Serba Serbi Enterprise Resource Planning (ERP) yang Kalian Perlu Tahu

Penggunaan Enterprise Resource Planning di saat yang serba digital ini sangat diperlukan, karena perusahaan berusaha menciptakan kinerja yang produktif dan kebanyakan perusahaan menginginkan pekerjaan lebih cepat selesai dengan waktu yang efisien dan semuanya saling terintegrasi.

Mendapatkan laporan kinerja masing-masing karyawannya dengan cepat. Tidak perlu menunggu waktu terlalu lama untuk mendapatkan laporan dari masing-masing divisi atau karyawan. Cukup hanya dengan di depan monitor, kita sudah bisa mendapatkan semuanya dalam waktu singkat.

Enterprise Resource Planning (ERP) merupakan software yang dirancang untuk membangun database terpadu, membuat proses bisnis berjalan mulus, dan mengefisienkan perencanaan sumber daya organisasi. Sistem ERP bersifat otomatisasi dan integrasi yang memungkinkan perusahaan menyederhanakan alur kerja dan menghilangkan cara manual yang tidak efisien.

Fitur Utama ERP

Akuntansi

Modul ini membantu perusahaan mengurangi jumlah waktu yang dihabiskan akuntan untuk tugas manual. Semua pekerjaan bisa dilakukan secara otomatis dan terpadu, misalnya mengirim invoice ke klien dengan saldo terutang. Modul akan mengakses history pelanggan dan menyajikan informasi jumlah terutang secara otomatis sebelum mengirimkan tagihan.

Sumber Daya Manusia

Modul ini membantu HR melacak kandidat, cuti karyawan, dan tugas-tugas lain. Perusahaan yang punya kebijakan perhitungan cuti carry forward di akhir tahun, menggunakan ERP untuk menghitung otomatis jumlah hari tersisa yang akan diakumulasikan di tahun depan.

Baca Juga: Apa itu ERP? Mengapa Perusahaan Membutuhkan ERP?

Manufaktur

Modul ini membantu menyederhanakan proses produksi, pengadaan bahan baku, dan proses distribusi. Cara kerja Enterprise Resource Planning adalah menyediakan informasi produksi barang secara real-time di lantai produksi dan memudahkan perusahaan memantau pergerakan barang serta penggunaan inventaris.

Customer Relationship Management (CRM)

Modul CRM berguna dalam meningkatkan hubungan pelanggan dengan perusahaan dan memastikan bahwa mereka mendapatkan pengalaman positif dengan layanan perusahaan. CRM menyediakan informasi history pelanggan yang memungkinkan perusahaan mengirimkan iklan bertarget untuk jenis produk yang paling diminati.

Manajemen Inventaris

Modul ini membantu pelacakan inventaris secara otomatis, memprediksi kapan suatu barang akan habis, dan secara otomatis memesan ulang barang berdasarkan perkiraan tersebut. Modul inventaris juga merekomendasikan produk apa yang harus ditempatkan bersebelahan berdasarkan kebiasaan pelanggan membeli, sehingga membantu merampingkan proses distribusi.

Pelaporan

Anda dapat menganggap pelaporan ERP sebagai tools yang diperlukan untuk menyampaikan analisis kepada pengguna. Tools ini sering kali mencakup dashboard yang dapat disesuaikan, bagan Gantt, bagan pie, grafik batang dan representasi visual lainnya.

Banyak sistem juga memungkinkan pengguna untuk membatasi hak akses ke laporan, untuk melindungi informasi perusahaan yang berharga.

ERP menyediakan laporan rinci yang dapat ditindaklanjuti dan relevan. Selain itu, memungkinkan penelusuran lengkap, memastikan setiap kesalahan, ketidakkonsistenan, dan proses yang dipertanyakan dapat dilacak, diperbaiki, dan dicegah.

PIB Adalah

Industri Apa yang Menggunakan ERP?

Bisnis kecil dan perusahaan besar sama-sama dapat menggunakan ERP untuk menyederhanakan alur kerja mereka. Sumber daya perusahaan juga digunakan sebagai solusi di berbagai industri. Beberapa industri baik bisnis kecil dan besar yang biasanya menggunakan ERP adalah:

  • Ritel
  • Manufaktur
  • Farmasi
  • Distribusi
  • Teknologi
  • Perhotelan
  • Konstruksi
  • Pertahanan

Beberapa vendor ERP menawarkan custom software agar flownya bisa disesuaikan dengan industri Anda, salah satunya adalah MASERP.

Selain itu, juga bergantung pada industri tempat Anda berada, mungkin ada solusi perencanaan sumber daya perusahaan khusus yang dikembangkan dengan mempertimbangkan kebutuhan Anda.

Misalnya, software distribusi dan manufaktur termasuk dalam rangkaian ERP. Manfaat menggunakan solusi khusus ini untuk bisnis distribusi atau manufaktur adalah bahwa menggunakan sistem ini menghasilkan lebih sedikit kebutuhan untuk penyesuaian atau konfigurasi dalam mengaktifkan dan menjalankan sistem.

Cara Kerja ERP

Secara umum, ERP menggunakan database terpusat untuk berbagai proses bisnis guna mengurangi tenaga kerja manual dan menyederhanakan alur kerja bisnis yang ada. Sistem Enterprise Resource Planning biasanya berisi dashboard tempat pengguna dapat melihat data real-time yang dikumpulkan dari seluruh bisnis untuk mengukur produktivitas dan profitabilitas bisnis.

Misalnya, supply chain pada ERP dapat menerima pesanan pelanggan dan kemudian secara otomatis mengirimkan informasi tersebut ke pusat distribusi yang paling efisien diposisikan untuk menyelesaikan pesanan secara tepat waktu.

Bergantung pada solusi yang Anda pilih, ERP Anda mungkin dapat melihat apa itu level inventaris, waktu pengiriman, dan faktor lain untuk memutuskan pusat distribusi mana yang paling produktif dan hemat biaya dalam menyelesaikan pesanan.

Tanpa ERP, data biasanya tertutup oleh departemen dan mungkin sulit diakses di seluruh perusahaan. Tetapi dengan menggunakan ERP, data dari berbagai departemen dapat dengan mudah dibagikan dan bisa terintegrasi kemudian divisualisasikan ke seluruh organisasi.

Kekayaan informasi dan penyederhanaan ini dapat membantu dalam pengembangan tujuan bisnis dan mengurangi jumlah waktu yang dihabiskan karyawan Anda untuk tugas-tugas yang dapat diotomatiskan.

Baca Juga: Lisensi ERP: Apa Bedanya Perpetual dan Subscription?

Manfaat Sistem ERP

Anda tahu apa manfaat sistem ERP pada perusahaan? Jika belum mari kita simak penjelasan manfaat menggunakan sistem ini pada perusahaan.

Meningkatkan Produktivitas

Sistem ini dapat membantu Anda menyederhanakan dan membuat seluruh proses bisnis menjadi otomatis untuk membantu semua individu di perusahaan bisa melakukan banyak kegiatan dengan sumber daya yang lebih sedikit

Laporan Menjadi Cepat

Pelaporan bisnis dan keuangan menjadi lebih cepat dan hasilnya pun mudah dibagikan pada pihak atau departemen yang membutuhkan laporan tersebut.

Risiko yang Lebih Rendah

Sistem ERP memaksimalkan pengecekan dan pengontrolan bisnis serta mencegah risiko keamanan karena semuanya sudah terintegrasi.

Menghemat Biaya

Sistem ERP menciptakan efesiensi yang bisa membantu bisnis lebih tertata sejalan dengan pertumbuhannya. Banyaknya bisnis yang melaporkan bahwa bisnis mereka bisa berkembang tanpa menambahkan staf tambahan.

Dengan menerapkan sistem ini pada perusahaan, bisa menciptakan lingkungan bisnis yang lebih efisien dan tentunya menghemat biaya.

Jenis-Jenis Sistem ERP

Sistem ERP dapat diperoleh melalui penginstalan di server kantor, cloud, atau kombinasi keduanya (hybrid).

Beberapa vendor menawarkan kedua metode penginstalan, atau bahkan penerapan hybrid, tetapi banyak vendor mulai memindahkan solusi mereka ke sistem berbasis cloud saja.

Ini adalah respon terhadap tren pembeli, ada permintaan yang terus meningkat untuk cloud ERP, atau SaaS ERP.

On-Premise ERP

Apa itu On-Premise ERPOn-Premise ERP diinstal langsung ke server yang dimiliki dan dikelola bisnis Anda yang berarti Anda harus bertanggung jawab untuk memelihara sistem ini.

ERP Berbasis Cloud

Apa itu ERP berbasis cloud? ERP berbasis cloud disebarkan melalui web yang memungkinkan pengguna untuk mengakses sistem kapan saja, asal mereka memiliki koneksi internet.

Biasanya, vendor berbasis cloud mendistribusikan update dan menangani maintenance sistem. Ada berbagai pilihan penerapan dan hosting berbasis cloud yang tersedia.

  • SaaS (software-as-a-service) ERP berbasis langganan, artinya Anda membayar biaya bulanan yang dapat bergantung pada berapa banyak user yang Anda miliki.
  • Cloud pribadi dihosting di pusat data di web Anda atau oleh penyedia layanan pihak ketiga.
  • Cloud publik dikelola oleh penyedia layanan cloud pihak ketiga dan dikirimkan melalui Internet.

Hybrid ERP

Apa itu hybrid ERP? Hybrid ERP menawarkan kombinasi layanan penerapan dan hosting, memungkinkan Anda menentukan pengalaman ERP Anda sendiri.

Sistem ERP cloud memiliki beberapa keunggulan. Pertama dan terpenting, pengguna dapat mengakses sistem kapan saja mereka memiliki koneksi Internet dan diperlukan infrastruktur yang terbatas.

Selain itu, vendor cloud secara berkala mendistribusikan pembaruan dan perbaikan pemeliharaan, sehingga sistem selalu terbarui. Hasilnya, pengguna cloud ERP menghemat waktu dan uang dengan sistem yang mudah digunakan ini.

Baca Juga: ERP Cloud: Apa Bedanya dengan ERP On-Premise?

Kesimpulan

Semua perusahaan perlu menggunakan Enterprise Resource Planning ini, baik itu perusahaan besar maupun perusahaan kecil. Karena ERP ini dapat membantu Anda dalam proses pertumbuhan perusahaan, umumnya penggunaan sistem ERP bisa mengintegrasikan beberapa fungsi bisnis seperti akuntansi, inventarismanufaktur, SDM, purchasing, SCM, penjualan dan CRM.

Sistem ERP memang memerlukan investasi yang lumayan, tetapi jika bisnis Anda membutuhkan solusi menyeluruh bagi operasional bisnis, menggunakan software akuntansi MASERP adalah solusi terbaik dalam mengoptimalkan proses ini.

MASERP dapat digunakan untuk lebih dari satu entitas perusahaan tanpa biaya tambahan. Dengan database SQL server, MASERP kuat menampung jutaan transaksi dan tidak akan corrupt.

Untuk pelaporan MASERP juga menyediakan pelaporan secara rinci mencakup dasbor yang dapat disesuaikan, bagan Gantt, bagan pai, grafik batang, dan representasi visual lainnya, atau bisa di custom sesuai kebutuhan perusahaan.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan kendala apa yang Anda hadapi kepada konsultan ahli kami. Gratis!

Baca Juga: Cara Memilih Vendor ERP yang Tepat untuk Perusahaan

New call-to-action