Jenis dan 5 Contoh Software Akuntansi Beserta Harga

Saat Anda membuat dan kemudian menjalankan sebuah bisnis, Anda tentu memerlukan akuntansi untuk dapat mengetahui kondisi keuangan bisnis beserta dengan laporan keuangannya. Anda harus mempertimbangkan penjualan, modal, dan pengeluaran sehari-hari. Saat ada penjualan, Anda perlu mencatat transaksi seperti utang dan piutang di buku besar. Dalam membuat laporan keuangan, Anda bisa menggunakan software akuntansi sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut ini kami berikan informasi mengenai contoh software akuntansi yang ada di pasaran.

Apa Itu Software Akuntansi?

Software akuntansi merupakan sebuah solusi yang dikembangkan dimana sebuah sistem dapat mengelola dan memproses data keuangan. Akuntan dan tim pembukuan keuangan menggunakan software ini untuk mengatur akun dan membuat operasionalnya berjalan otomatis. Software akuntansi dapat digunakan untuk mencatat data akuntansi, mengukur indikatornya dan melaporkan kegiatan keuangan perusahaan.

Anda akan mendapatkan banyak manfaat dan kemudahan ketika mengimplementasikan software akuntansi di bisnis seperti mudah mentransfer data ke akuntan dan auditor, mudah menganalisa bisnis dan keuangan, dokumen keuangan (faktur dan laporan) dapat dicetak otomatis sesuai format dan standar profesional, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 14 Manfaat Software Akuntansi untuk Tingkatkan Profit Bisnis

Jenis Software Akuntansi

Software akuntansi digunakan untuk mengumpulkan informasi mengenai finansial sebuah bisnis beserta dengan pelaporannya. Software akuntansi merupakan software yang tepat untuk urusan administrasi bisnis.

Sebelum memutuskan paket software mana yang akan digunakan, penting untuk memahami berbagai contoh software akuntansi dan dalam keadaan apa saja software tersebut bisa digunakan.

Berikut ini contoh software akuntansi yang biasa digunakan oleh perusahaan, berdasarkan skala bisnisnya.

Spreadsheet

Bagi bisnis UKM maupun UMKM, pencatatan transaksi dan keuangan bisnisnya masih mampu dihandle oleh spreadsheet. Penggunaan spreadsheet tidak membutuhkan biaya dan dapat digunakan secara bersamaan (sharing file) dengan tim Anda. Tetapi, spreadsheet berpeluang besar mengalami human error karena bisa saja informasi transaksi keuangan yang dimasukkan salah tempat atau bahkan tidak dimasukkan sama sekali sehingga laporan keuangan bisnis menjadi tidak akurat. Akibatnya, spreadsheet biasanya hanya digunakan oleh perusahaan yang masih memiliki volume transaksi sangat sedikit.

Software Akuntansi Terinstal

Software akuntansi yang terinstall di komputer atau laptop sangat cocok digunakan apabila Anda berada di lokasi dengan koneksi internet yang terbatas. Keuntungannya mudah diinstall dan bisa digunakan oleh akuntan bisnis UKM. kekurangan dari contoh software akuntansi ini adalah susah untuk dikustomisasi, susah digunakan di banyak lokasi, jumlah PC dan penggunaanya terbatas, data hanya tersedia offline dan tidak bisa sharing ke departemen lain untuk berkolaborasi.

Software Akuntansi Cloud

Software akuntansi ini tersedia secara online. Harga yang ditawarkan oleh vendor untuk software akuntansi online umumnya lebih murah. Anda dapat mengakses data di mana saja dan kapan saja selagi ada koneksi internet, serta dapat menghubungkan dengan rekening bank online. Saat ini, software akuntansi berbasis cloud semakin populer untuk startup dan bisnis kecil. Biasanya Anda akan dikenakan biaya bulanan atau tahunan per user.

Software Akuntansi Database

Jenis software akuntansi ini digunakan oleh perusahaan besar. Data lebih aman karena bisnis perlu memiliki database besar untuk menginstal software ini. Software akuntansi Oracle termasuk dalam kategori ini. Anda membutuhkan system engineer dan konsultan untuk menginstal dan menjalankan software ini di perusahaan Anda. Umumnya, software akuntansi ini dapat membantu Anda dalam menangani manajemen keuangan, tugas yang kompleks, network yang besar dan fungsi akuntansi yang rumit. Biaya yang perlu dikeluarkan juga cenderung mahal dan membutuhkan biaya maintenance yang tidak murah.

Contoh Software Akuntansi

Software Enterprise Resource Planning (ERP)

Software ERP mengintegrasikan informasi dari semua fungsi bisnis ke dalam satu database. Konsep seperti ini menghilangkan masalah tiap departemen yang menggunakan software masing-masing sehingga tidak dapat berbagi informasi. Tetapi, biaya yang perlu dikeluarkan untuk implementasi ERP memang cukup mahal dan memerlukan waktu yang tidak sebentar untuk proses install dan training penggunanya. Software ERP sangat cocok untuk perusahaan besar dengan alur kerja kompleks dan transaksi yang sangat banyak.

Software Akuntansi Custom

Software akuntansi custom ini dikembangkan khusus untuk sebuah organisasi. Cara ini biasanya hanya diambil ketika kebutuhan perusahaan sangat spesifik sehingga tidak dapat dipenuhi oleh software akuntansi umum dan ERP basic. Apabila Anda membutuhkan software akuntansi custom, Anda perlu menyiapkan biaya lebih dari harga standar yang ada dan juga biaya maintenancenya.

Baca Juga: ERP Accounting: Fungsi, Jenis dan Manfaat Bagi Perusahaan

Contoh Software Akuntansi

Jurnal

Software akuntansi Jurnal cocok digunakan oleh bisnis berskala kecil. Jurnal menawarkan paket Starter dengan harga mulai Rp 199.000,- per bulan, Anda bisa mendapatkan fitur pembukuan (CoA, general ledger, neraca saldo, dll), penjualan dan pembelian, 10 laporan keuangan, kas dan bank, invoice online, rekonsiliasi bank dan lapor pajak otomatis. Tetapi, harga tersebut hanya untuk satu user, apabila Anda ingin menambah user maka perlu mengeluarkan biaya tambahan user.

Accurate

Selain Jurnal, software Accurate berbasis cloud ini juga cocok bagi bisnis berskala mikro. Accurate Online dibandrol dengan harga Rp 220.000,- per bulan untuk satu pengguna. Fitur yang mereka tawarkan antara lain penjualan, pembelian, persediaan, perpajakan, general ledger, kas dan bank. Apabila Anda ingin menambah pengguna, dikenakan biaya Rp 22.000 per bulan.

Harmony

Contoh software akuntansi berikutnya adalah Harmony. Dengan harga mulai dari Rp 199.000,- sampai Rp. 399.000,- dapat digunakan oleh unlimited user. Fitur yang ada di software akuntansi Harmony antara lain rekonsiliasi bank (BCA, Mandiri, BNI, BRI, Maybank), tagihan dan pengeluaran, persediaan barang, aset tetap, 20+ laporan keuangan, analisa keuangan serta multi perusahaan dan currency.

Zahir

Software akuntansi Zahir dapat terintegrasi dengan mobile app Zahir POSX, Zahir cash manager dan Zahir Simply. Biaya per bulan untuk satu user dibanderol Rp 108.900,- dan Anda bisa menikmati dashboard keuntungan secara realtime, kontrol persediaan, penjualan dan pembelian serta kas dan bank.

MASERP

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa software akuntansi memiliki berbagai jenis seperti cloud dan ERP. Nah, contoh software akuntansi ERP adalah MASERP yang merupakan buatan lokal sejak tahun 1984. MASERP cocok digunakan untuk perusahaan berskala menengah dan besar, dari industri manufaktur, distributor, pertambangan, retail, konstruksi dan masih banyak lagi.

Anda bisa membelinya mulai dari harga Rp75.000.000,- untuk paket distribution (5 user). Anda bisa mendapatkan fitur account receivable, account payable, general ledger, inventory control, sales order, sales invoice, purchase order, purchase, cash flow dan fixed asset. Sedangkan untuk paket manufaktur dibanderol Rp90.000.000,- untuk 5 user dengan tambahan fitur billing, production dan project. Lengkap, bukan?

Kesimpulan

Itu tadi penjelasan mengenai software akuntansi yang ternyata banyak jenisnya seperti spreadsheet, software akuntansi yang terinstal di komputer, software cloud, software akuntansi database, software akuntansi custom dan software ERP.

Jika bisnis Anda membutuhkan solusi menyeluruh bagi operasional bisnis, menggunakan software akuntansi MASERP adalah solusi terbaik dalam mengoptimalkan proses ini. MASERP dapat dipasang di server kantor atau di cloud. Kelebihan pemasangan di server kantor, Anda bisa menggunakan program walaupun internet mati.

Dengan fitur Report Center di MASERP, Anda bisa mencatat dan membuat 300+ laporan yang meliputi laba rugi, arus kas, neraca dan lain-lain.

Yang membedakan MASERP dengan vendor lain, MASERP dapat dicustom sesuai dengan bisnis flow perusahaan Anda dan dapat juga diintegrasi dengan software lain. Biarkan software yang beradaptasi dengan bisnis flow Anda, bukan Anda yang mengikuti flow software.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan apa yang Anda butuhkan kepada konsultan ahli kami sekarang. Gratis!

New call-to-action