Yuk, Ketahui 8 Manfaat Integrasi Software HR!

Saat ini, semua aktivitas sehari-hari jauh lebih mudah sebab segala hal terkoneksi dan terintegrasi melalui sistem informasi. Begitu pun untuk sektor bisnis yang semakin tersentuh teknologi. Salah satu bentuk sistem informasi yang dapat dilihat sebagai perwujudan dari perkembangan teknologi adalah adanya integrasi software HR yang membantu mengelola sumber daya manusia dalam suatu perusahaan. Data perusahaan jauh lebih aman sehingga perusahaan dapat bertumbuh dan berkembang melalui SDM perusahaan yang solid.  

Selain itu, adanya software HR ini tentu tak terlepas dari karakteristiknya yang dapat terintegrasi dengan subsistem yang terpisah dalam perusahaan. Dengan demikian, manajemen perusahaan tetap dapat meminimalisir potensi risiko yang dapat merugikan perusahaan seiring dengan bertambahnya data perusahaan. 

Nah, dengan adanya integrasi software HR, perusahaan tentu akan mendapatkan beberapa manfaat. Berikut beberapa manfaat software HR yang terintegrasi dengan baik.  

Manfaat Integrasi Software HR

Data Real Time 

Software HR umumnya memiliki fitur yang berikatan dengan job desc manajemen human resource sehingga semua data yang masuk ke dalam sistem akan diberikan secara real time dan akurat.

Dengan demikian, manajemen HR maupun pihak yang berkaitan juga dapat mengakses data kapan pun dan di mana pun dengan akurat lantaran software HR telah terintegrasi sehingga membantu memperoleh konektivitas data yang konstan. 

Memudahkan Akses Data Jumlah Besar dengan Mudah 

Database perusahaan yang diinput secara manual tentu jauh lebih memakan waktu ketika ada pihak yang ingin mengakses data tersebut. Hal ini berbeda dengan software HR yang terintegrasi di mana memudahkan manajemen HR maupun perusahaan dalam mengakses data bahkan dalam jumlah yang besar jauh lebih mudah.

Akses data menjadi lebih mudah lantaran seluruh data yang tersimpan dalam software HR berada dalam cloud drive sehingga fleksibel untuk diakses.  

Baca Juga: 5 Alasan Pentingnya Integrasi ERP Bagi Bisnis

Data Tersimpan Otomatis dan Akurat

Integrasi software HR memudahkan perusahaan menggabungkan beberapa komponen yang dapat tersimpan secara terpusat seperti data absensi, izin/cuti hingga data rekapitulasi gaji yang dapat tersimpan secara akurat.

Selain itu, data karyawan perusahaan dapat tersimpan otomatis melalui clould drive software sehingga pencarian data jauh lebih cepat. Manajemen HR pun tidak perlu lagi khawatir sebab back up data dapat dilakukan secara berkala dengan mudah.  

Mengoptimalkan Sumber Daya Manusia Perusahaan 

Dengan adanya integrasi software HR, dimanfaatkan oleh perusahaan tentu dapat mengoptimalkan sumber daya manusia perusahaan. Karyawan dapat menginput data presensi dan reimburse secara mandiri dan efisien sehingga waktu mereka dapat dialokasikan pada pekerjaan-pekerjaan lain.

Selain itu, efektivitas kerja pun meningkat seiring mudahnya akses data karyawan, perusahaan maupun manajemen HR.  

Menyeragamkan User Interface

Adanya user interface yang seragam tentu dapat memudahkan karyawan dalam mengakses dan menginput data dengan mudah. Meskipun pada awalnya akan membutuhkan waktu untuk mulai beradaptasi dengan sistem informasi dalam software HR, akan tetapi kemudahan yang akan didapat jauh lebih banyak dibanding menggunakan sistem penginputan data yang manual.

Selain itu, adanya user interface yang seragam dapat mempermudah seluruh sumber daya manusia dalam perusahaan dalam mengakses software HR dengan mudah yang biasanya dapat diakses melalui PC atau mobile apps

Menghemat Biaya dan Penyimpanan 

Software HR yang telah terintegrasi dapat menekan anggaran dan penyimpanan. Dengan begitu, perusahaan dapat menghemat biaya yang biasanya tidak sedikit serta menghemat penyimpanan yang terkadang memakan banyak tempat. 

Meminimalisir Risiko Pencurian atau Kehilangan Data

Pencurian data dapat dengan mudah terjadi apabila sekuritas perusahaan buruk. Namun, manfaat lain dari integrasi software HR adalah dapat menekan risiko pencurian atau kehilangan data.

Seluruh database penting perusahaan dapat mudah diatur terkait pihak-pihak terkait yang dapat mengakses data tersebut. Dengan demikian, perusahaan dapat menjamin data perusahaan aman tersimpan melalui software HR.  

Meningkatkan Produktivitas Perusahaan

Adanya integrasi software HR yang mampu menggabungkan beberapa aktivitas dan kebutuhan perusahaan tentu membuat karyawan semakin efektif dan efisien dalam bekerja. Sebagai contoh, software HR yang terintegrasi dengan absensi karyawan, pengajuan izin/cuti, hingga penggajian otomatis tentu dapat memudahkan manajemen HR dalam mengelola dan memproses data.

Sementara itu, karyawan yang lain dapat mengajukan perizinan dan absensi harian dengan mudah secara efisien. Dengan demikian, kinerja karyawan dapat meningkat sehingga produktivitas perusahaan pun turut meningkat.  

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memilih Vendor Software HR

Berikut beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan sebelum memutuskan menggunakan software HR. 

Kemampuan Integrasi Software HR 

Umumnya, setiap vendor akan memiliki klaim bahwa software HR yang ditawarkannya telah terintegrasi. Kendati demikian, Anda juga harus memperhatikan software HR terintegrasi secara penuh dan maksimal.

Dengan kata lain, software HR tersebut hanya memberikan atau menghasilkan data mentah untuk perusahaan. Sebagai contoh, dalam perhitungan gaji karyawan perusahaan tentu harus dapat diintegrasikan dengan beberapa komponen lain seperti data terkait tunjangan, PPh 21, insentif lembur, dan lain sebagainya. 

Adaptif Terhadap Perubahan 

Selain kemampuan integrasi yang baik, software HR yang bagus tentu harus adaptif terhadap perubahan. Maksudnya, software HR yang digunakan oleh perusahaan dapat beradaptasi terhadap perubahan-perubahan yang kemungkinan dapat terjadi kapan saja di masa yang akan datang. 

Membantu Kebutuhan Masa Kini dan Masa Depan Perusahaan 

Software HR yang dipilih oleh perusahaan tentu sebaiknya memiliki fitur-fitur yang dapat digunakan di masa kini maupun dapat mengantisipasi tantangan baru di masa yang akan datang. Contohnya, software HR yang dapat memberikan fitur absensi karyawan yang berbasis online sehingga dapat dihubungkan di manapun dan dapat diintegrasikan dengan perhitungan gaji dan tunjangan kehadiran.

Baca Juga: Rekomendasi Software HRIS Terbaik di Indonesia (Dilengkapi Fitur)

Kesimpulan 

Integrasi software HR dapat memberikan sejumlah manfaat baik bagi perusahaan maupun karyawan. Dengan adanya kemudahan teknologi tersebut, produktivitas perusahaan dapat meningkat seiring dengan kondisi internal yang berjalan baik.  

Saat ini, software HR mudah dijumpai dengan berbagai tawaran fitur yang beragam. Kendati demikian, fitur-fitur umum tiap software HR antara satu dan yang lain tetaplah sama mengingat kebutuhan manajemen HR tidak jauh dari pengelolaan sumber daya manusia yang lebih efektif dan efisien. 

Saat ini kita membutuhkan sistem HR yang dapat terintergrasi salah satunya sistem ERP seperti MASERP yang bisa mengintegrasikan berbagai fungsi bisnis seperti penjualan, pembelian, persediaan, manufaktur, distributor, project management dan lain-lain.

MASERP dapat dicustom sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Untuk mengetahui lebih banyak mengenai MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan bisnis, langsung saja konsultasikan kendala yang Anda hadapi kepada konsultan ahli kami. Gratis!

New call-to-action