Apa Itu Aplikasi Point of Sales? Tradisional vs Cloud

Seiring berkembangnya teknologi, kini sistem pencatatan transaksi penjualan pun sudah terkomputerisasi. Penjual tidak akan kewalahan lagi mengecek transaksi, menghitung laba dan rugi, bahkan membuat laporan keuangan. Kini aplikasi point of sales atau biasa disebut POS hadir memberikan banyak kemudahan untuk bisnis retail dan industri lainnya.

Untuk mengetahui ulasan lebih lengkap mengenai point of sales serta manfaat yang akan Anda dapatkan sebagai pemilik bisnis, yuk simak ulasannya di bawah ini!

Apa Itu Aplikasi Point of Sales?

POS atau point of sales merupakan sistem terkomputerisasi yang menjadi tempat checkout pembeli untuk menyelesaikan transaksinya dengan melakukan pembayaran dari produk yang mereka terima.

Aplikasi point of sales digunakan oleh perusahaan dagang, retail maupun manufaktur untuk memfasilitasi penjualan mereka. Pembeli akan membayar produk yang mereka beli di sistem ini. POS biasanya diakses oleh petugas untuk melakukan transaksi melalui device seperti tablet, desktop, smartphone maupun mesin EDC.

Aplikasi point of sales ini dapat diandalkan untuk menghitung perolehan laba dan rugi, menyimpan data pelanggan, menyimpan data persediaan bahkan laporan keuangan bisnis. Mungkin dahulu kita mengenalnya dengan mesin kasir, di mana petugas akan menginput data penjualan satu per satu secara manual.

Perusahaan berskala besar pasti memiliki ribuan persediaan dan melayani banyak penjualan, apabila masih menggunakan sistem manual pasti akan menyulitkan. Mereka membutuhkan sistem yang dapat mengelola persediaan dan penjualan dengan cepat dan akurat.

Bisnis Anda bisa tetap berjalan walaupun masih menggunakan sistem input dan perhitungan manual, tetapi pasti akan mengalami kewalahan dan berpeluang besar membuat pelanggan kecewa karena data persediaan dan penjualan Anda berantakan.

Baca Juga: Perbandingan Harga 6 Software Akuntansi Terbaik Tahun 2021

Keuntungan Aplikasi Point of Sales

Menggunakan mesin kasir mungkin akan lebih mudah karena fitur dasar dan komponen di dalamnya masih minim, bahkan harganya pun cenderung lebih murah dibandingkan aplikasi POS. Tetapi POS lebih banyak memberikan benefit.

Keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan aplikasi point of sales tentu saja data dan laporan bisnis menjadi lebih rapi dan teratur. Selain itu, berikut ini manfaat lain yang bisa Anda rasakan:

  • Manajemen persediaan lebih baik
  • Sistem terotomatisasi sehingga menghemat waktu
  • Kinerja menjadi lebih efisien
  • Perhitungan akuntansi dan laporannya akurat
  • Dapat mengelola manajemen bisnis termasuk persediaan, supplier, konsumen, pekerja dan lain-lain.
  • Metode pembayaran lebih beragam dan mudah
  • Pelayanan ke pelanggan menjadi lebih cepat
  • Dapat memberikan program loyalitas
  • Hemat anggaran tidak perlu membeli software berbeda maupun merekrut banyak pekerja

Tidak hanya memberikan keuntungan bagi perusahaan maupun bisnis Anda, pelanggan pun dapat merasakan banyak kemudahan dari aplikasi POS.

Kalau Anda ke tempat makan atau toko dan di sana pemesanannya menggunakan tablet, pasti Anda merasakan pengalaman yang lebih mudah dalam memilih pesanan dan membayarnya.

Tampilan interface aplikasi point of sales ini pun umumnya menarik dari segi layout dan warna, sehingga pelanggan menjadi senang datang ke toko Anda.

Saat pandemi seperti ini pasti kita ingin meminimalisir kontak dengan orang lain, aplikasi POS ini merupakan solusi karena Anda dapat memesan dan membayar di device tanpa perlu bertemu petugas.

Keuntungan lainnya, pelanggan jadi memiliki banyak pilihan metode pembayaran, tidak harus menggunakan uang tunai. Seperti kita tahu saat ini banyak sekali metode pembayaran yang bisa digunakan seperti dengan kartu debit, kartu kredit dan e-wallet.

Proses transaksi pun menjadi lebih cepat dan pelanggan tidak perlu antre lama karena totalan pembayaran dan faktur diproses secara otomatis.

Aplikasi Point of Sales

POS Tradisional dan POS Cloud

Aplikasi point of sales yang ada di pasaran sekarang umumnya sudah terhubung dengan internet sehingga Anda bisa mengakses seluruh data bisnis secara digital. Berikut ini akan kami berikan perbedaan sistem POS yang masih tradisional dengan yang sudah menggunakan teknologi cloud.

Biaya

  • POS tradisional: memerlukan biaya tambahan untuk setup software point of sales di device dan biaya maintenance.
  • POS cloud: pembayarannya dengan sistem berlangganan per tahun atau per bulan dan berdasarkan jumlah user (pengguna). Semakin banyak user, semakin besar biayanya.

Akses Data

  • POS tradisional: masih memerlukan hardisk untuk menyimpan data bisnis Anda, hanya bisa diakses di device dan lokasi terbatas seperti di kantor saja. Kalau hardisk mengalami error atau rusak, data Anda berpeluang hilang.
  • POS cloud: dapat digunakan di mana saja dan kapan saja selagi device tersambung dengan internet. Anda bisa mengecek data secara real time dan mengatur hak akses kepada siapa saja fungsi tersebut akan dijalankan.

Keamanan Data

  • POS tradisional: kalau ada gangguan sistem akan berisiko cukup besar pada kehilangan data karena tidak ada backup otomatis.
  • POS cloud: memiliki fitur backup otomatis maupun dijadwalkan sesuai dengan kebutuhan Anda, jadi tidak perlu takut data penting hilang.

Baca Juga: ERP Cloud: Apa Bedanya dengan ERP On-Premise?

Hardware Penunjang Aplikasi Point of Sales

Bagi Anda yang ingin mengimplementasikan aplikasi point of sales, perlu juga memasukkan hardware berikut ini sebagai pelengkap sistem tersebut:

  • Portable device sebagai monitor untuk aplikasi point of sales, Anda bisa menggunakan tablet maupun smartphone.
  • Mesin EDC untuk memudahkan pelanggan membayar dengan kartu kredit maupun debit.
  • Barcode scanner untuk menginput penjualan dengan cepat tanpa harus mengetikkan data secara manual.
  • Printer untuk mencetak bukti transaksi pembelian, dapat berisi tanggal transaksi, daftar produk, jumlah barang, harga produk, total harga dan lain sebagainya.

Baca Juga: Perbandingan Harga 6 Software Akuntansi Terbaik Tahun 2021

Kesimpulan

Aplikasi POS merupakan aplikasi yang digunakan oleh perusahaan dagang maupun manufaktur untuk mencatat transaksi, persediaan bahkan pelaporan keuangan. POS memberikan banyak kemudahan bagi pemilik bisnis dan pelanggan, diantaranya hemat waktu, sistem yang fleksibel dan terotomatisasi, kinerja menjadi lebih efisien dan efektif, transparansi data dan laporan, dan masih banyak lagi.

Dari segi biaya, keamanan data dan akses datanya, sistem POS cloud cenderung lebih unggul karena tidak memerlukan biaya setup software, dapat diakses di mana saja dan kapan saja selagi ada internet, dan dapat terbackup secara otomatis.

Jika bisnis Anda membutuhkan solusi menyeluruh bagi operasional bisnis, menggunakan software akuntansi MASERP adalah solusi terbaik dalam mengoptimalkan proses ini.

Dengan fitur Report Center di MASERP, Anda bisa mencatat dan membuat laporan keuangan yang meliputi laba rugi, neraca, penjualan dan lain-lain.

MASERP menawarkan layanan hybrid cloud, di mana Anda bisa memasang software di server kantor atau di cloud. Software tetap bisa dipakai meskipun koneksi internet mati.

MASERP dapat terintegrasi dengan aplikasi MASPOINT yang memiliki fitur salesman dan point of sales. Dengan fitur salesman, sales dapat membuat sales quotation, sales order, penjualan, cek persediaan, review target penjualan dan cek status pengiriman barang lewat aplikasi.

Fitur point of sales membantu bisnis Anda dalam mengecek persediaan, input penjualan dan cetak transaksi langsung ke printer.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan kendala apa yang Anda hadapi kepada konsultan ahli kami. Gratis!

New call-to-action