HR Management: Pengertian dan 5 Fungsi Penerapannya di Perusahaan

Mengelola sumber daya manusia ada kaitannya dengan HR management atau biasa kita kenal dengan HRM. HR management ini hal umum yang dilakukan di perusahaan dalam menunjang kinerja karyawan.

HR management sering diterapkan untuk perusahaan bersekala besar yang sudah memiliki pola dan prosedur yang baik untuk membantu mewujudkan visi dan misi pada perusahaan. Tetapi banyak juga karyawan dan pegawai yang abai dan menyepelekan hal tersebut, sehingga tidak bisa terlaksana dengan program yang maksimal.

Pada artikel ini akan kami jelaskan tentang HR management secara lengkap dan beberapa fungsinya yang umunya dilakukan perusahaan. Mari kita simak berikut ini.

Pengertian HR Management

Semua perusahaan memiliki berbagai macam sumber daya sebagai input dan bisa diubah menjadi output berupa produk, barang dan jasa. Salah satunya termasuk dalam sumber daya adalah modal dan teknologi untuk menunjang proses produksi ataupun strategi yang digunakan perusahaan.

Jika dilihat dari sisi perusahaan, HR management adalah proses yang membantu perusahaan mencapai tujuannya dengan memanfaatkan sumber daya manusia yang dimiliki, tetapi human resource development menjadi kegiatan perusahaan upaya mengembangkan kemampuan dan kompetensi semua sumber daya yang dimiliki.

HRM saat ini mempunyai perkembangan dalam fungsinya yaitu untuk mengembangkan kebijakan SDM yang sesuai dengan prosedur dan sistem yang ada pada perusahaan. Tetapi sekarang fungsinya bisa menyebar dengan menyediakan SDM yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Salah satu contohnya HR management dalam hal ini dalam proses seleksi merekrut karyawan, atau perkembangan karir seperti promosi jabatan, pelatihan keterampilan dan keahlian karyawan dan lainnya.

Baca Juga: 6 Tips Jitu Membuat Email Lamaran Kerja Biar Dilirik HRD

Manfaat Human Resource Management

Ada banyak manfaat HRM bagi sebuah perusahaan, jika fungsi human resource management berjalan dengan baik benar. Beberapa manfaat yang mungkin diperoleh perusahaan yaitu:

  • Standar dan prosedur operasional perusahaan.
  • Menggambarkan nilai-nilai yang memberikan prinsip panduan yang bisa diterapkan dalam mengelola SDM
  • Prosedur formal dan metode yang bisa digunakan untuk menempatkan rencana strategis dan kebijakan perusahaan
  • Menjadi pedoman yang bisa mendefinisikan nilai-nilai, prinsip, dan strategi yang harus diterapkan oleh perusahaan
  • Tujuan perusahaan bisa diidentifikasi
  • Strategi SDM, kebijakan, dan praktik yang akan dilaksanakan bisa sesuai dengan rencana yang ditentukan.
  • Sebagai pendekatan informal yang digunakan dalam mengelola SDM
  • Adanya solusi dari risiko yang mungkin terjadi dalam perusahaan.
HRM Adalah

Fungsi Human Resource Management

Job Analysis

Sesuai dengan strategi perusahaan yang telah ditetapkan oleh management, maka departemen SDM membuat analisa skill, abilty dan knowledge dari yang diperlukan perusahaan untuk menjalankan strategi perusahaan. Analisa ini biasa disebut job analysis.

Kemudian analisa ini dikembangkan menjadi struktur organisasi dengan job description, dari job description untuk menjalankan strategi perusahaan. Pada job description itu tentu ada requirement skill, ability dan knowledge. Proses inilah yang disebut job design

Recruitment and Selection

Departemen SDM kemudian membuat iklan lowongan kerja dan mengadakan rekruitment dan tentu saja menyeleksi pelamar-pelamar kerja. Rekruitmen adalah proses dari perusahaan mencari pelamar-pelamar untuk kemungkinan dijadikan karyawan.

Selection merupakan proses seleksi untuk mengidentifikasi para pelamar yang sesuai dengan skill, ability dan knowledge yang dibutuhkan perusahaan untuk menjalankan strategi perusahaan.

Training and Development

Setelah departemen SDM mendapatkan staf sesuai dengan jobs requirement, ada posisi-posisi tertentu yang memerlukan training khusus, ada posisi-posisi yang tidak perlu training khusus karena skill sudah dimiliki oleh staf baru ini. Departemen juga perlu memberikan pengembangan-pengembangan soft skill untuk melihat potensi leadership dari setiap staf yang telah direkrut.

Performance Management

Tujuan performance management adalah untuk memastikan bahwa aktivitas , hasil kerja dan produktivitas karyawan sesuai dengan strategi perusahaan. Departemen SDM perlu membuat sistem penilaian karyawan supaya ada peningkatan produktivitas dari karyawan.

Tentu saja peningkatan produktivitas ini juga harus disertai peningkatan kesejahteraan karyawan. Manajer yang memiliki pengetahuan detail mengenai pekerjaan dari bawahannya cenderung memberikan penilaian performance secara subyektif. Untuk manajer yang tidak menguasai secara detail pekerjaan dari anak buahnya, menggunakan alar ukur performance dalam penilaian performance.

Pay Structure, Incentives, and Benefits

Departemen perlu membuat struktur gaji misalnya gaji pokok dan tunjangan. Tujuannya supaya standarisasi struktur penggajian perusahaan jelas, dan pengeluaran perusahaan untuk gaji sesuai produktivitas dari karyawan :

  • Perusahaan yang dalam masa perkembangan akan lebih banyak memberikan incentive untuk memacu karyawannya berinovasi.
  • Pay structure, incentives, and benefits juga mengantisipasi jika kondisi ekonomi perusahaan memburuk.
  • Incentives dibuat untuk memotivasi karyawan bekerja lebih produktif lagi.
  • Perusahaan yang dalam masa mature akan lebih banyak memberikan benefit.
  • Sementara benefits adalah sebagai upaya perusahaan agar karyawan senang dan menikmati bekerja di perusahaan.

Untuk itu perusahaan harus pandai-pandai mengatur pay structure, incentives dan benefits supaya produktivitas karyawan tinggi dan tidak membebani perusahaan.

Perusahaan perlu menjaga hubungan yang baik dengan karyawan-karyawan. Departemen harus memahami undang-undang tenaga kerja setempat. Departemen SDM juga perlu menjaga hubungan yang baik jika ada pembentukan serikat buruh pada perusahaan tersebut.

Penerapan HRM di Perusahaan

Pengelolaan HR management bagi perusahaan tentunya bukan sesuatu yang mudah. Diperlukan kerja keras upaya dari tim HRD atau manajemen personalia untuk mengelompokkan keahlian setiap karyawan dan menempatkan pada posisi yang tepat bagi perusahaan.  Hanya dengan cara demikian, maka manfaat HRM bisa didapatkan dan fungsi human resource management dapat maksimal. Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menerapkan HRM bagi perusahaan antara lain:

  • Melakukan management trainee untuk fresh graduate supaya kebutuhan perusahaan terhadap SDM bisa tepat sasaran.
  • Menetapkan SDM skill setiap karyawan sesuai dengan keahlian dan kompetensi yang dimiliki.
  • Menentukan HRM atau SDM dengan perencanaan struktur dan job desk karir karyawan.
  • Mendukung dan menghargai kebutuhan karyawan seperti memberikan apresiasi atas keberhasilannya melaksanakan tugas dari manajemen.
  • Melakukan penilaian dan evaluasi terhadap setiap SDM yang telah ditempatkan pada job desc masing-masing.

SDM dengan skill dan keahlian yang tepat akan lebih produktif jika diberikan teknologi atau fasilitas yang mendukung pekerjaannya. Misalnya SDM yang memiliki tanggung jawab dalam manajemen keuangan perusahaan. Tanpa diberikan suatu alat bantu, maka skill dan keahliannya akan tampak biasa-biasa saja.

Kesimpulan

Selain komponen human resource management yang perlu Anda perhatikan. Manajemen keuangan perusahaan pun juga tidak kalah penting dan tidak boleh diabaikan. Karena seperti yang kita tahu, kondisi keuangan perusahaan memegang peranan penting dalam operasionalnya.

Penerapan HRM yang baik terbukti membantu perusahaan mencapai target dengan baik dan maksimal. Oleh sebab itu sebaiknya perusahaan memfokuskan hal tersebut serta memiliki sistem yang salah satunya melalui penggunaan produk atau software yang sesuai, Contohnya dengan menggunakan software akuntansi modren seperti MASERP.

MASERP menawarkan layanan hybrid cloud, di mana Anda bisa memasang software di server kantor atau di cloud.

Software tetap bisa dipakai meskipun tidak ada koneksi internet, kemudian MASERP dapat digunakan lebih dari satu perusahaan tanpa biaya tambahan.

Dengan database SQL server, MASERP kuat menampung jutaan transaksi dan tidak akan corrupt. Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan kendala apa yang Anda hadapi kepada konsultan ahli kami. Gratis!

Baca Juga: Payroll Adalah Sistem Modern untuk Penggajian Karyawan

New call-to-action