Perbedaan Tutup Buku Akhir Bulan & Tutup Buku Koreksi

Pada dasarnya Anda harus menutup buku untuk memulai lagi pembukuan yang akan datang. Tutup buku ada dua jenis, yaitu tutup buku akhir bulan dan tutup buku koreksi.

Apa sajakah perbedaan dua jenis tutup buku tersebut? Mari kita bahas lebih lanjut.

Tutup Buku Akhir Bulan

Tutup buku akhir bulan adalah semua master akun bulan ini akan dipindahkan ke bulan depan dan saldo berjalan akan dipindahkan menjadi saldo awal bulan depan.

Proses ini dapat dilakukan tiap akhir bulan. Setelah selesai tutup buku, anda memulai mengisi transaksi yang baru pada awal bulan baru.

Tutup Buku Koreksi

Tutup buku koreksi adalah semua master akun bulan ini yang mengalami perubahan akan dipindahkan ke bulan depan dan perubahan saldo berjalan akan dipindahkan menjadi saldo awal bulan depan.

Pada saat Anda sudah melakukan tutup buku dan ada kesalahan di bulan sebelumnya, tentunya Anda akan memperbaikinya, bukan?

Setelah memperbaikinya, di sinilah Anda harus tutup buku koreksi, agar data yang ada dibulan selanjutnya dapat valid dengan bulan sebelumnya.

Misalnya di bulan Februari ingin menambah nomor perkiraan baru, tetapi Anda perlu koreksi transaksi bulan sebelumnya. Dalam proses ini fitur tutup buku koreksi akan merubah saldo awal Februari nomor perkiraan neraca sesuai dengan saldo akhir nomor perkiraan neraca di bulan Januari. Semua transaksi jurnal atau nomor perkiraan baru tetap dipertahankan.

Pencatatan secara manual tentu saja akan membutuhkan banyak waktu dan berpeluang besar adanya human error.

Untuk memudahkan Anda memiliki laporan keuangan yang sudah sesusai dengan akuntansi, Anda sebaiknya menggunakan software akuntansi MASERP.

MASERP memiliki fitur Report Center di mana Anda bisa mencatat dan menghasilkan laporan keuangan secara otomatis yang meliputi laba rugi, neraca, penjualan dan lain-lain.

Anda bisa membuat laporan keuangan dengan proses yang mudah dan bisa mengupdatenya kapan pun Anda butuhkan tanpa perlu menunggu akhir bulan atau tutup buku.

MASERP merupakan software ERP di mana semua fungsi bisnis dapat terintegrasi sehingga Anda akan lebih mudah melakukan pelacakan dan evaluasi di semua fungsi bisnis dan departemen di perusahaan Anda.

MASERP menyediakan software yang dapat dicustom sesuai dengan bisnis flow perusahaan Anda.

Segera konsultasikan kebutuhan perusahaan Anda dengan konsultan ahli kami di sini.

Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa share, ya!