5 Jenis dan Cara Mudah Mencatat Akun Kontra

Dalam laporan keuangan, biasanya kita mengenal berbagai jenis akun seperti akun modal, akun kewajiban (liabilitas), akun aktiva (aset), akun pendapatan dan akun beban. Apakan Anda pernah mendengar istilah akun kontra? Akun kontra adalah akun yang posisinya berlawanan dengan kredit maupun debit dalam satu akun, mereka memiliki letak perbedaan saldo.

Biasanya akun kontra tidak disebutkan sebagai “akun kontra” dalam laporan keuangan. Akun ini pun memiliki beberapa jenis yang ternyata sering Anda lihat. Akun ini juga memiliki beberapa manfaat bagi akuntan saat membuat laporan keuangan perusahaan.

Untuk memahami lebih dalam, yuk simak bahasan mengenai akun kontra di bawah ini!

Apa Itu Akun Kontra?

Akun kontra adalah akun yang dipakai dalam buku besar untuk mengurangi nilai akun terkait apabila kedua akun tersebut bersama. Saldo akun kontra adalah berlawanan dengan saldo normal untuk klasifikasi akun tersebut.

Jika debit adalah saldo yang dicatat dalam akun terkait, akun kontra akan menjadi kredit. Misalnya, akun kontra untuk aset tetap adalah akumulasi dari penyusutan (depresiasi) dan penyisihan piutang.

Akun kontra berguna untuk melaporkan jumlah asli dan melaporkan pengurangan sehingga jumlah bersih juga akan dilaporkan. Jumlah bersih (net amount) sering disebut sebagai jumlah tercatat atau jumlah realisasi bersih.

Jenis akun ini biasanya disebut penyisihan piutang ragu atau cadangan piutang tak tertagih. Saldo penyisihan piutang merupakan jumlah yang dari saldo piutang lancar yang diharapkan tidak tertagih. Jumlahnya dilaporkan pada neraca di bagian aset tepat di bawah piutang. Akun kontra biasanya muncul di baris ketiga untuk net amount (jumlah bersih).

Akuntan lebih memilih menggunakan akun kontra daripada mengurangi nilai akun asli secara langsung untuk menjaga catatan akuntansi keuangan tetap bersih. Kalau akun kontra tidak digunakan, akan sulit untuk menentukan biaya historis. Ini membuat persiapan pajak menjadi lebih sulit dan memakan waktu.

Baca Juga: Perbedaan Hutang dan Piutang dalam Bisnis dan Akuntansi

Jenis Akun Kontra

Akun kontra dalam laporan keuangan umumnya tidak dijelaskan dan diberi tanda khusus. Jenis akun kontra yang paling dasar adalah akun kontra pendapatan dan akun kontra ekuitas.

Akun kontra pendapatan adalah akun yang dapat mengurangi pendapatan, sedangkan akun kontra ekuitas adalah akun yang sifatnya dapat mengurangi ekuitas. Berikut ini beberapa jenis lain dari akun kontra:

Allowance for Doubt Debt (Cadangan Piutang Ragu)

Allowance for Doubtfull Debt (ADD) termasuk jenis akun kontra karena letaknya berada di aset (aktiva), di sebelah debet. ADD merupakan akun baru yang dibuat setelah ada penyesuaian dari kerugian piutang dengan cara melakukan debet beban kerugian piutang dan melakukan kredit ADD. Biasanya, perusahaan memiliki kebijakan yang berbeda untuk menetapkan jumlah ADD.

Baca Juga: Mengenal Aset (Aktiva) Beserta Jenis, Cara Pengukuran dan Struktur

Accumulated Depreciation (Akumulasi Depresiasi)

Akumulasi penyusutan merupakan jumlah yang dipakai agar bisa bisa mengurangi nilai buku suatu aset yang berwujud, kecuali tanah. Contoh aset berwujud antara lain gedung atau bangunan, kendaraan, mesin produksi dan peralatan yang memiliki usia lebih dari 12 bulan. Akun akumulasi ini bersebelahan dengan aset tetap berwujud, ditemukan juga dalam kredit walau kategorinya aktiva (aset).

Akun Kontra Liabilitas

Saldo akun kontra liabilitas adalah saldo debit, nilainya mengurangi nilai liabilitas. Contohnya ada pada diskon hutang obligasi, yaitu perbedaan antara jumlah uang tunai yang diterima perusahaan saat menerbitkan obligasi dan nilai obligasi pada saat jatuh tempo. Nilai obligasi dikurangi dengan diskon pada hutang obligasi.

Contoh lainnya adalah diskon wesel bayar, diskon yang ditawarkan untuk kewajiban yang timbul ketika perusahaan meminjam sejumlah uang tertentu dan membayarnya lebih awal. Diskon wesel bayar mengurangi jumlah total wesel untuk mencerminkan diskon yang ditawarkan oleh pemberi pinjaman.

Akun Kontra Ekuitas

Ekuitas yang dicatat sebagai saldo debet digunakan untuk mengurangi saldo akun ekuitas standar. Ini adalah pengurangan dari ekuitas karena mewakili jumlah yang dibayarkan oleh perusahaan untuk membeli kembali sahamnya. Akun kontra ekuitas mengurangi jumlah total saham yang beredar Akun saham treasury adalah akun didebit ketika perusahaan membeli kembali sahamnya dari pasar terbuka.

Akun Kontra Pendapatan

Akun kontra pendapatan adalah pengurangan dari pendapatan kotor yang menghasilkan pendapatan bersih. Transaksi ini dilaporkan dalam satu atau lebih akun kontra pendapatan. Biasanya memiliki saldo debet dan mengurangi jumlah total pendapatan bersih perusahaan.

Contoh akun kontra pendapatan:

  • Pengembalian penjualan: transaksi ini mencatat ketika pelanggan mengembalikan barang yang telah dibayar dan pengembalian dana perlu diberikan.
  • Tunjangan penjualan: pengurangan harga jual ketika pelanggan setuju untuk menerima unit yang rusak alih-alih mengembalikannya ke penjual.
  • Diskon penjualan: diskon penjualan ditawarkan pada penjualan barang untuk menarik pembeli. Ini adalah insentif untuk membeli barang.

Cara Mencatat Akun Kontra

Ketika akun kontra aset pertama kalo dicatat dalam entry journal, offset menjadi beban. Sebagai contoh, peningkatan dalam bentuk kredit ke cadangan piutang ragu (allowance for doubtful accounts) dicatat sebagai debit untuk menambah beban piutang tak tertagih.

Saat menghitung aset, selisih antara saldo akun aset dan saldo akun kontra disebut sebagai nilai buku. Ada dua metode utama untuk menentukan apa yang harus disusun ke dalam akun kontra.

Metode penyisihan akuntansi memungkinkan perusahaan untuk memperkirakan jumlah yang masuk akal untuk dibukukan ke dalam akun kontra. Metode persentase penjualan mengasumsikan bahwa perusahaan tidak dapat menagih pembayaran untuk persentase tetap barang atau jasa yang telah dijualnya. Kedua metode tersebut menghasilkan penyesuaian nilai buku.

Misalnya, perusahaan memiliki piutang senilai Rp40.000.000,- pada akhir bulan September. Lalu sudah memperkirakan 10% dari piutang tidak akan tertagih dan hasil untuk membuat entri kredit sebesar 10% x Rp40.000.000,- = Rp4.000.000,- dalam rekening kontra, penyisihan piutang ragu.

Untuk menyeimbangkan entri jurnal, debit akan dilakukan pada beban piutang tak tertagih sebesar Rp4.000.00,-. Meskipun piutang tidak jatuh tempo pada bulan September, perusahaan masih harus melaporkan kerugian kredit sebesar Rp4.000.000,- sebagai beban piutang tak tertagih dalam laporan laba rugi bulan tersebut.

Kalau perusahaan memiliki piutang Rp40.000.000,- dan penyisihan piutang ragu adalah Rp4.000.000,-, nilai buku bersih yang dilaporkan di neraca adalah Rp36.000.000,-.

Contoh lain dari akun kontra aset adlaah akumulasi penyusutan. Misalnya, kalau sebuah perusahaan memiliki aset tetap seperti peralatan dengan saldo debet sebesar Rp92.000.000,- dan akun akumulasi penyusutan memiliki saldo kredit sebesar Rp50.000.000,-, jumlah yang tercatat (nilai buku) peralatan tersebut adalah Rp42.000.000,-.

Akun laporan laba rugi dan potongan penjualan adalah akun kontra pendapatan yag dikaitkan dengan akun pendapatan penjualan.

Jika saldo dalam akun kontra ini adalah debit sebesar Rp3.000.000,- dan akun penjualan memiliki saldo kredit yang diharapkan sebesar Rp400.000.000,-, maka penjualan bersih perusahaan adalah Rp397.000.000,-.

Penggunaan retur dan potongan penjualan ini (bukan debet penjualan) memungkinkan manajemen untuk melihat bahwa pelanggan memiliki masalah dengan barang perusahaan senilai Rp3.000.000,-.

Manfaat Akun Kontra

  • Mencatat nilai asli pada buku besar bersama dengan pengurangan nilai apa pun.
  • Melihat nilai historis yang unik dari aset bersama dengan akumulasi penyusutan aset terkait.
  • Memudahkan pengambilan dari jumlah asli dan penurunan aktual yang membantu dalam memahami saldo bersih.
  • Menyajikan nilai bersih (net value) berdasarkan pengurangan yang dilakukan pada jumlah asli.

Kesimpulan

Akun kontra adalah akun yang dipakai dalam buku besar untuk mengurangi nilai akun terkait apabila kedua akun tersebut bersama. Akun kontra memiliki beberapa jenis antara lain allowance for doubt debt, akumulasi depresiasi, akun kontra liabilitas, akun kontra ekuitas dan akun kontra pendapatan.

Ada dua metode dalam menentukan apa yang harus disusun ke dalam akun kontra yaitu metode penyisihan akuntansi dan metode persentase penjualan.

Akun kontra ini sangat erat kaitannya dengan laporan keuangan perusahaan. Pembuatan laporan keuangan secara manual, tentu saja akan menyulitkan Anda karena akan menghabiskan waktu dan rentan terjadi human error. Untuk menghindari dua hal tersebut, sebaiknya Anda menggunakan software akuntansi yang sudah terintegrasi seperti MASERP.

MASERP merupakan software ERP yang sudah terintergrasi dengan banyak fungsi bisnis seperti penjualan, pembelian, keuangan, manufaktur dan lain-lain.

MASERP akan memudahkan Anda mencatat, memantau dan membuat laporan keuangan seperti arus kas dan laba rugi perusahaan secara otomatis dan kapan saja tanpa harus menunggu rugi atau negatif.

Pencatatan dan pengawasan laporan keuangan harus dilakukan secara rutin untuk memastikan cash flow perusahaan selalu positif. Anda bisa mencustom software MASERP sesuai bisnis flow Anda. Segera konsultasikan dengan konsultan ahli kami. Gratis!