ERP Software Indonesia: Kelebihan dan Fitur Lengkap MASERP!

Setiap perusahaan yang sedang mencari software ERP atau enterprise resource planning pasti menginginkan yang terbaik untuk bisa diimplementasikan dan bekerja dengan baik, termasuk perusahaan Anda. ERP software Indonesia terbaik harus memiliki modul lengkap yang dibutuhkan oleh berbagai industri untuk menjalankan fungsi bisnis mereka. Tetapi, ERP yang lengkap juga belum tentu cocok dengan flow bisnis perusahaan Anda.

Kalau tidak ada ERP yang cocok dengan flow bisnis Anda, maka solusinya adalah Anda perlu mencari vendor ERP seperti MASERP dapat dicustom sesuai kebutuhan perusahaan. Yuk simak kelebihan apa saja yang dimiliki MASERP dan fitur apa saja yang ada di dalamnya!

Kelebihan MASERP

Customizable dan Terintegrasi

Banyak customer MASERP yang puas karena perusahaan mereka dapat memiliki software yang sesuai dengan kebutuhan dan flow bisnis mereka. Inilah keunggulan MASERP sebagai salah satu yang terbaik di ERP software Indonesia. Perusahaan Anda dapat menggunakan software ERP lebih lama dan siap untuk berkembang dengan menambah kustomisasi di kemudian hari tanpa perlu membeli software baru yang malah membuat anggaran Anda membengkak.

Selain itu, Anda bisa mengintegrasikan MASERP dengan vendor software lain seperti MASPOINT (Point of Sales), AqtiveHR (HRIS), iSeller, dan masih banyak lagi.

User Friendly

Salah satu tujuan penggunaan software bisnis adalah untuk menyederhanakan proses bisnis. Begitu juga dengan tampilan software ERP, MASERP memiliki tampilan yang tidak rumit, user friendly dan alur programnya jelas. Ini akan memudahkan karyawan Anda sebagai user untuk lebih cepat memahami penggunaan fitur di dalamnya. Kalau karyawan lama resign, proses training user baru pun tidak membutuhkan waktu lama.

Hybrid Cloud

Software MASERP dapat diinstall di server kantor Anda atau di cloud. Kalau dipasang di server kantor dan internet mati, Anda tetap bisa menggunakannya karena didukung dengan teknologi hybrid cloud. Keamanan database perusahaan lebih terjamin apabila Anda memasangnya di server sendiri, karena Anda memegang kendali penuh.

Dedicated Support

Layanan after sales MASERP sebagai salah satu ERP software Indonesia sangat unggul. Setelah Anda membeli putus satu kali di awal, Anda tidak begitu saja dilepas dalam penggunaan software ERP. Anda akan mendapatkan dedicated support, dimana support untuk perusahaan Anda dengan orang yang sama sehingga Anda tidak perlu berulang kali menjelaskan flow bisnis maupun kendala yang sama kepada tim support yang berbeda.

Kalau Anda memiliki pertanyaan dan masalah dalam input data maupun penggunaan software, Anda bisa menghubungi support melalui live chat di software MASERP. Tim support akan membantu hingga masalah terselesaikan.

Baca Juga: Lisensi ERP: Apa Bedanya Perpetual dan Subscription?

Berpengalaman dan Terpercaya

MASERP sudah berdiri sejak tahun 1984 dan sudah dipercaya oleh ribuan perusahaan lokal dan multinasional dari berbagai industri antara lain teknologi (Ryzen, Bitdefender, dll), material bangunan (Indo Karya Anugerah, Artindo Paint, dll), peralatan industri (Ishida, PT. Trimitra Wisesa Abadi, dll), peralatan rumah tangga (Yumeida, KIG Glassware, dll), food and beverage (GoodBis, R&B Foods, dll), medical, otomotif, home and lighting, finansial, konstruksi (Metric, Catur Griya, dll), energi dan migas (Pertamina PDC, My Gas, dll), agrikultur, tekstil, resto dan retail, pertambangan dan masih banyak lagi.

Harga Terjangkau

Jika dibandingkan dengan vendor ERP lain, MASERP menawarkan harga yang relatif terjangkau. Mulai dari Rp57.000.000,- untuk paket distributor dengan 5 user, dan Rp75.000.000,- untuk paket manufaktur 5 user. Beberapa vendor ERP menawarkan harga per modul, jadi semakin banyak modul yang Anda pilih maka akan semakin besar juga biaya yang harus Anda keluarkan.

ERP SOFTWARE INDONESIA

Fitur Unggulan MASERP

Sebagai software ERP, MASERP memiliki berbagai modul yang bisa memproses berbagai fungsi bisnis dari akuntansi, penjualan, pembelian, inventory (persediaan), aset tetap, pajak, dan masih banyak lagi. Yuk kenali lebih dalam fitur unggulan MASERP!

Inventory Stock

MASERP sebagai ERP software Indonesia menjadi andalan para pebisnis manufaktur dan distributor karena memiliki modul persediaan atau inventory dimana Anda tidak perlu lagi mencatat dan menghitungnya secara manual.

Perusahaan Anda punya banyak gudang? Jangan khawatir! MASERP memiliki fitur multi gudang sehingga Anda dapat mengetahui persediaan di tiap gudang hanya dari satu software, tanpa perlu menghubungi pihak gudang dan menunggu lama untuk mendapatkan data terbaru dari mereka. Semua barang yang tersedia di gudang beserta jenis dan jumlahnya akan dimunculkan di MASERP. Apabila jumlah stok sudah mencapai nilai nol, maksimum maupun minimum maka akan ada warning stok sehingga tidak ada barang yang berlebih di gudang atau bahkan kekurangan stok yang bisa menyebabkan pelanggan kecewa.

Dengan inventory yang sama, Anda bisa melakukan setting untuk satuan yang berbeda seperti pcs, kilogram (kg), ton, gram dan lain sebagainya yang dibutuhkan bisnis Anda.

Serial number dan batch number untuk membedakan produksi di hari yang berbeda, jadi Anda dapat mengetahui produksi batch mana yang berhasil lolos quality control untuk diduplikasi di batch produksi selanjutnya. Fitur ini juga memudahkan perusahaan untuk melakukan tracking expiry date produk.

Anda dapat memangkas waktu dalam menginput dan memproses data barang di gudang dengan fitur QR barcode scanner. Fitur ini memudahkan dalam proses penerimaan barang, surat jalan dan penjualan barang.

Customer yang mengambil barang dalam jumlah banyak dapat dikenakan harga jual berbeda dengan settingan di fitur harga jual grosir yang ada di MASERP. Mungkin saja Anda akan memberikan harga khusus untuk customer yang mengambil barang dalam jumlah tertentu.

Account Payable dan Account Receivable

Dengan fitur kredit limit, Anda dapat mencatat kredit limit yang diberikan oleh supplier agar tidak melewati batas yang sudah ditentukan. Anda juga dapat memberikan batas angka maksimal untuk utang yang diberikan ke customer.

Catat semua transaksi uang muka supplier untuk down payment (DP) purchase order yang telah dibuat. Uang muka yang diterima dari customer juga dapat dicetak sebagai bukti terima kas.

Dengan fitur nota debit dan kredit, Anda bisa melakukan adjust untuk utang maupun piutang outstanding.

Fitur aging utang dan piutang membantu Anda dalam tracking utang dan piutang agar dapat tertagih tepat waktu dan dapat menjaga cash flow perusahaan Anda tetap sehat.

Pembelian

Di modul pembelian MASERP, Anda dapat menikmati berbagai kemudahan pembelian dengan fitur purchase quotation (PQ) comparison, purchase order, multi level approval tak terbatas berdasarkan nominal, terima barang parsial, faktur parsial serta link ke inventory dan account payable.

Purchase quotation comparison membantu Anda membandingkan antara harga yang diberikan supplier sehingga Anda dapat memilih harga yang terbaik. Setelah itu, Anda bisa meneruskan ke pembuatan purchase order (PO). PO yang sudah dibuat dapat dilacak, Anda bisa melihat barang mana yang sudah dikirim dan yang belum dikirim dari supplier.

Fitur faktur parsial di MASERP bisa memfasilitasi pembuatan faktur pembelian sesuai dengan jumlah barang yang diterima, tanpa perlu mengikuti jumlah di purchase order (PO). Saat Anda menerima barang, akan otomatis menambah ke stock di gudang. Begitu juga saat menerima invoice pembelian, maka nilai utang perusahaan akan otomatis bertambah.

Penjualan

Fitur sales order (SO) di MASERP membantu Anda dalam melacak pesanan penjualan yang telah dibuat. Anda dapat melacak barang mana yang sudah dikirim atau bahkan yang belum dikirim ke customer sehingga tidak mengecewakan mereka karena lupa kirim.

Fitur retur penjualan dapat mengurangi piutang dan mengubahnya dalam bentuk yang muka maupun dikembalikan dalam bentuk cash.

Kelebihan yang dimiliki oleh MASERP adalah integrasi dengan software maupun aplikasi lain. Nah, MASERP dapat terintegrasi dengan app point of sales MASPOINT yang dapat membantu dalam penjualan bisnis Anda dan sales canvassing.

Faktur pajak di MASERP sudah mendukung untuk PPN, PPh, export data pajak ke e-faktur dan dapat terintegrasi juga ke OnlinePajak. Fitur auto number tax dapat digunakan untuk membuat faktur pajak otomatis.

Setelah surat jalan terbit, maka akan otomatis mengurangi stok barang di gudang perusahaan. Begitu juga dengan invoice penjualan, setelah terbit maka piutang perusahaan akan otomatis bertambah.

Cash dan Bank

Beberapa fitur cash dan bank yang ada di MASERP antara lain multi currency, pengingat giro mundur yang sudah jatuh tempo, pembayaran utang maupun piutang secara parsial (disisil), rasio keuangan dan laporan keuangan.

Fitur multi currency dapat membantu Anda mengetahui keuntungan maupun kerugian (accrual) yang diperoleh perusahaan di akhir bulan. Anda dapat mencetak rekening koran bank dan melakukan pencocokan dengan transaksi yang sudah tercatat di MASERP untuk menemukan selisih nominal, dengan fitur rekonsiliasi bank.

General Ledger

MASERP memiliki fitur rasio keuangan untuk mengetahui kesehatan keuangan perusahaan Anda kapan saja tanpa perlu menunggu akhir bulan. Anda juga dapat membuat 300+ laporan bisnis diantaranya laporan arus kas dengan metode langsung, laporan neraca, laporan laba rugi dan masih banyak lagi.

Dengan fitur budgeting dan costing, Anda dapat mengontrol berbagai biaya untuk tiap divisi dan melakukan setting anggaran agar tidak terjadi pembengkakan anggaran yang tidak berguna.

Anda juga dapat merancang total laporan neraca dan laba rugi dengan 19 sub level akun sesuai kebutuhan perusahaan.

ERP SOFTWARE INDONESIA

Aset Tetap

Siapa bilang software ERP tidak bisa mengelola aset perusahaan? MASERP membantu perusahaan dalam menghitung penyusutan aset tetap dengan pilihan dua metode yaitu straight line atau declining balance, keduanya adalah metode yang diakui PSAK. Seluruh aset aktif yang dimiliki perusahaan juga dapat dihitung penyusutannya secara otomatis setiap akhir bulan.

Aset yang dimiliki perusahaan tentu memerlukan perawatan, nah Anda dapat mencatat dan mengetahui semua biaya perawatan aset tersebut beserta dengan history pemakaian dan tanggung jawabnya di MASERP.

Manufaktur

MASERP sebagai ERP software Indonesia sudah dipercaya oleh banyak perusahaan manufaktur berskala nasional maupun multinasional. Apa saja fitur andalannya? MASERP memiliki fitur bill of material (BoM) untuk memproduksi barang yang berulang dan dapat digunakan untuk mengetahui harga pokok produksi (HPP) sementara dan final.

Selain itu ada fitur assembly dan disassembly, Anda bisa menggabungkan beberapa bahan baku menjadi satu barang jadi dan sebaliknya, mengubah satu barang jadi menjadi beberapa bahan baku.

Anda bisa melakukan adjust bahan baku di saat produksi sedang berjalan dan adjust biaya produksi di akhir bulan untuk menghitung ulang harga pokok produksi (HPP).

Project Costing

Selain modul untuk industri manufaktur dan distributor, MASERP juga memiliki modul untuk industri konstruksi. Anda dapat membuat dan melihat laporan laba rugi secara detail untuk tiap proyek, mengetahui berapa banyak pengeluaran proyek, keuntungan yang diperoleh dan data lain yang bisa dipakai untuk membuat proyek selanjutnya lebih baik.

Fitur project budgeting membantu Anda dalam mengatur anggaran proyek, kalau anggaran melebihi alokasi awal akan ada warning sehingga tidak mengalami rugi. Fitur stock control membantu Anda dalam melacak barang apa saja yang sudah dikirim ke proyek dan yang belum dipesan.

Baca Juga: Partnership MASERP: OnlinePajak, iSeller dan MRB Finance

Kesimpulan

Nah itu tadi kelebihan dari MASERP sebagai ERP software Indonesia, MASERP dapat dicustom dan terintegrasi dengan software atau aplikasi lain, sudah berpengalaman dari tahun 1984 dan dipercaya oleh ribuan perusahaan, memiliki dedicated support untuk customernya, dapat diinstall di server kantor Anda maupun di cloud, user friendly dan harganya cukup terjangkau dengan modul yang sangat lengkap.

Sistem ERP memang memerlukan investasi yang lumayan mahal, tetapi jika bisnis Anda membutuhkan solusi menyeluruh bagi operasional bisnis, menggunakan software akuntansi MASERP adalah solusi terbaik dalam mengoptimalkan proses ini.

Takut data bocor? Jangan khawatir! Anda bisa mengontrol siapa saja yang boleh membuat dan mengedit transaksi dan laporan perusahaan, jadi tidak setiap orang bisa melihat data yang bukan tanggung jawabnya.

MASERP dapat digunakan untuk lebih dari satu entitas perusahaan tanpa biaya tambahan. Dengan database SQL server, MASERP kuat menampung jutaan transaksi dan tidak akan corrupt.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan apa yang Anda butuhkan kepada konsultan ahli kami sekarang. Gratis!

New call-to-action