5 Strategi Pengembangan Bisnis Agar Produk Anda Dilirik Pasar

Setiap jenis usaha baik itu yang berskala kecil, menengah dan besar wajib memiliki strategi pengembangan bisnis yang jelas terarah. Hal ini dilakukan agar bisa mempersiapkan apa saja yang harus dilakukan agar produk tersebut bisa dikembangkan.

Saat membuat strategi pengembangan produk ini maka Anda juga akan sekaligus melihat beberapa aspek penting lainnya seperti minat pasar, persaingan, lingkungan pemasaran dan hal lain sebagainya.

Pengertian Strategi Pegembangan Bisnis

Bagi para pengusaha tentu saja istilah strategi pengembangan ini sudah tidak asing lagi. Hal ini dikarenakan karena tentu saja poin ini menjadi pembahasan yang harus dibicarakan di awal-awal pada saat membangun usaha.

Pada dasarnya strategi pengembangan bisnis merupakan langkah atau cara yang digunakan oleh individu atau perusahaan yang memiliki produk agar produk tersebut bisa laris dipasaran. 

Tentu saja diperlukan kemampuan inovasi yang baik agar produk tersebut bisa terlihat berbeda, unik, dan memiliki daya jual sehingga disukai oleh pasar.

Hal yang harus diperhatikan saat membuat strategi pengembangan adalah mengetahui target pasar. Dengan tahu target pasar yang akan disasar maka akan memudahkan dalam membuat strategi yang tepat. 

Anda juga bisa melakukan survei di lapangan agar lebih akurat karena itu sangat berpengaruh terhadap keberhasilan dari strategi pengembangan produk dan jasa. Strategi pengembangan produk ini memungkinkan Anda untuk bisa memperkuat penjualan produk yang sudah ada dengan dibuat yang lebih baru, baik dari segi fiturnya, lini produknya, atau menciptakan hubungan antara pasar dan produk, juga mengurangi faktor resiko pada tahap pengembangan produk awal.

Tidak hanya strategi pengembangannya saja, faktor lain seperti branding, teknologi, dan platform menjadi poin penting juga dalam strategi pengembangan bisnis. Semua ini bisa saja dilakukan agar bisa bersaing dan memberikan penawaran yang menarik kepada pelanggan sehingga bisa lebih dilirik.

Strategi Pengembangan Produk pada Bisnis

Saat akan meluncurkan produk ke pasaran tentu saja diperlukan strategi pengembangan bisnis. Nah, hal-hal utama yang harus dilakukan adalah sebagai berikut ini!

Meningkatkan Produk yang Sudah Ada

Dalam hal ini Anda melakukan modifikasi atau inovasi dengan produk yang sudah ada. Selain itu memberikan motivasi untuk target pasar agar bisa membeli penawaran yang telah ditingkatkan juga. Kali ini fokusnya kepada penambahan atau pembaruan pada fitur yang bisa mempengaruhi minat pelanggan.

Nilai Produk yang Kuat

Salah satu yang pertimbangan pelanggan pada saat membeli produk kita adalah seberapa besar nilai produk tersebut. Nah, Anda sebagai pengusaha pun harus bisa meningkatkan nilai produk dengan berbagai penawaran mulai dari fitur premium, dukungan pelanggan, juga meningkatkan kuantitas produk itu sendiri.

Membuat Percobaan

Strategi memberikan sampel produk gratis juga bisa menjadi opsi untuk menarik pelanggan membeli produk Anda. Penawaran uji coba gratis ini akan membuat pelanggan merasakan dan tahu mengenai experience dari produk yang ditawarkan. 

Jika mereka mendapatkan pengalaman yang bagus, maka tentu saja akan membeli produk berbayar atau versi premiumnya.

Disesuaikan atau Dibuat Spesifikasi

Anda bisa menyesuaikan produk dan dibuat spesifikasi khusus atau special dengan tujuan untuk bisa mengumpulkan target pasar tertentu. Jika ingin mencoba lebih jauh lagi, Anda juga bisa coba menawarkan produk yang relevan dengan kebutuhan dan gaya hidup mereka.

Saat mereka mendapatkan produk yang dibutuhkan sesuai dengan mereka maka para pelanggan pun akan lebih memilih produk Anda dibandingkan dengan yang lain.

Mengubah Ide

Lakukanlah riset pasar dan cari tahu apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan pelanggan yang tepat serta memberikan ide yang baru untuk produk relevan dengan kebutuhan pasar.

Baca Juga: Pahami 4 Keunggulan dan Kelemahaan Sistem Ekonomi Pasar

pasar internasional adalah

Tujuan Strategi Pengembangan Bisnis dalam Produk

Dibuatnya strategi pengembangan bisnis tentu dengan tujuan yang jelas. Hal ini berkaitan dengan keuntungan yang didapatkan untuk memperbaiki kualitas ekonomi dan menciptakan produk kreatif di era sekarang ini.

Mempertahankan Daya Saing

Tujuan dari membuat strategi pengembangan ini adalah untuk bisa mempertahankan daya saing agar bisa memenangkan persaingan yang ada di dalam lingkungan pemasaran. Saat ini persaingan sudah cukup banyak, untuk itu Anda sebagai pelaku usaha harus melakukan terobosan baru.

Salah satu terobosan yang bisa Anda lakukan adalah membuat inovasi terhadap produk yang sudah ada sebelumnya. Saat Anda membuat inovasi baru yang unik maka masyarakat akan lebih menggemarinya.

Bisa Memenuhi Kebutuhan Baru

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin modern, kebutuhan masyarakat pun semakin beragam jenisnya. Anda sebagai pengusaha harus bisa membaca peluang dan situasi ini. Beberapa produk yang sudah dibuat dan diciptakan dievaluasi dan dilakukan pembaruan agar lebih menarik dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Meningkatkan Omset Penjualan

Saat membuat inovasi produk yang baru, maka peningkatan penjualan diperkirakan akan naik. Jika hal ini terjadi maka omset penjualan pun akan juga meningkat dan perusahaan akan mendapatkan keuntungan besar. 

Lalu jika kira-kira produk yang ditawarkan ke pasar ini laku dipasaran, maka perusahaan bisa mulai menambah untuk kuantitasnya.

Membuat Konsumen Tidak Cepat Bosan

Konsumen akan cenderung bosan dengan produk yang itu-itu saja. Situasi seperti ini bisa dimanfaatkan dengan Anda membuat inovasi baru yang menarik sehingga konsumen tertarik dalam membelinya. Ini menjadi salah satu tujuan penting dalam hal strategi pengembangan produk.

Anda bisa bertanya terlebih dahulu hal apa yang diinginkan konsumen untuk diperbaharui. Dari hal tersebut dikembangkan dan dibuat semenarik mungkin agar sesuai dengan yang diinginkan oleh konsumen.

Kesimpulan

Strategi pengembangan bisnis ini berguna untuk bisa menawarkan produk baru yang benar-benar berkualitas sehingga bisa mencapai keunggulan dan bisa mendapatkan keuntungan, pendapatan, dan pertumbuhan penjualan yang lebih meningkat.

Saat akan membuat strategi pengembangan bisnis Anda juga harus membuat rencana atau plan keuangan untuk biaya-biaya yang akan dikeluarkan. Penting untuk tahu mengenai biaya-biaya apa saja yang akan keluar dalam hal pengembangan produk baru.

Sebisa mungkin Anda harus membuatnya dengan jelas agar tahu berapa yang dibutuhkan dan ke mana saja aliran dana biaya untuk pengembangan produk atau jasa yang akan dilakukan. Jika mungkin terlalu sulit untuk bisa membuat perencanaan keuangan, maka Anda bisa menggunakan MASERP, software akuntansi untuk membuatnya.

Software ini dilengkapi dengan banyak fitur dan juga sudah terintegrasi dengan banyak fungsi bisnis lainnya seperti keuangan, manufaktur, dan juga masih banyak lagi yang lainnya.

MASERP bisa juga membantu Anda dalam membuat laporan-laporan keuangan di perusahaan. Jadi Anda pun tahu mengenai laporan kas dan laporan laba rugi. Selain itu, banyak pula fitur-fitur pendukung yang ada dalam software MASERP. 

Software akuntansi MASERP bisa menjadi pilihan yang terbaik untuk segala kebutuhan akuntansi usaha Anda. Jika ingin mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan kendala apa yang Anda hadapi kepada konsultan ahli kami. Gratis!

Baca Juga: 6 Strategi Bisnis Agar Bisa Tembus Pasar Internasional

New call-to-action