Apa Perbedaan CRM dan ERP? Berikut Ini Fiturnya!

Apakah kalian sering mendengar istilah CRM atau ERP? Apa perbedaan CRM dan ERP?

Pada era tekhnologi saat ini, hampir segala sesuatu dapat dilakukan lebih efisien karena adanya tekhnologi dan internet. Tidak dipungkiri adanya proses manajemen perusahaan yang sudah terbantu dengan adanya aplikasi pendukung seperti CRM dan ERP.

Kedua aplikasi ini memiliki tujuan yang sama, untuk memudahkan proses manajemen data dalam meningkatkan produktivitas kerja dan efesiensi dalam perusahaan.

Tetapi aplikasi ini mempunyai proses kerja yang berbeda, dimana keduanya saling melengkapi. Untuk lebih lengkapnya mari kita simak perbedaan dari CRM dan ERP di bawah ini.

Pengertian CRM

Customer relationship management atau CRM adalah sistem dan proses untuk mengelola interaksi perusahaan dengan calon pelanggan maupun pelanggan eksisting.

Pada CRM yang sering kita ketahui adalah CRM software. Software CRM digunakan untuk mengelola, mengotomatisasi, dan mensinkronisasi sales, marketing, dan customer service.

CRM berfungsi untuk memperbaiki customer experience, yaitu dengan meningkatkan loyalitas pelanggan sehingga dapat meningkatkan customer retention, dan pada akhirnya memberikan keuntungan bagi bisnis.

Sistem CRM merupakan proses mengidentifikasi pelanggan potensial, menuntun mereka selama proses penjualan melalui sales funnel, hingga akhirnya terjadi close deal.

Fitur-Fitur CRM

  • Manajemen Kontak

Fitur ini memungkinkan perusahaan untuk melacak dan mengubah informasi pelanggan, seperti kontak, invoice, dan dokumen lainnya yg berhubungan dengan pelanggan.

  • Pelacakan Interaksi Pelanggan

Fitur ini dapat melacak riwayat informasi pelanggan, seperti melacak dan melihat pembayaran, untuk meningkatkan proses penjualan. Fitur ini dapat dimanfaatkan untuk membuat segmentasi pelanggan berdasarkan perilaku maupun ketertarikan mereka.

  • Manajemen Database

Fitur ini sangat membantu seluruh departemen dalam perusahaan untuk mengakses informasi yang sama dengan mudah secara terpusat.

  • Pengelolaan Pelanggan

Dengan fitur ini, perusahaan dapat melacak dari mana saja prospek berasal dan melihat progress mereka pada funnel melalui sales pipeline.

Pengertian ERP

Jika aplikasi CRM berfokus pada data-data pelanggan, maka aplikasi Enterprise Resource Planning atau ERP akan berfokus pada data-data yang lebih luas cakupannya, mulai dari pra produksi, finansial, HRD, pendistribusian produk, pembuatan laporan, hingga data-data investor dan lain sebagainya.

ERP merupakan aplikasi modular yang berfungsi untuk mengintegrasikan area fungsional utama yang berasal dari proses bisnis industri perusahaan ke dalam sebuah sistem.

ERP diciptakan oleh Gartner pada tahun 1990 yang mendeskripsikan evolusi dari MRP dan MRP II yang keduanya berkembang dari manufaktur ke bagian lainnya dari perusahaan.

Sistem ERP bisa menjalankan hampir semua proses bisnis di dalam industri perusahaan. Karena sistem ini sudah didukung dengan teknologi yang canggih seperti database dan hardware.

Oleh sebab itu saat ini banyak perusahaan industri yang menggunakan sistem ERP. Sistem ini sudah terintegrasi dengan berbagai bidang di sebuah perusahaan mulai dari bidang produksi, QC, QC, HRD, hingga marketing.

Ada beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan sistem ERP, yaitu sebagai berikut.

  • Integrasi antara bisnis dan akurasi data akan menjadi lebih baik.
  • Bisa melakukan perencanaan dan manajemen sistem informasi dengan lebih baik.
  • Produktivitas dan efisiensi proses bisnis bisa meningkat.
  • Prosedur dalam melakukan proses bisnis akan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan secara internasional.

Fitur-Fitur ERP

  • Manajemen Keuangan

Fitur manajemen keuangan dan akuntansi merupakan inti dari sistem ERP. Beberapa fungsinya antara lain untuk mengelola hutang, piutang, buku besar, dan manajemen aset tetap.

  • Manajemen Sumber Daya Manusia

Fitur ini berfungsi untuk mengelola penjadwalan jam kerja, pendistribusian gaji, dan permohon izin sakit.

  • Pengelolaan Inventory

Beberapa fungsi dari fitur ini meliputi pengaturan pemesanan ulang secara otomatis, pemberitahuan jumlah stok barang, serta status mesin produksi. Ini berfungsi untuk melihat proses produksi secara keseluruhan dan bagaimana mengontrolnya lebih baik.

  • Manajemen Supply Chain

Fitur ini meliputi pengelolaan pesanan pembelian, distribusi, monitoring kualitas, ketaatan terhadap peraturan, dan manufaktur.

Baca Juga : Software ERP Itu Apa? Bedanya dari Software Accounting?

Sistem ERP

Perbedaan CRM dan ERP

Sistem CRM dan ERP menggunakan pendekatan berbeda untuk meningkatkan keuntungan perusahaan. ERP berfokus untuk mengurangi biaya overhead dan memotong biaya yang tidak perlu.

Dengan membuat proses bisnis berjalan lebih efisien, ERP dapat mengurangi jumlah pengeluaran capital pada proses tersebut.

Sementara itu, CRM bekerja untuk meningkatkan keuntungan dengan menghasilkan penjualan yang lebih banyak melalui interaksi dengan pelanggan yang lebih baik.

Jika Anda memerlukan sistem yang dapat bermanfaat untuk bagian finance, warehouse, dan operasional lainnya, ERP dapat menjadi pilihan yang tepat.

Sebaliknya, CRM merupakan solusi yang lebih khusus. Banyak solusi ERP yang menawarkan fungsi CRM di dalamnya, begitu juga sebaliknya.

Namun, tentu fitur yang berkaitan dengan interaksi pelanggan tidak selengkap seperti pada software CRM.

Perbedaan utama keduanya terletak pada cakupannya. Ketika membandingkan antara CRM vs ERP, perlu dilihat kebutuhan bisnis secara menyeluruh untuk menentukan fungsi mana yang secara spesifik dibutuhkan.

Pilih Software CRM atau ERP?

Memilih antara sistem CRM atau ERP bergantung pada seberapa perlu manajemen prospek dan sales tracking di perusahaan Anda.

ERP merupakan solusi yang dapat membantu merampingkan berbagai proses bisnis yang berbeda. Sementara itu, CRM biasanya terdiri dari fitur-fitur yang berkaitan dengan pelanggan.

Untuk itu, jika Anda hanya memerlukan fungsi CRM dan tidak perlu merampingkan operasi bisnis di area lainnya seperti keuangan dan logistic software CRM dapat menjadi pilihan tepat.

Namun, jika Anda memerlukan solusi untuk alur kerja selain CRM di waktu yang akan datang, Anda mungkin sekarang Anda bisa mempertimbangkan ERP karena memiliki proses bisnis yang saling terintegrasi.

Terdapat 3 faktor utama yang harus dipertimbangkan:

  • Kebutuhan bisnis
  • Investasi yang ingin dilakukan
  • Skala bisnis

Sistem CRM biasanya lebih murah dibandingkan sistem ERP. Selain itu, aplikasi CRM memberikan banyak manfaat bagi bisnis kecil-menengah yang masih bertumbuh untuk mendorong jumlah penjualan.

Sedangkan ERP memberikan manfaat bagi perusahaan besar dan kompleks untuk memotong biaya dan mengefisienkan sistem.

Kesimpulan

Seperti yang sebelumnya sudah kita bahas di atas, bahwa kedua aplikasi ini memiliki persamaan tujuan, yaitu untuk memudahkan urusan data manajemen.

Tetapi, dari segi perbedaannya sudah jelas keduanya berjalan dengan cara masing-masing. Antara aplikasi CRM dengan ERP harus bisa dipadupadankan dengan baik sehingga menghasilkan data yang valid untuk kemudian dikelola sebagai referensi pengambilan keputusan.

Jadi, kesimpulannya adalah Anda sebaiknya menggunakan kedua aplikasi ini untuk mengurus data-data manajemen perusahaan.

Kedua aplikasi ini akan memudahkan Anda dalam mengelola data secara real time dan pastinya akan meningkatkan produktivitas karyawan dari berbagai divisi.

Karena seluruh karyawan akan mengetahui data yang sama dan paling update untuk dijadikan laporan atau evaluasi.

Tetapi jika Anda memang membutuhkan software ERP Indonesia, lengkap dan sudah terintegrasi dengan baik, Anda dapat menggunakaan MASERP, karena MASERP ini merupakan ERP berbasis cloud terbaik dan mampu melakukan custom sesuai kebutuhan perusahaan.

Selain itu, proses pembuatan laporan juga menjadi lebih mudah dan tidak membutuhkan waktu yang banyak.

Nah, itulah beberapa ulasan yang perlu Anda ketahui seputar perbedaan aplikasi CRM dan ERP. Semoga ulasan ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin mengembangkan perusahaan dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Baca Juga : 5 Software ERP Indonesia Terbaik Tahun 2021 (Dengan Harga)

New call-to-action