Bahasa Pemrograman: Java, PHP, Bahasa C, Visual Basic dan Phyton

Dibalik teknologi yang sehari-hari kita gunakan ternyata diciptakan dari suatu sistem yang rumit dan menarik. Misalnya, kemudahan berbelanja online, kecanggihan aplikasi pada smartphone, hingga robot yang ditanami dengan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI). Ya, semua hal tersebut terdiri dari sistem komputer yang tersusun dari bahasa pemrograman.

Bahasa pemrograman mendukung bagaimana suatu program atau perangkat lunak (software) dapat menjalankan fungsinya sesuai tujuan. Agar lebih mengenal dan familiar dengan bahasa pemrograman, simak penjelasan berikut ini.

Apa Itu Bahasa Pemrograman?

Programming language adalah sebuah instruksi standar untuk memerintah komputer agar menjalankan fungsi tertentu. Dengan kata lain, bahasa ini memungkinkan bagaimana data akan diolah atau disimpan oleh komputer.

Dalam penerapannya, bahasa ini dipakai untuk membuat program komputer menggunakan aturan logika komputer. Program komputer ini lah yang melahirkan banyak teknologi canggih yang kita gunakan saat ini.

Fungsi Bahasa Pemrograman

Fungsi utama dari bahasa pemrograman adalah untuk membuat perintah dalam mengolah data sesuai dengan alur berpikir dari suatu sistem dalam menjalankan operasi dengan komputer/teknologi, seperti program atau aplikasi. Contohnya adalah program yang digunakan oleh kasir di usaha retail, penggunaan lampu lalu-lintas, hingga aplikasi permainan atau game pada ponsel pintar.

Jenis Bahasa Pemrograman

Jika dijabarkan, terdapat banyak sekali bahasa pemrograman di dunia. Namun, secara umum bahasa ini terbagi menjadi empat jenis, yaitu:

  • Bahasa tingkat rendah/ Low Level Language 
  • Bahasa tingkat menengah/ Middle Level Language
  • Bahasa tingkat Tinggi/High Level Language 
  • Object Oriented Language 

Baca Juga: API (Application Programming Interface): Jenis, Fungsi dan Arsitektur

Bahasa Pemrograman yang Sering Digunakan

Java

Java adalah memiliki sifat yang sangat versatile. Artinya, bahasa ini dapat mendukung hampir semua perangkat mulai dari PC hingga smartphone. Selain itu, kelebihan Java terdapat pada kemudahannya. Banyak aplikasi smartphone Android dibuat dengan menggunakan bahasa Java.

Menariknya, bahasa yang dikembangkan pada The Green Project di tahun 1991 oleh Sun Microsystem ini ternyata punya cerita menarik. Ya, nama Java dipilih karena James Gosling, pencipta Java sangat suka jenis kopi giling atau tubruk yang mana berasal dari pulau Jawa.

PHP

Pernah ingin tahu bagaimana suatu situs atau website dibuat? Ya, ternyata halaman website yang sering kita lihat umumnya dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP. Bahasa PHP atau PHP Hypertext Pre-processor merupakan bahasa yang dipilih oleh beberapa website ternama, seperti facebook, wordpress, dan lainnya.

Dengan menggunakan bahasa PHP, kita dapat menggunakannya dalam mengembangkan suatu website sesuai dengan keinginan kita. Selain itu, keuntungan lainnya selain gratis ialah banyaknya tutorial untuk mempelajari bahasa pemrograman ini.

Bahasa C

Bahasa C adalah bahasa tertua yang pernah dibuat. Ya, Dennis Ritchie mengembangkan bahasa ini pada tahun 70-an. Saat ini, siapapun yang mendalami atau mempelajari ilmu mengenai pemrograman dipastikan harus mempelajari bahasa C. Bahasa ini menjadi cikal bakal berbagai bahasa pemrograman populer yang ada di dunia saat ini.

Visual Basic

Microsoft berhasil mengembangkan suatu bahasa yang menjadi dasar dari berbagai program. Bahasa ini dinamai Visual Basic. Secara khusus, dikembangkan untuk membuat berbagai software yang berbasis sistem operasi Windows buatan Microsoft.

Python

Python merupakan bahasa yang populer dan termasuk dalam kategori bahasa tingkat tinggi. Mengapa demikian? Karena dengan menggunakan Python, kita dapat mengembangkan suatu aplikasi atau software dengan berbagai fungsi.

Meski begitu, Phyton cukup mudah dipelajari bagi pemula dan siapapun yang ingin mengembangkan aplikasi karena bahasa tersebut mudah untuk dibaca dan dipahami. Phyton adalah bahasa dibalik aplikasi media sosial seperti Instagram dan Pinterest, serta search engine nomor satu di dunia, Google.

Baca Juga: Apa itu Sistem ERP? Panduan Cepat untuk Segala Hal Seputar ERP

Penggunaan Bahasa Pemrograman

Pengembangan Aplikasi Mobile

Bahasa pemrograman dibutuhkan untuk mengembangkan aplikasi mobile. Contohnya, untuk pengembangan aplikasi mobile pada perangkat Android, maka bahasa yang digunakan adalah Java dan Bahasa C. sedangkan untuk aplikasi pada perangkat iOS, bahasa yang digunakan adalah bahasa C lebih tepatnya objective C.

Pengembangan Situs/Laman Web

Selain itu, bahasa dalam pemrograman juga menjadi pondasi pada saat kita ingin mengembangkan dan membangun website. Terdapat dua hal penting yang harus kita lakukan pada saat membangun suatu website, yaitu front-end dan back-end. Contoh bahasa yang digunakan saat membangun website, antara lain HTML, CSS, PHP, dan Java

Pengembangan Game

Selanjutnya, penggunaan pada game memiliki kesulitan tersendiri. Ternyata di setiap video game yang kita mainkan terdapat bahasa pemrograman yang digunakan. Beberapa contoh bahasa untuk mengembangkan game adalah Bahasa C, Java, dan lainnya.

Kesimpulan

Programming language adalah sebuah instruksi standar untuk memerintah komputer agar menjalankan fungsi tertentu. Dalam penerapannya, bahasa ini dipakai untuk membuat program komputer menggunakan aturan logika komputer. Program komputer ini lah yang melahirkan banyak teknologi canggih yang kita gunakan saat ini seperti website, aplikasi, dan teknologi mutakhir lainnya.

Jika dijabarkan, terdapat banyak sekali bahasa pemrograman di dunia. Secara umum terbagi menjadi empat jenis, yaitu Low Level Language, Middle Level Language, High Level Language, dan Object Oriented Language.

Fungsi utama dari bahasa ini adalah untuk membuat perintah dalam mengolah data sesuai dengan alur berpikir dari suatu sistem dalam menjalankan operasi dengan komputer/teknologi, seperti program atau aplikasi. Dari fungsi tersebut, maka sebuah aplikasi atau website dapat diciptakan dan dikembangkan sesuai dengan keperluan dan kegunaannya masing-masing.

Layaknya aplikasi lain, dalam melakukan pencatatan pada keuangan perusahaan juga dibutuhkan teknologi yang dikembangkan dengan bahasa pemrograman. Salah satu software, misalnya MASERP adalah contoh dari pengembangan bahasa pemrograman. Ya, MASERP adalah software yang bisa mengakomodasi kepentingan perusahaan maupun bisnis milikmu dalam melakukan pencatatan keuangan.

Selain itu, MASERP juga sudah didukung dengan standar keuangan Multi Currency, Multi Warehouse, dan E-Faktur. Dengan menggunakan MASERP, perusahaan milikmu dapat melakukan kustomisasi sesuai dengan kebutuhan.

Dengan berbagai fitur dan kelengkapan yang ada dan dibutuhkan perusahaan dalam melakukan pencatatan keuangan, perusahaan akan lebih terbantu dalam melakukan pencatatan keuangan karena MASERP sudah terintegrasi dengan teknologi yang mampu memfasilitasi segala keperluan perusahaan. MASERP memudahkan perusahaan dalam membuat laporan keuangan dan kegiatan akuntansi lainnya

Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang memberikan banyak kemudahan, langsung saja konsultasikan kendala yang ada kepada konsultan ahli kami. Gratis!

New call-to-action