ERP Accounting: Fungsi, Jenis dan Manfaat Bagi Perusahaan

Pengelolaan seluruh kegiatan perusahaan dapat menjadi hambatan apabila tidak dikelola dengan baik. Saat ini, pengelolaan kegiatan di perusahaan sudah dilakukan dengan memanfaatkan suatu teknologi atau aplikasi. Hal tersebut dilakukan untuk memudahkan proses pengelolaan tersebut hingga dapat memangkas waktu dan biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan. Salah satu penerapan dari penggunaan software tersebut adalah dengan memanfaatkan software ERP, khususnya ERP accounting.

Dengan software ERP, perusahaan dapat melakukan pengelolaan dengan lebih terintegrasi dan terjamin dari segi keamanan data. Lalu, apa itu ERP accounting? Bagaimana perusahaan dapat memanfaatkannya? Simak penjelasan berikut mengenai ERP accounting.

Pengertian ERP Accounting

ERP dapat diarikan sebagai suatu sistem terintegrasi. ERP atau Enterprise Resource Planning secara bahasa diartikan sebagai perencanaan sumber daya perusahaan. ERP biasanya berbentuk software atau aplikasi yang digunakan untuk mengelola dan mengkoordinasi informasi pada setiap unit pada perusahaan.

Pada umumnya, ERP digunakan untuk perencanaan terkait tujuan perusahaan. Meskipun penggunaan ERP dikaitkan dengan perusahaan besar tetapi kini sudah mulai bisa merambah ke UMKM dan berbagai industri.

ERP accounting digunakan khusus untuk pengelolaan akuntansi perusahaan di setiap bagian dengan mengacu pada satu sistem. ERP accounting memungkinkan perusahaan untuk mengintegrasikan berbagai fungsi pengelolaan akuntansi pada setiap proses bisnis perusahaan.

Baca Juga: Lisensi ERP: Apa Bedanya Perpetual dan Subscription?

Fungsi ERP Accounting

ERP pada umumnya memiliki beberapa fungsi, yaitu:

Integrasi

Fungsi integrasi dari ERP maksudnya adalah untuk mengintegrasikan setiap proses bisnis perusahaan di setiap unit yang ada. Singkatnya, dengan memanfaatkan ERP setiap unit akan saling berkaitan pada suatu sistem untuk pengelolaan data terkait

Pengelolaan Data

Software ERP digunakan perusahaan untuk mengelola data yang ada pada perusahaan. ERP dapat dimanfaatkan perusahaan untuk memproses seluruh transaksi dan aktivitas keuangan dan operasional perusahaan.

Penyimpanan Data

Menyimpan data perusahaan yang rumit akan dipermudah dengan adanya ERP. Dengan database yang ada pada ERP, setiap data pada perusahaan akan disimpan dan dapat dimanfaatkan sewaktu-waktu jika diperlukan.

Akses Data

ERP juga bertujuan untuk memudahkan perusahaan dalam mengakses data. Keuntungan dari penggunaan ERP bagi perusahaan adalah data apapun yang tersimpan dapat diakses secara terintegrasi dan real-time.

Baca Juga: Pentingnya Manajemen Data Bagi Perusahaan

Jenis ERP Accounting

Sama halnya dengan ERP, ERP accounting juga terdiri dari beberapa jenis, yaitu:

ERP On Premise

ERP on premise adalah software ERP yang digunakan untuk perusahaan secara luring atau offline. Penggunaan ERP diintegrasikan melalui sistem yang terpasang di area tempat kerja/perusahaan. Kelemahan dari sistem ini adalah hanya bisa diakses pada saat kita berada di kantor.

ERP Cloud

ERP cloud adalah perkembangan mutakhir dari software dalam beberapa tahun ke belakang. Ya, ERP jenis ini memiliki beberapa kelebihan dari sistem penyimpanan data yang sudah tersimpan pada cloud. Singkatnya, dengan karakteristik tersebut, penyimpanan data akan dilakukan secara otomatis dan dapat diakses secara real-time.

Baca Juga: Cloud Computing: Iaas, Saas dan Paas

Manfaat ERP Accounting

Selain berfokus pada pengelolaan akuntansi, ERP accounting juga dapat melakukan fungsi-fungsi lain yang berkaitan dengan akuntansi perusahaan. Hal tersebut merupakan salah satu bentuk manfaat dari penerapan ERP accounting pada perusahaan.

Terdapat beberapa manfaat lain yang akan didapatkan perusahaan jika menggunakan software ERP pada pengelolaan akuntansinya, yaitu:

Menghemat Biaya

Membuat suatu sistem dan menggunakannya akan berdampak langsung pada biaya operasional. Ya, dengan menggunakan ERP accounting, biaya operasional dalam mengelola akuntansi perusahaan akan terpangkas dan perusahaan akan menjadi lebih hemat.

Mengapa demikian? Hal tersebut dikarenakan dengan otomasi dan integrasi saat menggunakan ERP dapat menyelesaikan seluruh pengelolaan dan pekerjaan kompleks terkait pengelolaan akuntansi dengan biaya yang tidak banyak karena sistem yang sudah mengutamakan teknologi. Bahkan, untuk beberapa posisi, sistem pada software ERP dapat mengurangi biaya tenaga kerja karena sudah mampu mengerjakan pekerjaan manual secara otomatis.

Efisiensi

ERP menyelesaikan seluruh pengelolaan dan pekerjaan lebih efisien secara waktu karena sudah diatur dengan sistem otomatis. Fungsi koordinasi antar unit juga akan semakin efisien dikarenakan semua. Hal tersebut juga dapat menjadikan pengambilan keputusan dari pihak manajemen menjadi lebih efisien dan cepat tanggap.

Koordinasi

Koordinasi antar unit di suatu perusahaan terkadang sulit untuk dilakukan. Perbedaan fungsi dan prioritas yang mungkin menjadi penghalang antar unit untuk berkolaborasi. Dengan adanya data pada ERP accounting, pengelola antar unit hanya perlu mengakses data pada ERP untuk langsung melakukan pengelolaan data terkait kepentingan akuntansi perusahaan. Bahkan untuk ERP jenis cloud, data yang diakses dapat berupa data terbaru secara real-time.

Keamanan Data

ERP yang sudah terintegrasi pada umumnya memiliki sistem keamanan data yang mampu melindungi data akuntansi perusahaan. Dengan menggunakan ERP, maka perusahaan akan menyimpan data pada suatu database yang hanya bisa diakses oleh pihak tertentu. Hal ini juga bertujuan untuk melindungi dari penyalahgunaan data perusahaan yang ada.

Baca Juga: 6 Langkah Implementasi ERP Lengkap dan Anti Gagal

Kesimpulan

ERP dapat diartikan sebagai suatu sistem terintegrasi dalam bentuk software atau aplikasi yang digunakan untuk mengelola dan mengkoordinasi informasi pada setiap departemen perusahaan. ERP accounting memungkinkan perusahaan untuk mengintegrasikan berbagai fungsi pengelolaan akuntansi pada setiap proses bisnis perusahaan.

Ada beberapa fungsi ERP yaitu untuk mengintegrasikan setiap proses bisnis perusahaan di setiap unit yang ada, untuk mengelola data yang ada pada perusahaan, menyimpan data perusahaan yang rumit, dan untuk memudahkan perusahaan dalam mengakses data.

Manfaat ERP accounting yaitu menghemat biaya, efisiensi kerja dan waktu, koordinasi antar unit, dan keamanan data. Salah satu software ERP yang dapat memberikan manfaat tersebut adalah MASERP.

Dengan menggunakan MASERP, perusahaan akan terbantu dalam setiap tahapan pengelolaan akuntansi. Tak hanya itu, perusahaan juga dapat mengelola dan menyajikan laporan keuangan yang bisa ditampilkan atau diperoleh sesuai keinginan.

Penghitungan dari laporan keuangan tersebut tersebut kini sudah tak perlu dilakukan dengan cara manual. Dengan menggunakan MASERP, perusahaan dapat melakukan penghitungan laba hingga membuat laporan secara keseluruhan. Hal ini dapat dilakukan dengan cukup mudah karena MASERP merupakan software akuntansi yang mampu mengakomodasi seluruh kegiatan akuntansi perusahaan.

Berbagai macam penghitungan atas pengelolaan keuangan dapat dilakukan secara terintegrasi. MASERP juga sudah menyediakan pilihan dalam bentuk cloud atau penggunaan server lokal yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengelolaan dana yang perlu dicatat sebagai bagian dari laporan keuangan perusahaan.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang memberikan banyak kemudahan, langsung saja konsultasikan kepada konsultan ahli kami. Gratis!

New call-to-action