Pahami 4 Keunggulan dan Kelemahaan Sistem Ekonomi Pasar

Dalam suatu negara pasti menganut sistem ekonomi yang berbeda-beda, tergantung akan kebutuhan, kebijakan, maupun badan yang terkait di dalamnya, salah satunya adalah sistem ekonomi pasar yang cenderung dianut oleh negara-negara kapitalis atau yang menerapkan demokrasi liberal.

Lalu apa itu sistem ekonomi pasar? Apa pula keunggulan dan kelemahannya jika dibandingkan dengan sistem ekonomi lainnya?

Sistem ini menjadi kebijakan ekonomi yang sepenuhnya ditentukan oleh dinamika pasar. Secara sederhana dapat diartikan bahwa kegiatan ekonomi berikut alokasi sumber daya ditentukan oleh naik turunnya permintaan dan penawaran.

Dengan mengetahui sistem yang berlaku, hal tersebut akan memengaruhi keputusan bisnis yang Anda ambil pada periode tertentu.

Pengertian Sistem Ekonomi Pasar

Seperti yang sudah kita tahu sebelumnya bahwa sistem ekonomi pasar adalah suatu sistem ekonomi yang di dalamnya menyerahkan semua kegiatan ekonomi, seperti produksi, distribusi, dan juga konsumsi yang secara menyeluruh pada mekanisme pasar.

Selain itu, sistem tersebut akan terjadi berlaku jika suatu sistem ekonomi yang mana pada harga barang dan jasanya ditentukan oleh pasar terbuka, yang mana hukum penawaran dan juga permintaan bisa berlaku secara bebas atau tidak ada intervensi dari pihak apapun.

Konsekuensi dari hal tersebut adalah adanya kebebasan individu dalam hal membuat keputusan ekonomi, lalu setiap individu juga mempunyai hak atas faktor produksi dan bergerak untuk keuntungan dirinya sendiri.

Baca Juga: Contoh Kegiatan Produksi di Bidang Ekonomi Bisnis

Keunggulan dan Kelemahaan Sistem Ekonomi Pasar

Keunggulan

  • Interaksi bebas antara permintaan dan penawaran menjamin barang dan jasa yang diproduksi memang sesuai kebutuhan konsumen.
  • Barang dan jasa diproduksi seefisien mungkin, maka semakin produktif suatu perusahaan akan semakin produktif pula pendapatan yang diperoleh.
  • Inovasi diakui dan dihargai, konsumen menyadari produk baru yang kreatif akan memenuhi kebutuhannya, dengan cara semakin baik dan kualitas semakin meningkat.
  • Kemajuan teknologi membuat suatu inovasi cepat diketahui banyak orang, termasuk pesaing. Kondisi ini justru menggiatkan perekonomian. Inovasi yang satu disusul inovasi yang lain.

Kelemahan

  • Persaingan menjadi kunci keberhasilan sistem ekonomi pasar. Namun, sistem ini tidak melindungi kalangan yang tidak kuat dan mampu bersaing seperti para pemodal kecil dan juga warga yang memiliki difabilitas. Akibatnya, partisipasi warga dalam persaingan menjadi berkurang.
  • Berkurangnya partisipasi warga dalam persaingan mengakibatkan sumber daya manusia masyarakat tidak bisa dioptimalkan.
  • Kalangan yang sukses dalam persaingan akan menikmati kesejahteraan. Sebaliknya kalangan yang gagal dan tidak ikut dalam persaingan akan semakin terpuruk. Terbuka munculnya persaingan tidak sehat, yang selalu dimenangkan oleh kalangan pemodal besar. Jurang antara kaya dan miskin semakin melebar.
  • Munculnya eksploitasi para pemilik modal terhadap sumber daya, tanpa ada pihak lain yang mengendalikan.
fungsi ekonomi

Fungsi Dari Sistem Ekonomi

Sistem ini bisa berjalan dengan baik jika pendukung ekonominya ada. Konsumen, produsen, pemerintah, dan lembaga keuangan adalah beberapa contoh dari perangkat ekonomi. Pada dasarnya memiliki beberapa fungsi utama yaitu:

  • Mengkoordinasi kegiatan individu dalam suatu perekonomian
  • Menyediakan dorongan untuk menghasilkan barang atau jasa
  • Mengatur pembagian hasil produksi ke seluruh lapisan masyarakat agar berjalan sesuai harapan
  • Menciptakan mekanisme tertentu agar distribusi barang dan jasa berjalan baik

Ciri-Ciri Sistem Ekonomi Pasar

Adapun ciri-ciri sistem ekonomi pasar sebagai berikut.

  1. Setiap individu bisa memiliki barang termasuk barang modal secara bebas karena adanya pengakuan yang luas atas hak-hak pribadi
  2. Setiap individu bisa memakai barang dan jasa yang dimilikinya secara bebas.
  3. Aktivitas ekonomi dilakukan untuk memperoleh laba sebesar-besarnya.
  4. Seluruh kegiatan ekonomi dilaksanakan oleh masyarakat (swasta) dan dipengaruhi oleh mekanisme pasar (permintaan dan penawaran).
  5. Pemerintah tidak melakukan intervensi atau campur tangan dalam kegiatan ekonomi.
  6. Adanya persaingan secara terbuka antarindividu dan antarperusahaan secara bebas.
  7. Modal memiliki peran yang sangat vital dalam perekonomian.
  8. Banyaknya muncul pengusaha yang kreatif dan inovatif.

Kesimpulan

Jadi, bisa kita simpulkan bahwa sistem ekonomi pasar adalah suatu sistem yang menyerahkan semua kegiatan ekonominya di pasar.

Terdapat beberapa fungsi, kelebihan dan kekurangan yang bisa dirasakan oleh pebisnis dan juga masyarakat yang ada di dalam sistem ekonomi pasar ini.

Sebagai pelaku bisnis, Anda pasti menginginkan segala proses kegiatan perusahaan dari produksi barang sampai distribusi ke pelanggan dapat berjalan secara efisien dan efektif.

Untuk membantu semua itu, Anda sebaiknya menggunakan software akuntansi dan manufaktur seperti MASERP.

MASERP memiliki fitur Barcode Scanner untuk penerimaan barang, surat jalan dan penjualan produk yang bisa membantu meningkatkan kecepatan dan keakuratan kinerja Anda.

Anda juga dapat melakukan tracking umur piutang customer Anda dengan fitur reminder untuk piutang jatuh tempo setiap harinya agar dapat melakukan penagihan tepat waktu dan menjaga kesehatan cash flow.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan bagi perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan apa yang Anda butuhkan kepada konsultan ahli kami. Gratis!

Semoga artikel ini bisa memberikan wawasan baru untuk Anda mengetahui tentang kegiatan ekonomi. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Baca Juga : Kegiatan Ekonomi: Produksi, Distribusi dan Konsumsi

New call-to-action