Internet of Things (IoT): 7 Industri yang Bisa Menggunakannya

Internet of Things atau IoT mengacu pada banyaknya device dan sistem di seluruh dunia yang terhubung satu sama lain dengan internet dan bisa saling berbagi data. IoT membuat dunia menjadi lebih cerdas dan responsif, menggabungkan teknologi digital dan device (perangkat fisik).

Saat ini, adanya komputer dengan harga yang relatif terjangkau dan jaringan nirkabel (wireless) di mana-mana, memungkinkan untuk mengubah apapun dari hal sekecil pil obat maupun sesuatu yang besar seperti pesawat terbang, hal-hal tersebut menjadi bagian dari IoT.

Yuk, pahami Internet of Things serta ketahui industri apa saja yang bisa memanfaatkan teknologi ini. Simak sampai habis, ya!

Apa Itu Internet of Things?

Internet of Things adalah sebuah deskripsi dari jaringan fisik atau things yang dipasang sensor, software dan teknologi lain dengan tujuan dapat terhubung dan bertukar data antara device dan sistem lain melalui internet.

Device tersebut dapat berupa peralatan rumah tangga yang biasa Anda temui sehari-hari hingga peralatan di industri canggih. Internet of Things dapat menghubungkan semua device berbeda dengan menambahkan sensor dan kecerdasan digital di dalamnya, memungkinkan untuk mengkomunikasikan data secara real-time tanpa melibatkan banyak campur tangan manusia. Dengan lebih dari 7 miliar device IoT yang terhubung saat ini, para ahli memperkirakan jumlah ini akan tumbuh menjadi 22 miliar di tahun 2025.

Baca Juga: Pentingnya Peran Teknologi Informasi dalam Bisnis

Kenapa Internet of Things Penting?

Selama beberapa tahun terakhir, IoT telah menjadi salah satu teknologi terpenting abad ke-21. Sekarang kita dapat menghubungkan benda sehari-hari seperti peralatan dapur atau mobil ke internet melalui pemasangan device. Komunikasi tanpa batas dapat dilakukan antara orang, proses dan benda.

Melalui komputasi yang memiliki biaya rendah, cloud, big data, analitik, dan teknologi seluler, seluruh device dapat berbagi dan mengumpulkan data. Manusia sebagai user hanya terlibat sedikit mungkin dalam prosesnya. Di dunia yang sangat terhubung ini, sistem digital dapat merekam, memantau, dan menyesuaikan setiap interaksi antara hal-hal yang terhubung. Dunia fisik dapat bertemu dan bekerja sama dengan dunia digital.

Manfaat Internet of Things

Ketika IoT menjadi lebih luas di pasaran, perusahaan dapat memanfaatkan nilai bisnis dan mendukung pertumbuhan bisnis. Manfaat yang bisa diperoleh perusahaan meliputi:

  • mendapatkan insight berbasis data dari data IoT untuk membantu mengelola bisnis dengan lebih baik,
  • meningkatkan produktivitas dan efisiensi operasi bisnis,
  • menciptakan model bisnis dan pendapatan baru,
  • menghubungkan dunia bisnis fisik ke dunia digital dengan mudah untuk mendorong waktu yang cepat menjadi sebuah value.

Baca Juga: 5 Manfaat Penting Data Driven Bagi Bisnis

Teknologi Apa yang Menggunakan IoT?

Ide IoT sudah ada sejak lama dan tentunya telah menghadirkan banyak kemajuan teknologi baru dan berbeda. Ini membuat semua pekerjaan menjadi lebih praktis.

  • Akses ke teknologi dengan sensor yang memiliki biaya dan daya rendah. Sensor yang terjangkau dan bisa diandalkan pada beberapa peralatan atau device memungkinkan teknologi IoT dapat digunakan oleh banyak perusahaan manufaktur.
  • Konektivitas. Sejumlah protokol jaringan internet telah memudahkan dalam menghubungkan sensor ke cloud dan “things” lainnya untuk melakukan transfer data secara efisien.
  • Platform komputasi awan (cloud computing). Meningkatnya ketersediaan platform cloud memungkinkan bisnis dan konsumen untuk dapat mengakses dan meningkatkan infrastruktur yang mereka butuhkan tanpa perlu mengelola semuanya.
  • Machine learning dan analitik. Dengan kemajuan dalam mechanie learning dan analitik, serta akses ke data dalam jumlah besar dan beragam yang disimpan di cloud, sebuah bisnis dapat mengumpulkan wawasan lebih cepat dan mudah. Munculnya kolaborasi teknologi ini terus mendorong batas  IoT, dan data yang dihasilkan oleh IoT juga mendukung teknologi ini.
  • Artificial Intelligence (AI). Kemajuan dalam jaringan telah membawa natural-language processing (NLP) ke device IoT seperti personal asisten digital Alexa, Cortana, dan Siri. Semua device AI itu membuat menarik, terjangkau dan layak untuk digunakan di rumah Anda.

Baca Juga: ERP Cloud: Apa Bedanya dengan ERP On-Premise?

Apa Itu Industrial IoT?

Industrial IoT (IIoT) dapat diartikan sebagai penerapan teknologi IoT dalam proses industri, terutama yang berkaitan dengan instrumentasi serta kontrol sensor dan perangkat yang menggunakan teknologi cloud.

Baru-baru ini, banyak industri telah menggunakan komunikasi machine-to-machine (M2M) untuk mencapai otomatisasi dan kontrol pada jaringan wireless.

Tetapi dengan munculnya cloud dan teknologi terkait (seperti analitik dan AI), sebuah industri dapat mencapai proses otomatisasi baru yang bisa menghasilkan pendapatan (revenue) dan model bisnis baru. IIoT terkadang disebut sebagai gelombang keempat revolusi industri atau Industri 4.0. Berikut ini adalah beberapa kegunaan umum untuk IIoT:

Industri yang Bisa Menggunakan IoT

Perusahaan yang paling cocok untuk IoT adalah perusahaan yang menggunakan device sensor dalam proses bisnis mereka. Berikut ini beberapa industri yang dapat menggunakan kecanggihan IoT:

Manufaktur

Produsen dapat memperoleh keunggulan dengan menggunakan pemantauan lini produksi untuk melakukan pemeliharaan proaktif pada peralatan saat sensor mendeteksi kegagalan. Sensor benar-benar dapat mengukur ketika output produksi terganggu.

Adanya bantuan peringatan sensor, produsen dapat dengan cepat memeriksa keakuratan peralatan atau menghapusnya dari produksi hingga dapat diperbaiki. Hal ini memungkinkan perusahaan manufaktur untuk mengurangi biaya operasi, memiliki waktu kerja yang lebih efisien dan meningkatkan manajemen aset.

ERP Manufaktur

Otomotif

Industri otomotif dibangun untuk mendapatkan manfaat dari penggunaan aplikasi IoT. Selain manfaat penerapan IoT ke lini produksi, sensor dapat mendeteksi kegagalan peralatan pada kendaraan yang sudah ada di jalan dan dapat memperingatkan pengemudi dengan detail.

Berkat informasi yang dikumpulkan oleh aplikasi berbasis IoT, produsen dan pemasok otomotif dapat mempelajari lebih lanjut tentang cara menjaga mobil tetap berjalan dan pemilik mobil bisa mendapat informasi secara lengkap.

Transportasi dan Logistik

Sistem transportasi dan logistik mendapat manfaat dari berbagai aplikasi IoT. Armada mobil, truk, kapal, dan kereta api yang membawa inventaris dapat dialihkan berdasarkan kondisi cuaca, ketersediaan kendaraan, atau ketersediaan pengemudi, berkat data sensor IoT.

Inventaris itu sendiri juga dapat dilengkapi dengan sensor untuk melacak dan melacak dan pemantauan kontrol suhu. Industri makanan dan minuman, bunga, dan farmasi sering membawa inventaris yang peka terhadap suhu yang akan sangat diuntungkan dari aplikasi pemantauan IoT yang mengirimkan peringatan saat suhu naik atau turun yang dapat merusak produk.

Baca Juga: Management Inventory: Definisi, Tujuan, dan Model Inventorynya

Retail

Aplikasi IoT memungkinkan perusahaan ritel untuk mengelola inventaris, meningkatkan pengalaman pelanggan, mengoptimalkan supply chain, dan mengurangi biaya operasional. Misalnya, rak pintar yang dilengkapi dengan sensor berat dapat mengumpulkan informasi berbasis RFID dan mengirim data ke platform IoT secara otomatis melacak inventaris dan memberi warning jika barang hampir habis.

Retail Indonesia

Sektor publik

Manfaat IoT di sektor publik dan lingkungan juga sangat luas misalnya utilitas milik pemerintah dapat menggunakan aplikasi berbasis IoT untuk memberi tahu penggunanya mengenai pemadaman massal dan bahkan gangguan kecil pada layanan air, listrik, atau saluran pembuangan.

Aplikasi IoT dapat mengumpulkan data mengenai ruang lingkup pemadaman dan menyebarkan sumber daya untuk membantu utilitas pulih dari pemadaman dengan kecepatan yang lebih tinggi.

Kesehatan

Pemantauan aset IoT memberikan banyak manfaat bagi industri perawatan kesehatan. Dokter, perawat, dan mantri seringkali perlu mengetahui lokasi pasti aset bantuan pasien seperti kursi roda.

Ketika kursi roda rumah sakit dilengkapi dengan sensor IoT, mereka dapat dilacak dari aplikasi pemantauan aset IoT sehingga siapa pun yang mencarinya dapat dengan cepat menemukan kursi roda terdekat yang tersedia. Banyak aset rumah sakit dapat dilacak dengan cara ini untuk memastikan penggunaan yang tepat serta akuntansi keuangan untuk aset fisik di setiap departemen.

Keamanan Umum di Semua Industri

Selain melacak aset fisik, IoT dapat digunakan untuk meningkatkan keselamatan pekerja. Karyawan di lingkungan kerja berbahaya seperti pertambangan, minyak dan gas, serta pembangkit listrik dan kimia, perlu mengetahui tentang terjadinya peristiwa berbahaya yang mungkin akan memengaruhi kerja mereka.

Ketika mereka terhubung ke aplikasi berbasis sensor IoT, mereka dapat diberitahu tentang kecelakaan atau diselamatkan dari mereka secepat mungkin. Aplikasi IoT juga digunakan untuk perangkat wearable yang dapat memantau kesehatan manusia dan kondisi lingkungan. Jenis aplikasi ini tidak hanya membantu orang lebih memahami kesehatan mereka sendiri, tetapi juga memungkinkan dokter memantau pasien dari jarak jauh.

Kesimpulan

Internet of Things (IoT) dapat diartikan berupa jaringan fisik atau things yang dipasang sensor, software dan teknologi lain dengan tujuan dapat terhubung dan bertukar data antara device dan sistem lain melalui internet.

IoT bagi bisnis dapat memberikan insight berupa data, meningkatkan produktivitas dan efisiensi, serta mengubah value bisnis ketika bisa menghubungkan hal fisik ke digital.

Beberapa industri yang bisa memanfaatkan canggihnya IoT antara lain manufaktur, otomotif, transportasi dan logistik, retail, kesehatan, sektor publik, keamanan di semua industri dan masih banyak lagi.

Sistem ERP merupakan salah satu solusi bagi manajemen data dan bisa membantu proses bisnis Anda dengan sistem otomatis dan terintegrasi. Secara umum, sistem ERP mengintegrasikan beberapa fungsi bisnis seperti akuntansi, inventarismanufaktur, SDM, purchasing, SCM, penjualan dan CRM.

Sistem ERP memang memerlukan investasi yang lumayan, tetapi jika bisnis Anda membutuhkan solusi menyeluruh bagi operasional bisnis, menggunakan software akuntansi MASERP adalah solusi terbaik dalam mengoptimalkan proses ini.

MASERP menawarkan layanan hybrid cloud, di mana Anda bisa memasang software di server kantor atau di cloud. Software tetap bisa dipakai meskipun koneksi internet mati.

MASERP dapat digunakan untuk lebih dari satu entitas perusahaan tanpa biaya tambahan. Dengan database SQL server, MASERP kuat menampung jutaan transaksi dan tidak akan corrupt.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan kendala apa yang Anda hadapi kepada konsultan ahli kami. Gratis!

New call-to-action