Manajemen? Pengertian, Unsur, Fungsi dan Jenisnya

Apakah Anda pernah merasakan tidak mempunyai manajemen waktu yang baik untuk melakukan sesuatu?

Karena beban pekerjaan ataupun tugas yang terus bertambah, mungkin menjadi salah satu penyebab Anda kurang baik dalam bertanggung jawab dan mengatur waktu.

Kemampuan manajemen yang baik sangat membantu Anda dalam mengatur waktu, tanggung jawab dan disipin.

Manajemen mempunyai fungsi yang saling membantu dalam kegiatan sehari-hati adalah hal yang penting Anda pelajari.

Karena itu mari kita simak tentang manajemen berikut ini:

Pengertian Manajemen

Manajemen adalah proses seseorang bisa mengatur segala sesuatu yang dikerjakan oleh kelompok ataupun individu.

Pentingnya dilakukan untuk mencapai target ataupun tujuan baik dari individu ataupun kelompok secara kooperatif.

Lalu sebagai usaha koordinasi, perencanaan, dan pengaturan bagi sumber daya yang ada agar bisa mencapai tujuan yang efektif dan efisien.

Karena menerapkan ilmu tersebut, diharapkan jika sesuatu yang dikerjakan dapat diselesaikan tepat waktu dan tidak menjadi hal yang sia-sia agar dapat terorganisir secara baik.

Manajemen Menurut Para Ahli

Banyak para ahli yang mendefinisikan manajemen pada pemahaman mereka sendiri. Berikut ini ada beberapa definisi menurut para ahlinya:

Pertama ada Lawrance A. Appley menyebutkan manajemen itu keahlian untuk membangkitkan orang lain ataupun kelompok  yang bersedia melakukan sesuatu.

Kedua Mary Parker Follet, adalah seni menyelesaikan tugas yang melalui perantara.

Pada hal tersebut kegiatan yang bisadilakukan seorang manager dalam mengarahkan orang lain atau bawahannya dalam menyelesaikan pekerjaan.

Selanjutnya ada Ricky W Griffin berpendapat bahawa manajemen merupakan suatu proses dalam perencanaan, koordinasi, organisasi dan kontrol dalam sumber daya untuk mencapai tujuan yang efektif dan efisien.

Terakhir George Robert Terry mengartikan dalam manajemen sebagai proses yang khas dari berapa tindakan yaitu perorganisasian, perggerakan, dan pengawasan.

Unsur-Unsur Manajemen

Keuangan (Money)

Keuangan juga sangat berpengaruh besar pada perusahaan. Semua kegitan keuangan yang sudah tersusun dan terrencana dapat dijalankan. Jadi perusahaan bisa lebih mudah dalam melakukan semua kegiatannya.

Sumber Daya Manusia ( Men )

Sumber daya manusia adalah hal yang penting. Perusahan yang memiliki manajemen yang baik ialah perusahaan yang mempunyai sumber daya manusia yang berkualitas. Dengan begitu mereka bisa menyusun dan melakukan tujuan tersebut.

Metode (Methods)

Cara yang bisa digunakan dalam melaksanakan pekerjaan. Sebuah metode yang bagus dan baik akan bisa mempertimbangkan dari berbagai hal.

Peralatan Mesin ( Machine)

Dalam mempermudah pekerjaan dalam menyelesaikannya, peralatan mesin sangat berperan dan dibutuhkan. Karena dengan adanya peralatan mesin, maka karyawan bisa efektif dan efisien dalam menyelesaikan pekerjaannya.

Pasar ( Market )

Sebuah produk yang selesai diproduksi akan dipasarkan ke konsumen. Dalam hal ini produk yang mempunyai kualitas bagus maka akan mempengaruhi tingkat pada penjualan dan keuntugan.

Baca Juga: Contoh Wirausaha Kecil Yang Potensial Di Masa New Normal

Fungsi Manajemen

Pengarahan

Fungsi yang pertama ialah pengarahan yang ada kaitannya dengan kepemimpinan, motivasi, komunikasi dan pengawasan.

Perencanaan

Pada fungsi perencanaan berpengaruh pada masa depan perusahaan. Cara yang sistematis dan rasional untuk membuat perencanaan dan keputusan akan berpengaruh bagi masa depan perusahaan.

Organisasi

Ketiga ada organisasi berguna dalam mengkordinasi berbagai kegiatan di perusahaan. Hal tersebut bisa memudahkan dalam pengawasan bagi sumber daya manusia dalam melaksanakan tugasnya.

Kepegawaian

Fungsi kali ini adalah untuk merekrut dan mempertahankan tenaga kerja yang dibutuhkan perusahaan pada tingkat manajerial dan non-manajerial. Ini berkaitan dengan pengembangan, pelatihan dan evaluasi karyawan.

Kontrol

Pada fungsi kontrol adalah kegitan yang dilakuakn karyawan untuk memastikan apakah tugas dan pekerjaan mereka. Kegiatan ini bisa dari penetapan pada standar yang dilakuakn karyawan dan memperbaiki adanya penyimpangan yang ada lingkungan karyawan.  

Jenis Manajemen

Ilustrasi Gambar Manajer Srategi

Pemasaran

Pada pemasaran kegiatan yang tugasnya manganalisa pasar, kebutuhan bagi konsumen, dan kompetitor.

Dengan mengerti manajemen pemasaran maka Anda akan bisa menyiapkan strategi apa yang bisa bersaing dengan competitor.

Fungisnya bisa mempertahankan perkembangan perusahaan , kelangsungan perusahaan dan laba yang besar.

Hal tersebut memiliki peran yang penting dalam kelangsungan bisnis di perusahaan, karena itu perusahaan harus bisa mamaksimalkan potensi pada produk penjualan dan pembelian.

Tugasnya harus bisa menguasai manajemen branding, informasi pemasaran nasional ataupun internasional dan pemasran digital.

Kemampuan tersebut harus dikuasai manajer pemasaran untuk mengetahui penjualan yang akan datang, statistik, dan trend pada pasar.

Keuangan

Kegiatan penganggaran, pengelolaan, perencanaan, pengendalian, penyimpanan dan pencairan dana yang dimiliki perusahaan masuk ke manajemen keuangan.

Seorang manajer keuangan harus bisa memastikan kegiatan dalam usahanya yang dijalankan bisa mencapai tujuan yang orientasinya pada profit.

Manajer keuangan harus ahli tentang pasar modal dan investasi, keuangan internasional, risiko dan keuangan perbankan.

Pihak manajemen keuangan harus bisa merancang dan mengendalikan anggaran, menghitung pajak, menyusun dan merealisasikan keuangan agar meningkatkan profit bagi perusahaan.

Baca Juga: Cara Menyusun Laporan Keuangan Perusahaan Dagang

Sumber Daya Manusia (SDM)

Manajemen sumber daya manusia (Human Resource) ialah ilmu dan seni untuk mengatur hubungan dan peran sumber daya atau tenaga kerja yang dimilki seseorang dengan cara efektif.

Pada hal ini, manajer sdm harus memiliki bakat dalam mengolah semua sumber daya manusia yang bisa bekerja secara maksimal, produktif dan berkualitas.

Ada juga fungsi lain dari sdm yaitu mengoptimalkan semua sumber daya manusia agar bisa bekerja, menyusun pembagian tugas dan tanggungjawab diseluruh jajaran staf.

Risiko

Manajemen adalah upaya dalam melakukan pengelolaan suatu hal.

Sementara risiko adalah akibat yang kurang menyenangkan dari suatu tindakan ataupun perbuatan.

Jadi manajemen risiko yaitu suatu metodologi dalam menghindari akibat yang mungkin bisa terjadi pada perusahaan.

Produksi

Pada manajemen produksi kegiatan yang berkaitan dengan produksi untuk tujuan perusahaan.

Pihak produksi dapat membuat keputusan yang ada kaitannya dengan produksi barang atau jasa yang dapat menghasilkan.

seorang manjaer produksi haruslah pintar dalam memahami sistem produksi, proses material handling, kesehatan kerja dan lingkungan ,teknik pemeliharaan, perencanaan kebutuhan material dan lainnya.

Strategi

Manajemen strategis ialah suatu ilmu yang bisa menyusun, menerapkan dan mengevaluasi keputusan yg dibuat.

Dalam manajemen strategi bertanggungjawab pada proses penetapan tujuan organisasi, kebijakan, serta mengalokasikan sumber daya bagi mewujudkan visi dalam perusahaan.

Manajemen strategis mengkolaborasikan aktivitas-aktivitas dari berbagai bagian fungsionalitas perusahaan.

Karakteristik Manajemen

Kegiatan kelompok

Organisasi yang terdiri dari beberapa anggota yang memiliki harapan, kebutuhan dan keyakin yang berbeda-beda.

Orang tersebut bergabung ke dalam organisasi dengan motif yang berbeda, tetapi setelah jadi bagian dari organisasi itu mereka bisa bekerja dengan tujuan yang sama.

Berorientasi pada Tujuan

Organisasi dapat dibentuk dengan suatu tujuan yang ditentukan. Pada hal ini manajemen bisa membantu mencapai tujuan dalam waktu yang tepat.

Proses Berkelanjutan

Proses ini cenderung bisa bertahan asalkan organisasi tersebut masih ada. Hal ini diperlukan di setiap organisasi bisa dari produksi, sumber daya manusia dan keuangan.

Multi-dimensional

Manajemen yang tidak terbatas di administrasi, tetapi bisa mengelola pekerjaan, proses dan menjadikannya aktivitas multidisplin.

Manajemen tidak terbatas pada administrasi orang saja, tetapi juga mengelola pekerjaan, proses, dan operasi, yang menjadikannya aktivitas multidisiplin.

Kesimpulan

Memulai mengatur bisnis, manajemen adalah hal yang penting dalam perkembangan bisnis Anda.

Ada beberapa macam manajemen yang bisa kita pelajari, mulai dari strategi, pemasaran, keuangan dan lainnya.

Karena tanpa manajemen yang baik, laporan keuangan pun akan berantakan.

Tanpa adanya laporan keuangan bisnis perusahaan Anda akan kehilangan arah untuk pertumbuhan di masa mendatang.

Jika perusahaan Anda mengalami kesulitan dalam membuat laporan keuangan, Anda bisa gunakan software akuntansi MASERP yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Dengan software akuntansi semua proses pencatatan transaksi sampai pembuatan laporan keungan akan lebih mudah, cepat, dan tepat.

Klik dibawah ini untuk konsultasi gratis sekarang juga!