Pahami 6 Manfaat Transformasi Digital bagi Bisnis

Perkembangan teknologi memaksa banyak perusahaan untuk terus beradaptasi pada transformasi digital. Ditambah dengan adanya Covid-19 yang melanda seluruh dunia, masyarakat banyak beralih memanfaatkan teknologi untuk berbagai kebutuhannya.

Pandemi Covid-19 diprediksi membuat sistem ekonomi digital di Indonesia lebih besar dari USD124 miliar pada 2025. Alhasil, perusahaan-perusahaan perlu untuk melakukan transformasi digital jika ingin mempertahankan eksistensinya. Bagaimana besar pengaruhnya transformasi digital ini, mari kita simak selengkapnya berikut ini.

Pengertian Transformasi Digital

Transformasi digital adalah penggunaan teknologi untuk mentransformasi proses analog menjadi digital. Kita telah mengalami digitalisasi di semua bidang dalam hidup kita mulai dari smart watch sampai asisten rumah tangga berkemampuan kecerdasan buatan atau AI.

Transformasi digital menunjukkan cara teknologi merevolusionerkan bisnis pada berbagai bidang teknologi baru, seperti machine learning, data base, dan segala hal yang berhubungan dengan internet. Anda mungkin tidak perlu mengkhawatirkan tentang topik berat ini, namun Anda harus menerapkan strategi transformasi digital untuk perusahaan Anda.

Dampak Digitalisasi pada Bisnis

Transformasi digital dalam bisnis sedikit lebih kompleks daripada mengganti surat pos dengan email. Transformasi ini menggunakan teknologi untuk meningkatkan pengalaman pelanggan, rantai pasokan (supply chain), pengelolaan stake holders, dan keseluruhan proses bisnis.

Untuk menerima teknologi digital, Anda juga perlu menyiapkan transformasi. Jadi jika Anda masih beroperasi dalam sistem analog, kini waktunya memulai mempelajari transformasi yang Anda rencanakan.

Baca Juga: ERP Cloud: Apa Bedanya dengan ERP On-Premise?

6 Manfaat Digital Transformation bagi Perusahaan

Seluruh karyawan dalam perusahaan akan terdampak pada transformasi digital ini, mulai dari para petinggi, tenaga IT, divisi yang menggunakan software tertentu, bahkan konsumen. Meskipun terdapat bermacam divisi dan posisi dalam sebuah perusahaan, mereka semua berhak mendapat keuntungan transformasi digital. Berikut ini 6 manfaatnya:

Insight Bisnis

Transformasi digital akan mengubah Anda dalam menjalankan bisnis. Dengan implementasi platform data insight, Anda akan mendapatkan koleksi data-data dan dashboard yang di mana metrik bisnis akan mudah ditemukan.

Perusahaan bisa menggunakan data-data tersebut untuk meningkatkan dan menunjang banyak inisiatif seperti product development, marketing, dan customer service.

Untuk para petinggi IT akan ada real-time analytic yang akan meningkatkan efektivitas dan kepuasan konsumen. Melalui aplikasi data analytic, para petinggi IT, marketing, dan petinggi lainnya bisa dengan efektif menentukan kebijakan bisnis untuk perusahaan.

Melindungi dan Mengontrol Data

Banyaknya kasus pencurian data, proteksi data menjadi hal yang paling penting untuk banyak perusahaan di era digitial ini. Beberapa orang mungkin memiliki keraguan akan cloud service. Namun kebanyakaan cloud provider sudah memiliki proteksi keamanan yang bagus, privacy, tata kelola yang kuat sehingga cloud menjadi hal esensial untuk bentuk transformasi digital apa pun.

Dengan teknologi modern yang bisa dipasang baik untuk on-premise dan lingkungan cloud perusahaan tidak lagi perlu khawatir soal keamanan. Perusahaan pun akan dengan mudah melindungi data, baik itu perangkat mereka, atau back-up data jika terjadi bencana dalam bentuk apa pun.

Mempermudah Operasional

Jika perusahaan Anda sangat bergantung pada proses atau prosedur yang kompleks, Anda tidak sendiri. Salah satu keuntungan besar dari transformasi digital adalah menyederhanakan proses operasional yang ada sehingga menjadi lebih efektif. Lalu membangun proses operasional yang baru tersebut dengan tujuan yang jelas.

Tanpa tujuan yang jelas, teknologi baru yang dipakai akan tampak berlebihan atau dipaksakan sehingga menjadi kurang efektif.

Investasi

Fokus utama dari transformasi digital adalah untuk investasi teknologi yang akan membuat perusahaan maju. Karena tingginya tekanan pasar banyak perusahaan yang meninggalkan sistem lama.

Dengan menukar sistem lama dengan yang baru seperti teknologi berbasis cloud, bisnis Anda turut ikut mendukung lingkungan kerja yang modern. Anda sama saja seperti mengeluarkan uang yang lebih sedikit untuk memelihara hardware lawas atau sistem yang ketinggalan zaman lalu diinvestasikan ke inisiatif baru yang fokus pada konsumen.

Dengan investasi ini Anda bisa menciptakan lingkungan kerja modern karena ikut membantu bisnis mencapai keinginan konsumen dengan lebih efisien.

Kolaborasi Modern

Teknologi terbaru juga membuat kolaborasi antar karyawan dalam perusahaan menjadi lebih mudah, sehingga ini menjadi komponen utama dalam transformasi yang sukses. Bisa membuat karyawan  bekerja dengan cara ini juga mengurangi tugas-tugas rumit yang bisa menghambat produktivitas. Cara kerja baru dan dinamis seperti berbagi file via cloud membuat situs internal akan meningkatkan produktivitas dan efisiensi.

Prioritaskan Produktivitas

Platform teknologi berbasis cloud jelas akan meningkatkan efisiensi operasional sebuah perusahaan. Platform seperti ini juga meminimalisir masalah yang bisa menghambat produktivitas sekaligus membebaskan beban kerja staf IT agar bisa lebih fokus pada proyek yang memiliki prioritas lebih tinggi.

Karyawan juga bisa menjadi lebih produktif karena mereka memiliki pengetahuan baru soal aplikasi modern. Kunci untuk memaksimalkan transformasi ini adalah memastikan seluruh karyawan dilatih secara tepat untuk memakai aplikasi bisnis yang baru.

ERP Cloud

Kapan Waktu yang Tepat untuk Memulai Transformasi Digital?

Waktu yang tepat adalah sekarang! Kenapa harus sekarang? Mari kita bahas berikut ini:

Harga Teknologi yang Terjangkau

Sebelum internet menjadi hal yang biasa, aplikasi penunjang kerja memiliki harga yang tidak murah, hanya kalangan corporate saja yang memungkinkan memakai sistem aplikasi tersebut. Selain itu, biaya perawatan sistem yang tidak murah menjadi halangan bagi perusahaan yang ingin memulai program transformasi bagi bisnis mereka.

Dengan hadirnya internet dan munculnya sistem cloud memungkinkan para developer untuk mengembangkan produk digital dengan metode cloud-sharing. Sistem ini memungkinkan beberapa pengguna berbagi kapasitas cloud untuk menyimpan data. Jadi, biaya yang digunakan untuk membeli hardisk dan hardware penunjang lainnya dapat dialihkan untuk aktivitas lainnya.

Perkembangan Teknologi User Experience

Tidak ada lagi kata sulit dalam menggunakan sistem berbasis web di tahun 2021. Kini, developer semakin ahli dalam memanjakan pengguna dengan User Interface mudah untuk dimengerti. Alasannya karena ingin mempermudah user dalam menggunakan layanan sistem berbasis web.

Maka dari itu, switching cost dari segi waktu dalam proses migrasi teknologi bukan lagi menjadi penghalang. Bahkan, dalam waktu 1 hari biasanya akan mulai terbiasa dengan sistem berbasis web yang baru. Alasannya karena user semakin dimudahkan dalam menggunakan sistem dan mempercepat proses penyelesaian task.

Bagi bisnis retail pun, sistem akuntansi berbasis web akan sangat membantu dalam membuat laporan laba rugi hingga barang keluar masuk secara otomatis.

Kecepatan

Sejak populernya sistem aplikasi berbasis web dan berbagi cloud, keterlambatan bukan lah suatu hal yang bisa dijadikan alasan. Justru, bisa jadi bukan karena produktivitas bisnis kita lambat tetapi karena pesaing memiliki produktivitas yang lebih tinggi yang akan membuat bisnis kita tertinggal.

Sekarang, bukanlah menjadi hal yang ideal untuk tetap mengandalkan sistem manual bagi bisnis. Persaingan bisnis menjadi alasannya dan investasi pada transformasi digital bisnis untuk meningkatkan daya saing bisnis adalah keharusan.

Risiko Kecurangan Bisnis

Menurut salah satu perusahaan audit terbesar di dunia, Ernst & Young (EY) digitalisasi bisnis dapat mengurangi risiko kecurangan dengan otomasi dalam sistem untuk menghitung transaksi dan melacak transaksi dengan lebih presisi daripada sistem manual.

Hal ini tentu saja akan berimbas baik pada bisnis. Data dari EY menunjukan bahwa 13% pendapatan perusahaan layanan umum hilang karena fraud. Tentu bukan angka yang bisa kita sepelekan. Pasti kalian tidak ingin pendapatan bisnis hilang karena kecurangan yang bisa dihindari.

Memang, transformasi digital bisnis tidak menjamin 100% akan menghapus kecurangan. Namun, setidaknya transformasi digital bisnis sudah memperkecil kemungkinan kecurangan itu terjadi loh.

Kesimpulan

Transformasi digital bisnis merupakan salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan daya saing perusahaan. Namun, masih banyak perusahaan yang terkesan setengah-setengah dalam menjalankan transformasi digital bisnis.

Akibatnya, yang seharusnya transformasi digital bisnis bisa meningkatkan daya saing perusahaan justru hanya membebankan anggaran saja. Ada 2 alasan mengapa transformasi digital itu perlu bagi bisnis.

Yang pertama adalah karena perubahan yang tidak bisa dihindari. Jika perusahaan tidak bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi sekarang, bisa dipastikan nilai saing perusahaan tersebut berada di bawah perusahaan yang bisa beradaptasi dengan teknologi.

Yang kedua adalah perihal inovasi. Inovasi bukan hanya perkara produk atau layanan yang dijual saja, tapi juga perihal bagaimana cara kerja perusahaan.

Maka dari itu, sekarang merupakan waktu yang tepat untuk melakukan transformasi digital bagi bisnis Anda. Mulailah dengan transformasi cloud accounting yang digunakan untuk mengelola kegiatan akuntansi perusahaan. Software ini melakukan penyimpanan dan pengelolaan data pada server pusat atau yang lebih lazim disebut dengan cloud.

Pengelola keuangan perusahaan menggunakan cloud accounting, data dapat diakses di mana saja dan kapan saja. Contohnya adalah software cloud accounting dari MASERPMASERP mampu mengakomodasi setiap kegiatan akuntansi perusahaan. Selain itu, dengan menggunakan MASERP perusahaan akan lebih terbantu dalam mengelola invetory, pembelian, penjualan, aset, bahkan pajak dalam satu software.

Jadi, MASERP dapat memudahkan perusahaan dalam membuat laporan keuangan dan kegiatan akuntansi yang lebih kompleks dimana saja dan kapan saja lewat perangkat apapun. Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang memberikan banyak kemudahan, langsung saja konsultasikan kepada konsultan ahli kami. Gratis!

Baca Juga: Cloud Computing: Iaas, Saas dan Paas

New call-to-action