PPKM atau Tidak, Sekarang Waktunya Perusahaan Harus Go Digital!

Presiden Joko Widodo memberlakukan PPKM darurat di Jawa dan Bali pada tanggal 3-20 Juli 2021. Artinya, banyak pekerja yang diwajibkan untuk Work From Home. Lantas bagaimana kesiapan perusahaan dalam menyikapi kebijakan ada tidaknya PPKM yang mengharuskan perusahaan tetap berjalan dengan memanfaatkan digital yang ada saat ini.

Dalam aturan PPKM darurat tersebut, 100% pekerja di sektor non essential diwajibkan bekerja dari rumah, sementara sektor essential dibolehkan bekerja dari kantor dengan kapasitas maksimal 50%, sementara untuk sektor kritikal diperbolehkan bekerja 100% dari kantor.

Adanya situasi seperti ini, perkembangan teknologi memaksa banyak perusahaan untuk terus beradaptasi untuk Go Digital. Ditambah dengan adanya Covid-19 yang melanda seluruh dunia, masyarakat banyak beralih memanfaatkan teknologi untuk berbagai kebutuhannya.

Apa itu Go Digital?

Beberapa dari kalian pasti sudah sering mendengar istilah Go Digital, istilah itu tidak hanya mengikuti trend karena PPKM saja, tapi sangat dibutuhkan untuk perubahaan yang sesunguhnya dalam menjalani bisnis.

Jika Anda menanyakan hal tersebut pada 10 orang di perusahaan yang sama, kemungkinan mereka akan memberikan 10 jawaban berbeda. Makna dari Go Digital dapat berubah tergantung pada siapa dan departmen apa Anda bekerja.

Tetapi, jika mereka hanya melihat bagaimana tools digital marketing dapat menguntungkan satu bagian dari bisnis di masa-masa PPKM ini, mereka hanya melihat gambaran kecil. Pertanyaannya adalah, bagaimana Anda memanfaatkan teknologi digital untuk mendapatkan hasil bisnis terbaik?

Ada 3 aspek yang biasa menjadi gambaran inti dari bisnis digital. Mari kita simak selengkapnya.

Sosial

Jika Anda masih berpikir sosial hanya tentang mengobrol dengan teman-teman lama dari masa SMA, maka Anda harus membuka mata Anda sedikit lebih lebar. Dari perspektif bisnis tools sosial adalah cara terbukti untuk terhubung dengan konsumen.

Ini bisa dalam bentuk menjawab pertanyaan dari pelanggan atau meluncurkan produk baru. Jangan lupa untuk menginformasikan kepada departemen lain ketika Anda meluncurkan strategi sosial baru dan meluncurkan produk baru, seluruh tim termasuk dari customer service pun harus memiliki pemahaman yang sama.

Anggap saja sebagai bagian dari menciptakan User experience yang mengesankan bagi konsumen Anda. Bukankah pengalaman yang mengesankan yang Anda inginkan dalam bisnis yang dijalankan?

Baca Juga: Cloud Accounting

Mobile

Di era sekarang, semua orang terhubung pada smartphone. Jika Anda adalah orang yang menggunakan handphone untuk memeriksa website bisnis atau mengirim email kepada seseorang saat bepergian, maka Anda tahu mengapa handphone itu penting.

Mirip dengan sosial, memahami alasan seseorang menggunakan tools media sosial dan handphone yaitu agar dapat memberi wawasan yang mendalam tentang apa arti digital bagi bisnis Anda. Orang ingin berinteraksi di mana pun mereka berada.

Cloud

Terakhir ini tidak kalah menarik, yaitu Cloud. Baik perusahaan besar atau start-up, layanan berbasis cloud siap hadir. Meningkatnya kecurangan dan serangan di dunia maya, juga meningkatkan kesadaran akan cyber security, cloud berperan dalam keamanan bisnis.

Ini termasuk perlindungan data dan membuat back-up file penting di luar situs agar mudah di akses. Tidak hanya di situ, bisa jadi Anda membutuhkan lebih banyak resources yang dapat Anda outsource melalui cloud.

Jika bisnis Anda membutuhkan solusi bagi seluruh operasional bisnis, Anda dapat menggunakan software ERP seperti MASERP.

MASERP menawarkan layanan hybrid cloud di mana Anda bisa memasang software di server kantor atau di cloud. Software tetap bisa dipakai di mana pun tanpa Anda perlu berada di kantor, terutama saat-saat PPKM seperti sekarang.

MASERP PPKM

Strategi Bisnis untuk Go Digital

Memanfaatkan Teknologi

Anda pun wajib memanfaatkan teknologi dalam strategi bisnis Anda. Karena seperti yang kita tahu, dunia digital dan teknologi tidak dapat dipisahkan keberadaannya. Apalagi di zaman modern seperti sekarang, mau tidak mau Anda harus menggunakan teknologi. Terlebih lagi jika kompetitor Anda sudah lebih dahulu menggunakan teknologi. Maka Anda harus segara mengikutinya, jika tidak perusahaan akan tertinggal jauh.

Mobile Friendly

Tingginya jumlah pengguna smartphone dan produk gadget lainnya juga perlu Anda perhatikan. Anda perlu menyesuaikan strategi pemasaran ini dengan tampilan yang mobile friendly. Sehingga akan lebih banyak orang yang melihat toko online Anda.

Untuk menarik banyak pengunjung yang menggunakan smartphone, maka website Anda juga harus didesain sesuai dengan smartphone yang dimiliki banyak orang. Caranya tentu saja dengan membuat website menjadi mobile friendly. Kemudian, atur informasi yang ada dalam website menjadi selalu update, menarik, dan memiliki tampilan yang baru.

Pelayanan Terbaik

Tidak ada yang lebih berharga dalam dunia bisnis dibandingkan dengan memenuhi kebutuhan konsumen. Dalam dunia digital, Anda juga harus memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen. Jika dapat memanfaatkan peluang, maka Anda sebenarnya dapat memberikan layanan pelanggan yang lebih baik dengan biaya yang terjangkau dengan menggunakan media digital.

Menggunakan Software

Dengan menggunakan software, Anda dapat menghemat biaya, waktu, dan juga tenaga. Selain itu, software tersebut juga memberikan kenyamanan dalam penggunaannya. Salah satunya untuk menyederhanakan aktivitas rumit menjadi lebih mudah.

Contohnya penggunaan software akuntansi yang dapat membantu pencatatan kegiatan keuangan perusahaan, meminimalisir kesalahan penghitungan data atau angka, mengurangi biaya operasional karena perusahaan telah bertransformasi dari proses manual ke otomatis dan terakhir menyediakan informasi akurat.

Oleh karena itu, kesalahan dalam pelaporan harus dihindari sebisa mungkin. Dengan menggunakan software, maka informasi yang ada akan lebih akurat. Tidak hanya itu, keduanya juga harus bisa didapatkan secara cepat.

Kesimpulan

Menjadi perusahaan yang bisa Go Digital saat ini dengan memahami dan menerapkan transformasi digital bisnis merupakan salah satu cara efektif untuk meningkatkan daya saing perusahaan. Namun, masih banyak perusahaan yang belum memikirkan hal ini dalam menjalankan transformasi digital bisnis.

Perusahaan haruslah mengerti karena perubahan dalam Go Digital saat ini tidak bisa dihindari. Jika perusahaan tidak bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi sekarang, bisa dipastikan nilai saing perusahaan tersebut berada di bawah perusahaan yang bisa beradaptasi dengan teknologi.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam strategi bisnis untuk perusahaan dapat Go Digital. Seperti yang kita tahu salah satu yang perlu Anda siapkan agar dapat bersaing dengan kompetitor yaitu menggunakan software yang dapat membantu mengelola bisnis Anda.

Mulailah dengan cloud accounting yang digunakan untuk mengelola kegiatan akuntansi perusahaan. Software ini melakukan penyimpanan dan pengelolaan data pada server pusat atau yang lebih lazim disebut dengan cloud.

Pengelola keuangan perusahaan menggunakan cloud accounting, data dapat diakses di mana saja dan kapan saja. Software cloud accounting dari MASERP mampu mengakomodasi setiap kegiatan akuntansi perusahaan. Selain itu, dengan menggunakan MASERP perusahaan akan lebih terbantu dalam mengelola invetory, pembelian, penjualan, aset, bahkan pajak dalam satu software.

Ingin mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan Anda? Konsultasikan sekarang apa yang Anda butuhkan, kepada konsultan ahli kami. Gratis!

Baca Juga: Cloud Computing: Iaas, Saas dan Paas

New call-to-action