5 Contoh ERP dan Penerapannya di Perusahaan Manufaktur

Enterprise Resource Planning atau biasa kita tahu dengan ERP merupakan perangkat lunak cloud yang dirancang untuk membangun database terpadu, memuluskan proses bisnis dan mengefisienkan perencanaan sumber daya organisasi. Tapi apakah kalian mengetahui contoh ERP itu sendiri?

Arti ERP adalah otomatisasi dan integrasi sistem yang memungkinkan perusahaan menyederhanakan alur kerja dan menghapus cara manual yang tidak efisien. Keunggulan ERP bukan hanya pada efisiensi proses dan penghematan biaya, tetapi juga penyediaan data tunggal real-time, serta adanya layanan konsumen dan kepuasan pelanggan. Pada akhirnya sistem informasi ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing perusahaan.

Tipe Perusahaan Manufaktur

Banyak tipe perusahaan manufaktur atau berbasiskan produksi di Indonesia. Dan apakah Anda tahu perusahaan atau sektor manufaktur di Indonesia merupakan salah satu sektor terpenting dalam pertumbuhan ekonomi di dunia.

Menurut Kementrian Perindustrian, kontribusi sektor manufaktur terhadap Product Domestic Bruto sepanjang triwulan II tahun 2020 saja sudah mencapai 19,87 %. Cukup signifikan dan tentunya penyerapan tenaga kerja yang ada sangat besar untuk turut menyumbang pemerataan ekonomi pada daerah-daerah industri.

Banyaknya sektor manufaktur yang ada, pertanyaannya apakah ada solusi yang tepat? Jawabnnya ada yaitu salah satunya seperti menggunakan ERP dalam membantu manajemen perusahaan tersebut untuk meningkatkan bisnis dan efisiensi.

Di Indonesia sendiri, kita mengenal ada aplikasi ERP atau Enterprise Resource Planning yang dimana perusahaan manufaktur besar menggunakan brand dan vendor pada organisasi mereka. Tentu saja kita tahu, sama dengan produk IT dan vendor di dunia ini, kita mengenal adanya level dari masing-masing produk dan peruntukkannya.

Baca Juga: Pengertian ERP Lengkap dan Kegunaannya

Penerapan ERP di Perusahaan Manufaktur

Jadi bagaimana penerapannya pada perusahaan manufaktur? Pembahasan kali ini contoh ERP untuk perusaaan manufaktur berbasis chemicals. Suatu industri berbasis kimia yang mempunyai keunikan dalam pencampuran yaitu blending, dan dari beberapa bahan baku ini dicampurkan menjadi 1 produk. Contoh sederhananya adalah pestisida. Beberapa bahan kimia dicampurkan menjadi satu, menjadi 1 bahan kimia campuran.

Pencampuran tersebut biasanya mempunyai formulasi, yang biasa diistilahkan Bill of Material atau biasa disingkat BOM. Di dalam tiap BOM tersebut, biasanya sudah terdiri dari berapa banyak jumlah material yang dibutuhkan dan berapa Rupiah nilai bahan tersebut.

Jadi misalkan ada material A dengan kebutuhan 0,8 liter dengan nilai 1000 Rupiah per liter dicampurkan dengan 0,2 liter dengan nilai 5000 Rupiah per liter. Secara langsung, sistem akan mengambil data tersebut dan melakukan kalkulasi untuk membuat 1 liter berarti harga pokok materialnya sudah didapat.

Perhitungannya 0,8 liter dikali 1000 Rupiah dan 0,2 liter dikalikan 5000 Rupiah. Tetapi untuk kegiatan produksi tidak hanya biaya material saja yang dihitung, Anda harus menghitung biaya-biaya lainnya seperti biaya tenaga kerja, biaya kemasan, biaya penyusutan mesin dan banyak komponen variabel lainnya.

Contoh Aplikasi ERP

ERP tersedia dalam perangkat lunak gratis maupun berbayar. Berikut ini ada beberapa pengembang yang membuat ERP yaitu:

Ecount ERP

Apabila Anda baru membangun sebuah bisnis dan masih memiliki budget yang terbatas untuk membeli software ERP, Anda dapat memilih Ecount ERP sebagai solusinya. Harganya mulai dari Rp700.000,- (per bulan) dan Rp7.700.000,0 (per tahun), Anda bisa menggunakannya di website di device Anda. Harga yang ditawarkan sudah termasuk unlimited pengguna, departemen dan gudang.

Ecount bisa dicustom tetapi hanya bagian search option dan template laporan saja. Jika bisnis Anda sudah berskala besar dan alur kerjanya sangat kompleks mungkin kurang cocok menggunakan software ini.

Hashmicro

Hashmicro menawarkan 40+ modul untuk berbagai industri dan perusahaan. Anda dapat membelinya per modul sesuai kebutuhan mulai dari Rp150.000.000,- dengan unlimited user dan sistem on-premise. Jadi, kalau Anda membeli 5 modul maka Anda perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp750.000.000,-. Dengan harga yang relatif mahal, Hashmicro cocok digunakan untuk perusahaan multi nasional dengan pengguna yang banyak. Jika modul tersebut kurang cocok Anda bisa melakukan custom, tetapi akan dikenakan biaya tambahan lagi.

MASERP by MAS Software

Sudah mencari berbagai software ERP tetapi tidak sesuai dengan flow bisnis perusahaan Anda? Anda dapat mempertimbangkan MASERP by MAS Software sebagai solusinya karena dapat dikustomisasi sesuai flow bisnis Anda dan diintegrasi dengan aplikasi lain seperti POS dan HRIS. Sistemnya dapat dipasang di server perusahaan Anda atau di cloud karena hybrid online.

MASERP cocok untuk bisnis berskala menengah ke atas dengan multi departemen, multi cabang dan multi gudang. Anda dan pengguna lainnya dapat mengaksesnya dari berbagai device karena sistemnya web based dan user friendly. Harga untuk paket manufacturing 5 user sebesar Rp90.000.000,- dan paket distribution atau trading hanya Rp75.000.000,- dengan 5 user.

Fitur lengkap manufacturing di MASERP

Zahir

Zahir merupakan salah satu vendor ERP sejak tahun 1996. Zahir menawarkan harga untuk paket ERP-nya mulai dari Rp350.000.000,- untuk 1 perusahaan, 10 pengguna dan 10 departemen. Anda bisa menggunakannya via website (web based) dan melakukan kustomisasi pada tampilan dashboard untuk mendapatkan kenyamanan dalam mengelola semua fungsi bisnis perusahaan Anda.

Odoo

Salah satu software ERP di Indonesia yang memiliki sistem open source atau di mana Anda dan tim IT perusahaan dapat melakukan kustomisasi adalah Odoo ERP. Odoo enterprise dapat digunakan di ponsel maupun tablet dengan aplikasi mereka. Apabila Anda memiliki toko online maupun website, Odoo dapat terintegrasi dengan keduanya beserta aplikasi POS, CRM, web builder dan sejenisnya.

Modul yang tersedia di ERP Odoo cukup banyak tetapi umumnya masih dalam modul dasar dan apabila Anda memiliki bisnis dengan alur kerja yang spesifik dan unik, Anda masih perlu mengeluarkan biaya untuk kostumisasinya.

Kesimpulan

Kita telah membahas bersama contoh ERP dan penerapannya untuk perusahaan manufaktur, dengan artikel ini Anda bisa mengetaui tipe perusahaan manufaktur dan beberapa pentingnya menggunakan software ERP.

Software ERP memang memerlukan investasi yang lumayan, tetapi jika bisnis Anda membutuhkan solusi menyeluruh bagi operasional bisnis, menggunakan software akuntansi MASERP adalah solusi terbaik dalam mengoptimalkan proses ini.

MASERP menawarkan layanan hybrid cloud, Anda bisa memasang software di server kantor atau di cloud. Kalau dipasang di server kantor, software tetap bisa digunakan walau internet tidak stabil. MASERP memiliki layanan dedicated support pada jam kerja untuk membantu kendala Anda dalam menggunakan sistem ERP.

MASERP dapat digunakan untuk lebih dari satu entitas perusahaan tanpa biaya tambahan. Yang membedakan MASERP dengan vendor lain, MASERP dapat dicustom sesuai dengan bisnis flow perusahaan Anda dan dapat juga diintegrasi dengan software lain. Biarkan software yang beradaptasi dengan bisnis flow Anda, bukan Anda yang mengikuti flow software.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan kendala apa yang Anda hadapi kepada konsultan ahli kami. Gratis!

Baca Juga: ERP Software Indonesia: Kelebihan dan Fitur Lengkap MASERP!

New call-to-action