5 Contoh Laporan Keuangan yang Harus Anda Ketahui

Dalam menjalankan sebuah perusahaan, laporan keuangan merupakan salah satu sumber dokumen untuk mengetahui kesehatan keuangan bisnis. Untuk melihat untung ruginya bisnis yang dijalankan, pastinya Anda harus membuat laporan keuangan terlebih dahulu mengenai pemasukan yang diterima maupun pengeluaran. Berikut kami berikan pengertian, tujuan, ciri dan contoh laporan keuangan yang harus Anda ketahui.

Pengertian Laporan Keuangan

Laporan keuangan adalah hasil akhir dari proses pencatatan transaksi keuangan suatu perusahaan yang menunjukkan kondisi keuangan perusahaan tersebut pada satu periode akuntansi dan merupakan gambaran umum mengenai kinerja suatu perusahaan.

Mencatat setiap transaksi keuangan bagi perusahaan adalah hal yang wajib. Pembuatan laporan ini sangat penting untuk mengetahui bagaimana perkembangan arus pendapatan dan pengeluaran dalam periode tertentu. Laporan keuangan juga menyediakan gambaran dan informasi penting bagi perusahaan untuk merancang strategi.

Tujuan Laporan keuangan

Laporan keuangan dibuat dengan tujuan untuk menyediakan informasi terkait kondisi keuangan. Selain itu, tujuan laporan keuangan antara lain:

  • membantu perusahaan dalam proses pengambilan keputusan,
  • Membantu perusahaan dalam menilai dan memprediksi pertumbuhan bisnis di masa depan.
  • Menilai aktivitas pendanaan dan operasi perusahaan.

Manfaat Laporan Keuangan

Manfaat laporan keuangan sangat berpengaruh banyak bagi setiap pihak, yaitu pihak eksternal dan internal. Berikut beberapa manfaat laporan keuangan tersebut :

Pengelola (Direksi & Manajemen)

Manfaat laporan keuangan bagi manajemen perusahaan yaitu memberikan informasi yang digunakan dalam pengambilan keputusan, evaluasi usaha yang sedang berjalan, melakukan budgeting dan kontrol internal.

Jika sebuah informasi keuangan yang diberikan akurat, maka pengelola bisa mengambil keputusan dengan jernih berdasarkan data-data yang dimiliki.

Investor/Owner

Manfaat laporan keuangan bagi investor atau owner berkepentingan dengan informasi yang berhubungan dengan resiko yang terkait dengan investasi modal. Informasi tersebut akan membantu mengambil keputusan apakah harus menambah modal, mengurangi atau menjual sahamnya. Namun selain itu, investor juga perlu menilai kemampuan perusahaan membayarkan dividen/bagi hasil.

Supplier

Manfaat lain laporan keuangan, pihak supplier dan pemberi hutang dapat mengetahui informasi yang menunjukkan kemampuan perusahaan membayar hutang jangka pendeknya. Informasi keuangan tersebut akan membantu supplier untuk menentukan jumlah piutang yang diberikan dan jangka waktunya.

Pemerintah

Pemerintah juga memerlukan laporan keuangan. Manfaat laporan keuangan bagi mereka, dapat menilai kemampuan perusahaan dalam membayar pajak. Oleh sebab ini manfaat laporan keuangan sangatlah membantu pemerintah dalam membuat sebuah laporan pajak bagi setiap masyarakat.

Pemberi Pinjaman

Pihak yang memberi pinjaman dapat mengetahui informasi yang menunjukkan kemampuan perusahaan membayar utang beserta bunganya dengan tepat waktu. Sebuah manfaat laporan keuangan dapat membantu mereka untuk menentukan besar plafon, bunga dan jangka waktu yang diberikan.

Ciri Khas Laporan Keuangan

Dalam membuat laporan keuangan terdapat ciri khas atau hal-hal yang perlu dipahami. Sebaiknya pembuat harus memastikan bahwa ciri khas tersebut harus terdapat pada laporan yang akan dibuat. Ciri khas tersebut adalah:

Mudah dipahami

Informasi mengenai kondisi keuangan perusahaan mudah dimengerti oleh pengguna baik dari bentuk maupun istilahnya.

Relevan

Konten informasi yang ada di dalam laporan keuangan sebisa mungkin terkait dengan pengguna.

Keandalan

Laporan keuangan harus bebas dari multitafsir dan tidak mengandung definisi yang membingungkan/menyesatkan.

Konsisten

Bentuk dan format penyusunan laporan keuangan harus konsisten dari waktu ke waktu.

Tentunya semua laporan yang dicontohkan disini dapat dibuat secara manual, tetapi rata-rata sudah tersedia di software akuntansi modern.

Baca Juga: Rekomendasi Software Laporan Keuangan Terbaik 2022

Contoh Laporan Keuangan

Setidaknya ada lima jenis yang sering dipakai untuk melakukan analisis terhadap kondisi keuangan perusahaan, berikut kami sertakan penjelasan dan contoh laporan keuangan, yaitu:

Laporan Neraca (Balance Sheet)

Pengertian laporan neraca adalah laporan yang menjelaskan informasi kondisi keuangan perusahaan untuk mengetahui berapa jumlah aktiva (harta, aset), kewajiban (utang), dan modal perusahaan pada tanggal tertentu.

Penyusunan neraca memiliki fungsi untuk memberi informasi mengenai posisi dan kondisi keuangan pada bisnis yang dijalanan perusahaan pada suatu periode.

Laporan neraca terdiri dari harta (aktiva) dan kewajiban + modal (passiva). Antara aktiva dan passiva harus seimbang (sama nominalnya).

Bentuk laporan neraca dapat disajikan dalam 2 bentuk, yaitu:

Neraca Staffel

Bentuk laporan neraca yang menyajikan elemen-elemen neraca dengan melajur dari atas ke bawah.

Secara sederhana digambarkan sebagai berikut:

Neraca Skontro

Bentuk laporan neraca yang disajikan dengan aktiva di sisi kiri dan kewajiban serta modal di sisi kanan.

Berikut ini bentuk laporan neraca sederhana:

Laporan Laba Rugi (Profit and Lost Statement)

Laporan laba rugi adalah suatu laporan yang menjelaskan tentang kinerja keuangan dalam satu periode akuntansi. Di dalam laporan ini terdapat informasi mengenai unsur-unsur pendapatan dan beban perusahaan sehingga diketahui laba atau rugi bersih.

Terdapat beberapa aspek yang harus muncul saat menyusun laporan laba-rugi. Beberapa diantaranya:

  • pendapatan,
  • beban operasional,
  • laba/rugi usaha,
  • pendapatan/beban lain lain.
Contoh Format Laporan Laba Rugi di MASERP

Laporan Perubahan Modal (Capital Statement)

Merupakan laporan yang di dalamnya terdapat informasi tentang perubahan modal dan apa yang menyebabkan terjadinya perubahan pada periode tertentu. Informasi yang dipaparkan pada laporan perubahan modal meliputi jumlah modal yang tersedia pada periode waktu tertentu.

Dalam penyusunan laporan perubahan modal terdapat berbagai data keuangan yang harus ada di dalamnya, yaitu:

  • jumlah modal yang dimiliki,
  • jumlah nominal laba/rugi pada satu periode,
  • dana pribadi yang ditarik oleh pemilik perusahaan pada satu periode.

Laporan Arus Kas (Cash Flow)

Laporan ini berfungsi bagi perusahaan untuk mengetahui adanya aliran dana/kas yang masuk dan keluar pada waktu periode tertentu. Laporan arus kas ini juga dapat digunakan sebagai standar penetapan atau prediksi arus kas yang akan terjadi di periode selanjutnya.

Pada laporan arus kas ini juga dapat dilihat seberapa besar beban atau biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan baik untuk aktivitas teknis dan operasional ataukah pada kegiatan investasi. Sehingga melalui arus kas, pengguna dapat melihat secara global bahkan spesifik kegiatan yang sedang atau telah dilakukan oleh perusahaan.

Catatan atas Laporan Keuangan

Mungkin Anda sedikit bertanya dengan jenis laporan keuangan satu ini. Catatan atas laporan keuangan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari laporan keuangan secara keseluruhan.

Fungsi catatan atas laporan keuangan adalah untuk memberikan rincian dari pos yang disajikan dalam laporan keuangan dan informasi tentang pos yang tidak memenuhi kriteria pengakuan dalam laporan keuangan.

Penyusunan catatan atas laporan keuangan akan memudahkan Anda dalam memahami laporan keuangan lainnya secara lebih mudah dan efisien. Catatan atas laporan keuangan dibuat oleh manajemen perusahaan untuk mempertanggungjawabkan tugas yang dibebankan oleh pemilik perusahaan.

Selain itu, laporan keuangan juga sebagai laporan kepada pihak eksternal perusahaan seperti calon investor dan pemerintah.

Kesimpulan

Nah, itu tadi penjelasan lengkap mengenai contoh laporan keuangan perusahaan beserta tujuan dan manfaatnya. Sebaiknya proses pencatatan transaksi keuangan di perusahaan Anda dapat terintegrasi dengan departemen lain, misalnya pembelian dan penjualan agar tidak perlu lagi memakan waktu lama untuk koordinasi tim.

MASERP yang sudah dipercaya ribuan perusahaan lokal dan mancanegara dari berbagai industri. Selain fitur yang lengkap dan dapat dicustom sesuai flow perusahaan, kami juga memberikan jasa after sales berupa trainingupdate program dan dedicated support di hari dan jam kerja lewat chat bubble di dalam program ERP sehingga konsumen tetap terbantu jika menemui kendala.

Apakah perusahaan Anda saat ini membutuhkan software ERP dengan fitur lengkap dan dapat disesuaikan dengan bisnis flow? Segera konsultasikan kendala dan kebutuhan perusahaan Anda dengan konsultan ahli kami sekarang, gratis!

New call-to-action