List 10 Software Inventory Terbaik. Nomor 3 Paling Powerful!

Aplikasi gudang atau yang bisa kita ketahui software inventory ini mengkhususkan diri dalam mendukung operasi sehari-hari di dalam gudang, seperti mencatat jumlah barang yang keluar masuk gudang, menyimpan data mengenai tanggal kadaluarsa dan nomor seri, serta pencatatan mutasi antar gudang dan stok di gudang. Dengan software inventory terbaik ini, pekerjaan di gudang menjadi lebih efisien dan risiko kesalahan pencatatan jumlah barang lebih sedikit, meminimalkan biaya tenaga kerja, serta meningkatkan layanan pelanggan. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui kapan harus memesan ulang barang, dan berapa banyak yang harus dipesan ulang atau diproduksi.

NetSuite WMS

Software inventory ini membantu pengguna dalam melakukan fungsi utama gudang seperti menerima, menyimpan, dan mengirim barang. Anda dapat menggunakan kamera handphone atau tablet untuk scan kode QR, menambahkan foto untuk transaksi, dan membaca kartu pembayaran.

Ada juga fitur lain seperti data real-time, manajemen pesanan, penagihan, manajemen inventaris, manajemen pengiriman, manajemen tenaga kerja dan beban, peta gudang, pembelian, dll. Software ini memiliki UI yang sederhana dan sangat mudah digunakan.

Fishbowl Go

Software ini cocok untuk semua ukuran bisnis, mulai dari toko kecil, online shop pribadi, hingga perusahaan besar. Anda bisa menggunakannya untuk membaca kode barang, mencatat beberapa pesanan sekaligus, mencetak daftar pengepakan untuk menyelesaikan proses pengemasan, memastikan pesanan dikirim ke lokasi yang tepat dan tepat waktu, serta melacak pergerakan produk di dalam gudang dan antar gudang.

Terdapat juga fitur Cycle Count yang bisa digunakan untuk memperbarui jumlah produk yang Anda miliki dengan memasukkan jumlah baru saat Anda menghitung stok barang secara fisik di gudang. Informasi rinci seperti nomor seri, tanggal kedaluwarsa, suku cadang, dan sebagainya juga bisa Anda masukkan dalam hitungan detik dengan fitur Part Information.

MASERP

Ketika Anda mencari software inventory terbaik untuk perusahaan, pilihan MASERP bisa jadi salah satu pilihannya, berikut ini beberapa fitur andalan inventory di MASERP yang dapat membantu perusahaan dalam mangelola persediaan dari pencatatan hingga pelaporan.

Item yang tercatat di program MASERP terdiri dari kode gudang atau lokasi (3 huruf) dan kode item (14 huruf). Untuk mencari item, perlu dimasukkan kode lokasi dan kode item juga agar hasil pencariannya tepat.

Kode lokasi di program memudahkan Anda melacak dan mencetak data persediaan sesuai kelompok gudang atau lokasi. Persediaan yang dimiliki perusahaan dapat disetting berdasarkan tipe barang, dan itu terdiri dari raw material (RAW), work in process (WIP), inventory stock (FG), jasa/biaya, paket dan total sub item.

Fitur harga beli spesial supplier dapat digunakan kalau Anda mendapatkan harga yang berbeda dari beberapa supplier. Jadi, pada saat pembelian ke supplier tersebut, harga beli spesialnya dapat ditarik secara otomatis dari master inventory di program.

Selain harga spesial dari supplier, Anda juga bisa memberikan harga beda ke tiap pelanggan dengan harga jual spesial. Saat transaksi penjualan terjadi, harga jual ini bisa ditarik dari master inventory secara otomatis. Persediaan barang yang ada di gudang sebaiknya memiliki jumlah yang pas, karena kalau jumlahnya berlebihan bisa menimbulkan kerugian terutama kalau barangnya cepat expired atau cepat busuk.

Begitu pun kalau jumlah persediaannya kurang, pelanggan bisa saja kecewa karena barang tidak tersedia dan membuat mereka beralih ke kompetitor. Dengan fitur quantity maximum dan minimum di MASERP, perusahaan bisa melakukan setting jumlah maksimal dan minimal barang yang harus ada di gudang. Apabila jumlah persediaan fisik di gudang sudah mencapai quantity minimaluser akan menerima warning sehingga bisa segera memesan ke supplier.

Sortly Pro

Sortly Pro adalah software inventory sederhana yang memungkinkan Anda melacak item secara visual dengan cara yang lebih intuitif di beberapa lokasi berbeda. Fitur utama aplikasi ini termasuk scan kode QR, scan check-in / check-out internal, setting peringatan dan pengingat, akses multi-pengguna, melacak aktivitas pengguna, dan impor / ekspor data melalui CSV, PDF, serta Dropbox.

Inventory Now

Inventory Now, atau sebelumnya dikenal dengan nama Inventory Tracker, sangat cocok untuk pemilik bisnis kecil hingga menengah yang perlu melihat stok atau item tertentu di segmen tertentu kapan saja. Fitur utamanya adalah cek semua stok di satu layar, sortir, filter, dan cari item dengan mudah, serta cek informasi barang yang meliputi tanggal, kategori, nama, kode, dan lokasi gudang.

Stock Controller

Stock Controller adalah software inventory barang yang bisa digunakan untuk memisahkan item ke dalam berbagai kelompok, mengurutkannya sesuai kategori, dan mengelola stok yang berbeda secara bersamaan. Anda juga bisa mendapatkan notifikasi saat stok barang mulai menipis dan melakukan impor/ekspor data ke CSV untuk digunakan di PC atau Mac.

Goods Order Inventory

Goods Order Inventory yang tersedia di Google Play dan App Store ini bisa membuat Anda tetap terhubung dengan bisnis dan stok barang di gudang Anda kapanpun dan dimanapun, karena aplikasi ini bisa bisa digunakan di smartphone, desktop, dan web.

Aplikasi ini bisa melakukan sinkronisasi stok barang secara real time, seperti menambahkan stok, mengelola stok, dan melacak lokasi penyimpanan atau pengiriman. Aplikasi yang memiliki tampilan ramah pengguna dengan navigasi yang mudah ini juga memiliki fitur scan QR via kamera handphone atau tablet.

Business Inventory

Business Inventory ini untuk melacak tingkat produk, pesanan, penjualan, dan pengiriman barang. Namun, aplikasi ini didesain hanya untuk iPhone dan iPad. Anda bisa menggunakannya untuk melacak lokasi barang saat diangkut ke lokasi penerima / gudang berbeda, menerima barang dari gudang atau lokasi lain, dan mengelola stok saat barang diambil, dikemas, dan dikirim.

Vladovsoft Sklad

Vladovsoft Sklad adalah aplikasi manajemen gudang yang mudah digunakan, yang akan membantu Anda melacak produk dan pelanggan, menyederhanakan proses pengiriman, penjualan, dan faktur, serta membuat pengelolaan dan kontrol gudang/toko Anda lebih mudah dari sebelumnya.

Bhansali Inventory

Software gudang yang cocok untuk Anda yang memiliki jumlah pelanggan banyak. Beberapa fitur utama yang dimilikinya adalah mengelola dan mengatur stok barang / supplier, membuat laporan, dan mengelola pajak toko / perusahaan.

Kesimpulan

Berikut adalah software inventory terbaik yang bisa menjadi pilihan bisnis manajemen gudang untuk bisnis Anda. Untuk software inventory terbaik Anda bisa gunakan dari MASERP, yang merupakan software ERP bisa memfasilitasi berbagai proses bisnis dari mulai produksi, pembelian, penjualan, persediaan barang, keuangan, karyawan, aset, pajak hingga tersedia berbagai laporan bisnis siap cetak.

Biaya yang dikeluarkan untuk berinvestasi di software memang relatif mahal, tetapi ini merupakan salah satu cara terbaik untuk mencapai tujuan bisnis lebih cepat kerena dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi kerja.

MASERP menawarkan layanan hybrid cloud, di mana Anda bisa memasang software di server kantor atau di cloud. Software tetap bisa dipakai meskipun koneksi internet mati. MASERP dapat digunakan untuk lebih dari satu entitas perusahaan tanpa biaya tambahan. Dengan database SQL server, MASERP kuat menampung jutaan transaksi dan tidak akan corrupt.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan kendala apa yang Anda hadapi kepada konsultan ahli kami. Gratis!