6 Alasan Software Retail Grosir Banyak Dilirik Bisnis Saat Ini

Perusahaan retail saat ini terlihat sangat jauh berbeda dari yang sebelumnya, pada sekitar satu dekade yang lalu, para pelanggan hanya memiliki pilihan tak terbatas, yang meningkatkan tingkat persaingan yang sudah ada diantara toko retail maka dari itu perlunya software retail grosir yang bisa membantu perusahaan.

Sementara itu, dalam upaya untuk memahami permintaan dan pengiriman yang sesuai, perusahaan retail beralih ke beberapa software retail grosir yang mampu untuk menangani transaksi lebih dari sekadar penjualan point-of-sale (PoS).

Pada saat ini, perusahaan retail tertarik dengan solusi komprehensif yang mengintegrasikan setiap aspek bisnis mereka, mulai dari memesan produk hingga mengantisipasi kebiasaan para pelanggan mereka. Saat Anda mempertimbangkan software mana yang paling mendukung kesuksesan bisnis retail Anda, berikut ini penjelasannya.

Software Retail Grosir

Software retail grosir adalah program aplikasi komputer untuk toko yang menjual produk dengan harga yang melayani harga grosir dan harga ecer. Harga grosir sering juga disebut dengan harga partai atau harga masal atau harga kulakan, sedangkan harga ecer sering disebut dengan harga eceran, harga bijian, harga retail, harga satuan dan lain sebagainya.

Software ritel grosir ini dirancang untuk toko yang melayani penjualan dengan harga grosir dan harga ecer tersebut, di bagian data barang sudah lagsung harus dimasukkan harga jual grosir dan harga ecer.

Baca Juga: Retail Produk

6 Alasan Menggunaan POS untuk Bisnis Retail

Berikut enam alasan pentingnya software retail grosir yaitu POS yang dapat membantu mempermudah bisnis di berbagai operasionalnya.

Hemat Waktu

Pelanggan tentu tidak mau menunggu berjam-jam dalam antrean, sehingga mengharapkan pelayanan yang cepat. Salah satu manfaat paling signifikan dari software POS adalah memfasilitasi transaksi cepat dibandingkan dengan metode manual.

Sebagian besar sistem ini hadir dengan hardware yang efisien seperti barcode scanner, printer tanda terima yang memungkinkan pelanggan Anda dilayani dengan cepat.

Manajemen Persediaan Lebih Efisien

Manfaat lain dari sistem POS terletak pada pelacakan pengiriman dan semua barang yang keluar dari toko Anda. Sistem akan terus-menerus memberi tahu Anda berapa banyak produk tertentu telah terjual dan secara tepat memberi tahu Anda tentang apa yang Anda miliki.

Ini memungkinkan sistem POS itu sendiri untuk mengirimkan pesanan ke pemasok saat persediaan hampir kosong. Oleh karena itu, tidak perlu ada karyawan yang meluangkan waktu untuk melakukannya.

Selain itu, ketika pelanggan membutuhkan informasi tentang produk tertentu, penjual dapat memeriksanya dengan cepat dalam program. Mengurangi waktu tunggu pelanggan akan meningkatkan tingkat layanan pelanggan yang dapat Anda tawarkan.

Penawaran Produk yang Dapat Disesuaikan

Berbeda dengan metode manual, sistem POS memungkinkan Anda melacak detail pelanggan Anda. Anda dapat dengan mudah memberi tahu produk terbaik untuk setiap pelanggan. Ini bisa sangat berguna saat Anda membuat penawaran dan promosi produk untuk pelanggan Anda.

Adanya Laporan Bisnis

Sistem POS memberi Anda gambaran umum yang baik tentang bisnis Anda dan mencatat arus kasnya secara otomatis. Sehingga sebagian besar sistem POS menyediakan akses ke berbagai laporan yang dapat disesuaikan. Laporan ini dapat menampilkan informasi penting seperti penjualan harian dan laporan manajemen stok.

Dengan laporan tersebut, Anda dapat dengan cepat memeriksa trend penjualan umum seperti produk mana yang diminati. Ini akan memungkinkan Anda untuk mengatur stok Anda sebelum atau sebelum musim tertentu. Berdasarkan informasi ini, Anda juga dapat merencanakan pendapatan yang secara statistik diharapkan untuk bulan tersebut, dua bulan ke depan, atau minggu yang akan datang.

Manajemen Karyawan

Software POS bisa digunakan sebagai alat manajerial karena dapat memeriksa penjualan yang dilakukan oleh setiap karyawan. Sehingga akan sangat mudah bagi mereka untuk mengetahui apa yang perlu mereka lakukan dengan lebih baik untuk meningkatkan penjualan.

Di sisi lain, teknologi ini akan menghindarkan karyawan berbuat “curang” karena menawarkan kode identifikasi unik tergantung pada jumlah karyawan yang Anda miliki. Jadi pemilik dapat mencegah karyawan melakukan pencurian karena mereka tahu aktivitasnya selalu dipantau.

Meminimalisir Kesalahan

Sistem terkomputerisasi membantu meminimalkan kesalahan tidak seperti saat Anda menggunakan metode manual. Dengan software POS, harga dapat diubah untuk suatu produk dan secara otomatis akan diperbarui di seluruh sistem, sehingga harga selalu terlihat sama di seluruh proses.

Oleh karena itu, perusahaan memastikan bahwa harga selalu sesuai dengan harga yang diberikan pelanggan dan menghindari kerugian sekaligus ketidakpuasan klien.

Tips Memilih Software untuk Retail Grosir 

Ada banyak pilihan  software di luar sana dengan berbagai fitur dan kemudahan yang ditawarkan. Harganya pun beragam sesuai dengan kebutuhan dari perusahaan ritel itu sendiri.

Namun, selain pertimbangan harga, ada beberapa hal yang bisa dijadikan pertimbangan untuk memilih software yang tepat untuk memulai dan menunjang bisnis ritel, yaitu:

Pilih yang Terpercaya

Cara pertama adalah dengan mencari pengembang atau developer software yang sudah terpercaya. Biasanya, para penyedia software yang sudah terpercaya dapat ditentukan dengan testimoni yang diberikan oleh pelanggan dan penggunanya. Dengan mencari yang sudah terpercaya, perusahaan akan mendapat jaminan keamanan dari penggunaan software yang ada.

Sesuaikan Kebutuhan

Meski bergerak di bidang yang sama tetapi kebutuhan setiap perusahaan ritel pasti memiliki perbedaan. Biasanya perbedaan ini disebabkan oleh kebutuhan dari perusahaan yang berbeda-beda.

Mungkin, ada perusahaan yang membutuhkan software yang bisa mengintegrasikan semua proses bisnis tetapi tak jarang juga yang hanya memerlukan software tertentu. Jadi, jangan lupa untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dari bisnis ritel milikmu.

Jenis dan Perawatan

Yang mungkin juga dilupakan adalah jenis software yang digunakan. Secara umum, software dapat dijalankan secara offline dan online. Perusahaan hanya perlu memilih bagaimana bentuk yang efisien dan mampu menunjang dari setiap kegiatan.

Lalu, perhatikan juga bagaimana cara melakukan maintenance dari software tersebut. Bagian terbaiknya adalah terdapat beberapa penyedia jasa software yang sudah memberikan layanan maintenance untuk retail software yang mereka sediakan.

Kesimpulan

Jadi, software retail grosir adalah program aplikasi komputer untuk toko yang menjual produk dengan harga yang melayani harga grosir dan harga ecer. Harga grosir sering juga disebut dengan harga masal, sedangkan harga ecer sering disebut dengan harga eceran, harga retail, harga satuan dan lain sebagainya.

Sebagai pelaku bisnis, Anda pasti menginginkan segala proses kegiatan perusahaan dari produksi barang sampai distribusi ke pelanggan dapat berjalan secara efisien dan efektif. Untuk membantu semua itu, Anda sebaiknya menggunakan software akuntansi dan manufaktur seperti MASERP.

MASERP memiliki fitur Barcode Scanner untuk penerimaan barang, surat jalan dan penjualan produk yang bisa membantu meningkatkan kecepatan dan keakuratan kinerja Anda.

Dengan fitur Serial Number dan Batch Number di MASERP, Anda bisa melacak expiry date demi menjaga kualitas produk. Fitur Quantity Minimum akan memberikan warning kepada Anda apabila persediaan fisik sudah berada pada jumlah di bawah Qty Min yang sudah disetting.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan bagi perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan apa yang Anda butuhkan kepada konsultan ahli kami, gratis!

Baca Juga: Retail Software: Jenis, Manfat dan Tips Memilih Software

New call-to-action