ERP Akuntansi: Fungsi dan Manfaatnya untuk Kemajuan Bisnis

Menjalankan pengelolaan keuangan pada suatu perusahaan memang bukan hal yang mudah karena membutuhkan suatu ketelitian dan kecakapan ilmu akuntansi dari setiap orang yang bertanggung jawab pada aspek tersebut. Oleh karena itu, saat ini banyak perusahaan sudah menggunakan bantuan teknologi atau software dalam melakukan pengelolaan keuangan dan pencatatannya. Salah satu software yang kerap digunakan adalah ERP akuntansi.

Berbagai perusahaan besar sudah memilih untuk melakukan pencatatan keuangan perusahaan dengan bantuan ERP. Dengan begitu, setiap aktivitas keuangan perusahaan akan lebih tercatat dan tak mudah hilang karena menggunakan suatu sistem yang terintegrasi.

Meski tak semua pekerjaan pengelolaan keuangan bisa dipermudah, namun untuk kegiatan akuntansi perusahaan akan terbantu dengan adanya ERP. Mengapa demikian? Karena ERP ini mampu mengakomodasi data-data berupa angka yang rumit dan butuh ketelitian saat akan diolah. Jadi, perusahaan akan menjadi lebih terbantu dengan software ini.

Apa Itu ERP Akuntansi?

ERP akuntansi sebenarnya adalah suatu sistem berupa software yang terdiri dari proses terintegrasi. Biasanya, dalam suatu perusahaan ERP akuntansi menghubungkan setiap fungsi, unit, atau orang yang bertugas untuk menjalankan fungsi operasional di perusahaan dalam konteks akuntansi. Dengan begitu, setiap pencatatan keuangan perusahaan akan lebih terkoordinasi dan dapat meminimalisasi kesalahan.

ERP sendiri secara definisi ialah Enterprise Resource Planning yang artinya adalah perencanaan sumber daya dengan berbasis software atau aplikasi. Fungsi utamanya ialah sebagai pengelola, koordinasi, serta pemberian informasi dalam suatu sistem perusahaan. Jadi, ERP akuntansi singkatnya adalah software yang berfungsi untuk mengelola, mengatur, dan menjalankan pencatatan keuangan secara terintegrasi dengan teknologi.

Baca Juga: Program ERP untuk Bisnis: Apa Saja Jenis ERP dan Manfaatnya?

Fungsi ERP Akuntansi

Selayaknya software ERP pada umumnya, ERP yang memiliki modul akuntansi memiliki fungsi yang tak jauh beda. Namun, ERP ini secara khusus melakukan pengelolaan, koordinasi, dan pemberian informasi dalam kegiatan akuntansi perusahaan. Berikut diantaranya:

Pengelolaan

Fungsi pengelolaan dari ERP maksudnya adalah perusahaan dapat mengelola kegiatan pencatatan keuangan. Ya, dengan ERP yang memiliki modul akuntansi perusahaan dapat mengelola payroll, laporan keuangan, dan aktivitas lain dengan bantuan software ini. Dalam praktiknya, setiap divisi yang berkaitan akan diberikan tanggung jawab dan user/pengguna agar dapat mengakses ERP secara langsung.

Koordinasi

Fungsi koordinasi adalah salah satu keunggulan dari ERP. Dengan menjalankannya pada suatu sistem akuntansi perusahaan, aktivitas keuangan perusahaan dapat terekoordinasi dengan bantuan ERP yang akan mengakomodasi setiap pihak yang berkaitan. Singkatnya, dengan ERP maka perusahaan dapat melakukan koordinasi seluruh bidang terkait kegiatan akuntansi perusahaan dalam suatu sistem.

Pertukaran informasi

Secara konvensional, apabila kita ingin bertukar informasi, diperlukan beberapa tahapan yang merepotkan. Namun, dengan bantuan ERP, perusahaan dapat melakukan pertukaran informasi secara cepat dan ringkas. Pertukaran informasi dilakukan pada suatu sistem ERP yang diproses secara daring maupun luring.

Baca Juga: PENTING! 7 Fungsi ERP untuk Efisiensi Kerja Perusahaan

Keuntungan ERP

ERP memang sudah terbukti dapat mempermudah pengelolaan kegiatan akuntansi perusahaan. Ya, seperti yang kita ketahui dalam satu sistem ERP semua proses sudah diintegrasikan agar dapat dikelola dengan mudah. Namun, ada beberapa keuntungan yang mungkin bisa jadi pertimbangan perusahaan untuk dapat menggunakan ERP, diantaranya adalah:

Akses data

Akses data dalam sistem ERP sangat mempermudah perusahaan. Ya, perusahaan dapat memanfaatkan dan mengakses data apapun yang sudah terekam dan tersimpan pada ERP akuntansi yang sudah ada. Hal ini sangat memudahkan untuk melakukan proses pelaporan keuangan, audit, serta kegiatan pencatatan keuangan lain yang ada di perusahaan.

Baca Juga: Pentingnya Manajemen Data Bagi Perusahaan

Minimalisir Kesalahan

Dengan adanya ERP, perusahaan dapat meminimalisasi kesalahan. Mengapa demikian? ERP bekerja dengan proses otomatis yang tersusun dari bahasa pemrograman penunjang kegiatan perusahaan. Selain meminimalisasi kesalahan, ERP juga dapat membantu untuk memperbaiki kesalahan yang ada dalam proses kegiatan pencatatan keuangan manual pada perusahaan.

Keamanan Super

Tersusun dari sistem yang sudah terintegrasi menjadikan penggunaan ERP sangat aman. Bagaimana tidak? ERP ini dibuat khusus hanya untuk satu perusahaan dalam menunjang kegiatan akuntansi mereka. Jadi, untuk data internal, sudah pasti data yang tersimpan secara luring maupun cloud akan tersimpan dengan tingkat keamanan yang tinggi.

Baca Juga: ERP Cloud: Apa Bedanya dengan ERP On-Premise?

Sistem Berkelanjutan

Suatu sistem akan lebih baik penggunaannya jika dapat bertahan lama. ERP dapat mengakomodasi hal tersebut. Mengapa demikian? Dengan menggunakan ERP yang sudah mutakhir dan memiliki keamanan tinggi, perusahaan akan memiliki suatu sistem yang berkelanjutan terutama dalam hal pengelolaan akuntansi. Hal tersebut disebabkan oleh kemudahan, efisiensi, serta keuntungan lain yang didapatkan saat menggunakan ERP dalam pengelolaan perusahaan.

Baca Juga: 6 Langkah Implementasi ERP Lengkap dan Anti Gagal

Kesimpulan

Melalui penjelasan di atas, ERP sendiri secara definisi ialah Enterprise Resource Planning yang artinya adalah perencanaan sumber daya dengan berbasis software atau aplikasi. Fungsi utamanya adalah sebagai pengelola, koordinasi, serta pemberian informasi dalam suatu sistem perusahaan.

Secara khusus, ERP akuntansi adalah suatu sistem berupa software yang merupakan proses terintegrasi dari seluruh unit yang ada didalamnya. ERP ini menghubungkan setiap fungsi, unit, atau orang yang bertugas tersebut untuk menjalankan fungsi operasional di perusahaan dalam konteks akuntansi.

Terdapat beberapa fungsi dari ERP yaitu pengelolaan aktivitas akuntansi, koordinasi unit dan sumber daya, hingga pertukaran informasi terkait pengelolaan keuangan perusahaan.

Dari banyaknya kemudahan yang diberikan suatu sistem yang ada pada ERP, perusahaan akan diuntungkan dalam hal akses data kegiatan keuangan, minimalisasi dan koreksi kesalahan pada pengelolaan kegiatan akuntansi perusahaan, hingga tingkat keamanan data yang tinggi yang menunjang keberlangsungan sistem dari suatu perusahaan yang menggunakan ERP.

MASERP merupakan software ERP yang sudah terintergrasi dengan banyak fungsi bisnis seperti penjualan, pembelian, keuangan, manufaktur dan lain-lain.

MASERP akan memudahkan Anda mencatat, memantau dan membuat laporan keuangan sepeti arus kas dan laba rugi perusahaan secara otomatis dan kapan saja tanpa harus menunggu rugi atau negatif. Dengan fitur Report Center di MASERP, Anda bisa mencatatat dan membuat laporan keuangan yang meliputi laba rugi, neraca, penjualan dan lain-lain.

Anda bisa mencustom software sesuai kebutuhan bisnis Anda dengan MASERP. Segera konsultasikan dengan konsultan ahli kami sekarang. GRATIS!

New call-to-action