ERP Menjadi Solusi untuk 6 Industri Bisnis Ini. Apa Saja Itu?

Enterprise Resource Planning atau biasa kita kenal dengan istilah ERP adalah sebuah software yang berfungsi untuk mengelola berbagai aktivitas manajemen proses bisnis dalam suatu organisasi.

Setiap perusahaan dan organisasi menghadapi tantangan yang sama, yaitu untuk selalu kompetitif dalam dunia bisnis, namun di waktu yang bersamaan juga dituntut untuk tetap fleksibel. Untuk menghadapi tantangan tersebut, perusahaan membutuhkan solusi yang dapat menyimpan dan mengakses informasi dalam satu platform agar proses bisnis menjadi lebih mudah dan terawasi.

Karena kebutuhan inilah, ERP hadir sebagai solusi yang mengintegrasikan segala fungsi bisnis yang berbeda ke dalam satu sistem dan membuatnya dapat terkoneksi satu sama lain. Dengan menggunakan ERP Anda dapat menyederhanakan pekerjaan di setiap departemen.

Kapan Waktu yang Tepat Menggunakan ERP?

ERP sangat patut dipertimbangkan untuk masuk dalam daftar salah satu strategi bisnis di masa depan. Berikut adalah faktor yang dapat dijadikan tolak ukur ketika sudah saatnya Anda mempertimbangkan penggunaan solusi ERP:

  1. Anda memiliki banyak aplikasi bisnis yang berbeda tapi semuanya tidak terhubung satu sama lain.
  2. Perusahaan Anda ingin memulai unit bisnis baru dan mencapai kegiatan operasional yang fleksibel dan efisien.
  3. Sulit memiliki akses ke data dan informasi yang Anda butuhkan untuk mengambil keputusan bisnis.
  4. Merasa butuh untuk menjaga dan meningkatkan keamanan aset penting (data) bisnis Anda.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Accounting Software Terbaik Indonesia Tahun 2021

Industri yang Membutuhkan Software ERP

ERP adalah menjadi solusi yang dapat digunakan untuk berbagai sektor seperti manufaktur, kesehatan, pendidikan, ritel, dan sebagainya. ERP memungkinkan perusahaan dari berbagai industri untuk mengelola seluruh fungsi bisnisnya.

ERP dapat dijadikan salah satu strategi bisnis karena dapat menghubungkan pekerjaan administratif dan operasional untuk membantu perusahaan mencapai fleksibilitas dan keunggulan operasional.

Apakah perusahaan Anda bergerak di bidang jasa layanan kesehatan atau organisasi yang ingin memperlancar prosesnya, dampak software ERP terhadap bisnis atau perusahaan tidak hanya untuk 1 industri, namun software ERP dapat diimplementasikan di banyak industri.

Berikut adalah beberapa contoh industri yang dapat bertumbuh lebih baik karena software ERP:

Kesehatan

Dari regulasi hingga biaya, industri ini berada dalam posisi unik yang dapat dibantu oleh software ERP. Perawatan pasien, penggajian, kontrol persediaan. Ini hanya beberapa contoh tentang bagaimana software ERP dapat membantu, apakah Anda adalah praktik swasta yang berkembang atau rumah sakit yang membutuhkan bantuan operasional.

Hospitality

Ketika datang ke industri perhotelan, ada begitu banyak barang bergerak yang harus bekerja untuk pelanggan untuk menerima layanan terbaik. Faktanya, jika organisasi Anda tidak berjalan seperti kapal yang ketat, itu mungkin membocorkan keuntungan. Alur kerja otomatis dari software ERP dapat membantu menghemat waktu dan mengurangi stress.

Layanan Jasa Profesional

Untuk efisiensi optimal, software ERP membantu layanan profesional di sejumlah bidang. Ini termasuk menyimpan catatan pengeluaran dan memperoleh data karyawan dengan cara yang efisien. Akibatnya, siklus penagihan berkurang, biaya tetap rendah, laba meningkat dan inventaris tetap terkendali.

Pabrik & Distribusi

Karena ekonomi global terus berubah, demikian pula kebutuhan pelanggan, software ERP memungkinkan para distributor dan produsen untuk mengendalikan biaya, rantai pasokan, dan inventaris mereka yang mengarah pada pelanggan yang lebih bahagia dan keunggulan persaingan yang lebih baik.

Organisasi Nirlaba

Untuk alasan efisiensi dan kepatuhan, sistem pelaporan yang sesuai standar yang berlaku sangat penting untuk organisasi nirlaba. Solusi penggajian mandiri, pelaporan keuangan yang akurat dan kontrol anggaran hanyalah beberapa cara software ERP dapat membantu organisasi nirlaba mencapai tujuan mereka.

Konstruksi

Ketika datang ke perdagangan khusus dan penyewaan peralatan di industri konstruksi, pengendalian biaya, tenggat waktu, dan inventaris sangat penting. Solusi ERP yang solid dapat membantu perusahaan konstruksi merampingkan operasi mereka dengan alur kerja otomatis belum lagi manajemen inventaris sehingga pengawas dapat fokus pada pekerjaan mereka tidak tenggelam dalam urusan administrasi.

Contoh Perusahaan yang Menggunakan Software MASERP

PT. Fajar Inti Plasindo

PT. Fajar Inti Plasindo adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang produksi gelas-gelas plastik atau cup di Indonesia. Mereka berusaha menghasilkan produk dengan kualitas yang tinggi agar dapat memenuhi kepuasan pelanggannya.

Sebelum meggunakan software MASERP, PT. Fajar Inti Plasindo sudah mengalami kerugian yang menumpuk selama bertahun-tahun. Beberapa kerugiannya adalah data kas kantor dan pabrik yang sering tercampur sehingga sulit untuk dibedakan, kemudian proses monitor produksi yang tidak tercatat secara komplek, dan pembuatan stock opname yang manual.

Setelah menggunakan MASERP dari tahun 2020, poin khusus yang dibutuhkan PT. Fajar Inti Plasindo adalah modifikasi untuk memenuhi kebutuhan 2 nomor transaksi, bahkan bisa menampilkan 2 cetakan (1 internal 1 eksternal), dan memisahkan data kas kantor dari pabrik.

Semua kegiatan pencatatan pembelian dan penjualan jadi lebih efisien kemudian proses produksi sudah tercatat di MASERP. Transaksi kas pabrik dan kantor sudah terpisah dan rapih, nomor transaksi pun sudah tersistem dengan baik.

Bahkan sekarang PT. Fajar Inti Plasindo bisa tracking dalam 5 detik sales order mana yang masih pending. Tim accounting dan finance dapat dengan mudah menarik laporan dengan nomor faktur pajak beserta nominal PPN, juga bisa input ke E-faktur lebih mudah dengan file .csv.

PT. Wilken International

PT. Wilken International adalah perusahaan manufaktur furnitur kantor dan work station merk GRESCO. Sebelum mengenal ERP yang dapat mengefisiensikan pekerjaan mereka (sistem manual), mereka kesulitan berkomunikasi antar karyawan dan pabrik pusat, serta dalam menghasilkan data-data yang tidak transparan.

Setelah menggunakan MASERP dari tahun 2010, PT Wilken International memodifikasi special request program MASERP standar menjadi Kitchen Display System yang mana semua proses produksi termonitor secara ringkas dan instan.

Setiap step produksi terlihat di layar monitor setiap harinya, PT Wilken International dapat dengan mudah tracking performa masing-masing workstation dari Loading Dock Monitor.

Saat ini peforma produksi PT Wilken International menjadi 100% lebih mudah dan transparan, tidak ada lagi kesulitan komunikasi antara kantor pusat dan pabrik cabang yang dulu menghabiskan durasi 30-40 menit untuk setiap jeda produksi.

PT. Mitra Cipta Semesta

PT. Mitra Cipta Semesta adalah salah satu perusahaan importir & distributor terpercaya di Indonesia untuk produk lampu OPPLE yang merupakan produk ternama dari negara China.

Sebelum mengenal sistem ERP, PT. Mitra Cipta Semesta masih menggunakan sistem yang manual, membuat perusahaan mengalami kesulitan untuk beroperasi secara cepat & tepat. Kesalahan & perlambatan yang terjadi akibat kesalahan input, kesulitan dalam menentukan batas limit pada setiap agen dan sistem penagihan yang lambat kepada agen memberikan dampak pada pendapatan perusahaan.

Setelah menggunakan MASERP sejak 2018, MASERP menyediakan solusi pada sistem approval secara mendetail dan juga tentunya secara online. Modifikasi special yang disesuaikan dengan kebutuhan, membantu kegiatan operasional menjadi lebih efektif & efisien secara keseluruhan.

Modifikasi untuk divisi sales kini telah banyak membantu PT. Mitra Cipta Semesta dalam memfilter calon agen mereka dan dapat menentukan limit yang lebih terarah dan tepat sasaran untuk setiap agen sesuai dengan kemampuannya.

Dengan MASERP, pendapatan PT. Mitra Cipta Semesta meningkat secara signifikan sebanyak 20%. Karena melihat pertumbuhan & kinerja operasional yang sangat baik dan semakin dipercaya oleh principle OPPLE untuk memegang lebih banyak wilayah di Indonesia.

Dari 3 wilayah, kini PT. Mitra Cipta Semesta dipercaya untuk memegang 7 wilayah di seluruh Indonesia. Tidak hanya merk OPPLE, PT. Mitra Cipta Semesta pun juga dipercaya menjadi distributor utama di Indonesia untuk merk SIMON – SWITCHES yang merupakan produk dari Spanyol.

Kesimpulan

Software ERP adalah sistem yang dapat membantu Anda menyelesaikan pekerjaan dengan lebih mudah dan efisien, bukan sebaliknya. Oleh sebab itu dibutuhkan berbagai alasan yang tepat mengapa Anda harus memilih software tersebut.

Di tengah banyaknya pilihan software ERP untuk jenis-jenis industri yang ditawarkan, Anda bisa menggunakan beberapa cara untuk mengetahui software apa saja yangg cocok untuk perusahaan Anda.

Salah satunya Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti MASERP, yang menyediakan berbagai fitur layanan yang cukup lengkap seperti perhitungan pajak otomatis, perhitungan keuangan, pengelolaan aset, audit terhadap data serta berbagai fitur lengkap lain yang dibutuhkan untuk sebuah software akuntasi yang baik.

MASERP juga sangat cocok untuk berbagai skala perusahaan mulai dari kecil, menengah hingga besar karena memberi penawaran harga yang cukup bervariasi dan menarik. Penawaran ini akan membantu Anda untuk memilih software yang  sesuai dengan tingkatan kebutuhan perusahaan Anda.

MASERP memiliki fitur Barcode Scanner untuk penerimaan barang, surat jalan dan penjualan produk yang bisa membantu meningkatkan kecepatan dan keakuratan kinerja Anda.

Dengan fitur Serial Number dan Batch Number di MASERP, Anda bisa melacak expiry date demi menjaga kualitas produk. Fitur Quantity Minimum akan memberikan warning kepada Anda apabila persediaan fisik sudah berada pada jumlah di bawah Qty Min yang sudah disetting.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan bagi perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan dengan konsultan ahli kami, sekarang!

Baca Juga: 5 Alasan ERP Distributor Wajib Digunakan di Bisnis Anda

New call-to-action