Apa Itu Sistem ERP? 9 Modul Wajib Ada di ERP Anda

Apa itu sistem ERP? Pertanyaan yang sering muncul di zaman yang serba menggunakan teknologi sekarang ini. Software ERP benar-benar bermanfaat untuk mengelola bermacam aktivitas dalam perusahaan. Perusahaan yang sudah mulai berkembang semestinya menerapkan sistem ini, karena dapat digunakan oleh berbagai industri.

Mengurus sebuah perusahaan berskala besar memerlukan metode yang handal untuk menangani beragam keperluan. Sebab jika dikerjakan secara manual akan membuat perencanaan semrawut dan tak optimal. Apa saja modul yang perlu ada di sistem ERP? Apakah hanya modul akuntansi dan keuangan saja yang ada di ERP? Temukan jawabannya di bawah ini!

Apa Itu Sistem ERP?

Apa itu sistem ERP? Secara garis besar, sistem ERP adalah sebuah sistem yang mengelola perencanaan perusahaan mulai dari sumber daya manusia, inventaris, logistik, sumber modal dan modul lainnya. ERP merupakan kepanjangan dari enterprise, resource, dan planningEnterprise berarti perusahaan, resource berarti sumber daya, dan planning berarti perencanaan.

ERP software adalah software yang mengintegrasikan berbagai proses bisnis dari berbagai dari divisi dan bermanfaat bagi perusahaan. ERP software mampu mengelola manufaktur, pemerataan sumber daya manusia, keuangan, dan masih banyak produk yang membuat brand image perusahaan terbangun dengan baik. 

ERP software mampu digunakan tanpa perlu melakukan instalasi. Pengguna bisa menerapkannya dalam bisnis dan memantau dari ponsel maupun desktop. Beberapa perusahaan yang tergolong besar telah menerapkan ERP software untuk pengelolaan bisnis yang lebih baik.

Baca Juga: Cara Kerja Sistem ERP yang Bisa Mudahkan Bisnis Perusahaan

Modul dalam Sistem ERP

Sebelumnya sudah dijelaskan apa itu sistem ERP, yaitu sistem yang terintegrasi dari banyak fungsi dalam bisnis. Ada banyak modul yang bisa digunakan oleh user, antara lain:

Accounting (Akuntansi)

Ketika berbicara mengenai sistem ERP pasti selalu berkaitan dengan akuntansi. Fungsi akuntansi seperti modal, hutang, piutang, arus kas (cash flow) dan lain-lain dapat dikelola secara otomatis dan akurat di sistem ini.

Inventory (Inventaris)

Modul inventory sangat berguna jika Anda memiliki bisnis dengan banyak gudang untuk menyimpan stock barang, baik itu bahan mentah atau barang jadi. Modul ini juga bisa membantu melacak pengadaan, persediaan dan penjualan barang secara spesifik.

Ada serial number pada data stock barang sehingga Anda bisa mencatat dan melaporkannya secara real time.

Manufacturing (Manufaktur)

Modul manufaktur berfungsi dalam menyederhanakan semua proses pada manufaktur yang dikenal cukup kompleks. Fungsi ini meliputi adanya perencanaan produksi, pengelolaan pada anggaran, pengaturan jalur produksi serta pemantauan stok bahan jadi dan bahan baku.

Baca Juga: 8 Cara Kerja ERP dalam Perusahaan Manufaktur

Warehouse

Pada industri manufaktur modul warehouse sangat diperlukan untuk mengelola stok yang ada pada gudang, dan bisa memantau pekerjaan. Modul ini bahkan bisa memberikan informasi dengan akurat dan real time tentang inventaris.

Fitur yang ada dalam modul ini biasanya yaitu, audit barang, perkiraan barang, perpindahan stock, dan bill of materials.

Baca Juga: Tipe Software Gudang dan Rekomendasi Terbaik untuk Anda!

Human Resources (Sumber Daya Manusia)

Modul ini membantu mengelola SDM yang dimiliki oleh perusahaan yang kegiatannya bisa berupa data karyawan, kinerja, manajemen tugas, recruitment, pembayaran gaji, pajak karyawan dan lain-lain.

Purchasing

Pada modul purchasing bisa mengelola semua pembelian barang dan bahan baku untuk perusahaan. Data dan laporan seperti list supplier, vendor, pengiriman, rekaman dan purchase order bisa dikelola dengan praktis.

Adanya integrasi dari modul inventory, produksi dan akuntansi bisa membantu perusahaan melakukan pembelian yang terencana dan jumlah yang sesuai.

SCM (Supply Chain Management)

Proses yang paling membutuhkan sistem ERP yaitu supply chain. Rumitnya proses distribusi produk dari supplier ke customer dapat melibatkan manufacturer, stockiest, distributor, retailer dan fungsi lainnya yang bisa dipantau real-time dengan menggunakan software ERP.

Sales (Penjualan)

Penjualan adalah proses terakhir yang bisa menentukan apa proses manufaktur yang dilakukan mendapatkan profit atau tidak. Modul ini dapat menganalisis penjualan, merancang dan mengimplementasikan strategi markering yang tepat dalam menghasilkan profit yang lebih maksimal.

CRM (Customer Relations Management)

Modul CRM ini berguna bagi perusahaan karena dapat terhubung dengan pelanggan. Modul ini menjadi pusat data dan informasi pelanggan dan terintegrasi dengan fungsi lain di sistem ERP, sehingga departemen lain dapat mengakses sesuai kebutuhannya seperti pengiriman faktur penjualan atau tagihan hutang.

Data pelanggan bisa berupa history pembelian, kontak pelanggan, feedback pelanggan dan lain-lain. Dengan adanya data ini, perusahaan bisa menganalisis pelanggan agar bisa menyusun strategi yang tepat untuk meningkatkan penjualan.

Baca Juga: Terbaru! Daftar Harga ERP Terbaik Beserta Fitur Lengkap!

Kesimpulan

Sistem software ERP dapat menyatukan laporan keuangan perusahaan, serta mengintegrasikan manajemen penjualan, manufaktur, inventory,  akuntansi dan distribusi menjadi proses yang jauh lebih sederhana dan mencegah human error.

Karakteristik umum dari software ERP adalah dapat mengintegrasikan semua fungsi bisnis, database terpusat, data yang disajikan real time dan memiliki user interface (UI) yang konsisten sehingga tidak membingungkan penggunanya.

Software ERP memang memerlukan investasi yang lumayan, tetapi jika bisnis Anda membutuhkan solusi menyeluruh bagi operasional bisnis, menggunakan software ERP MASERP adalah solusi terbaik dalam mengoptimalkan proses ini.

MASERP menawarkan layanan hybrid cloud, Anda bisa memasang software di server kantor atau di cloud. Kalau dipasang di server kantor, software tetap bisa digunakan walau internet tidak stabil. MASERP memiliki layanan dedicated support pada jam kerja untuk membantu kendala Anda dalam menggunakan sistem ERP.

Yang membedakan dengan vendor lain, software MASERP dapat dicustom sesuai dengan bisnis flow perusahaan Anda. Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan kendala apa yang Anda hadapi kepada konsultan ahli kami. Gratis!

New call-to-action