5 Template Forecast Penjualan Terbaik dan Tips Menjalankannya

Kamu memiliki kesulitan dalam memutuskan nilai penjualan di bisnismu? Mungkin kamu perlu menggunakan forecast penjualan untuk menentukan estimasi nilai penjualannya.

Namun, sebelum itu ketahui terlebih dulu apa itu forecast penjualan. Jadi, forecast penjualan adalah sebuah metode atau kunci dalam kerangka kerja manajemen perusahaan untuk menentukan estimasi nilai penjualan, di mana hal tersebut bisa berupa (yang dapat berupa tenaga penjual perorangan, tim penjualan, atau perusahaan) pada minggu, bulan, kuartal, atau tahun berikutnya.

Ringkasnya, forecast penjualan adalah ukuran yang diproyeksikan terkait bagaimana pasar akan merespons segala upaya saat bisnis sudah masuk ke pasar luas.

Perlu kamu tahu, bahwa sistem ini bisa menghasilkan jawaban dari analisis data penjualan perusahaan kamu sebelumnya.  Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengetahui terkait produk serupa yang dijual oleh kompetitor perusahaan kamu, serta mengetahui strategi pasar terhadap produk atau layanan yang kamu berikan.

Tips Jitu dalam Melakukan Forecast Penjualan

Tidak asal karena kegiatan ini bergantung dari banyak faktor maka kamu perlu mengetahui beberapa tips jitu dalam melakukan forecast penjualan. Karena untuk meningkatkan proses perkiraan perusahaan bergantung pada banyak faktor, seperti koordinasi organisasi, otomatisasi, data, hingga metodologi yang digunakan. 

Nah, umumnya untuk melakukan forecast penjualan setidaknya kamu harus ikuti tips berikut ini:

Kolaboratif

Tips yang pertama adalah kolaboratif di mana para pimpinan harus memadukan pemasukan dari berbagai peran penjualan, unit bisnis, serta wilayah. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui gambaran dari tim penjualan terkait pasar yang sebelumnya belum pernah kamu pertimbangkan.

Baca Juga: Pahami 4 Jenis Jurnal Penjualan dan Cara Pencatatannya

Berdasarkan Data

Tips kedua adalah melakukan berdasarkan data analisis prediktif di mana tips ini bisa mengurangi dampak subjektivitas. Dengan menggunakan definisi data umum serta garis dasar maka hal tersebut bisa membantu mendorong keselarasan hingga menghemat waktu.

Diproduksi Secara Real Time

Tips berikutnya yang bisa dilakukan adalah proses produksi bisa dilakukan secara real time. Karena, dalam hal apapun waktu adalah investasi nyata yang bisa dimanfaatkan untuk mengoreksi atau memperkirakan ulang terkait memungkinkan kegiatan penjualan sehingga tim penjualan bisa mengetahui wawasan lebih cepat dan tepat.

Terlebih permintaan dan perubahan pasar bisa terjadi dengan cepat, sehingga tips di atas bisa membantu memperbaharui prediksi dengan cepat pula.

Lebih Baik dari Waktu ke Waktu

Terakhir, kamu bisa menggunakan data yang diberikan oleh proses perkiraan penjualan yang sudah ditingkatkan, sehingga data menjadi lebih tersaring dengan keakuratan yang lebih update dari waktu ke waktu. Namun, agar kegiatan forecast penjualan di perusahaan berjalan dengan baik, maka perusahaan butuh alat prediksi yang lebih canggih berkinerjanya daripada alat yang sering digunakan perusahaan sejenisnya. 

Nah, buat kamu yang ingin melakukan forecast penjualan bisa gunakan beberapa template forecast penjualan terbaik berikut ini : 

Template Forecast Penjualan Terbaik

Template Archive

Template forecast penjualan terbaik yang pertama adalah template archive. Di mana template ini umumnya digunakan untuk membuat anggaran kuartalan yang biasa dijadikan pilihan untuk para bisnis lokal untuk melihat bagaimana perkiraan penjualan dan anggaran mereka. 

Dengan template ini, bisa memungkinkan kamu untuk memvisualisasikan data dari kuartal ke kuartal. Khususnya lebih ke bagaimana perhitungan estimasi pendapatan penjualan perusahaan kamu untuk mengcover pengeluaran yang dilakukan.

Smartsheet – Template Forecast Penjualan 12 Bulan

Pilihan template selanjutnya adalah smartsheet di mana template ini menjadi pilihan yang tepat, terutama bagi kamu yang memiliki bisnis untuk memproyeksikan penjualan di masa depan. Pasalnya template ini bisa membantu kamu menunjukkan analisis bulanan dari prediksi penjualan kamu.

Selain itu, template ini juga bisa digunakan untuk menunjukkan perkiraan penjualan dengan baik di jenis bisnis lokal berupa produk, sehingga hal tersebut bisa membantu menunjukkan kemungkinan mereka dalam melakukan perincian penjualan bulanan berdasarkan produk. Dengan template ini, kamu hanya cukup memasukkan data produk dan penjualan bulanan kamu di template tersebut.

HubSpot – Template Forecast Penjualan Berbasis Kesepakatan (Deal-Based)

Rekomendasi template forecast penjualan selanjutnya adalah HubSpot, yang bisa digunakan untuk melakukan perkiraan penjualan berbasis kesepakatan pada setiap kuartal. 

Adapun, template ini lebih berfokus pada transaksi penjualan di mana penjualan yang dimaksud dibagi dengan beberapa komponen seperti peluang, perusahaan, perwakilan penjualan, jumlah dolar dan kemungkinan ditutup.

Selain itu, template ini juga sangat ideal untuk melakukan eksekutif penjualan di mana perusahaan ingin melakukan forecasting berdasarkan dari perkembangan kesepakatan penjualan dalam jalur penjualan mereka. Sehingga, hal tersebut bisa memunculkan kemungkinan dalam menguasai operasi penjualan. 

Close – Template Forecast Penjualan Multiproduk

Berikutnya ada template dari Close yang biasa digunakan untuk template penjualan multiproduk 12 bulan di mana template ini juga cocok untuk bisnis lokal dengan lini produk yang berbeda. Pasalnya, penggunaan template ini lebih menunjukkan penjualan berdasarkan produk.

Plan Projections – Template Forecast Penjualan Eceran (Retail)

Rekomendasi template yang terakhir ini bisa dibilang paling baik untuk jenis bisnis retail. Pasalnya ini adalah template tahunan yang digunakan untuk menunjukkan perkiraan penjualan di mana metodenya menggunakan metriks yang berpusat pada ritel.

Contohnya, seperti penjualan harian selain foot traffic. Tidak sulit, dalam menggunakan template ini kamu hanya memasukkan data penting saja, misalnya seperti data persentase pengunjung, pelanggan yang melakukan pembelian, foot traffic dan pengeluaran mereka di toko kamu.

Kesimpulan

Bagaimana? Sudah tahu apa itu forecast penjualan yang sering digunakan perusahaan untuk mengetahui prediksi atau perkiraan nilai penjualan di masa depan. Biasanya kegiatan ini dilakukan oleh bisnis lokal yang menggunakan beberapa template yang bisa disesuaikan oleh jenis perusahaan. 

Selain menggunakan template tersebut, sepertinya kamu juga butuh software akuntansi modern seperti MASERP agar pekerjaanmu dalam mencatat penjualan dan pengeluaran bisa dilakukan lebih mudah dan akurat. 

Sama seperti penggunaan template forecast penjualan, software akuntansi ini juga bisa digunakan sesuai jenis bisnis atau kebutuhan perusahaan itu sendiri. Intinya, MASERP akan membantu segala proses pencatatan, laporan keuangan dan lainnya agar bisa diselesaikan lebih mudah, cepat, dan akurat.

Baca Juga: ERP Retail: 8 Fitur ERP yang Dibutuhkan Bisnis Retail

New call-to-action