Rekomendasi Software Laporan Keuangan Terbaik 2023

Laporan keuangan merupakan hal krusial yang wajib dibuat oleh setiap bisnis, baik skala kecil maupun enterprise. Laporan diperlukan oleh berbagai pihak seperti owner, manajemen, stakeholder, dan yang lainnya untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan dan membuat keputusan di periode selanjutnya. Ketika menjalankan sebuah bisnis, jenis laporan beraneka ragam dari berbagai departemen, untuk membantu karyawan Anda sebaiknya gunakan software agar menghasilkan laporan yang akurat. Mungkin Anda sedang kebingungan mencari software laporan keuangan perusahaan yang tepat, berikut ini saya jelaskan mengenai manfaat implementasi software, fitur dan rekomendasi software keuangan untuk Anda!

Apa Itu Software Laporan Keuangan?

Software laporan keuangan perusahaan merupakan solusi teknologi untuk menyelesaikan tugas keuangan dan akuntansi. Dari single-entry bookkeeping hingga double-entry yang terintegrasi, serta otomatisasi pelaporan keuangan yang dapat meningkatkan produktivitas.

Laporan keuangan digunakan untuk memberikan informasi kepada para pemimpin bisnis dan stakeholders untuk membuat keputusan yang tepat. Selain itu, umumnya software ini sudah sesuai regulasi, sehingga keakuratan data menjadi kuncinya. 

Manfaat Berinvestasi di Software Laporan Keuangan

Data perusahaan, baik yang berupa keuangan dan non-keuangan, akan terus berubah. Update dan pelaporan real time dapat meningkatkan efisiensi karena semua update dilakukan secara otomatis di dokumen dan laporan.

Laporan yang terupdate membantu Anda mengecek dan mengelola pengeluaran dengan lebih baik. Data ini berguna dalam proses revisi untuk memotong biaya yang tidak diperlukan.

Dengan mengimplementasikan software di perusahaan Anda, karyawan Anda akan menghemat waktu untuk tugas-tugas berulang, tidak perlu mencatat dan menghitung secara manual lagi. Perhitungan secara manual tentu saja akan berakibat pada human error, yang nantinya malah menyebabkan kerugian karena kesalahan nilai pada saldo laporan. Karyawan pun menjadi lebih produktif dan bisa mengerjakan pekerjaan lain tanpa harus stuck di satu pekerjaan. 

Manfaat lain dari software keuangan adalah dapat terintegrasi dan terotomatisasi dalam menangani berbagai tugas seperti transfer dokumen antar departemen. Ini berarti karyawan Anda dapat menggunakan waktunya untuk hal-hal yang lebih valuable karena pekerjaan mereka menjadi lebih efisien dan efektif.

Umumnya, software laporan keuangan seperti MASERP sudah memiliki format dan perhitungan sesuai dengan SAK (standar akuntansi keuangan) sehingga bagi karyawan yang bukan dari background akuntansi tidak perlu repot memahaminya. Anda bisa memperoleh laporan keuangan dan laporan bisnis yang lebih akurat, serta dapat memakainya untuk mendapatkan smart insight mengenai proses keuangan perusahaan.

Data yang ada di dalam software keuangan sangat beragam, Anda dapat memilih data tertentu untuk dipelajari agar menemukan dimana kendala atau permasalahan serta dapat segera menentukan solusi permasalahan tersebut.

Manfaat lainnya, scalability dalam software laporan keuangan yaitu software dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis tanpa biaya tambahan. Saat perusahaan Anda berkembang, software masih dapat mengelola pekerjaan sehingga karyawan Anda tidak kewalahan atau melewati deadline.

Fitur Software Laporan Keuangan

Software laporan keuangan perusahaan yang baik, tidak hanya memfasilitasi pencatatan akun dan pelaporan keuangan seperti arus kas, neraca dan laba rugi, tetapi juga dapat terintegrasi dengan berbagai modul lain seperti pembelian, penjualan, persediaan barang dan lain sebagainya. Berikut ini beberapa fitur yang seharusnya ada di software laporan keuangan Anda.

Financial Tracking (Pelacakan Keuangan)

Software manajemen keuangan yang berbasis website memiliki transparansi dalam pelaporannya serta dapat dikontrol secara real time. Transparansi memiliki makna bahwa analisis bisnis itu dapat dilakukan secara sederhana seperti koordinasi dalam eksekusi alur kerja keuangan.

Sederhananya, software laporan keuangan Anda memiliki dashboard yang dapat disesuaikan atau customizable, laporan yang bisa diatur dengan menampilkan matriks tertentu dan memberikan notifikasi ke karyawan yang tepat sesuai tanggung jawabnya.

Financial Planning (Perencanaan Keuangan)

Software laporan keuangan Anda juga harus bisa merencanakan keuangan dan menyesuaikan dengan strategi bisnis perusahaan secara menyeluruh. Contoh dari perencanaan keuangan seperti persetujuan budgeting atau anggaran.

Otomatisasi Keuangan

Salah satu manfaat dari penggunaan software untuk kegiatan operasional perusahaan adalah karyawan tidak perlu lagi mengerjakan pekerjaan berulang atau double input. Dengan software otomatis yang menangani proses keuangan yang dilakukan berulang dan bisa diprediksi, konsistensi kerja karyawan akan meningkat serta beban kerja karyawan juga berkurang.

Approval Instan

Time is precious. Tidak sedikit karyawan yang membutuhkan banyak waktu untuk meminta persetujuan proposal anggaran, faktur dan masih banyak lagi. Dengan software manajemen keuangan, Anda bisa mengatur approval atau persetujuan sehingga inisiator dan pemberi persetujuan bisa mengajukan dan menyetujui permintaan melalui teknologi cloud, tanpa perlu mencari dan menunggu orang yang bersangkutan untuk bertemu. Anda tidak lagi bergantung pada rangkaian koordinasi email untuk mengupdate proses keuangan.

Mobile Friendly

Software perusahaan sebaiknya dapat digunakan oleh tim keuangan Anda di berbagai device seperti smartphone, tablet dan device agar dapat membuat pekerjaan mereka lebih lancar dan cepat. Mereka dapat melakukan input data atau tracking data dari berbagai device di mana saja dan kapan saja. Oleh karena itu, pilih software yang tidak hanya dapat dipakai di komputer atau desktop kantor, tetapi yang website based dan fleksibel seperti MASERP.

Software Penjualan

Baca Juga: MASERP: ERP Terbaik dengan Fitur Lengkap dan Terpercaya

Rekomendasi Software Laporan Keuangan 2023

Anda bisa melihat berbagai laporan keuangan dan bisnis di modul Report Center. Seluruh data yang tersaji di laporan ini dapat digunakan sebagai bahan pembuat keputusan bisnis untuk saat ini dan periode berikutnya. Jangan sampai anggaran melebihi budget, jadi Anda bisa memonitor nilainya dari mana saja dan kapan saja.

Pembuatan laporan secara manual memiliki kekurangan hanya dapat dicek performanya saat akhir bulan saja, tetapi dengan MASERP, Anda dapat mengecek performa bisnis beserta nilai anggaran secara real time.

Laporan keuangan yang ada di MASERP dapat diedit sesuai kebutuhan perusahaan Anda seperti blok teks, kolom, rumus, appearance, design, layout, dan lain-lain.

Sebelum membuat laporan neraca dan laba rugi, Anda wajib membuat general ledger untuk memberi info yang berhubungan dengan saldo dan nilai transaksi dari setiap kode akun di suatu periode akuntansi. Anda dapat membuatnya di Akun GL (akun general ledger) yang berisi akun-akun jurnal dan buku besar sampai menjadi laporan keuangan. Contoh dari akun general ledger adalah akun aktiva seperti persediaan, kas, piutang, tanah dan lain-lain.

Di fitur GL Kategori, Anda dapat mengelompokkan kode rekening atau akun berdasarkan sifat, manfaat dan tujuan. Fungsinya agar semua transaksi keuangan tercatat dan tersusun menjadi laporan keuangan dan dapat dipertanggungjawabkan ke pihak manajemen.

Fitur Budgeting membantu Anda menyusun rencana secara sistematis mengenai seluruh kegiatan untuk waktu yang akan datang. Sedangkan Budgeting Cost Center dipakai untuk divisi tertentu, per akun tertentu. Di MASERP, Anda bisa membuat budgeting untuk tahun berjalan di tiap cost center, apakah budgetnya sudah sesuai atau melebihi budget yang sudah ditetapkan. Di sini Anda dapat menginput data dengan memilih departemen, cost center, kode GL, keterangan dan nominal budget (bulan 1-12).

Fitur selanjutnya di modul General Ledger adalah Daftar Transaksi GL yang digunakan untuk semua jurnal seperti jurnal penyesuaian, jurnal utang piutang dan lain-lain.

MASERP pun memiliki fitur tutup buku, yang akan membuat semua transaksi pembelian dan penjualan kosong, tetapi faktur yang belum lunas akan tersaji di bulan berikutnya untuk ditagih atau dilunasi dan terdapat di menu bayar utang dan terima pembayaran. Saat tutup buku, MASERP akan mengubah bulan fiskal +1 dan tanggal fiskal di bulan ini. Contohnya Anda berada di fiskal 001 lalu menutup buku maka fiskal berubah 002, menjadi 01/02/2022 s/d 28/02/2022.

Modul Daftar Laporan di MASERP sangat lengkap, tidak hanya menyajikan laporan keuangan tetapi juga cetakan transaksi, penjualan dan pembelian, utang dan piutang, persediaan barang (inventory), cash dan bank, laporan general ledger, aktiva tetap dan laporan tiap departemen perusahaan.

Daftar cetakan transaksi meliputi penjualan, pembelian, cash dan bank, inventory, pelunasan utang dan piutang, cetak bukti akun GL, tanda terima dan payment request, project billing, produksi (WO, raw material dan finished goods), kwitansi, uang muka (supplier dan customer), kasbon karyawan, cetakan daftar approval, invoice uang muka tipe 2 dan fixed asset.

Daftar laporan customer dan piutang meliputi rekening koran, piutang per wilayah, piutang per faktur, PPN masukan, PPN keluaran, dan lain-lain.

Daftar laporan penjualan meliputi sales order, pengiriman barang, penjualan, sales performance, komisi salesman, salesman dan reward.

Daftar pembelian meliputi purchase request, purchase order, penerimaan barang dan pembelian.

Daftar laporan persediaan barang meliputi laporan kartu inventory, daftar inventory, transaksi inventory, analisa inventory, status mutasi dan inventory per item. 

Cara Print Laporan Neraca Skontro
Cara Print Laporan Laba Rugi MASERP

Anda dapat menemukan laporan keuangan neraca dan laba rugi dalam daftar general ledger. Selain kedua laporan tersebut juga terdapat laporan daftar akun, laporan transaksi GL, laporan ratio dan budget. Nah, untuk laporan cash flow, Anda dapat melihatnya di daftar cash dan bank.

Cara Print Laporan Arus Kas MASERP

Laporan aktiva tetap dan laporan tiap departemen pun terdapat di Daftar Laporan MASERP. Lengkap, bukan?

Untuk menampilkan dan mencetak tiap laporan, Anda bisa memilih berdasarkan currency, pilih bank serta menyortir waktu berdasarkan bulan atau tanggal yang diinginkan. Hampir semua laporan di MASERP dapat ditampilkan atau dicetak satu halaman atau setengah halaman.

Kesimpulan

Nah, itu tadi penjelasan lengkap mengenai software laporan keuangan perusahaan beserta manfaat dan rekomendasinya. Sebaiknya Anda memilih software keuangan yang dapat terintegrasi dengan modul lain seperti software MASERP sehingga Anda tidak perlu membeli satu software untuk tiap departemen.

MASERP yang sudah dipercaya ribuan perusahaan lokal dan mancanegara dari berbagai industri. Selain fitur yang lengkap dan dapat dicustom sesuai flow perusahaan, vendor satu ini juga memberikan jasa after sales berupa trainingupdate program dan dedicated support di hari dan jam kerja lewat chat bubble di dalam program ERP sehingga konsumen tetap terbantu jika menemui kendala.

Apakah perusahaan Anda saat ini membutuhkan software ERP dengan fitur lengkap dan dapat disesuaikan dengan bisnis flow? Segera konsultasikan kendala dan kebutuhan perusahaan Anda dengan konsultan ahli kami sekarang, gratis!

New call-to-action