7 Aplikasi POS (Point of Sales) Terbaik Tahun 2022

Dengan bantuan teknologi, banyak perusahaan mengembangkan aplikasi kasir atau yang biasa dikenal aplikasi POS Point Of Sales. Aplikasi POS terbaik ini diklaim akan dapat memudahkan pelaku usaha dalam melakukan pencatatan pengeluaran dan pemasukan uang pada bisnis mereka.

Manfaat penggunaan POS sendiri adalah dapat memangkas waktu untuk menginputkan transaksi jual beli, mengetahui perhitungan laba rugi dengan mudah, dan dapat meminimalisir kesalahan hitung yang sering terjadi pada nota konvensional. Kamu pengusaha yang sedang bingung memilih aplikasi POS yang mana yang akan kamu pakai? Mari simak 7 rekomendasi aplikasi POS di bawah ini.

Moka POS

Aplikasi berbasis cloud ini bisa membantumu berbagai hal soal bisnis. Mulai dari membuat menu, mengecek transaksi, hingga mengecek stok barang yang kamu punya. Aplikasi ini juga bisa memberikanmu laporan keuangan terbaru, baik secara online maupun offline. Untuk berlangganan aplikasi ini, kamu hanya perlu membayar Rp250.000,- saja per bulan.

Aplikasi Moka POS merupakan aplikasi yang berbasis cloud. Moka POS sendiri memiliki beberapa layanan, yaitu GoStore, FB & IG Shops, Google Shopping, Selly, Point of Sale, E-Wallet, Management Pelanggan, Management Stock, Management Meja dan Management Karyawan. Layanan yang paling cocok untuk kamu pemilik outlet offline adalah Point Of Sales, selain kamu bisa menambahkan list barang, transaksi penjualan, pembayaran menggunakan e-money, kamu juga bisa mendapatkan laporan penjualan harian.

Baca Juga: Langkah STP (Segmenting, Targeting dan Positioning) dalam Marketing

Majoo

Aplikasi POS kedua yang direkomendasikan adalah Majoo. Tidak berbeda dengan Moka POS, Majoo juga menawarkan fitur-fitur pendukung bisnis mulai dari aplikasi kasir hingga aplikasi management karyawan. Semua fitur tersebut dapat kamu rasakan hanya dengan satu kali membeli paket langganan. Majoo sendiri menawarkan harga yang cukup terjangkau untuk pebisnis pemula yang. Biaya mulai Rp.129.000,- kamu sudah bisa berlangganan setiap bulan untuk banyak fitur tanpa biaya tambahan. Bagi pebisnis yang besar, kamu dapat berlangganan dengan Rp249.000,- setiap bulan.

Pawoon POS

Jika kamu mau fokus di bisnis kuliner, aplikasi kasir ini bisa kamu pakai. Lewat aplikasi ini, kamu bisa melakukan transaksi secara online maupun offline. Aplikasi ini juga menawarkan sistem pembayaran beragam. Mulai dari sistem tunai hingga digital. Kamu pun mengatur meja dan antrian lewat aplikasi ini. Hal itu dikarenakan Pawoon memiliki pengaturan meja yang bisa membantumu memenuhi dua kebutuhan tersebut.

Olsera

Olsera merupakan software penjualan yang murah dan fleksibel. Dengan membayar biaya langganan per bulan, pengguna bisa menikmati berbagai fitur andalannya. Aplikasi penjualan ini digunakan oleh berbagai bisnis kecil dan menengah mulai dari restoran, kafe, toko retail, apotek, hingga food truck. Untuk bisnis ritel, beberapa fitur yang Olsera tawarkan meliputi manajemen inventaris, penghitungan ongkos kirim, sinkronisasi data, manajemen pembayaran, manajemen transfer stok, dan CRM. Sementara untuk bisnis makanan dan minuman (F&B), beberapa fitur yang ditawarkan mencakup manajemen meja, manajemen menu, manajemen pembayaran, dan Kitchen Display System.

Kasir Pintar

Aplikasi ini juga cocok untuk beragam jenis bisnis, mulai dari bisnis kuliner hingga bisnis jual pulsa. Kasir Pintar menawarkan dua jenis aplikasi berbeda, yaitu Kasir Pintar Free dan Kasir Pintar Pro. Sesuai namanya, Kasir Pintar Free adalah aplikasi kasir yang bisa kamu akses secara gratis. Kasir Pintar Free bisa membantumu memanajemen barang hingga 1.000 pcs, membuat struk dengan watermark, hingga membuat 3 laporan standar. Sementara itu, Kasir Pintar Pro bisa membantumu memanajemen barang hingga 10.000 pcs, serta membuat lebih dari 10 laporan standar. Kasir Pintar Pro juga bisa dipakai hingga 5 orang staff.

Qasir

Rekomendasi ketiga adalah Qasir. Qasir merupakan sistem point of sale yang diciptakan untuk membantu UMKM dalam mencatat penjualan, mengelola produk, mengawasi stok barang, dan memantau laporan transaksi. Pada prakteknya, Qasir dapat diakses secara online dan offline. Jangan khawatir akan ada kesalahan pencatatan ketika aplikasi offline, karena apabila Qasir kamu terhubung kembali dengan internet semua transaksi akan tersinkronisasi.

MASPOINT

Aplikasi POS terbaik yang terakhir ini sangat berperan penting karena dapat mencatat transaksi yang terjadi di suatu bisnis tanpa perlu menggunakan cara manual. Penggunakan POS membuat kinerja karyawan di bagian kasir menjadi lebih efisien dan menghemat waktu.

MASPOINT merupakan sistem POS yang dapat terintegrasi dengan MASERP. Dengan MASPOINT, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas penjualan hingga pembuatan laporan, berikut ini fitur MASPOINT:

  • Penjualan langsung (POS) untuk toko online dan offline
  • Pembuatan sales order (SO)
  • Maintenance data customer dalam database terpusat
  • Cek nilai dan jumlah persediaan secara real time
  • Cek riwayat transaksi harian, bulanan maupun periode yang Anda butuhkan
  • Generate laporan penjualan
  • Cetak katalog produk
  • Penghapusan transaksi dengan otorisasi
  • Scan barcode dengan camera
  • Integrasi dengan mesin barcode melalui bluetooth atau kabel dan juga mesin kasir

Kesimpulan

Memilih aplikasi pos terbaik yang tepat untuk bisnis kamu memang bukan hal yang mudah. Ini merupakan investasi jangka panjang untuk bisnis kamu. Transformasi bisnis kamu bisa mulai dari saat kamu mengimplementasikannya.

Langkah pertama yang harus kamu ambil adalah menganalisis kebutuhan kamu. Buatlah daftar kebutuhan secara terperinci dan kemudian bandingkan dengan tawaran fitur-fitur dari setiap vendor POS yang kamu temui.

Bila bisnis Anda berskala besar, maka sebaiknya Anda mempersempit pilihan Anda dengan memilih beberapa vendor POS yang sudah berpengalaman dalam memberikan layanan bagi perusahaan-perusahaan berskala besar. Begitu pula sebaliknya, Anda sebaiknya menyeleksi vendor yang menawarkan solusi yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

MASPOINT sebagai salah satu sistem POS, dapat terintegrasi dengan software ERP seperti MASERP. Modul dan fitur yang ada di dalam MASERP dapat memfasilitasi banyak departemen di perusahaan seperti keuangan, karyawan, penjualan, inventory, dan masih banyak lagi.

MASERP menawarkan layanan hybrid cloud, di mana Anda bisa memasang software di server kantor atau di cloud. Software tetap bisa dipakai meskipun koneksi internet mati.

MASERP dapat digunakan untuk lebih dari satu entitas perusahaan tanpa biaya tambahan. Dengan database SQL server, MASERP kuat menampung jutaan transaksi dan tidak akan corrupt.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan kendala apa yang Anda hadapi kepada konsultan ahli kami. Gratis!

New call-to-action