5 Software Toko Retail Cocok Bagi UMKM

Aplikasi toko, atau yang lebih sering disebut sebagai software toko retail adalah sebuah program yang bisa membantu anda mengelola transaksi penjualan di toko Anda. Dengan bantuan aplikasi toko, Anda bisa mengotomatiskan banyak aktivitas yang sebelumnya biasa anda kerjakan sendiri.

Inilah yang membuat banyak pemilik bisnis retail mulai mengoperasikan aplikasi toko di bisnis mereka. Selain membantu mencatat penjualan, software ini memungkinkan Anda untuk mengelola inventaris gudang, mengetahui barang mana yang sedang laku keras, hingga merekam data pelanggan anda dengan cepat dan tepat.

Masalahnya, ada banyak sekali penyedia software toko retail di Indonesia. Mulai dari yang gratis hingga yang berbayar, masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Ujung-ujungnya, anda yang bingung mana yang sebaiknya dipilih. Berikut ini kami berikan rekomendasi beberapa pilihan untuk menentuka software toko retail atau yang biasa dikenal dengan Software POS.

MASPOINT

Aplikasi POS terbaik yang terakhir ini sangat berperan penting karena dapat mencatat transaksi yang terjadi di suatu bisnis tanpa perlu menggunakan cara manual. Penggunakan POS membuat kinerja karyawan di bagian kasir menjadi lebih efisien dan menghemat waktu.

MASPOINT merupakan sistem POS yang dapat terintegrasi dengan MASERP. Dengan MASPOINT, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas penjualan hingga pembuatan laporan, berikut ini fitur MASPOINT:

  • Penjualan langsung (POS) untuk toko online dan offline
  • Pembuatan sales order (SO)
  • Maintenance data customer dalam database terpusat
  • Cek nilai dan jumlah persediaan secara real time
  • Cek riwayat transaksi harian, bulanan maupun periode yang Anda butuhkan
  • Generate laporan penjualan
  • Cetak katalog produk
  • Penghapusan transaksi dengan otorisasi
  • Scan barcode dengan camera
  • Integrasi dengan mesin barcode melalui bluetooth atau kabel dan juga mesin kasir\

Baca Juga: Apa Itu Aplikasi Point of Sales? Tradisional vs Cloud

Moka POS

Aplikasi berbasis cloud ini bisa membantumu berbagai hal soal bisnis. Mulai dari membuat menu, mengecek transaksi, hingga mengecek stok barang yang kamu punya. Aplikasi ini juga bisa memberikanmu laporan keuangan terbaru, baik secara online maupun offline. Untuk berlangganan aplikasi ini, kamu hanya perlu membayar Rp250.000,- saja per bulan.

Aplikasi Moka POS merupakan aplikasi yang berbasis cloud. Moka POS sendiri memiliki beberapa layanan, yaitu GoStore, FB & IG Shops, Google Shopping, Selly, Point of Sale, E-Wallet, Management Pelanggan, Management Stock, Management Meja dan Management Karyawan. Layanan yang paling cocok untuk kamu pemilik outlet offline adalah Point Of Sales, selain kamu bisa menambahkan list barang, transaksi penjualan, pembayaran menggunakan e-money, kamu juga bisa mendapatkan laporan penjualan harian.

Majoo

Aplikasi POS kedua yang direkomendasikan adalah Majoo. Tidak berbeda dengan Moka POS, Majoo juga menawarkan fitur-fitur pendukung bisnis mulai dari aplikasi kasir hingga aplikasi management karyawan. Semua fitur tersebut dapat kamu rasakan hanya dengan satu kali membeli paket langganan. Majoo sendiri menawarkan harga yang cukup terjangkau untuk pebisnis pemula yang. Biaya mulai Rp.129.000,- kamu sudah bisa berlangganan setiap bulan untuk banyak fitur tanpa biaya tambahan. Bagi pebisnis yang besar, kamu dapat berlangganan dengan Rp249.000,- setiap bulan.

Kasir Pintar

Aplikasi ini juga cocok untuk beragam jenis bisnis, mulai dari bisnis kuliner hingga bisnis jual pulsa. Kasir Pintar menawarkan dua jenis aplikasi berbeda, yaitu Kasir Pintar Free dan Kasir Pintar Pro. Sesuai namanya, Kasir Pintar Free adalah aplikasi kasir yang bisa kamu akses secara gratis. Kasir Pintar Free bisa membantumu memanajemen barang hingga 1.000 pcs, membuat struk dengan watermark, hingga membuat 3 laporan standar. Sementara itu, Kasir Pintar Pro bisa membantumu memanajemen barang hingga 10.000 pcs, serta membuat lebih dari 10 laporan standar. Kasir Pintar Pro juga bisa dipakai hingga 5 orang staff.

Pawoon

Pawoon merupakan salah satu aplikasi kasir toko paling populer di Indonesia saat ini. Anda bisa menemukan berbagai fitur menarik yang akan membuat manajemen bisnis anda menjadi lebih teratur dan rapi. Pawoon menjanjikan proses transaksi yang lebih mudah, cepat, dan aman bagi para pelaku bisnis. Tidak hanya dengan uang tunai, konsumen anda juga dapat melakukan sistem pembayaran digital dengan menggunakan aplikasi ini.

Sehingga, konsumen akan dapat melakukan transaksi dengan lebih nyaman dan cepat. Hasilnya, tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan toko anda juga akan dapat ditingkatkan.

Kesimpulan

Retail software dapat diartikan sebagai software khusus untuk menunjang aktivitas dari bisnis ritel. Terdapat beberapa retail software yang lazim digunakan untuk mengelola bisnis ritel, diantaranya software POS, Software Inventory Management, software SCM, dan software akuntansi.

Sebagai pelaku bisnis, Anda pasti menginginkan segala proses kegiatan perusahaan dari produksi barang sampai distribusi ke pelanggan dapat berjalan secara efisien dan efektif. Untuk membantu semua itu, Anda sebaiknya menggunakan software akuntansi dan manufaktur seperti MASERP.

MASERP memiliki fitur Barcode Scanner untuk penerimaan barang, surat jalan dan penjualan produk yang bisa membantu meningkatkan kecepatan dan keakuratan kinerja Anda.

Dengan fitur Serial Number dan Batch Number di MASERP, Anda bisa melacak expiry date demi menjaga kualitas produk. Fitur Quantity Minimum akan memberikan warning kepada Anda apabila persediaan fisik sudah berada pada jumlah di bawah Qty Min yang sudah disetting.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan bagi perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan apa yang Anda butuhkan kepada konsultan ahli kami, gratis!