Jenis dan Daftar HR Software untuk HRD Perusahaan

Adanya HR Software untuk meringankan beban dan kesulitan yang dihadapi perusahaan, karena beberapa perusahaan sering mengalami kesulitan dalam sistem manajemen dan kinerja divisi Human Resource bisa menghambat kinerja perusahaan. Apalagi dengan jumlah karyawan yang semakin banyak rasanya perusahaan sulit menjalankan bisnisnya tanpa bantuan software.

Apa yang dimaksud software HR, jenis dan manfaat yang dapat dirasakan perusahaan? Berikut ini selengkapnya!

Pengertian HR Software

HR Software menjadi sebuah sistem yang digunakan dalam mengolah dan menyimpan data karyawan dalam jumlah yang banyak. Contohnya seperti data karyawan yaitu data absensi, penggajian, pajak dan lainnya bisa mempengaruhi performa karyawan.

Semua data ini sudah terintegrasi dengan baik di database HR kemudian bisa menghasilkan informasi untuk kepentingan keputusan bisnis perusahaan.

Banyak masyarakat yang mengira dengan adanya HR software yang canggih bisa menggantikan staf HR. Nyatanya itu tidak benar, karena posisi HR tidak bisa tergantikan karena manusia membutuhkan manusia lainnya untuk pengelolaan kemampuan dan pendekatan personal.

Software ini juga memiliki tugas penting untuk membantu tim HR untuk mengolah data dan elemen karyawan sehingga kinerja bisa lebih cepat dan cermat, dan bukan menggantikan. Jadi peran tim HR dalam perusahaan bisa tetap penting dan tidak digantikan.

Baca Juga: Rekomendasi Software HRIS Terbaik di Indonesia (Dilengkapi Fitur)

Jenis-Jenis HR Software

Berikut ini adalah beberapa jenis software di Indonesia yang sering digunakan oleh perusahaan-perusahaan dan UMKM dalam membantu tugas HR diantaranya:

HCM System (Human Capital Management System)

HCM adalah sebuah sistem software-as-a-service (SaaS) berbasis cloud yang didalamnya terdapat berbagai modul HR inti seperti talent management dan engagement tool untuk karyawan dan perusahaan.

Software ini juga menawarkan pengembangan konten pelatihan dan instruksi virtual yang tersimpan di cloud dan dapat diakses dari mana saja kapan saja.

Software dan aplikasi ini juga mampu melacak kontribusi dan prestasi karyawan terkait metrik-metrik ketenagakerjaan lainnya seperti jam kerja, absensi, goal setting dan sistem penggajian tau payroll.

HRIS (Human Resource Information System)

HRIS atau Human Resources Information System adalah sistem software yang dirancang untuk megelola sumber daya manusia, kebijakan, dan prosedur perusahaan. Tujuan dari dibangunnya sistem ini adalah sebagai wadah untuk karyawan mendapatkan informasi yang ada di perusahaan.

Semua jenis perusahaan membutuhkan HRIS, karena melalui sistem ini perusahaan akan lebih mudah untuk berbagi informasi yang mendukung performa dari perusahaan.

Human Resources Information System biasanya memiliki beberapa fungsi seperti database, rekrutmen, training, Human Resources Reporting, dan management of benefits.

HRMS (Human Resource Management System)

HRMS atau Human Resources Management System adalah sistem software yang lebih lengkap dibandingkan dengan HRIS dan HCM. HRMS adalah penyelesaian untuk manajemen waktu dan karyawan lebih detail.

HRMS memungkinkan perusahaan untuk mengatur penggajian dan juga Time and Labor Management (TLM). Selain itu terdapat juga HRMS yang memberikan fitur untuk scheduling dan planning and assessment tools.

Daftar Software HR di Indonesia

Talenta

Talenta adalah aplikasi HRIS berbasis cloud milik Mekari yang telah banyak terlibat di industri SaaS. Aplikasi HR buatan Talenta by Mekari bisa menjadi pilihan saat ini. Aplikasi ini menyediakan banyak fitur yang cukup bermanfaat.

Sehingga dapat membantu pekerjaan HR perusahaan lebih efektif serta efisien. Dengan mengusung teknologi cloud dan didukung oleh aplikasi mobile, tentunya menambah keuntungan dalam operasional HR perusahaan.

KaryaONE

KaryaONE adalah salah satu HRIS yang cocok digunakan oleh pelaku usaha UKM, UMKM, hingga koperasi. Selain HRIS, KaryaONE juga menyediakan alat fingerprints yang bisa terintegrasi dengan software lainnya.

Adanya fitur talent management akan sangat membantu dalam memonitor kinerja karyawan hingga pengembangan kemampuan karyawan untuk menciptakan SDM yang semakin berkualitas.

Aqtive HR

Software AqtiveHR yang bisa digunakan karyawan, HR admin, dan HR Manager. Aplikasi ini menawarkan beberapa kelebihan seperti penggunaan kamera, jaringan, dan lokasi yang memudahkan validasi absensi, dapat melacak karyawan secara realtime, data base karyawan dan penyediaan data report yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Software AqtiveHR dengan berbagai fitur unggulan lain seperti absensi dengan teknologi face recognition, pengajuan cuti dan reimburse secara online, attendance history untuk melihat waktu kehadiran karyawan, menentukan tingkat approval cuti, dan masih banyak lagi.

Haermes

Haermes adalah salah satu layanan HRIS yang dikeluarkan oleh Weefer. Haermes memiliki dua jenis modul yaitu basic dan additional. Jika Anda ingin memiliki software yang dapat membantu Anda dalam perkembangan SDM, maka modul additional adalah pilihan yang tepat untuk Anda.

LinovHR

LinovHR tidak hanya memiliki HRIS, tetapi juga memiliki modul payroll yang menjadikannya sebagai salah satu software yang mendukung kegiatan HR secara lengkap. Tidak hanya administrasi, tetapi LinovHR juga menyediakan modul recruitment management hingga performance management.

Kesimpulan

Bagi perusahaan yang siap berkembang terlebih lagi untuk HR memang dibutuhkan berbagai sistem teknologi sebagai penunjang dalam kegiatan operasional mereka.

Salah satu sistem yang perlu diterapkan adalah sistem absensi AqtiveHR dengan berbagai fitur unggulan lain seperti absensi dengan teknologi face recognition, pengajuan cuti dan reimburse secara onlineattendance history untuk melihat waktu kehadiran karyawan, menentukan tingkat approval cuti, dan masih banyak lagi.

Saat ini kita membutuhkan sistem HR yang dapat terintergrasi salah satunya sistem ERP seperti MASERP yang bisa mengintegrasikan berbagai fungsi bisnis seperti penjualan, pembelian, persediaan, manufaktur, distributor, project management dan lain-lain.

MASERP dapat dicustom sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Untuk mengetahui lebih banyak mengenai MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan bisnis, langsung saja konsultasikan kendala yang Anda hadapi kepada konsultan ahli kami. Gratis!