Rekomendasi 9 Software Accounting Terbaik Indonesia 2021!

Banyaknya pilihan software accounting di Indonesia membuat pengusaha kebingungan dengan cara memilih software akuntansi yang tepat untuk perusahaannya. Apakah Anda saat ini sedang kebingungan mencari software akuntansi mana yang sekiranya cocok untuk kebutuhan bisnis Anda?

Dalam riset ini, telah kami rangkum kelebihan dan kekurangan dari masing-masing software populer yang tersedia di Indonesia. Berikut daftar 9 software accounting populer yang ada di Indonesia :

Jurnal

Anthony Kosasih mendirikan Jurnal pada tahun 2015. Setelah kurang lebih 5 tahun di Indonesia, software accounting yang ditujukan bagi para pengusaha UKM serta bisnis menengah ini kini telah kian menjadi terkenal ditengah masyarakat Indonesia, dan sudah menjadi satu dengan aplikasi lain dan mengubah menjadi Mekari.

Menurut mereka, Jurnal memiliki 6 kelebihan yaitu :

  • Menggunakan cloud sehingga laporan keuangan dapat di lihat melalui handphone atau komputer di mana pun & kapan pun.
  • Laporan keuangan bisa dilihat real time di mana pun & kapan pun.
  • Terdapat 11 jenis faktur yang telah disesuaikan dengan kebutuhan pengusaha.
  • Jumlah inventory mudah diperiksa secara real time.
  • Pencatatan biaya & penyimpanan bukti yang mudah.
  • Memiliki modul manajemen aset, sehingga user tetap bisamenjaga nilai aset selalu tinggi & memiliki masa penggunaan yang tidak sebentar.
Software Accounting Indonesia Jurnal

Jika Anda tertarik dengan Jurnal, Anda bisa mengunjungi websitenya di www.jurnal.id.

Accurate

Software accounting Accurate telah berdiri sejak 1998, dengan bukti kehadirannya yang cukup sudah lama di Indonesia, Accurate sudah banyak dipercaya oleh masyarakat Indonesia dari berbagai golongan, tak terkecuali dari kaum mahasiswa. Fitur standar yang ada di Accurate antara lain:

  • Pembelian
  • Penjualan
  • Buku Besar
  • Persediaan
  • Aktiva Tetap
  • Kas/Bank
  • Pembiayaan Pesanan (Job Costing)
  • RMA (Return Merchandise Authorization)

Apakah Anda tertarik untuk mengetahui lebih dalam mengenai  rincian harga & ketentuan lainnya? Anda bisa cek di link ini ya www.accurate.id.

Zahir

Zahir telah berdiri sejak 1996, dan telah banyak mendapatkan berbagai prestasi seperti :

  • Penghargaan Presiden RI pada tahun 2003.
  • Telah hadir di 3 negara yaitu Indonesia, Malaysia, serta Australia.
  • Juara Pertama Teknopreneur Award Tahun 2008.

Menurutnya terdapat beberapa fitur menarik yaitu, Chart of Account yang fleksibel, Department & Job Costing, Pengurusan persediaan, Pengingat yang cerdas, Jurnal Otomatis, Analisis Bisnis, E-faktur pajak, Rekonsiliasi Bank.

Software Accounting Indonesia Zahir

Jika Anda ingin mengetahui tentang Zahir secara lebih detail silahkan kunjungi websitenya.

MASERP

MASERP adalah software accounting buatan anak bangsa (Indonesia) sendiri dan telah berdiri sejak 1984. Setelah 36 tahun berkarya MASERP kini telah melayani lebih dari 1000 lebih customer.

MASERP yang memiliki motto “make your dream software system a reality” ini memungkinkan customernya untuk melakukan modifikasi unik sesuai dengan kebutuhan perusahaan dengan harga yang relatif terjangkau.

Bagi para pemilik bisnis menengah ke atas yang bisnisnya memiliki flow yang rumit tentunya hal ini adalah jalan keluar yang akan sangat membantu. Di dalam paket program MASERP sudah terdapat 14 modul dari Account Receivable, Inventory Control, Billing, hingga Project Management.

Software Accounting Indonesia MASERP

Fitur andalan MASERP yang telah banyak membantu customer antara lain:

  • Modul Pengajuan pembayaran supplier.
  • Modul Quotation Supplier.
  • Modul Export csv E- Faktur.
  • Modul Perbaikan data (dimana program bisa memperbaiki nilai HPP dengan sekali klik).
  • Sub Modul untuk mengontrol penagihan piutang.

Tentunya Anda dapat bertanya-tanya gratis dengan konsultan kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.

New call-to-action

Hashmicro

Berdiri sejak tahun 2006 di Singapura, Hashmicro juga sudah semakin terkenal di Indonesia. Program ini disebut juga sebagai Equip ERP. Di Dalam program ini terdapat beberapa modul yang terpisah seperti Modul Accounting, Manufacturing, HRM, Inventory, dan CRM yang dapat dikonfigurasikan atau diintegrasi sesuai dengan kebutuhan Anda, sayangnya tidak tercantumkan apakah konfigurasi tambahan membutuhkan biaya tambahan atau tidak.

Poin positifnya, software ini tidak mengenakan biaya tambahan pada setiap penambahan user. Ada juga paket ERP yang berisikan beberapa modul berbeda disesuaikan dengan kebutuhan usaha Anda.

Software Accounting Indonesia Hashmicro

Baca Juga: Panduan Komprehensif Software Akuntansi

EPICOR

Epicor pernah di nominasikan sebagai Visionary pada Gartner Magic Quadrant. Epicor juga telah memiliki lebih dari 20.000 customer dan telah hadir di 120 lebih negara diseluruh dunia. Dikatakan di dalam websitenya, bahwa Epicor memiliki 5 kelebihan yang unik yaitu:

  • Dapat melakukan kolaborasi antara pengguna.
  • Dapat memiliki berbagai pilihan lokasi server.
  • Software yang responsif terhadap kebutuhan user.
  • Software yang sederhana dan memiliki tampilan yang user friendly.
  • Memiliki service bantuan langsung di dalam sistem.
Software Accounting Indonesia Epicor

Untuk Info lebih lanjut berikut alamat website yang dapat Anda kunjungi www.epicor.com.

SAP Business One

Software SAP biasa dikenal sebagai software yang memiliki harga sangat mahal, yang telah banyak dipakai untuk perusahaan raksasa. Namun berbeda dengan software accounting SAP Business One, software ini adalah software manajemen bisnis yang dirancang untuk jenis usaha yang lebih kecil atau bisa juga disebut UKM.

Sebagai solusi SAP, ini bertujuan untuk mengotomasi bisnis secara keseluruhan, terutama di bagian keuangan, penjualan, manajemen proyek, perencanaan produksi & persediaan, pembelian & supply chain, dan analisa & intelijen bisnis.

Di dalam software SAP Business One terdapat beberapa modul andalan seperti Financial Management, Sales & Customer Management, Business Intelligence, Analytics & Reporting, Purchasing & Inventory Control, Industry Specific ERP Solutions.

Beberapa kelebihan lain yang bisa didapatkan adalah :

  • Sisa persediaan dapat dicheck secara online dalam sistem. Berapa banyak persediaan yang masih dimiliki dapat dipantau secara jelas sehingga dapat meminimalisir kemungkinan kehilangan.
  • Perhitungan harga dan diskon dapat dikontrol dari pusat. Harga di kasir dihitung secara otomatis.
  • Ketersediaan barang antar cabang dapat diperiksa secara real time sehingga jika terdapat customer yang sedang mencari barang tertentu maka dapat diberi informasi yang tepat mengenai ketersediaan barang tersebut.
  • Terdapat modul loyalty sistem yang sudah sangat terpercaya.
  • Jumlah penjualan per sales dapat dicatat dengan mendetail sehingga meminimalisir kemungkinan kesalahan.
  • Dapat mencatat lost sales.

Oracle ERP Cloud

Oracle ERP Coud merupakan produk ERP dari Oracle Corporation. Beberapa fitur andalan Oracle ERP Cloud sendiri terdiri dari :

  1. Oracle Financials Cloud (Bundles financials)
  2. Oracle Procurement Cloud (Sourcing, contracting, procure-to-pay, & supply management)
  3. Oracle Risk Management Cloud (Security, audit, & fraud monitoring)
  4. Oracle EPM Cloud (Enterprise performance management including planning & reporting)
  5. Oracle SCM Cloud (Supply chain, inventory, logistics, & product lifecycle management).

Oracle memisahkan proses antara database server dan aplikasi user. Server yang terdapat software Oracle akan menangani proses analisa database. Sementara user atau pengguna yang menjalankan aplikasi akan mendapatkan hasil akhir berupa data yang sudah diproses. Dengan sistem kerja yang demikian, maka akan mengurangi kendala kecepatan pada jaringan.

Microsoft Dynamics AX

Microsoft Dynamics Ax adalah sebuah software bisnis enterprise yang sudah sangat dikenal di kalangan para pebisnis. Sistemnya sendiri dipercaya telah dapat memenuhi kebutuhan pemilik bisnis secara lengkap. Mulai dari modul SCM, Inventory, Keuangan, Produksi sampai dengan Analisa Data.

Sama dengan software ERP yang lain, software ini juga dapat mengintegrasikan berbagai modul yang diperlukan, sehingga tentunya dapat mempercepat para user dalam mendapatkan informasi serta pengambilan keputusan. Microsoft Dynamics Ax ini sangat cocok bila digunakan pada jenis bisnis yang memiliki kegiatan produksi serta juga memiliki banyak lokasi.

Software ini secara umum terdiri kedalam 3 kategori utama, yaitu : Keuangan (buku besar, piutang, dan hutang ), Project ( RAB, serta manajemen proyek secara keseluruhan ), Distribusi ( PO/Purchase Order , Inventory, dan pembelian bahan baku )

Demikian daftar 9 software accounting populer yang ada di Indonesia, semoga artikel ini dapat membantu untuk memfokuskan Anda dalam pemilihan vendor software.

New call-to-action