5 Software Andalan Work from Home. Nomor 5 Paling Powerful!

Penetapan PPKM yang dilakukan pemerintah untuk Pulau Jawa Bali membuat beberapa bisnis dan perusahaan non esensial harus melakukan pekerjaannya dari rumah atau work from home. Menurut pemerintah, PPKM ini dilakukan untuk mengurangi penyebaran Covid-19 yang kasusnya semakin meningkat dan tidak terkendali. Walaupun mengharuskan work from home (WFH), para karyawan juga harus tetap produktif agar operasional bisnis bisa tetap berjalan.

Untuk membantu kamu lebih produktif, berikut ini kami berikan rekomendasi 5 tools atau software andalan yang bisa menjadi senjata kamu saat WFH. Software di nomor 5 paling powerful untuk bisnis apapun.

Google Meet dan Zoom

Sejak bulan Maret 2020, masyarakat disarankan untuk stay at home karena mulai bemunculan kasus Covid-19 di Indonesia. Software online meeting adalah yang paling dicari. Banyak orang yang menggunakan Google Meet atau Zoom untuk berkoordinasi urusan pekerjaan, dan juga bersilaturahmi dengan keluarga dan teman. Bahkan sekarang, sekolah pun dilakukan melalui online dengan Google Meet atau Zoom.

Dengan Google Meet, kamu bisa melakukan video call bersama 30 teman lainnya dalam sekali meet. Undangan meeting bisa dibuat dari aplikasi Google Meet, admin dapat mengirimkan ke peserta dalam bentuk link atau kode akses. Karena masih satu produk dengan Google, Google Meet juga terintegrasi dengan Google Suite sehingga kamu bisa join langsung dari Google Calendar atau undangan yang dikirim lewat emailmu. Asik, ya? Jadi gak bakal kelupaan.

Google Meet dan Zoom dapat diakses melalui desktop maupun smartphone, baik dengan sistem operasi iOS atau Android. Kalau kondisi ruanganmu dirasa kurang profesional untuk tampil di layar Google Meet atau Zoom, kamu bisa menggantinya dengan background yang mereka sediakan atau dengan gambar milikmu. Di Google Meet, kamu bisa menggunakan filter AR juga, lho!

Kedua aplikasi video call ini memiliki fitur share screen, para peserta bisa melakukan presentasi atau sharing hasil kerja dan tugas secara online. Pastikan koneksimu bagus, ya!

software work from home

Google Docs

Kalau kamu familiar dengan Ms. Word, Google juga memiliki tools untuk mengolah kata yang bisa digunakan secara online dan real time. Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menggunakannya, alias gratis! Cukup bermodalkan akun Google dan koneksi internet saja.

Di Google Docs (termasuk juga Google Sheets dan Google Slide), kamu bisa membuat, saling mengedit dan berbagi dokumen kepada user lainnya. Kamu tidak perlu klik save berkali-kali, karena dokumenmu akan tersimpan secara otomatis. Software andalan work from home satu ini juga bisa digunakan di laptop maupun smartphone, kamu bisa download aplikasinya di Play Store dan App Store.

Dokumen di Google Docs bisa kamu download dalam format Microsoft Word (.docx), OpenDocument Format (.odt), Rich Text Format (.rtf), PDF Document (.pdf), Plain Text (.txt), Web Page (.html, zipper), dan EPUB Publication (.epub).

software work from home

Trello

Trello merupakan salah satu aplikasi untuk manajemen tugas agar bisa lebih mudah bekerjasama antara anggota tim, jadi kamu tidak perlu lagi bingung memantau progress kerja dan bisa kamu lihat dalam bentuk sederhana.

Di Trello, kamu bisa melihat pekerjaan apa saja yang sedang berjalan, siapa yang bertanggung jawa dan sampai mana progress pekerjaannya dalam fitur Lists. Lalu ada Cards, bentuknya seperti sticky notes, di sini kamu bisa menuliskan deskripsi di postingan tersebut, tanggal deadline, attach dokumen, dan tag teman setimmu.

Software WFH ini bisa kamu install di Mac dan Windows, serta di Android dan iOS. Trello memiliki kelebihan antara lain designnya yang simple dan responsif di berbagai ukuran layar, data real time, notifikasi bagi usernya dan tidak perlu tambahan tools lain untuk bisa menambahkan dokumen. Untuk bisa menggunakan Trello, pastikan gadgetmu punya koneksi internet ya!

software work from home

Notion

Salah satu software work from home yang juga menjadi andalan untuk meningkatkan produktivitas adalah Notion. Banyak pekerja di industri teknologi seperti UI/UX dan web developer yang menggunakan Notion untuk saling berkolaborasi dengan anggota tim.

Notion menawarkan banyak manfaat untuk bekerja antara lain fleksibilitas dalam membuat catatan proyek maupun to-do list, memiliki banyak template yang sesuai dengan pekerjaanmu, tampilan minimalis jadi tidak membuatkamu bingung menggunakannya, dapat terintegrasi dengan email dan Google Calendar.

software work from home

Software MASERP

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, PPKM mengharuskan para pekerja kantoran harus work from home. Bagi sebagian pengusaha pasti bingung, bagaimana ya bisa berkoordinasi agar semua urusan operasional bisnis tetap berjalan?

Solusinya ada pada penggunaan software ERP. Software ERP merupakan software yang tentunya bisa meningkatkan efisiensi kerja karyawan karena mereka bisa mengelola urusan keuangan, pembelian, penjualan, human resources, persediaan barang dan aset dalam satu software saja. Setiap divisi tidak perlu lagi menggunakan tools berbeda untuk bekerja, itu akan memakan waktu karena harus mencari dan menunggu data dari divisi lain saat diperlukan.

software work from home MASERP

MASERP sebagai salah satu software terbaik dengan sistem ERP memberikan banyak kemudahan untuk perusahaanmu. Meningkatnya efisiensi dan produktivitas kerja akan membuat kamu fokus pada ide-ide kreatif beserta eksekusinya.

Dengan MASERP, kamu tidak perlu lagi kewalahan mengurus bisnis, apalagi takut data bocor, karena kamu bisa mengontrol hak akses pada karyawan sesuai divisi dan tanggungjawabnya. Data yang terdapat di dalam software juga real time, kamu bisa mengaksesnya di mana saja dan kapan saja.

Sistem ERP memang memerlukan investasi yang tidak murah, tetapi jika bisnismu membutuhkan solusi menyeluruh bagi operasional bisnis, menggunakan software akuntansi MASERP adalah solusi terbaik dalam mengoptimalkan proses ini.

MASERP menawakan modul-modul ERP yang sesuai dengan industri perusahaanmu baik yang sudah tersedia ataupun kamu bisa custom modul yang dibutuhkan. Segera konsultasikan kebutuhanmu dengan konsultan ahli kami, gratis!

New call-to-action