6 Proses Talent Management yang Perlu Perusahaan Pahami

Karyawan adalah aset terbesar yang dimiliki perusahaan, oleh karena itu diperlukan pengelolaan yang baik untuk bisa mendorong dan meningkatkan produktivitas, loyalitas, dan kinerja mereka. Ada cara yang tepat untuk bisa mendapatkan karyawan terbaik dan ini menjadi tugas dari departemen HR, talent management adalah istilah yang akhir-akhir ini tengah populer di kalangan HRD.

Konsep talent management ini cukup penting untuk perkembangan bisnis. Biasanya istilah talent management ini digunakan pada bisnis yang memiliki banyak karyawan dengan proses pengelolaan yang terstruktur. 

Sebelum perusahaan mengaplikasikan model talent management ini ada baiknya paham terlebih dahulu mengenai fungsi dan penerapannya. Hal ini dilakukan agar tidak bingung menentukan langkah apa yang harus diambil. Untuk lebih jelasnya, yuk kita bahas berikut ini!

Pengertian Talent Management

Talent management adalah sebuah cara atau sistem yang digunakan untuk mendapatkan penilaian yang tepat kepada masing-masing karyawan di perusahaan. Hasil yang didapatkan berguna untuk bisa menilai apakah seorang karyawan mampu membantu perusahaan dalam mencapai tujuannya.

Talent management juga membantu karyawan untuk bisa lebih mengenal karyawannya sehingga lebih mudah menempatkan karyawan sesuai di bidangnya masing-masing. Sehingga para karyawan bisa mengeluarkan potensi terbaiknya dan lebih maksimal dalam melakukan pekerjaan. 

Di sisi lain, para karyawan juga bisa memiliki kesempatan untuk berkembang dalam mengasah kemampuan yang dimiliki dan ini akan berdampak positif bagi perusahaan untuk menjadi lebih baik lagi.

Pilar Penting dalam Talent Management

Tentunya ada proses dari talent management karena menyesuaikan dengan kondisi karyawan di masing-masing perusahaan. Berikut ini adalah empat pilar penting yang wajib dimiliki oleh talent management yang bisa Anda gunakan di perusahaan.

  • Attract: pemilihan kandidat yang dikelompokkan dalam talent.
  • Develop: bisa memberikan kesempatan dan pelatihan kepada mereka yang sudah dikelompokkan.
  • Manage: menciptakan dan mengelola budaya yang mengutamakan performa.
  • Retain: menjaga karyawan dan talent dengan kinerja baik, berpotensi, dan memiliki nilai lebih.

Keempat pilar ini akan membantu Anda mulai dari proses perekrutan sampai pengembangan karyawan guna mencapai tujuan perusahaan, baik untuk jangka pendek atau panjang.

Baca Juga: Tips Wawancara Kerja Offline dan Online

Proses Talent Management

Terdapat proses-proses yang perlu dilakukan dalam talent management, berikut ini adalah langkah-langkahnya.

Perencanaan

Proses pertama adalah membuat perencanaan dan ini merupakan proses yang paling penting. Di dalam prosesnya terdapat berbagai identifikasi untuk bisa memulai suatu proses talent management.

Misalnya seperti persyaratan yang diperlukan, uraian pekerjaan pada posisi yang dibutuhkan, dan pengembangan rencana tenaga kerja agar lebih inisiatif dalam perekrutan.

Menarik Perhatian Pelamar

Langkah selanjutnya adalah menentukan posisi tersebut apakah bisa diisi dari dalam atau luar perusahaan. Proses ini melibatkan minat para pelamar. Jika mengambil talent dari luar, maka talent management harus mengumumkan dan menyebarkannya di portal kerja, media sosial, dan platform lainnya.

Kumpulan dari talenta ini harus bisa diidentifikasi terlebih dahulu untuk menjaga proses seefisien mungkin. Dari sini proses branding perusahaan pun dibentuk dan berperan penting dalam menentukan kualitas kandidat yang diterima.

Menyeleksi Pelamar

Proses ini menggunakan serangkaian tes dan pemeriksaan untuk bisa menemukan kecocokan yang tepat antara pelamar dan perusahaan pada pekerjaan tersebut. Contoh tesnya seperti tes tulis, wawancara, diskusi kelompok, pengujian psikometrik yang menganalisis lebih mendalam terkait seluruh informasi yang tersedia. 

Mengembangkan Karyawan

Proses pengembangan karyawan membantu mereka untuk tumbuh bersama organisasi. Mereka juga akan dilatih keahliannya untuk bisa memberikan kontribusi yang lebih baik untuk mensukseskan perusahaan.

Proses ini dimulai dari program masa orientasi dan pelatihan yang efektif dalam membantu karyawan agar bisa beradaptasi. Kemudian berikan kesempatan untuk bisa meningkatkan keterampilan, keahlian, dan potensi yang ada.

Mempertahankan Karyawan yang Sudah Ada

Agar perusahaan lebih sukses ada baiknya karyawan yang sudah ada dipertahankan secara lebih efektif. Sebagian besar, perusahaan berusaha keras untuk bisa mempertahankan karyawan terbaik dengan cara promosi, memberikan peluang untuk berkembang, dan mendorong keterlibatan pada proyek tertentu.

Penting juga untuk memberikan peluang untuk bisa mengambil keputusan, pelatihan untuk berkembang hingga memberikan penghargaan.

Transisi

Talent management yang efektif akan lebih fokus pada transformasi kolektif dan evolusi perusahaan dengan adanya perkembangan karyawan. Hal ini akan membuat karyawan merasa jika mereka adalah bagian dari keseluruhan karyawan.

Manfaat Talent Management

Manfaat Bagi Perusahaan

  • Memunculkan rasa keterikatan pada karyawan
  • Menghemat biaya pergantian karyawan
  • Memperbaiki proses perekrutan dan seleksi di perusahaan
  • Meningkatkan komitmen pada karyawan agar bisa memiliki kinerja yang maksimal
  • Memberikan kepuasan pada karyawan
  • Menganalisa resiko dengan cara mengidentifikasi karyawan yang berpotensi akan keluar dari perusahaan

Manfaat Bagi Karyawan

  • Memiliki pola karier yang jelas
  • Memiliki kesempatan dalam berkembang
  • Meningkatkan nilai yang dimiliki karyawan melalui proses pengembangan dan kompetensi yang dilakukan
  • Meningkatkan motivasi dan komitmen pada perusahaan

Kesimpulan

Talent management adalah serangkaian proses sumber daya manusia di suatu perusahaan yang dibuat untuk mengembangkan produktivitas, dan memberikan motivasi untuk para karyawan.

Talent management sangat penting untuk perusahaan karena perusahaan bisa memperhitungkan pengeluaran yang tepat pada orang-orang yang tepat. Sehingga SDM yang bisa digerakkan bisa lebih maksimal dan menghasilkan perkembangan yang baik dan cepat untuk perusahaan.

Proses talent management ini memang cukup kompleks, namun karena keuntungan yang banyak pada sistem ini maka tidak ada salahnya untuk mencoba. Pihak manajemen juga harus bisa mempersiapkan anggaran yang cukup untuk menerapkan proses talent management. Sehingga kondisi keuangan perusahaan pun bisa tetap terjaga dengan baik.

Untuk membantu Anda dalam mengelola keuangan perusahaan, Anda bisa menggunakan software akuntansi dari MASERP. Software ini bisa membantu menyediakan laporan keuangan dan kegiatan akuntansi lainnya sehingga jadi lebih efisien dan efektif.

Software ini dilengkapi dengan banyak fitur dan juga sudah terintegrasi dengan banyak fungsi bisnis lainnya seperti keuangan, manufaktur, dan juga masih banyak lagi yang lainnya.

Software akuntansi MASERP bisa menjadi pilihan yang terbaik untuk segala kebutuhan akuntansi usaha Anda. Jika ingin mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan kendala apa yang Anda hadapi kepada konsultan ahli kami. Gratis!

Baca Juga: Software Manufaktur Adalah Strategi Bisnis Terbaik! Sudah Pakai?