5 Tips Usaha Ritel untuk Meningkatkan Laba Perusahaan

Banyak dari pebisnis yang sering mendengar kata ritel dalam aktifitasnya sehari-hari. Tapi tahukah pebisnis tentang jenis usaha ritel apa saja yang umum digunakan di Indonesia?

Salah satunya adalah usaha ritel adalah jenis usaha dengan peluang yang menjanjikan. Karena bisnis ini akan terus ada yaitu dengan permintaan produk-produknya, salah satunya retail lampu. Bersaing di industri ritel tidaklah mudah, ada banyak pembisnis ritel lampu bermodal besar yang menjual produk serupa juga. Terlebih lagi dengan banyaknya penjual produk-produk lampu ini di marketplace.

Tetapi, Anda tidak perlu patah semangat. Dengan melakukan strategi bisnis yang tepat, Anda akan mampu bertahan di tengah persaingan. Bukan hanya meningkatkan penjualan, tetapi Anda juga perlu terus meningkatkan profitabilitas agar usaha ritel Anda dapat terus beroperasi. Jadi, apa saja cara yang bisa Anda lakukan agar bisnis ini tetap menguntungkan? Simak tipsnya berikut ini!

Pahami Kebutuhan Pelanggan

Anda boleh bebas berkreasi pada produk Anda, mengganti model produk sesuai tema dan kebutuhan. Tetapi, Anda perlu ingat bahwa Anda harus menyediakan produk yang sesuai dengan apa yang pelanggan Anda inginkan. Dengan menyimpan produk yang tidak benar-benar diinginkan oleh pelanggan hanya akan memenuhi ruang penyimpanan inventory saja. Ini juga bisa menyebabkan pemborosan keuangan. Anda mungkin bisa mendiskon produk-produk yang tidak laku nantinya, namun Anda tidak akan meraih keuntungan dari penjualan tersebut.

Cek kembali riwayat penjualan Anda pada tahun lalu. Ketahui produk-produk yang paling konsumen minati untuk menjadi referensi penjualan Anda saat ini. Anda bisa melacak riwayat penjualan Anda secara manual, namun biasanya ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Jadi, sebaiknya Anda menggunakan sistem manajemen inventaris dengan forecasting yang memudahkan Anda memprediksi permintaan untuk produk Anda.

Baca Juga: 7 Aplikasi POS (Point of Sales) Terbaik Tahun 2022

Ekuitas Merek Usaha

Selain kualitas produk, ekuitas merek brand equity Anda juga perlu ditingkatkan. Ekuitas merek mengacu pada nilai tambahan yang melekat pada pelanggan dengan merek Anda, meliputi kesadaran, persepsi, dan loyalitas. Untuk membangun ekuitas merek, Anda perlu mengingat kembali niat awal Anda ketika membangun usaha ritel ini. Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang harus Anda tanyakan kepada calon pembisnis:

  1. Apa yang ingin Anda sampaikan kepada pelanggan melalui merek Anda?
  2. Persepsi seperti apa yang ingin Anda tanamkan pada seseorang ketika mendengar atau melihat merek Anda?
  3. Apa yang membuat pelanggan Anda ingin tetap memilih merek Anda dari yang lain?

Jangan hanya memikirkan sesuatu yang unik, tetapi juga sesuatu yang bermakna dan diperlukan bagi pelanggan. Buatlah pelanggan Anda merasakan koneksi ketika memakainya. Contohnya adalah ritel lampu merek ABC yang dengan berkolaborasi dengan desainer yang ternama dengan koleksi-koleksi terbatasnya karena dengan membeli produk tersebut maka pelanggan merasa sepecial dengan dapatnya model terbaru lampu tersebut.

Teknologi Ritel Terbaru

Usaha retail tidak dapat dipisahkan dari teknologi. Sebagian retailer menganggap implementasi teknologi sebagai cara untuk meningkatkan gengsi saja. Padahal, penggunaan teknologi dapat membantu pemilik usaha dalam menyederhanakan proses dan mendapatkan visibilitas lengkap mengenai keseluruhan bisnisnya, terutama penjualan dan keuntungan. Teknologi ritel seperti sistem ERP berbasis cloud dapat membantu pemilik usaha tersebut mengintegrasikan seluruh operasional mulai dari melacak penjualan, mengontrol pembelian, mengelola supplier, mengatur stok, hingga memantau laba rugi di mana pun dan kapan pun. Software ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki beberapa cabang toko di lokasi yang berbeda.

Loyalty Program yang Kreatif

Kita semua tahu bahwa menjual produk ke pelanggan yang sudah ada saat ini jauh lebih mudah ketimbang menjual produk ke seseorang yang belum pernah membeli sama sekali. Inilah mengapa strategi customer retention sangat penting dilakukan. Salah satu strategi mempertahankan pelanggan yang paling efektif adalah dengan menawarkan program loyalitas.

Kelola Arus Kas

Meningkatkan penjualan saja tidak cukup untuk mengoptimalkan profitabilitas usaha, Anda juga perlu mengecek arus uang yang masuk dan keluar secara teratur untuk memastikan bahwa biaya pengeluaran Anda terkendali dan Anda tetap meraih untung. Jangan biarkan biaya pengeluaran Anda melebihi penghasilan Anda. Untuk memudahkan mengontrol keuangan, pertimbangkan untuk menggunakan sistem manajemen. Sistem manajemen keuangan ini memungkinkan Anda untuk mengestimasi pendapatan dan pengeluaran di masa depan, sehingga Anda dapat mengontrol pengeluaran dan mengalokasikan anggaran dengan lebih baik. Anda juga dapat melacak laba rugi berdasarkan cabang toko, area, dan bahkan jenis produk, sehingga Anda dapat mengetahui aspek-aspek apa saja yang menghasilkan keuntungan bagi bisnis Anda dan apa yang justru mengakibatkan kerugian.

Kesimpulan

Nah, setelah mengetahui usaha ritel tentunya pebisnis bisa menentukan usaha ritel seperti apa yang cocok dengan kebutuhan. Tentunya itu semua tergantung dengan target pelanggan, konsep brand atau produk dan sumber daya yang Anda miliki.

Contohnya seperti PT ABC ritel lampu mempunyai sistem yang masih manual, membuat perusahaan mengalami kesulitan untuk beroperasi secara cepat & tepat. Kesalahan & perlambatan yang terjadi akibat kesalahan input, kesulitan dalam menentukan batas limit pada setiap agen dan sistem penagihan yang lambat kepada agen memberikan dampak pada pendapatan perusahaan.

MASERP menyediakan solusi nyata pada sistem approval secara mendetail & juga tentunya secara online. Modifikasi special yang disesuaikan dengan kebutuhan,membantu kegiatan operasional perusahaan tersebut menjadi lebih efektif & efisien secara keseluruhan.

Salah satunya sistem yang dapat terintergrasi proses manajemen produk dan manajemen keuangan, serta akuntansi yang tepat untuk mendukung kelancaran bisnis retail Anda adalah software akuntansi seperti MASERP.

MASERP memiliki fitur Barcode Scanner untuk penerimaan barang, surat jalan dan penjualan produk yang bisa membantu meningkatkan kecepatan dan keakuratan kinerja Anda. Anda juga dapat melakukan tracking umur piutang customer Anda dengan fitur reminder untuk piutang jatuh tempo setiap harinya agar dapat melakukan penagihan tepat waktu dan menjaga kesehatan cash flow.

Fitur Sales Order membantu Anda mentracking pesanan penjualan yang sudah dibuat dan melacak apakah barang sudah dikirim ke customer atau belum. Sebagai distributor yang menyimpan banyak persediaan barang, Anda pasti tidak ingin mengirimkan barang yang sudah expired ke pedagang eceran dan konsumen. Dengan fitur Serial Number dan Batch Number di MASERP, Anda bisa melacak expiry date demi menjaga kualitas produk.

New call-to-action