seperti software pada umumnya, software manufaktur adalah program perangkat lunak yang digunakan untuk membantu dan menunjang pekerjaan yang dilakukan. Bedanya adalah, software manufaktur secara khusus digunakan di industri manufaktur.

Meski sudah ada sejak lama, perkembangan software di industri manufaktur semakin pesat dan mampu menunjang pekerjaan menjadi lebih mudah dan terkendali.

Baca Juga: Perusahaan Manufaktur: Pengertian, Karakteristik, Sistem dan Contoh

Jenis Software Manufaktur

Software manufaktur terbagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan fungsinya. Berikut jenis software manufaktur dan fungsi yang ada di dalamnya antara lain:

Inventory Management Software

Sesuai dengan namanya, software manufaktur yang satu ini berfungsi untuk melakukan manajemen terhadap stok barang dan inventori/inventaris, maksudnya adalah software ini digunakan untuk mengklasifikasi, mengontrol, dan mendata peralatan dan perlengkapan yang menjadi kebutuhan di perusahaan manufaktur.

Dengan Inventory Management Software, perusahaan juga dapat melakukan manajemen terhadap stok barang, membantu proses procurement, hingga melakukan forecasting terhadap stok persediaan barang.

Baca Juga: Management Inventory: Definisi, Tujuan, dan Model Inventorynya

Supply Chain Management Software

Supply chain adalah elemen penting dari industri manufaktur. Oleh karena itu, saat ini sudah dikembangkan software khusus untuk melakukan manajemen terhadap supply chain.

Dengan menggunakan Supply Chain Management Software, perusahaan dapat mengelola rantai pasokan dari hulu ke hilir mulai dari kegiatan produksi, distribusi, dan barang yang sampai ke konsumen atau pengguna.

Software supply chain management yang baik adalah yang mampu mengatur, menunjang dan mempermudah semua proses tersebut secara otomatis dan tanpa kesalahan.

Equipment Software

Dalam beberapa kondisi, perusahaan manufaktur membutuhkan software yang mampu menunjang proses produksi. Ya, dengan menggunakan equipment software perusahaan manufaktur dapat menghemat waktu dan mencegah hambatan yang terjadi saat proses produksi barang dilakukan.

Equipment software melakukan proses otomatisasi dengan berbagai fungsi diantaranya untuk memberikan instruksi pada mesin untuk membuat produk hingga mengatur urutan pekerjaan yang ada pada proses produksi.

Software Desain

Untuk menunjang proses seperti desain produk yang akan dibuat, industri manufaktur biasanya akan memanfaatkan software desain produk. Kegunaan dari software ini adalah untuk membuat desain dari produk yang akan dipasarkan.

Biasanya, perusahaan akan memilih software desain yang terintegrasi dengan mesin produksi yang digunakan. Hal ini bertujuan agar desain dari produk yang diciptakan dapat optimal digunakan.

Software Customer Relationship Management

Meski tak hanya digunakan pada industri manufaktur, software CRM atau Customer Relationship Management secara khusus dapat menunjang pekerjaan di bisnis manufaktur.

Dengan menggunakan software CRM, perusahaan manufaktur dapat menghitung kebutuhan melalui fitur otomatisasi untuk memenuhi permintaan dari konsumen. Fitur seperti manajemen data dan laporan penjualan juga menyokong industri manufaktur dari segi produksi dan penjualan.

Software Human Resource

Software Human Resource atau HR wajib untuk dimiliki setiap perusahaan di bidang manapun termasuk industri manufaktur. Dengan menggunakan software HR, manajemen terhadap tenaga kerja dapat dikelola dengan baik dalam satu sistem yang terintegrasi.

Fitur software HR yang dapat menunjang fungsi bisnis manufaktur antara lain adalah, payroll, absensi, hingga fitur pengaturan shift kerja.

Software Akuntansi

Tak hanya software HR, setiap bisnis juga pasti membutuhkan software akuntansi. Di bidang manufaktur, penggunaan software akuntansi sama dengan setiap bidang industri lainnya.

Dengan menggunakan software akuntansi, kegiatan pengelolaan keuangan di industri manufaktur akan semakin mudah. Fitur-fitur seperti perekaman transaksi, penyimpanan data secara cloud, hingga pengelolaan keuangan lainnya menjadi kebutuhan utama bagi industri manufaktur untuk menggunakan software akuntansi.

Baca Juga: 9 Harga Software Akuntansi Populer di Indonesia (Dengan Harga)

Kesimpulan

Terdapat beberapa jenis software manufaktur yang dibedakan sesuai fungsinya yaitu Inventory Management Software, Supply Chain Management Software, Equipment Software, Software Desain, Software Customer Relationship Management, Software Human Resource, dan Software Akuntansi.

Manfaat dari menggunakan semua software tersebut adalah untuk memudahkan dan menunjang pekerjaan di industri manufaktur. Setiap proses kerja secara detail akan terbantu dan terselesaikan dengan mudah apabila menggunakan software. Salah satunya adalah pengelolaan keuangan.

Dalam melakukan pengelolaan keuangan, industri manufaktur akan terbantu dengan adanya software akuntansi. Ya, software tersebut dapat membantu pengelolaan keuangan dengan melakukan perekaman transaksi, menghitung pembayaran, mendata jumlah transaksi, hingga menyimpan data hasil transaksi dan pendapatan.

Perusahaan manufaktur juga harus menerapkan sistem pencatatan dengan metode tertentu untuk menghitung pembelian dan penggunaan bahan baku.

Untuk mengurangi risiko kerugian akibat salah pencatatan produk, Anda wajib mengunakan software akuntansi dan manufaktur modern yang terintegrasi seperti MASERP.

Agar tidak membingungkan karena jumlah barang yang banyak, fitur Batch Number pada MASERP bisa memudahkan Anda membedakan barang yang baru diproduksi hari ini dengan barang produksi hari sebelumnya sehingga tidak mengalami double produksi.

Anda bingung menentukan harga pokok produksi (HPP)? Formula Bill of Material pada MASERP membantu Anda menentukan HPP sementara dan final.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan manufaktur Anda, langsung saja konsultasikan apa yang Anda butuhkan kepada konsultan ahli kami. Gratis!

New call-to-action