Tujuan, Unsur dan Contoh Sistem Informasi Akuntansi

Berkembangnya teknologi saat ini membuat Anda sebagai pemilik bisnis harus mengadaptasikan sebuah sistem agar dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas perusahaan. Salah satu sistem yang dapat Anda gunakan adalah teknologi sistem informasi akuntansi. Sistem informasi akuntansi adalah sebuah sistem penting yang berguna untuk memudahkan aktivitas perusahaan terutama yang berkaitan dengan akuntansi.  Apa saja manfaat dan tujuan implementasi sistem informasi akuntansi bagi perusahaan Anda? Artikel di bawah ini akan menjawab pertanyaan tersebut beserta dengan contoh sistem informasi akuntansi modern saat ini, yuk simak sampai habis!

Pengertian Sistem Informasi Akuntansi

Sistem informasi akuntansi dapat didefinisikan sebagai sistem yang membantu Anda dalam memproses data dan transaksi keuangan untuk memberikan informasi yang berguna untuk merencanakan, mengendalikan dan menjalankan sebuah bisnis.

Sistem informasi akuntansi terdiri dari kumpulan resources (sumber daya) baik itu manusia maupun tools (peralatan) beserta metode untuk memproses data keuangan menjadi sebuah informasi yang bermanfaat.

Data yang tercatat dan diolah di dalam sistem informasi akuntansi adalah data keuangan. Berbagai bentuk kecurangan dan kesalahan data akuntansi dapat dihindari dan dilacak dengan adanya unsur pengendalian dan pengecekan di sistem informasi akuntansi.

Sistem informasi akuntansi memiliki peranan dalam mengumpulkan dan menyimpan data kegiatan dan transaksi keuangan perusahaan, membantu perusahaan dalam merancang dan mempertahankan strategi bisnis, serta memproses data keuangan menjadi informasi untuk pengambilan keputusan.

Semua informasi di sistem informasi akuntansi (SIA) bersifat transparan dan dapat dipertanggungjawabkan, jadi para stakeholder dapat mengambil keputusan dengan semua informasi di dalamnya.

Manfaat yang akan diperoleh perusahaan jika mereka mengimplementasikan sistem informasi akuntansi adalah dapat meningkatkan efisiensi kerja perusahaan, sharing informasi dan data perusahaan dalam satu sistem, mengurangi biaya yang tidak diperlukan (efisiensi biaya), dan masih banyak lagi.

Baca Juga: 14 Manfaat Software Akuntansi untuk Tingkatkan Profit Bisnis

Tujuan Sistem Informasi Akuntansi

Sistem informasi yang dibuat perlu memenuhi tujuan dan fungsinya, baik itu untuk kebutuhan informasi pihak internal maupun eksternal. Tujuan sistem informasi akuntansi antara lain untuk:

  • Mendukung kelancaran kegiatan operasional sehari-hari sebuah perusahaan
  • Menyajikan informasi dan laporan perusahaan
  • Membantu dalam proses pengambilan keputusan
  • Mengelola perusahaan dalam memenuhi tanggung jawabnya kepada stakeholder
  • Mengumpulkan dan mencatat (record) data transaksi perusahaan ke dalam sistem
  • Mengolah data transaksi dan menyimpannya untuk keperluan di waktu mendatang
  • Membantu mengontrol aset perusahaan secara tepat dan efektif
  • Meningkatkan keamanan atau perlindungan terhadap kekayaan perusahaan
  • Meningkatkan kualitas sistem pengendalian internal dan kinerja perusahaan.
Analisis Usaha

Unsur Sistem Informasi Akuntansi

Ada beberapa unsur yang membuat sistem informasi akuntansi dapat berjalan dengan baik sesuai dengan fungsinya. Apa saja itu?

Sumber Daya Manusia (SDM)

Sistem informasi akuntansi adalah suatu teknologi dan membutuhkan manusia untuk menjalankan dan mengendalikan sistem komputer tersebut. Dalam pelaksanaanya, manusia berperan dalam pengambilan keputusan bisnis saat ini atau di masa mendatang melalui informasi dan data yang disajikan di sistem informasi akuntansi.

Data

Data yang tercatat di sistem informasi akuntansi adalah dasar dari konsep pengendalian untuk mencapai keakuratan dengan melakukan pengecekan terhadap informasi yang disajikan. 

Tools atau Hardware

Semua peralatan yang membantu Anda dalam menjalankan sistem informasi akuntansi. Contohnya antara lain komputer, laptop, dan tools lain yang bermanfaat untuk mentransfer data akuntansi.

Formulir

Formulir merupakan unsur penting dalam sistem informasi akuntansi sebagai dokumen dasar untuk mencatat berbagai transaksi akuntansi. Formulir juga digunakan sebagai bukti tertulis atas transaksi yang sudah berjalan, baik transaksi internal maupun eksternal.

Formulir di sistem informasi akuntansi memiliki manfaat antara lain sebagai recorder data transaksi perusahaan, menentukan tanggung jawab dari transaksi yang sudah terjadi, menghindari kesalahan dengan mencatat dalam bentuk tulisan, serta menyampaikan informasi ke pihak yang membutuhkan informasi transaksi tersebut.

Buku dan Catatan

Buku dipakai untuk mencatat semua transaksi yang sudah diinput di formulir. Buku yang dimaksud meliputi jurnal dan buku besar. Jurnal merupakan catatan awal dalam akuntansi sebelum dipindahkan ke buku besar.

Informasi

Sistem informasi akuntansi dapat membantu dalam menyajikan informasi yang berguna bagi pihak internal maupun eksternal untuk mengambil keputusan bisnis saat ini dan masa mendatang. Informasi yang dihasilkan dapat berupa tampilan di dashboard, atau dapat mencetaknya di dokumen kertas.

Laporan dan Pernyataan

Laporan adalah hasil dari suatu sistem dan digunakan sebagai tanggung jawab dari sebuah kegiatan atau transaksi keuangan. Laporan keuangan meliputi laporan neraca, laporan laba rugi, laporan arus kas, laporan perubahan modal dan catatan atas laporan keuangan.

Baca Juga: Lengkap dan Mudah! 4 Format Laporan Keuangan dan Contohnya

Hambatan Umum Sistem Informasi Akuntansi

Ketika menjalankan sistem informasi akuntansi, Anda bisa saja mengalami berbagai hambatan yang terjadi, seperti:

  • Sumber daya manusia di perusahaan Anda belum siap menggunakan sistem dan standarisasi keuangan berbasis teknologi sehingga diperlukan waktu khusus untuk melakukan training untuk mereka bisa menjalankan sistem informasi akuntansi.
  • Perusahaan membutuhkan accounting software dan perangkat komputer dengan tingkat keamanan tinggi agar semua data keuangan perusahaan tidak bocor. Data perusahaan Anda harus 100% aman!
  • Perusahaan tidak memiliki data keuangan yang lengkap dan masih memerlukan verifikasi untuk informasi yang tersedia, proses ini akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Contoh Sistem Informasi Akuntansi

Saat ini sudah tersedia banyak software maupun aplikasi berbasis sistem informasi akuntansi yang dapat membantu Anda dalam mengelola bisnis. Sistem informasi akuntansi adalah hal penting yang perlu dimiliki oleh bisnis yang ingin memiliki data keuangan yang akurat.

Salah satu sistem informasi akuntansi yang dapat diandalkan oleh banyak bisnis adalah MASERP by MAS Software. MASERP merupakan software buatan lokal yang sudah dipercaya oleh ribuan bisnis sejak tahun 1984. MASERP sangat cocok digunakan oleh bisnis berskala menengah dan besar karena memiliki banyak modul dari akuntansi, manufaktur, distributor, inventory, aset, dan masih banyak lagi.

Fitur unggulan account payable dan account receivable di MASERP terdiri dari kredit limit dimana Anda bisa mencatat kredit limit yang diberikan pemasok (supplier) atau utang yang diberikan ke customer agar tidak melewati batas pembayaran, uang muka supplier untuk DP purchase order dan terima DP customer serta cetak bukti terima kas, aging utang dan piutang untuk kontrol cash flow agar semua pembayaran ke supplier tepat waktu, nota debit atau kredit untuk adjust utang dan piutang outstanding, dan lain-lain.

Baca Juga: Lengkap! Harga dan Fitur 7 Software ERP Terbaik di Indonesia

Kesimpulan

Sistem informasi akuntansi (SIA) memiliki peranan dalam mengumpulkan dan menyimpan data kegiatan dan transaksi keuangan perusahaan, membantu perusahaan dalam merancang dan mempertahankan strategi bisnis, serta memproses data keuangan menjadi informasi untuk pengambilan keputusan.

Unsur SIA terdiri dari sumber daya manusia, data, tools dan hardware seperti komputer beserta software akuntansi, formulir untuk data ke sistem, buku dan catatan transaksi, informasi akuntansi serta laporan dan pernyataan.

Hambatan umum yang sering ditemui perusahaan saat menjalankan SIA antara lain sumber daya manusia yang belum siap dan belum paham, tidak ada software akuntansi yang aman dan data keuangan perusahaan yang tidak lengkap.

Jika bisnis Anda membutuhkan solusi menyeluruh bagi operasional bisnis, menggunakan software akuntansi MASERP adalah solusi terbaik dalam mengoptimalkan proses ini. MASERP dapat dipasang di server kantor atau di cloud. Kelebihan pemasangan di server kantor, Anda bisa menggunakan program walaupun internet mati.

Dengan fitur Report Center di MASERP, Anda bisa mencatat dan membuat 300+ laporan yang meliputi laba rugi, arus kas, neraca dan lain-lain.

Yang membedakan MASERP dengan vendor lain, MASERP dapat dicustom sesuai dengan bisnis flow perusahaan Anda dan dapat juga diintegrasi dengan software lain. Biarkan software yang beradaptasi dengan bisnis flow Anda, bukan Anda yang mengikuti flow software.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan apa yang Anda butuhkan kepada konsultan ahli kami sekarang. Gratis!