Cara Kerja dan Rekomendasi Aplikasi POS (MASPOINT)

Menjalankan toko retail membutuhkan berbagai skill seperti manajemen, penjualan dan marketing. Selain itu, salah satu skill yang juga dibutuhkan agar toko Anda bisa berjalan lancar adalah memastikan inventory berada di level aman dan penyusunan laporan bulanan. Menggunakan aplikasi POS dapat memastikan bahwa semua operasi bisnis bekerja saling terintegrasi. Di artikel ini, kami akan membahas mengenai apa itu POS beserta sistem kerja dan rekomendasi aplikasi POS untuk bisnis Anda. Penasaran?

Apa Itu Aplikasi POS?

Aplikasi point-of-sales atau POS adalah tempat di mana pelanggan melakukan pembayaran barang atau jasa dari toko Anda. Sederhananya, setiap kali pelanggan melakukan pembelian, mereka menyelesaikan transaksi point of sale. Aplikasi POS terbaru mengatasi pembayaran dengan kartu kredit untuk membantu supplier dan restoran menggabungkan fitur POS mobile dan opsi pembayaran contactless, terintegrasi dengan e-commerce dan banyak lagi.

Banyak bisnis yang dapat mengaplikasikan POS ini untuk kegiatan operasinya seperti bisnis coffee shop, rumah makan atau cafe, laundry, barbershop, dan berbagai industri retail lainnya.

Fungsi dari POS antara lain dapat memudahkan pencatatan transaksi lengkap, terdapat laporan untuk dianalisis, mengantisipasi kehabisan stok barang, perubahan data dapat dilakukan dengan cepat, otomatisasi dalam perhitungan jumlah barang dan harga serta menyediakan banyak cara pembayaran (tunai dan non-tunai).

Cara Kerja POS di Bisnis Kecil

Aplikasi POS memudahkan bisnis Anda menerima pembayaran dari pelanggan dan melacak penjualan secara real time. Mungkin terlihat sederhana, tetapi pengaturannya dapat berbeda pada penjualan secara online dan toko fisik (offline store).

Sistem point-of-sale yang digunakan sebagai mesin kasir di toko. Saat ini, sistem POS banyak yang sudah dalam bentuk digital, yang berarti Anda dapat memeriksa pelanggan dan transaksi penjualan di mana pun Anda berada. Anda butuh aplikasi POS dan perangkat yang mendukung internet, seperti tablet atau handphone. Biasanya, sistem POS akan bekerja seperti ini:

  • Pelanggan memutuskan untuk membeli produk atau jasa Anda. Kalau Anda memiliki toko fisik, mereka mungkin meminta sales untuk menelepon mereka. Sales itu dapat menggunakan barcode scanner untuk mencari harga barang. Beberapa sistem POS, memungkinkan Anda melakukan scan produk secara visual memakai kamera di device Anda. Untuk online shop, tahapan  ini terjadi saat pelanggan selesai menambahkan item ke keranjang mereka dan mengklik tombol checkout. Pasti Anda tidak asing dengan proses ini, karena sering melakukannya di aplikasi e-commerce di handphone.
  • Sistem POS akan menghitung harga barang, termasuk pajak penjualan. Kemudian mengupdate jumlah persediaan (inventory) untuk menunjukkan bahwa barang tersebut sudah terjual.
  • Tahap selanjutnya, pelanggan membayar. Umumnya akan ada beberapa cara pembayaran, yaitu dengan menggunakan kartu kredit, tap card, kartu debit, loyalty points, gift card, atau uang tuna. Dari pembayaran yang mereka pilih, bank kemudian melakukan authorize transaksi tersebut.
  • Saat transaksi point-of-sale diselesaikan oleh pelanggan, maka dapat dikatakan sudah ada penjualan di toko Anda. Pembayaran dilakukan, tanda terima digital atau cetak dibuat, lalu barang yang dibeli pelanggan dikirimkan atau diserahkan.

Baca Juga: Point of Sales (POS): 5 Tips Memilih POS yang Tepat

Komponen Pendukung POS

Umumnya, aplikasi POS didukung dengan seperangkat komponen seperti device/tablet sebagai monitor, cash drawer, printer, barcode scanner dan lain-lain.

Register: memproses dan menghitung transaksi pelanggan.

Device yang terhubung (iPad atau tablet lain): sebagai alternatif monitor. Tablet dapat disangga dengan dudukan, memungkinkan tim Anda untuk memasang dan melepaskannya.

Credit card reader: memfasilitasi pelanggan dengan pembayaran aman menggunakan kartu kredit saat berada di dalam toko, baik itu melalui pembayaran contactless seperti GoPay, OVO, Shopee Pay, magnetic card, dan lain-lain.

Cash drawer: walaupun menerima pembayaran contactless, Anda masih memerlukan tempat yang aman untuk menyimpan uang. Aplikasi POS yang terhubung ke cash drawer dapat meminimalisir penipuan dengan melacak secara tepat kapan cash drawer dibuka.

Receipt printer: kertas nota menunjukkan kepada pelanggan mengenai kapan dan apa yang mereka beli, serta total pembayarannya.

Barcode scanner: membantu membaca detail produk suatu barang, memeriksa ulang harga, level inventory dan detail lainnya.

Aplikasi MASPOINT by MASERP

Aplikasi POS saat ini berperan penting karena dapat mencatat transaksi yang terjadi di suatu bisnis tanpa perlu menggunakan cara manual. Penggunakan POS membuat kinerja karyawan di bagian kasir menjadi lebih efisien dan menghemat waktu.

MASPOINT merupakan sistem POS yang dapat terintegrasi dengan MASERP. Dengan MASPOINT, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas penjualan hingga pembuatan laporan, berikut ini fitur MASPOINT:

  • Penjualan langsung (POS) untuk toko online dan offline
  • Pembuatan sales order (SO)
  • Maintenance data customer dalam database terpusat
  • Cek nilai dan jumlah persediaan secara real time
  • Cek riwayat transaksi harian, bulanan maupun periode yang Anda butuhkan
  • Generate laporan penjualan
  • Cetak katalog produk
  • Penghapusan transaksi dengan otorisasi
  • Scan barcode dengan camera
  • Integrasi dengan mesin barcode melalui bluetooth atau kabel dan juga mesin kasir.

Baca Juga: Software Penjualan: 8 Fitur dan Rekomendasi Software Terbaik

Kesimpulan

Aplikasi POS adalah tempat di mana pelanggan menyelesaikan dan melakukan pembayaran barang atau jasa di toko Anda. Umumnya, aplikasi POS didukung dengan seperangkat komponen seperti device/tablet sebagai monitor, cash drawer, printer, barcode scanner, credit card reader, dan lain-lain.

Pesatnya perkembangan teknologi juga mendorong berbagai bisnis harus beradaptasi pada penggunaan aplikasi atau sistem online. Banyak bisnis retail yang sudah menggunakan aplikasi POS dalam kegiatan operasinya sehingga memudahkan mereka dalam pencatatan transaksi, penyimpanan data dan pembuatan laporan penjualan.

MASPOINT sebagai salah satu sistem POS, dapat terintegrasi dengan software ERP seperti MASERP. Modul dan fitur yang ada di dalam MASERP dapat memfasilitasi banyak departemen di perusahaan seperti keuangan, karyawan, penjualan, inventory, dan masih banyak lagi.

MASERP menawarkan layanan hybrid cloud, di mana Anda bisa memasang software di server kantor atau di cloud. Software tetap bisa dipakai meskipun koneksi internet mati.

MASERP dapat digunakan untuk lebih dari satu entitas perusahaan tanpa biaya tambahan. Dengan database SQL server, MASERP kuat menampung jutaan transaksi dan tidak akan corrupt.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan kendala apa yang Anda hadapi kepada konsultan ahli kami. Gratis!