6 Strategi Bisnis Agar Bisa Tembus Pasar Internasional

Pasar internasional adalah sebuah istilah kegiatan jual-beli yang dilakukan antar negara. Jika kamu pernah mendengar, sebuah produk lokal yang sudah dijual hingga ke luar negeri itu artinya bisnis tersebut bukan tidak laku di Indonesia tapi pemilik bisnis telah menjual produknya di pasar internasional. 

Pengertian Pasar Internasional

Tidak jauh berbeda pengertiannya dari yang di atas, pasar internasional adalah pasar yang di dalamnya terdapat kegiatan jual-beli produk dari beberapa negara. Adapun, pasar internasional telah melampaui ekspor pemasar, bahkan kegiatan jual-beli tersebut masuk dalam lingkungan pemasaran di mana terdapat negara-negara sebagai tempat suatu organisasi melakukan bisnis.

Tujuan Pasar Internasional

Tidak asal menjual dan membeli produk dari antar negara, adanya pasar internasional tentu memiliki tujuan. Terlebih kegiatan jual-beli antar negara ini sudah terjadi sejak dulu. 

Adapun, berikut ini adalah tujuan dari adanya pasar internasional:

1. memperluas pasar (wilayah perdagangan) bahkan hingga ke seluruh dunia, serta bisa meningkatkan produksi yang lebih banyak, ketimbang hanya menjual di negeri sendiri,

2. meningkatkan devisa negara, yakni dengan cara kegiatan ekspor produk ke negara lain. Biasanya kegiatan ini dilakukan dalam jumlah yang besar,

3. meningkatkan pertumbuhan sektor ekonomi suatu negara, terlebih yang melakukan ekspor, karena bisa menstabilkan harga barang hingga menyerap banyak tenaga kerja,

4. melakukan transfer teknologi modern antar negara untuk membantu meningkatkan efisiensi, terutama dalam proses produksi produk yang akan dijual,

5. endorong terbentuknya sumber daya manusia, yang tentunya bisa mengasah keahlian, keterampilan, dan menciptakan tenaga unggul, terlebih untuk mengikuti perkembangan teknologi dan pastinya mampu untuk bersaing.

Baca Juga: Kegiatan Ekonomi: Produksi, Distribusi dan Konsumsi

Strategi Agar Bisnis Bisa Tembus Pasar Internasional

Memahami Regulasi Pasar yang Berlaku

Berbeda dengan strategi bisnis di negara sendiri, karena jika ingin berbisnis di jangkauangan yang lebih luas, yakni bisa tembus pasar internasional adalah dengan memahami apa yang menjadi regulasi atau aturan yang berlaku dalam pemasaran internasional.

Membuat Perencanaan yang Matang

Di dalam pasar internasional pebisnis harus tahu terkait:

  • Produk apa saja yang bisa atau boleh dijual dan tidak boleh dijual?
  • Bagaimana saluran distribusi yang dilakukan pebisnis?
  • Berapa hitungan atau jumlah pajak yang dikenakan?
  • Bagaimana mekanisme transaksi perdagangan yang akan dijalankan?

Nah, berbeda bukan regulasinya jika dibandingkan dengan berbisnis di negara sendiri? Sehingga, memahami regulasi dan persyaratan tersebut bisa dibilang sangatlah kompleks.

Tapi, demi jangkauan bisnis yang luas hal tersebut penting untuk dipahami dan dipelajari agar bisnis kamu bisa menuju pada contoh pemasaran internasional.

Bagaimana jika salah satu regulasi, tidak dilakukan? Maka akibatnya, bisa menimbulkan kerugian di transaksi bahkan di perdagangan yang sudah terlanjur dijalankan. Karena di awal, kamu pasti akan mengeluarkan modal untuk mengurus bisnis di pasar internasional.

Tidak mau bukan, jika produk bisnis kamu, suatu saat tertahan bea cukai di suatu negara, kamu produk kamu tidak terdaftar atau tidak membayar pajak?

Melakukan Riset Proses Jual-Beli di Pasar Luar Negeri

Strategi berikutnya untuk tembus di pasar internasional adalah dengan melakukan riset pasar luar negeri. Jadi, memahami regulasi saja tidak cukup ya.

Mengapa hal tersebut perlu dilakukan? Agar, kamu bisa mengetahui informasi terkait selera atau apa saja yang dibutuhkan oleh konsumen luar negeri.

Jika data riset telah dikumpulkan, maka kamu bisa terapkan pada produk atau brand yang akan dijual di pasar internasional sehingga bisa bersaing juga dengan brand lain.

Dengan melakukan riset, Anda jadi tahu dan paham apa yang dibutuhkan oleh pasar sehingga bisa membuat produk yang sesuai dengan pasar.

Buat Rencana yang Matang Sebelum & Setelah Memasuki Pasar

Jika di awal kamu harus membuat rencana bagaimana bisnismu bisa masuk ke pasar, selanjutnya sebelum bahkan setelah memasuki pasar, kamu juga harus membuat rencana yang matang. 

Hal tersebut perlu dilakukan, terlebih karena pasar internasional adalah pasar yang sangat besar dan kompetitif.

Adapun sebaiknya, dalam membuat rencana pastikan kamu memikirkan hal-hal berikut ini:

– Apakah kamu dan tim bisnis, bisa menjalankan seluruh rencana ini? Jika tidak, maka kamu perlu menambah anggota baru yang lebih kompetitif di bidang bisnis khususnya dalam menjalankan rencana pemasaran internasional.

– Apakah keuangan, kapasitas, tenaga kerja yang kamu miliki cukup untuk memenuhi permintaan pasar baru? Jika tidak, maka sebaiknya tingkatkan hal-hal tersebut.

– Sebaiknya pilih desain produk, gambar, warna, bahasa, bahan kemasan, dan lainnya yang cocok dan dapat menarik minat calon pelanggan di pasar internasional. Pemberian beberapa label juga penting misalnya seperti logo halal. 

Pilih Jenis Transportasi Logistik untuk Pemasaran

Di Indonesia saja, kamu butuh transportasi untuk menjual produk, antar kota, provinsi, hingga pulau, apalagi di pasar internasional. Sehingga kamu memilih jenis transportasi untuk melakukan pemasaran internasional mengirimkan produk kamu ke tempat yang ingin dituju.

Sama seperti memilih ekspedisi di Indonesia, di sini kamu juga harus mengetahui jenis transportasi logistik mana yang terpercaya dan memiliki reputasi yang baik.

Jangan lupa periksa kembali, apakah transportasi logistik tersebut memiliki asuransi metode pengangkutan atau perusahaan ekspedisi yang diperlukan.

Memanfaatkan Media Sosial Dalam Melakukan Promosi

Untuk strategi yang satu ini sepertinya semua jenis bisnis dan lokasi pasti bisa memanfaatkan media sosial untuk melakukan promosi. 

Pasalnya, dengan media sosial ditambah teknologi yang canggih para pebisnis lokal maupun internasional tidak susah lagi dalam melakukan pemasaran, bahkan hingga ke belahan dunia manapun.

Pasalnya, memasarkan produk melalui internet akan lebih mudah dan cepat. Sehingga, media sosial atau internet bisa memperluas wilayah pemasaran suatu produk dengan cepat.

Kesimpulan

Pasal internasional adalah pasar yang besar, karena di dalam pasar tersebut terdapat banyak jenis bisnis yang dibangun dari berbagai negara di dunia. Di mana antar negara saling melakukan transaksi jual-beli untuk memenuhi kebutuhan mereka baik dalam skala kecil hingga besar. 

Karena semakin besar dan luar pasar yang dicakup, maka bisnis ini pun memiliki banyak laporan transaksi. Belum lagi, menghitung perbedaan kurs mata uang antar negara. 

Sehingga, pemilik bisnis perlu menggunakan software akuntansi modern seperti MASERP, untuk memudahkan kamu, dalam membuat laporan keuangan. Kamu juga bisa memonitoring perkembangan dan posisi keuangan bisnis. 

Bahkan, buat kamu yang bisnisnya baru ingin dikembangkan ke pasar internasional, juga bisa untuk mulai menggunakan software akuntansi MASERP. 

Terlebih, jika bisnismu di pasar internasional sangat baik, dan memberikan banyak keuntungan. Maka catatan laporan keuangan laba rugi, bisa tercatat dengan baik, tertata, rapi, dan pastinya akurat, menggunakan MASERP. 

Tidak sulit untuk menggunakan MASERP, bahkan bagi kamu yang bukan spesialisasi akuntansi, juga bisa dengan mudah menggunakan software akuntansi ini. 

Karena MASERP bisa menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Bahkan, MASERP yang bisa membantu menyederhanakan pembukuan keuangan bisnis, ketimbang menggunakan cara manual.

Baca Juga: Pasar Modal Adalah Pasar Berbagai Instrumen Keuangan Jangka Panjang

New call-to-action