Jangan Sepelekan Data! Ini 5 Manfaat Penting Data Driven Bagi Bisnis

Di era disrupsi teknologi saat ini, banyak perusahaan mengandalkan data sebagai salah satu pertimbangan dalam pengambilan keputusan. Dengan peranan data, perusahaan dapat melakukan analisis terhadap tren dan perkembangan di dunia bisnis. Pemanfaatan data ini dikenal dengan istilah data driven. Pendekatan data driven adalah pekerjaan yang dilakukan dan diproses dengan mengacu pada data yang ada.

Data juga dapat menjadi faktor terbentuknya suatu keputusan. Perusahaan akan menjadikan data yang ada sebagai pertimbangan sebelum terbentuknya strategi dan aktualisasi dari rencana perusahaan. Proses analisis dan interpretasi data tersebut pun dikategorikan sebagai pendekatan data driven.

Agar lebih mengenal apa sih data driven itu? Artikel ini akan mengulas segala hal yang berkaitan dengan data driven, yuk disimak!

Pengertian Data Driven

Data driven adalah suatu pendekatan dalam melakukan pekerjaan dengan memanfaatkan data sebagai acuan pekerjaan tersebut. Dalam pemanfaatannya, data driven berfokus pada proses analisis, interpretasi, dan penyajian data. Singkatnya, pekerjaan yang dilakukan dengan data driven, harus sesuai dengan data yang ada.

Data driven berfokus pada validnya suatu pekerjaan dengan mengacu pada data yang ada. Hal tersebut akan berpengaruh terhadap suatu bisnis atau perusahaan, utamanya dalam proses pengambilan keputusan. Dengan pendekatan data driven, suatu perusahaan maupun bisnis dapat mendapatkan solusi sesuai dengan kondisi yang real-time dan relevan.

Pada praktiknya, untuk menyelesaikan suatu pemrosesan pekerjaan, para profesional mengandalkan data di bidang tertentu, misalnya ekonomi atau bidang lainnya. Nantinya, akan tercipta solusi penyelesaian terhadap pekerjaan berdasarkan data tersebut.

Kini, ada banyak pekerjaan yang menjadikan data sebagai fokus utama. Misalnya, data scientist, data analyst, hingga pekerjaan lainnya. Profesi tersebut berfokus pada data driven adalah sebagai suatu pendekatan dalam menyelesaikan suatu masalah dalam pekerjaan.

Baca Juga: Pentingnya Manajemen Data Bagi Perusahaan

Manfaat Data Driven

Pendekatan data driven mendatangkan banyak kelebihan. Hal ini disebabkan karena saat melakukan pekerjaan dengan data, semua dilakukan berdasarkan fakta yang ada. Terlebih, dengan data, tidak akan ada perkiraan atau intuisi yang tidak mendasar. Jadi, pendekatan data driven dalam suatu pekerjaan dapat memberikan banyak manfaat, diantaranya:

Pengambilan Keputusan

Seperti yang sudah diketahui, data bisa dijadikan sebagai acuan dalam pengambilan keputusan di dalam bisnis. Adapun proses interpretasi dan analisis data merujuk pada angka-angka yang dihasilkan dan telah dihitung sesuai dengan berbagai kemungkinan. Dengan pendekatan data driven ini lah, perusahaan akan mampu mengambil langkah yang tepat terkait pengembangan bisnis kedepannya.

Baca Juga: Manajemen Bisnis: Pengertian, Fungsi dan Contoh Penerapannya

Melihat Tren Bisnis

Tren atau kejadian yang sedang terjadi adalah salah satu faktor penting dalam perekembangan perusahaan. Dengan pendekatan data driven, perusahaan dapat secara langsung melihat tren-tren bisnis apa saja yang sedang berkembang. Manfaatnya adalah perusahaan dapat mengembangkan produk barang-atau jasa sesuai dengan kebutuhan yang sedang diperlukan saat ini di pasaran.

Memaksimalkan Pemasaran Produk

Manfaat selanjutnya adalah perusahaan dapat terbantu untuk memasarkan produk. Melalui analisis data yang dilakukan, perusahaan dapat menjadikan hasil analisis tersebut sebagai pertimbangan untuk memasarkan produk. Misalnya, apakah produk yang ditawarkan dapat dipasarkan dengan maksimal secara daring atau malah tidak perlu digenjot lagi dari segi pemasarannya. Pendekatan data driven mampu mengakomodasi hal-hal terkait pemasaran produk.

Analisis Penjualan

Dengan data, perusahaan dapat melakukan analisis penjualan. Apakah penjualan produk dengan cara tertentu dapat mendatangkan keuntungan atau malah menyebabkan kerugian. Perhitungan matematis dengan pendekatan data driven dapat membantu menyelesaikan dan memberi solusi terhadap masalah tersebut. Alhasil, perusahaan dapat mengetahui langkah yang tepat terkait masalah sales atau penjualan suatu barang untuk memperoleh profit yang lebih maksimal.

Memprediksi Masa Depan Perusahaan

Keberlangsungan suatu bisnis atau perusahaan adalah hal yang dapat dianalisis melalui data. Ya, dengan melihat pada hasil interpretasi data yang telah dianalisis, perusahaan dapat memiliki gambaran akan berbagai kemungkinan terkait bisnis di masa depan. Dengan begitu, perusahaan dapat mengambil ancang-ancang untuk melakukan pembenahan di bagian yang membutuhkan.

Data Driven dalam Bisnis

Bagi perusahaan, menerapkan data driven dilakukan agar dapat merasakan manfaat dari data-data yang ada. Misalnya, data penjualan, marketing, hingga pengelolaan keuangan dapat dimanfaatkan kedepannya dalam hal mengambil keputusan atau inovasi terkait perkembangan bisnis. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penerapan pendekatan atau budaya data driven dalam suatu perusahaan, diantaranya:

Peran Pihak Manajemen

Pihak manajemen menjadi titik fokus utama dari penerapan kultur data driven dalam suatu perusahaan. Banyak perusahaan terkenal menjadikan data sebagai dasar untuk penerapan strategi perusahaan tersebut. Untuk mengembangkan pendekatan data driven dalam perusahaan, manajemen perlu membiasakan pengambilan keputusan dengan mengaitkan keputusan tersebut sesuai data yang ada.

Misalnya, seorang manajer marketing mengambil keputusan untuk mengiklankan produk pada platform YouTube setelah melakukan analisis dan interpretasi terhadap data pertumbuhan penjualan perusahaan.

Selalu Melakukan Analisis Data

Pendekatan data driven adalah proses yang penting dan tentunya juga memerlukan analisis data. Artinya, dalam melakukan suatu perkembangan, perusahaan harus melakukan analisis data terlebih dulu bukannya malah menggunakan data secara mentah.

Sebagai contoh, untuk menciptakan produk baru, perusahaan perlu melakukan analisis atau riset terhadap pasar, mulai dari pengguna, harga, hingga produk saingan yang ada di pasaran. Aktivitas analisis tersebut akan berhasil jika dilakukan dengan benar.

Peran Profesional

Data yang perusahaan miliki tidak akan dapat dikelola atau dianalisis dengan benar apabila tidak ada profesional yang bisa melakukan hal tersebut. Oleh karena itu, biasanya perusahaan yang sudah terbiasa dengan pendekatan data driven memiliki seorang atau sekelompok divisi yang berfokus pada data.

Profesi yang lazim dikenal adalah data scientist dan data analyst. Kedua profesi tersebut dikhususkan untuk berperan secara maksimal dalam perusahaan dalam melakukan analisis, penghitungan, hingga penyajian data.

Kesimpulan

Data driven adalah pendekatan dalam melakukan pekerjaan dengan memanfaatkan data sebagai acuan pekerjaan tersebut. Data driven berfokus pada proses analisis, interpretasi, dan penyajian data. Data driven juga mengutamakan validnya suatu pekerjaan dengan sesuai dengan keadaan dari data yang telah dianalisis.

Hal tersebut akan berpengaruh terhadap suatu bisnis atau perusahaan, utamanya dalam proses pengambilan keputusan. Dengan pendekatan data driven, suatu perusahaan maupun bisnis dapat mendapatkan solusi sesuai dengan kondisi yang real-time dan relevan.

Terdapat beberapa manfaat dalam melakukan pendekatan data driven, yaitu sebagai pengambilan keputusan, melihat tren bisnis, hingga melihat masa depan perusahaan. Dalam menjalankan suatu bisnis, penerapan data driven dilakukan agar dapat merasakan manfaat dari data-data yang ada. Caranya adalah dengan mengutamakan peran manajemen, berfokus pada analisis data, dan menyediakan tenaga data scientist serta data analyst di perusahaan.

Sistem ERP bisa menjadi solusi bagi manajemen data dan bisa membantu proses bisnis Anda dengan sistem otomatis dan terintegrasi. Secara umum, sistem MASERP mengintegrasikan beberapa fungsi bisnis seperti akuntansi, inventarismanufaktur, SDM, purchasing, SCM, penjualan dan CRM.

MASERP menawarkan layanan hybrid cloud, di mana Anda bisa memasang software di server kantor atau di cloud. MASERP dapat digunakan untuk lebih dari satu entitas perusahaan tanpa biaya tambahan. Dengan database SQL server, MASERP kuat menampung jutaan transaksi dan tidak akan corrupt.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan kendala apa yang Anda hadapi kepada konsultan ahli kami. Gratis!

New call-to-action