Mengenal Lebih Dalam CRM dan Kegunaannya Bagi Perusahaan

Apakah Anda mengetahui istilah CRM? Jika Anda pelaku bisnis mungkin sering mendengar istilah tersbut. CRM adalah singkatan Customer Relationship Management.

CRM menjadi pendekatan baru untuk mengelola hubungan dengan pelanggan pada tingkatan bisnis yang akan memaksimalkan komunikasi dan pemasaran dengan pengelolaan berbagai kontak berbeda.

Dari penjelasan di atas mungkin Anda sudah mengetahui CRM ada kaitannya dengan pengelolaan pelanggan.

Walaupun begitu, apakah Anda sudah benar mengetahui lebih dalam tentang CRM ini dan bisa mempertimbangkan implementasi untuk bisnis Anda.

Berikut ini penjelasan secara mendalam untuk Anda yang ingin mengetahui lebih jauh tentang CRM atau sedang mempertimbangkan implementasi sistem CRM dalam perusahaan.

Pengertian CRM

Customer Relationship Management atau CRM adalah strategi bisnis untuk mengelola hubungan dengan pelanggan yang mengambungkan proses manusia dan teknologi.

Pada sistem CRM akan membantu Anda dalam prospek pelanggan yang ada dan pelanggan yang puas. CRM ini dapat mengumpulkan data pelanggan dan merekam semua aktivitas penjual dengan pelanggan.

Dengan berjalannya pada perkemangan teknologi membuat strategi ini menjadi kebutuhan utama pada bisnis. Sehingga CRM yang diimplementasikan ke dalam sebuah software berbasis aplikasi CRM. Sistem CRM ini sangat diperlukan agar bisnis ini dapat meningkatkan nilai pada pelanggan.

Tujuan CRM

CRM ini dibuat bukan tanpa tujuan, yaitu untuk mencari keuntungan. Berikut ini beberapa tujuan dari CRM:

  • Meningkatkan hubungan antara perusahaan dengan pelanggan untuk meningkatkan pendapatan perusahaan.
  • Menyediakan informasi yang lengkap mengenai pelanggan untuk memaksimalkan jalinan hubungan pelanggan dengan perusahaan melalui penjualan secara up selling dan cross selling.
  • Menggunakan informasi yang terintegrasi untuk menghasilkan pelayanan yang memuaskan.
  • Menghasilkan konsistensi dalam prosedur dan proses menyalurkan jawaban kepada pelanggan.

Manfaat CRM

Pada umumnya ada beberapa manfaat yang bisa kita dapat jika kita mengetahui CRM yaitu untuk menjaga dan meningkatkan pengalaman konsumen.

Penerapan CRM yang tepat adalah bisa membantu Anda dalam meningkatkan loyalitas pelanggan, mengurangi biaya, efesiensi manajemen operasional dan peningkatan market.

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan jika menerapkan CRM pada perusahaan:

1. Melacak tim penjualan dan KPI

2. Meningkatkan manajemen data/sistem database manajemen

3. Meningkatkan retensi dan kepuasan pelanggan

4. Memajukan manajemen penjualan

5. Meningkatkan efisiensi dan penjualan

6. Memfasilitasi akurasi pelaporan dan perkiraan penjualan

7. Meningkatkan wawasan data untuk strategi pemasaran dan pengembangan produk

8. Meningkatkan hasil pada penjualan

Kegunaan CRM Bagi Perusahaan

Apakah Anda pernah bertanya mengapa ada begitu banyak perusahaan yang berinvestasi pada sistem CRM?

Kini, software ini bahkan sudah menjadi pasar software perusahaan terbesar kedua setelah sistem ERP.

Nah, berikut beberapa alasan mengapa CRM adalah software yang kian populer di kalangan bisnis dari berbagai ukuran.

Meningkatkan Hubungan dengan Prospek

Seluruh data dan informasi lengkap pada prospek disimpan dalam satu tempat penyimpanan, sehingga Anda dapat dengan mudah melacaknya kapan saja jika diperlukan.

Informasi detail tersebut dapat membantu Anda memahami kebutuhan mereka dengan lebih baik sehingga Anda dapat memberikan layanan yang terbaik untuk mereka.

Kinerja Tenaga Penjualan

Melalui CRM, Anda dapat dengan mudah memonitor kinerja tim penjualan Anda.

Jadi Anda dapat mengetahui status setiap prospek yang ditangani oleh masing-masing sales, riwayat interaksi mereka dengan prospek, tindakan apa saja yang mereka lakukan untuk validasi prospek menjadi pelanggan.

Menyederhanakan Alur Penjualan

CRM memungkinkan untuk mendapatkan data yang lebih jelas mengenai alur penjualan Anda melalui tahapan dan sub-tahapan yang dibuat.

Ini memudahkan Anda mengidentifikasi prospek yang memiliki potensi tinggi dan memprioritaskan transaksi Anda dengan mereka.

Email Marketing

Pendekatan dengan email marketing masih menjadi salah satu metode pemasaran paling efektif.

Dengan CRM, Anda dapat membuat dan mengirim email berisi promosi, newsletter, dan penawaran spesial yang disesuaikan dengan preferensi setiap klien atau pelanggan Anda.

Memperkuat Bisnis

Ketika tim Anda bekerja sendiri-sendiri, maka ini bisa menjadi halangan bagi perusahaan Anda untuk  berkembang.

CRM adalah software yang memungkinkan tim penjualan, pemasaran, dan dukungan pelanggan untuk saling berkolaborasi mengelola data bersama melalui satu sistem yang sudah saling terintegrasi.

Pendapatan Perusahaan

Anda dapat melakukan up-selling dan cross-selling pada saat yang tepat, dengan tingkat keberhasilan yang lebih tinggi.

Kemudian dapat meningkatkan revenue melalui peningkatan layanan dan kualitas produk yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.

Baca Juga : Ketahui Harga Pokok Penjualan dan Harga Jual

Siapa yang Perlu Sistem CRM ini?

Yang membutuhkkan aplikasi CRM adalah orang-orang yang bergerak di bidang penjualan, marketing, customer service, dan lain-lain, sesuai industri dan produk/jasa perusahaan.

Namun, penggunaan lintas pada tim dan manajemen lain juga dapat menjadi relevan. Berikut adalah tim yang membutuhkan aplikasi CRM:

Tim Penjualan

Pada tim penjualan dapat menggunakan CRM untuk memantau calon pelanggan baru, mencatat panggilan dan membuat catatan rapat.

Kemudian dapat menetapkan tugas untuk ditindaklanjuti terhadap pelanggan. Seorang manajer penjualan akan memiliki laporan penjualan terkait waktu nyata dari kinerja tim mereka terhadap target mereka.

Tim Pemasaran

Tim pemasaran dapat mengintegrasikan formulir situs web Anda dengan CRM yang akan secara otomatis memperoleh arahan baru dan meneruskannya ke tim penjualan Anda untuk ditindaklanjuti.

Mereka dapat mengirim email otomatis untuk menyambut para pelanggan baru dan memonitor tanggapan mereka.

Menjalankan pemasaran CRM artinya semua aktivitas pelanggan dicatat kembali ke CRM. Hal ini dapat memberikan wawasan tentang perilaku dan analisis ROI mereka.

Tim Sales

Dengan menggunakan CRM yang terintegrasi berarti Anda juga dapat memonitor interaksi pasca penjualan ke pelanggan.

Perusahaan yang menjalankan bisnis ke bisnis (B2B) umumnya adalah target audiens untuk menggunakan CRM, tetapi perangkat lunak juga dapat membuat perbedaan bagi pasar lainnya juga.

Fitur-Fitur dalam CRM

Fitur CRM dasar akan mencakup peluang, yang dapat memungkinkan untuk menemukan para pelanggan serta komunikasi yang terjalin sebelumnya secara instan dan melacak calon pelanggan Anda.

Berikut ini adalah fitur-fitur yang wajib dimiliki aplikasi CRM:

Laporan Dashboard CRM

Banyak sistem CRM yang ada pada bisnis kecil tidak dapat mencangkup banyak hal terkait laporan CRM. Seharusnya dengan CRM tersebut akan mencangkup penulisan laporan perkiraan penjualan dan laporan listing aktivitas.

Tracking Tim Penjualan

Pelacakan terhadap tim penjualan mencakup pelacakan GPS tim penjualan ditambah dengan kehadiran mereka dan semua KPI serta semua tugas yang harus mereka lakukan.

Otomatisasi Bisnis

Apa CRM itu dapat membuat bisnis menjadi otomatis? Di dalam dunia bisnis saat ini, bahkan untuk bisnis kecil otomatisasi CRM telah menjadi suatu keharusan untuk dimiliki.

Otomatisasi dapat membantu menciptakan efisiensi dan meningkatkan produktivitas dengan cara mengotomatiskan proses manual.

Berbagai tindakan yang Anda lakukan di CRM akan memicu terciptanya alur kerja untuk menyelesaikan tugas sesuai dengan serangkaian aturan yang telah Anda tetapkan.

Integrasi

Kelebihan otomatisasi dan integrasi CRM adalah untuk meneruskan data antara berbagai sistem yang digunakan, serta memperbarui dan menyinkronkan informasi mengenai pelanggan Anda.

Di sini Anda dapat menggunakan integrasi asli, sehingga Anda tidak perlu mempekerjakan orang lagi untuk memasukkan data secara manual.

Kesimpulan

Jadi adanya kunci dari keberhasilan CRM adalah menjalin komunikasi yang baik antara pelanggan dengan perusahaan.

Sebagai pemilik perusahaan ataupun pembisnis Anda  jangan pernah berhenti untuk selalu mendengar kritik maupun saran yang diberikan pelanggan kepada perusahaan.

Tidak hanya itu saja, usaha untuk selalu memuaskan pelanggan adalah kunci dari keberhasilan CRM.

Untuk mengembangkan bisnis, Anda tidak boleh hanya memanfaatkan CRM, namun juga harus membuat strategi lainnya. Untuk membuat strategi lain dan strategi CRM, Anda harus melihat kondisi keuangan terlebih dahulu.

Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti MASERP, adapun keunggulan dari MASERP ini adalah dapat memenuhi semua kebutuhan laporan keuangan perusahaan Anda dengan custom sesuai keperluan perusahaan Anda.

Karena MASERP dapat membantu Anda melihat kondisi keuangan perusahaan dengan mudah, cepat, aman dan nyaman.

Baca Juga : Apa Perbedaan CRM dan ERP?