Apa Itu Supply Chain? 6 Manfaat Beserta Jenisnya

Supply chain atau rantai pasokan adalah hubungan antara perusahaan dengan pihak-pihak yang terlibat dalam produksi dan pengiriman produk atau jasa. Komponen rantai pasokan meliputi produsen, vendor, gudang, perusahaan transportasi, distributor, dan retail atau pengecer. Terdengar rumit ya karena berhubungan dengan banyak pihak? Jangan khawatir, di artikel kali ini akan dijelaskan mengenai apa itu supply chain, manfaat, prinsip, serta komponen dan contoh supply chain management.

Pengertian Supply Chain

Supply chain meliputi setiap tahap yang terlibat dalam mendapatkan produk atau jasa ke pelanggan, metode penyalurannya harus terintegrasi sesuai aturan dari awal transaksi hingga sampai ke pembeli.

Hubungan pada rantai pasokan dimulai dari produsen bahan mentah dan berakhir saat kurir mengantarkan produk jadi ke pelanggan.

Setiap perusahaan perlu menjalankan manajemen rantai pasokan dengan tepat karena proses supply chain yang optimal akan menghasilkan biaya yang cenderung lebih sedikit dan siklus produksi pun menjadi lebih efisien. Untuk mengurangi biaya pengeluaran dan meningkatkan profit, perusahaan Anda perlu meningkatkan supply chain.

Tahapannya dapat meliputi mencari bahan baku, proses produksi, kemudian mengangkut produk jadi ke pusat distribusi atau toko eceran tempat produk tersebut dapat dikirim ke pelanggan. Supply chain dimulai ketika bisnis Anda memperoleh pesanan.

Baca Juga: Supply Chain Management

Prinsip Supply Chain

Ada beberapa prinsip yang harus Anda perhatikan sebelum memulai supply chain yaitu meriset kebutuhan pasar dengan memperhatikan jenis barang apa yang sedang meningkat permintaannya. Kedua yaitu membangun komunikasi dan relasi kepada seluruh pihak.

Penting untuk meningkatkan jaringan distribusi dari satu jangkauan ke jangkauan yang lebih luas, karena itu peran marketing dalam memasarkan segala proses dengan tujuan promosi akan sangat membantu dalam mengoptimalkan prinsip supply chain.

Apabila proses supply chain mengandalkan teknologi seperti software dan mesin produksi yang andal, Anda dapat memproduksi lebih banyak produk lebih cepat. Membangun relasi yang baik dengan semua pihak termasuk supplier, vendor, distributor dan pelanggan juga dapat meminimalisir biaya dan dapat terus improvisasi produk.

Anda perlu menyesuaikan supply chain dengan kebutuhan pelanggan, menggunakan jaringan logistik dalam distribusinya dan melakukan penyesuaian antara perencanaan perusahaan dengan permintaan pasar yang tinggi.

Manfaat dan Tujuan Supply Chain

Meningkatkan Efisiensi

Saat bisnis Anda menggabungkan supply chain, logistik yang saling terintegrasi, dan strategi yang tepat dalam inovasi produk, berarti Anda sudah berada di posisi aman untuk memenuhi dan memprediksi permintaan pelanggan. Bisnis Anda dapat lebih aktif menyesuaikan keadaan ekonomi yang fluktuatif dan lifecycle produk yang lebih singkat waktunya.

Meminimalisir Biaya

Salah satu keuntungan dari supply chain management adalah dapat menurunkan biaya di berbagai bidang. Yang paling penting adalah dapat meningkatkan sistem inventory, menyesuaikan gudang barang jadi sehingga mengantisipasi resources yang rusak, dan meningkatkan hubungan Anda dengan distributor dan vendor.

Meningkatkan Output

Meningkatkan komunikasi adalah salah satu manfaat manajemen rantai pasokan. Apa itu supply chain akan membuat koordinasi dan kolaborasi perusahaan Anda menjadi lebih baik, misalnya dengan pihak transportasi, vendor, dan supplier.

Meningkatkan Profit

Ketika Anda menempatkan bisnis Anda terbuka untuk teknologi baru dan kolaborasi yang lebih baik di berbagai bidang, Anda yakin bahwa ini akan meningkatkan keuntungan bisnis.

Mengantisipasi Penundaan

Melalui komunikasi, Anda dapat mengurangi keterlambatan dalam proses Karena setiap orang mengetahui apa yang mereka lakukan serta apa yang dilakukan orang lain, hal ini akan mengurangi keterlambatan pengiriman dari vendor, kesalahan logistik di saluran distribusi, dan penundaan di jalur produksi.

Meningkatkan Jaringan Supply Chain

Mempertahankan sistem manajemen rantai pasokan yang berkelanjutan bukan hal yang mudah. Salah satu cara terbaik adalah dengan memakai kombinasi praktik lean (seperti pembuangan limbah) dengan tepat. Perencanaan strategi rantai pasokan dan menggabungkan semua informasi yang dikumpulkan di berbagai sektor bisnis akan membantu Anda memiliki jaringan rantai pasokan yang lebih baik.

Baca Juga: ISO 28000 dalam Supply Chain Management

Jenis Rantai Pasokan

Jenis supply chain yang dipilih perusahaan akan bergantung pada struktur perusahaan dan kebutuhan spesifiknya. Berikut beberapa contohnya:

Supply Chain Berkelanjutan

Jenis supply chain tradisional ini cocok untuk perusahaan yang membuat produk yang sama dan memiliki sedikit variasi. Produk harus dalam permintaan tinggi dan memerlukan sedikit atau tanpa desain ulang.

Apabila ada ketidakstabilan, Anda dapat memperpendek waktu produksi dan menjaga kontrol persediaan produk. Dalam jenis ini, Anda perlu mengisi bahan baku secara teratur untuk mencegah kemacetan produksi.

Supply Chain Cepat

Jenis ini sangat cocok untuk perusahaan yang menjual produk berdasarkan tren terkini. Bisnis yang menggunakan jenis supply chain ini perlu memasarkan produknya dengan cepat untuk memanfaatkan tren yang ada.

Mereka perlu berpindah dengan cepat dari ide ke prototipe, lalu ke produksi dan  konsumen. Fast fashion merupakan contoh industri yang menggunakan jenis supply chain ini.

Supply Chain Fleksibel

Perusahaan yang memproduksi barang dagangan musiman cocok memakai jenis supply chain fleksibel. Bisnis ini mengalami lonjakan permintaan produk di waktu tertentu, tetapi sedikit atau tidak ada permintaan dalam waktu lama.

Jenis ini memastikan Anda dapat bersiap lebih cepat untuk memulai produksi dan menutup segera setelah permintaan berkurang. Agar mendapatkan untung dari penjualan, Anda harus dapat memprediksi kebutuhan bahan baku, persediaan, dan tenaga kerja secara akurat.

Komponen Supply Chain Management

Setelah mengetahui apa itu supply chain beserta manfaat dan jenisnya, mari kita ke pembahasan selanjutnya yaitu komponen supply chain management.

Ada 4 komponen supply chain untuk memperoleh keuntungan serta tujuan secara efektif:

  • Melakukan perencanaan dan menentukan bagaimana layanannya dapat memenuhi kebutuhan terkait. Sehingga, tujuan utamanya untuk mengembangkan strategi dalam meningkatkan keuntungan berdasarkan indikator keberhasilan.
  • Menentukan asal dan stok. Anda dapat memperoleh lebih banyak bahan baku produksi dengan memanfaatkan relasi dan komunikasi yang baik, fokus di pengembangan sumber daya di segala aspek, termasuk proses pengiriman hingga pembayaran produk.
  • Pembuatan produk yang dimulai dari perencanaan, pengujian serta pengemasan terkait peningkatan intensitas dari rantai pasokan. Sehingga pengukuran kualitas, efisiensi dan produktivitas dapat terjamin.
  • Perencanaan pengiriman pada departemen terkait dalam layanan logistik berkualitas, begitu pula dengan persiapan pengembalian barang (retur) dari konsumen jika mereka tidak mendapatkan barang yang sesuai. Respon fleksibel sangat dibutuhkan di tahap ini.

Baca Juga: 7 Strategi Supply Chain Terbaik untuk Bisnis Anda

Kesimpulan

Jenis supply chain meliputi supply chain berkelanjutan, cepat dan fleksibel. Manfaat supply chain antara lain meningkatkan efisiensi, meminimalisir biaya, meningkatkan output bisnis dan profit, mengantisipasi penundaan proses kerja, serta meningkatkan jaringan supply chain.

Peningkatan efisiensi dan produktivitas kinerja supply chain juga dapat dibarengi dengan penggunaan software yang bisa terintegrasi dengan seluruh kegiatan perusahaan seperti MASERP.

Software akuntansi dan manufaktur MASERP ini bisa memberikan kemudahan bagi Anda dalam melacak ketersediaan barang dan daftar transaksi kapan pun. MASERP memiliki fitur Bill of Material yang berfungsi mencatat semua purchase order (PO) dan ketersediaan bahan baku produksi.

Untuk menghindari double produksi, ada fitur Batch Number yang bisa memudahkan Anda membedakan produksi di waktu yang berbeda dan mengevaluasi produk yang tidak sesuai standar.Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan kendala apa yang Anda hadapi kepada konsultan ahli kami. Gratis!

New call-to-action