Apa Itu Software SAP? Daftar Sertifikasi SAP Terbaik

Bila saat ini Anda sedang berkutat di bisnis dengan sistem yang kompleks, tentu menginginkan proses yang lebih efisien dengan mengintegrasikan semua aktivitas dan pelaporan bisnis dalam satu sistem database terpusat. SAP adalah sistem ERP yang dapat menangani masalah integrasi tersebut.

Sistem ERP adalah tools yang dapat digunakan oleh hampir semua departemen di perusahaan. Tidak jarang, ERP disebutkan dekat dengan SAP, penyedia teknologi besar yang terkenal dengan solusi ERP.

Apa itu sistem ERP dan apa kaitannya dengan SAP? Apa saja sertifikasi dan modul yang ada di dalam SAP? Berikut penjelasan lengkapnya!

Apa Itu Software SAP?

Software SAP merupakan software ERP (enterprise resource planning) yang banyak digunakan oleh perusahaan global di dunia, top of mind di market software ERP.  99 dari 100 perusahaan terbesar di dunia memakai software SAP S/4HANA ERP.

SAP adalah kepanjangan dari systems applications and products, software ini membuat satu sistem terpusat sehingga setiap departemen di perusahaan dapat mengakses dan berbagi data agar proses kerja menjadi lebih efisien.

SAP berisi ratusan modul terintegrasi yang mencakup hampir setiap aspek manajemen bisnis.

ERP (enterprise resource planning) adalah sistem yang membantu bisnis mengelola fungsi bisnis di satu database. Penjualan, procurement, human resources, akuntansi dan keuangan, persediaan barang, manajemen aset dan departemen lainnya dapat berkomunikasi serta membuat planning dan laporan satu melalui software ERP.

Baca Juga: Software ERP Indonesia Terbaik Tahun Ini (Dengan Harga)

Sejarah Perusahaan SAP

Versi pertama software SAP dikenal sebagai sistem keuangan akuntansi lengkap SAP/R1 untuk memproses data real-time. Software SAP R/1 memiliki kemampuan teknologi canggih di mana arsitektur satu tingkat (one tier) mencakup tiga layers (presentasi, aplikasi dan database) dalam satu server sistem.

ERP sebaiknya disebut sebuah sistem, bukan software karena berperan sebagai central unit atau core environment yang mengintegrasikan semua komponen bisnis dan beroperasi melalui semua sumber daya, baik itu manusia, material, keuangan, dan proses yang terkoneksi.

Tahun 1979, SAP R/2 sudah memiliki arsitektur two tiers dengan tiga layers, digunakan untuk menangani bahasa dan mata uang yang berbeda. Ketiga layers dipasang di dua server terpisah, server satu untuk presentasi dan server dua untuk aplikasi dan database.

Dari produk R/2 kemudian update menjadi R/3, yaitu versi software klien/server memiliki tiga layers yang sudah berada di server terpisah. Presentasi, aplikasi, dan database masing-masing dipasang terpisah.

Tahun 1990an banyak modul baru yang ditambahkan di sistem inti FI CO (financial accounting dan controlling); MM (material management) yang meliputi pembelian, inventory dan data master; WM (warehouse management), PP (production planning), SD (sales dan distribution), HR (human resources) dan beberapa modul lain.

SAP semakin berkembang dengan menghadirkan beberapa pelengkap software ERP seperti data warehouse perusahaan SAP BW Business Warehouse, CRM (customer relationship management), aplikasi SCM (supply chain management), dan lain-lain.

Mulai tahun 2008, SAP memperluas penawarannya dengan mengakuisisi solusi Business Objects, Ariba, SuccessFactors, hybris, dan Concur.

Daftar Sertifikasi SAP

Sertifikasi SAP merupakan tolak ukur penting bagi konsultan, manager fungsional, dan profesional IT. Ada berbagai level dan jenis sertifikasi untuk Anda yang memang bekerja dalam lingkup keuangan, Anda dapat membuktikan skill dan kemampuan advance Anda dalam mengelola stakeholder internal dan eksternal, proses manajemen, dan mengkomunikasikan kegiatan bisnis secara efisien kepada karyawan.

Berikut adalah sertifikasi SAP yang terkenal:

  • Reporting, Modelling, and Data Acquisition with SAP BW/4HANA 2.x
  • SAP Activate Project Manager
  • SAP S/4HANA
  • Financial Accounting with SAP ERP
  • SAP BusinessObjects Business Intelligence Platform 4.2
  • ABAP with SAP NetWeaver 7.50
  • SAP Commerce
  • SAP HCM (Human Capital Management)
  • Financials in SAP/4HANA for SAP ERP Finance Experts
  • SAP S/4HANA Cloud – Supply Chain Management

Baca Juga: Rekomendasi 4 ERP Certification untuk Upgrade Skill Anda!

Reporting, Modelling, and Data Acquisition with SAP BW/4HANA 2.x

Pelatihan ini merupakan level awal (introduction) yang akan membantu Anda memperoleh pelaporan, pemodelan, dan akuisisi data dengan SAP BW/SAP HANA. Dengan sertifikasi SAP ini, Anda akan mengoptimalkan proses bisnis dengan menganalisis informasi dari berbagai sumber seperti database atau spreadsheet.

Topik yang dibahas dalam sertifikasi ini meliputi:

  • Data Acquisition into SAP HANA
  • SAP BW Query Design
  • SAP Analytical Tools
  • SAP BW/4HANA Modelling
  • SAP BW/4HANA Data Flow
  • SAP BW/4HANA Project and the Modelling Process
  • Fundamental

ABAP with SAP NetWeaver 7.50

ABAP dengan SAP NetWeaver adalah salah satu sertifikasi SAP terbaik untuk developer. ABAP merupakan singkatan dari Advanced Business Application Programming, memiliki spesialisasi dalam teknologi web developer seperti Java atau Javascript.

Modulnya berisi pemahaman mengenai pembuatan aplikasi menggunakan bahasa pemrograman seperti JavaScript Object Notation (JSON), XML, HTML, SQL, dan ABAP Script. 

Oleh karena itu, sertifikasi ini memberi Anda pengetahuan lebih dalam mengembangkan solusi berbasis web dan memelihara sistem yang berjalan di berbagai platform teknologi. Anda akan memperoleh pengetahuan tentang tipe data dan objek data, pemrograman ABAP, objek ABAP, SAP NetWeaver, dan tools.

SAP Commerce

Sertifikasi SAP Commerce level spesialis membantu Anda mendapatkan hasil maksimal dari pengalaman menggunakan ERP, CRM, dan proses bisnis lainnya. SAP Commerce menggabungkan training langsung di berbagai bidang seperti konfigurasi, product support process, troubleshooting, integration, dan general support untuk memastikan Anda dapat menggunakannya.

SAP HCM (Human Capital Management)

Sertifikasi Human Capital Management SAP menyediakan seperangkat tools lengkap dan terintegrasi untuk membantu Anda mengelola SDM menjadi lebih efektif. Dengan SAP HCM, proses inti SDM akan menghasilkan peningkatan signifikan terhadap kinerja para tenaga kerja.

Dengan modul ini, Anda dapat memperoleh aktivitas bisnis yang berhubungan dengan HR seperti mengurangi kesalahan dalam perencanaan, menyederhanakan proses HCM, memotong biaya operasional, dan meningkatkan margin dengan staff yang lebih cerdas melalui sertifikasi. 

Financial Accounting with SAP ERP

Sertifikasi SAP ini adalah sertifikasi level associate yang memungkinkan Anda membuat, memelihara, dan menghitung laporan akuntansi, semuanya dalam satu sistem dengan akurat.

Modul ini mengajarkan pemrosesan data yang lebih cepat, sehingga karyawan menjadi lebih puas karena dapat menjadi lebih produktif setiap hari dan meningkatkan pendapatan karena data yang dimasukkan ke dalam sistem lebih akurat. Ini juga mendukung informasi penting seperti proses pembuatan faktur yang lebih cepat tanpa kesalahan atau kehilangan data.

Beberapa topik yang termasuk dalam modul ini adalah:

  • Financial accounting configuration
  • Management accounting configuration
  • Architecture overview of financials
  • Asset accounting configuration
  • Basics of SAP HANA, SAP S/4HANA, and SAP Fiori

SAP S/4HANA Cloud – Supply Chain Management

Supply Chain Management berfungsi sebagai perkiraan permintaan yang membuktikan dasar-dasar SAP Activate dan data di area supply chain.

Ini memberikan analisa yang terintegrasi yang didukung SAP HANA dengan kumpulan data perusahaan untuk mendapatkan insight penting mengenai perilaku pelanggan di seluruh channel kapan saja. Melalui sertifikasi SAP Supply Chain, Anda akan memperoleh pengetahuan lebih dalam di berbagai bidang seperti:

  • Inventory management
  • Configuration and reporting
  • Delivery management
  • Integration and extensibility
  • Data migration
  • Business process testing

Keuntungan Software SAP dan ERP

Manajemen Data

Metriks dan kinerja yang dapat diukur adalah kunci untuk menilai keberhasilan bisnis dan menetapkan tujuan di waktu mendatang. Tetapi, saat bisnis berkembang dan Anda masih menggunakan cara manual atau sistem yang sederhana, akan semakin sulit menghitung margin penjualan, rasio keuntungan dan metriks lainnya.

Sistem ERP seperti SAP dan MASERP memiliki kemampuan otomatisasi bisnis sehingga semua staff di perusahaan dapat menyimpan dan mengelola data tanpa mencatat manual. Pembuatan laporan pun dapat langsung tersinkron dengan berbagai metriks bisnis yang diperlukan. Staff dan pihak manajemen akan lebih mudah dan cepat mengakses data dan informasi penting untuk mengambil keputusan.

Hemat Biaya

Sistem ERP membantu meminimalisir biaya operasional dan administrasi dengan memakai data yang akurat dan real time. Produsen juga terbantu karena dapat mengendalikan operasi, mencegah penundaan produksi, mengelola pesanan, supplier dan pelanggan sehingga bisa mengambil keputusan yang lebih efektif berdasarkan data.

Baca Juga: Manfaat ERP Bagi Perusahaan, Anda Wajib Tahu!

Menghindari Double Input dan Lebih Transparan

Saat semua informasi bisnis disimpan dalam satu database, catatan dan double input bukan masalah, karena sistem SAP akan otomatis memunculkan warning.

Itu tentu akan membuat data yang Anda miliki berkualitas dan sesuai dengan kondisi saat ini. Transparansi bisnis pun meningkat, baik dari sisi persediaan barang, pesanan pembelian, penagihan, pengiriman barang, penjualan, dan departemen lain. Sistem ERP seperti SAP dan MASERP akan memfilter dan memantau setiap kinerja dengan sangat jelas.

Meningkatkan Efisiensi Kerja

SAP adalah sistem ERP yang membantu user mengurangi bahkan meniadakan aktivitas input data manual secara berulang. Begitu juga dengan MASERP, user akan lebih produktif dan mengurangi human error sehingga tidak ada lagi kesalahan data dan perhitungan yang menyebabkan kerugian bisnis.

Penggunaan ERP di perusahaan juga akan meningkatkan operasional sehari-hari dengan menyederhanakan proses bisnis, menjadikannya lebih sederhana dan efektif bagi bisnis untuk mengumpulkan informasi, di mana pun para karyawan bekerja.

Sistem ERP dapat menjaga bisnis tetap pada tracknya, memperhatikan setiap detail serta membuat work life lebih sederhana dan efektif, mulai dari user ERP itu sendiri hingga pelanggan Anda.

Integrasi dan Value Chain untuk Perusahaan

Konsep SAP adalah menjangkau limit-limit bisnis dengan mengintegrasikan informasi value chain, yaitu pelanggan dan supplier. Dengan begitu, perusahaan Anda dapat menjadi partner utama yang memperoleh manfaat dengan terlibat dalam perancangan dan pengembangan produk baru yang menambah nilai experience mereka.

Sistem ERP seperti MASERP membantu Anda dan tim mendapatkan informasi yang berkualitas dan lebih lengkap, sehingga pesanan produksi dan kebutuhan pembelian memiliki nilai yang pasti atau bahkan dapat disesuaikan dengan kondisi.

Di sisi lain, karena Anda memiliki database pelanggan yang tersimpan rapi maka dapat membantu Anda membuat target campaign atau membuat segmentasi pelanggan untuk keperluan marketing.

Analisis dan Perkiraan Lebih Terpercaya

Dalam keseharian operasional, tidak jarang kita pasti bergantung pada informasi dan laporan dari staff atau tim lain. Dengan sistem ERP, Anda dan tim dapat memiliki laporan real time dari tiap departemen. Selain itu, Anda juga dapat memonitor data penjualan dan perubahan inventory yang terjadi saat ini.

Dengan data yang akurat dan real time, Anda dan tim dapat membuat perkiraan di waktu mendatang berdasarkan data yang ada.

Kesimpulan

Sekarang Anda sudah mengetahui apa itu software SAP beserta sertifikasi yang dapat Anda ikuti untuk menambah keterampilan dan kemampuan dalam menggunakan software SAP.

Apakah perusahaan Anda sekarang sudah mengimplementasikan ERP untuk membuat proses kerja menjadi lebih efisien, sederhana dan terintegrasi? Ketika mengimplementasikan ERP, Anda akan mendapatkan banyak keuntungan antara lain dapat menghemat biaya, membuat alur kerja lebih jelas, pelaporan dan analisis yang tepat, memberikan insight bisnis, kepatuhan aturan dan keamanan data, manajemen risiko, kolaborasi antar departemen, dapat terukur, fleksibilitas, dapat dicustom sesuai work flow dan dapat memperkuat hubungan perusahaan antara partner dan pelanggan.

Secara umum, sistem ERP mengintegrasikan beberapa fungsi bisnis seperti akuntansi, inventaris, manufaktur, SDM, purchasing, SCM, penjualan dan CRM.

Sistem ERP memang memerlukan investasi yang lumayan, tetapi jika bisnis Anda membutuhkan solusi menyeluruh bagi operasional bisnis, menggunakan software akuntansi MASERP adalah solusi terbaik dalam mengoptimalkan proses ini.

MASERP menawarkan layanan hybrid cloud, di mana Anda bisa memasang software di server kantor atau di cloud. Software tetap bisa dipakai meskipun koneksi internet mati.

MASERP dapat digunakan untuk lebih dari satu entitas perusahaan tanpa biaya tambahan. Dengan database SQL server, MASERP kuat menampung jutaan transaksi dan tidak akan corrupt.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan kendala apa yang Anda hadapi kepada konsultan ahli kami. Gratis!