9 Manfaat dan Fitur Software Persediaan Barang MASERP

Software persediaan barang atau software inventory merupakan poin penting dalam bisnis ritel, grosir, layanan pengiriman, dan industri lainnya. Software ini membantu perusahaan melacak aset (persediaan barang) yang diproduksi dan mendistribusikannya ke pelanggan, mengintegrasikan semua modul, menghilangkan human error dan pencurian, dan yang paling penting adalah menjaga kepuasan semua pelanggan. Artikel ini akan membahas manfaat dan fitur yang ada di software inventory, yuk dibaca sampai habis!

Manfaat Software Persediaan Barang

Ada banyak manfaat yang dapat dirasakan oleh perusahaan ketika mengimplementasikan software inventory termasuk proses distribusi produk yang akurat dan pelayanan yang cepat untuk pelanggan.

Dalam praktik di lapangan, data di software inventory dapat tersimpan secara on-premise maupun cloud, dapat terintegrasi dengan departemen lain dan software third-party (pihak ketiga) serta dapat digunakan di smartphone untuk kebutuhan tim besar dengan database terpusat.

Berikut ini adalah beberapa jawaban yang bisa Anda sebutkan ketika manager Anda bertanya, mengapa perlu menggunakan software persediaan barang?

Database Terpusat

Semakin banyak gudang atau lokasi penyimpanan persediaan barang yang Anda miliki, kemungkinan besar Anda akan semakin sulit mengelola pesanan dan menjual produk ke pelanggan yang tepat.

Dengan software yang dapat memfasilitasi database terpusat, Anda akan lebih efisien dan efektif melakukan tracking produk dan jasa yang tersedia sehingga pelanggan bisa memperoleh informasi mengenai progress pesanan mereka.

Proses Stocking Lebih Efisien

Kalau Anda ingin memiliki bisnis ritel yang sehat maka perlu memperhatikan manajemen inventory, karena dapat menghemat waktu dan tenaga yang dibutuhkan dalam mengelola persediaan barang.

Dengan sistem yang terintegrasi, Anda bisa berkolaborasi antar tim tanpa perlu lagi menulis laporan harian dan bolak-balik memberikan informasi ke pelanggan lewat chat atau telepon, karena perusahaan memiliki data yang selalu terupdate di software yang mereka gunakan.

Penjualan Meningkat

Banyak perusahaan yang bercerita bahwa mereka mengalami peningkatan penjualan yang signifikan setelah menggunakan software persediaan barang. Ini karena persediaan yang akurat akan mencegah kehilangan pelanggan dan meminimalisir human error seperti pelaporan kehabisan stok dan membuat klien mencari barang ke kompetitor.

Pengiriman Tepat Waktu

Perusahaan yang menggunakan software inventory dapat mengirimkan barang lebih cepat ke pelanggan dan mencegah mereka menunggu terlalu lama. Pelanggan dapat melihat status pesanan dan pengiriman dari pembelian sampai barang tiba.

Penyesuaian Pesanan

Distributor sering beranggapan bahwa kekurangan stok adalah skenario terburuk yang mungkin terjadi. Membiarkan produk terbuang sia-sia, membayar biaya penyimpanan dan maintenance adalah sumber bisnis kehilangan sebagian besar uang, dan itulah mengapa software ini sangat diperlukan.

Software ini dapat melacak persediaan barang secara real time, memesan ulang barang dari vendor pada saat yang tepat, serta menyesuaikan frekuensi pemesanan dengan cara yang efektif.

Inventory ERP

Transparansi Anggaran

Sistem inventory yang baik adalah sistem yang mudah menyesuaikan dengan lonjakan penjualan yang mendadak, begitu juga dengan penurunan penjualan yang tiba-tiba. Untuk itu, Anda tidak perlu membayar biaya penyimpanan tambahan.

Kepuasan Pelanggan

Layanan yang dibuat personal serta respon yang cepat dan akurat setiap saat, pelanggan akan lebih puas berbelanja dengan Anda. Mereka dapat melakukan tracking status pesanan yang dikirim, tanpa menghadapi risiko informasi terlambat bahwa produk yang mereka butuhkan tidak lagi tersedia.

Integrasi dengan Sistem Back-Office

Cara lain untuk mengenali sistem manajemen inventaris yang berkualitas adalah dengan memeriksa konektivitasnya ke aplikasi back-office, khususnya dengan sistem akuntansi dan ERP yang memproses data mengenai persediaan barang.

Pilihan terbaik adalah membeli sistem API terbuka, karena memungkinkan koneksi khusus ke semua service provider dan biasanya dilengkapi dengan technical support terbaik.

Perencanaan dan Forecasting yang Akurat

Membantu Anda merencanakan bisnis di waktu mendatang dan menjadi lebih proaktif, karena sistem tersebut melacak status produk, mengelola tren penjualan dan peluang negatif, serta mengambil data penting di waktu sebelumnya untuk memprediksi penjualan perusahaan.

Kenyataannya, tools inventaris sebagian besar memiliki fitur analisis dan menampilkan semua indikator penting mengenai produktivitas Anda.

Baca Juga: Mengelola Sistem Inventory dengan Software Akuntansi

Fitur Software Persediaan Barang

Bagaimana cara kerja software persediaan barang? Cara terbaik untuk memahami cara kerja software ini adalah dengan melihat fitur-fiturnya. Mungkin ini menjadi tugas yang akan kompleks, karena sistem persediaan barang sangat berbeda baik dalam bentuk maupun fungsinya.

Ada beberapa fungsi penting yang tersedia di sebagian besar sistem ERP, berikut adalah fitur yang dapat diandalkan dari software persediaan barang:

Kategori Produk

Dengan fitur ini, Anda dapat memigrasikan produk antara grup dan channel yang berbeda, dan membuatnya mudah dicari berdasarkan jenis, nama, harga, tanggal, supplier, popularitas, dan banyak filter lainnya.

Lebih baik lagi, fitur ini memastikan kontrol stok, karena membantu memperkirakan permintaan dan membuat pesanan yang akurat dari vendor Anda.

Manajemen Pesanan

Berkat software inventory, supplier dapat mengelola penjualan dan pembelian dari sistem yang sama, melacak pesanan dan mengontrol level persediaan barang, serta menagih klien mereka. Ide yang bagus di sini adalah memeriksa apakah sistem terintegrasi dengan tools akuntansi pihak ketiga.

Perlu Anda ketahui, apabila Anda menggunakan ERP dalam bisnis, Anda tidak perlu lagi membeli software persediaan barang dan akuntansi secara terpisah. Karena di sistem ERP, Anda sudah mendapatkan berbagai modul yang dapat membantu aktivitas bisnis dan saling terintegrasi satu sama lain.

Pemesanan Otomatis

Yang paling disukai perusahaan mengenai sistem persediaan barang adalah Anda dan tim dapat menghilangkan pemborosan waktu dan membatasi pekerjaan manual dalam menagih dan melacak penjualan. Ini memungkinkan teknologi manajemen stok multi channel yang mengoptimalkan penjualan di setiap bisnis ritel.

Barcode Scanner

Ini adalah fitur inventory paling populer dan paling banyak dicari yang memungkinkan pertukaran data elektronik, dengan demikian Anda dapat memenuhi kebutuhan supplier global dan perusahaan besar.

Scanner juga memudahkan tracking data pesanan, membantu mempertahankan seluruh persediaan barang di gudang, dan kontrol pengiriman.

Barcode scanner

Informasi Produk Real Time

Sistem manajemen inventaris memperlakukan data sebagai variabel dinamis dan memastikan Anda tetap mengendalikan persediaan untuk banyak produk atau layanan yang dijual.

Dasarnya, ini memberi cara yang mudah dan tidak memakan waktu lama untuk memproses informasi penjualan, ini membuat semua orang di tim Anda terus mendapat data update mengenai penjualan.

MASERP: Fitur Persediaan Barang

MASERP sebagai salah satu software ERP memiliki berbagai modul seperti keuangan, pembelian, penjualan, manufaktur, persediaan barang, aset tetap, pajak, 300+ laporan siap cetak dan masih banyak lagi. Untuk urusan persediaan barang, modul di MASERP juga sudah terintegrasi dengan modul lain seperti pembelian dan penjualan.

Software Persediaan Barang

Fitur inventory yang terdapat di MASERP:

  • Pengkategorian barang
  • Daftar persediaan barang
  • Manajemen gudang (multi gudang)
  • Stock opname
  • Transaksi transfer out (perpindahan barang antar gudang)
  • Transaksi masuk (penambahan barang internal)
  • Transaksi pemakaian (saat ada pemakaian internal)
  • Transaksi keluar (pengeluaran internal)
  • Harga beli spesial supplier
  • Harga jual spesial pelanggan
  • Quantity maximum dan minimum
  • Adjust harga jual
  • Duplikat barang
  • Jurnal inventory
  • Barcode scanner
  • Cetakan barcode
  • Laporan (kartu inventory, daftar inventory, transaksi inventory, analisa inventory, status mutasi dan masih banyak lagi).

Baca Juga: Software ERP Indonesia Terbaik (Dengan Harga)

Kesimpulan

Sistem ERP memang memerlukan investasi yang lumayan, tetapi jika bisnis Anda membutuhkan solusi menyeluruh bagi operasional bisnis, menggunakan MASERP adalah solusi terbaik dalam mengoptimalkan proses ini.

MASERP menawarkan layanan hybrid cloud, di mana Anda bisa memasang software di server kantor atau di cloud. Software tetap bisa dipakai meskipun koneksi internet mati.

MASERP dapat digunakan untuk lebih dari satu entitas perusahaan tanpa biaya tambahan. Dengan database SQL server, MASERP kuat menampung jutaan transaksi dan tidak akan corrupt.Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan kendala apa yang Anda hadapi kepada konsultan ahli kami. Gratis!

New call-to-action