Contoh Software ERP: Perbedaan Software Akuntansi dan ERP

Di masa pandemi, sekalipun kegiatan kita dibatasi dengan bekerja dari rumah, bukan berarti kita tidak bisa produktif, bukan? Bagaimana jika pengelolaan kegiatan bisnis mulai dari keuangan, pengadaan, dan produksi bisa dilakukan dengan otomatis? Pasti menyenangkan kalau hal ini bisa diwujudkan, maka dari itu, software ERP hadir menjawab kebutuhan tersebut. Yuk kita ketahui contoh software ERP dan perbedannya software akuntansi dan ERP di artikel kali ini.

Contoh Software ERP

MASERP by MAS Software

Contoh software ERP pertama adalah MASERP by MAS Software sebagai solusinya, karena dapat dikustomisasi sesuai flow bisnis Anda dan diintegrasi dengan aplikasi lain seperti POS dan HRIS. Sistemnya dapat dipasang di server perusahaan Anda atau di cloud karena hybrid online.

Baca Juga: ERP Software Indonesia: Kelebihan dan Fitur Lengkap MASERP!

MASERP adalah software karya anak bangsa yang cocok untuk bisnis berskala menengah ke atas dengan multi departemen, multi cabang dan multi gudang. Anda dan pengguna lainnya dapat mengaksesnya dari berbagai device karena sistemnya web based dan user friendly. Harga untuk paket manufacturing 5 user sebesar Rp90.000.000,- dan paket distribution atau trading hanya Rp75.000.000,- dengan 5 user.

Untuk jasa after salesnya menjadi nilai plus karena Anda mendapatkan dedicated support di hari dan jam kerja melalui program MASERP, training, update program dan lain sebagainya. MASERP sebagai software terbaik ERP Indonesia memiliki fitur lengkap yang terdiri dari:

  • Inventory Management (Multi Warehouse)
  • Account Receivable
  • Account Payable
  • General Ledger / Accounting (Multi Cabang/Cost Center)
  • Fixed Asset (Aktiva Tetap)
  • Cash Ledger (Multi Currency)
  • Manufacturing
  • Purchase Order, Purchase Request, RFQ, RFQ Comparison
  • Purchasing
  • Sales Order/Quotation
  • Sales Invoicing
  • User Management & Security
  • Project Costing & Billing
  • Multi Company

Intacct

Intacct adalah aplikasi manajemen keuangan berbasis cloud yang dibuat untuk usaha kecil hingga menengah yang mencari solusi untuk operasi sehari-hari mereka. Keuangan intinya mengotomatiskan proses vital untuk mengurangi ketergantungan Anda pada spreadsheet, dan memberi Anda visibilitas yang lebih besar ke dalam kinerja bisnis waktu-nyata Anda.

Anda dapat menyesuaikan sistem untuk bisnis Anda dengan mengkonfigurasi alur kerja, layar, dan preferensi, semua tanpa pengkodean yang rumit. Karena keandalannya dan fitur akuntansi yang luas, Intacct diakui oleh AICPA sebagai penyedia utama aplikasi terkait keuangan untuk CPA.

Platform keuangan yang canggih memungkinkan Anda untuk menambahkan modul untuk manajemen multi-entitas, akuntansi proyek, manajemen waktu dan biaya, manajemen kontrak, penagihan langganan, penjualan dan pajak penggunaan, layanan pengiriman cek, dan manajemen persediaan barang. Intacct adalah solusi keuangan serba guna yang dirancang untuk meningkatkan efisiensi, meningkatkan produktivitas tim, dan memajukan bisnis Anda.

Brightpearl

Brightpearl adalah sistem manajemen retail multi-channel yang menangani spektrum penuh dari proses bisnis terkait pesanan, inventaris, pelanggan, akuntansi dan pelaporan, semua dalam satu platform terpadu.

Multi-channel retailer dapat mempercepat pertumbuhan dan memaksimalkan keuntungan dengan kemampuan Brightpearl untuk mengelola berbagai tugas dan aktivitas bisnis ritel dalam satu sistem yang dapat diandalkan. Brightpearl memiliki alat yang menyediakan laporan real-time pada persediaan barang, arus kas, profitabilitas berdasarkan SKU dan channel, perilaku pembelian pelanggan dan banyak lagi.

Analisisnya dapat memberikan informasi penting tentang operasi inti sementara integrasinya dengan platform e-commerce terkemuka memungkinkan pengguna akses mudah ke beberapa channel baru untuk mengembangkan bisnis mereka. Dengan akuntansi dan pelaporan terintegrasi yang kuat, solusi ini memberikan informasi hingga ke tingkat pelanggan, SKU, dan channel.

PeopleSoft

PeopleSoft adalah produk Oracle yang memungkinkan pengguna untuk membuat koleksi global data SDM dan prosedur bisnis yang ditingkatkan. Platform ini menawarkan kumpulan fungsi sumber daya manusia untuk membantu Anda meningkatkan produktivitas, merampingkan kinerja bisnis, dan menurunkan biaya ownership.

Mulai dari merekrut dan mengelola bakat, sampai meramalkan kebutuhan tenaga kerja masa depan secara akurat, memungkinkan Anda mengelola operasi HR secara proaktif disamping fokus pada inisiatif bisnis strategis.

Namun, spesialisasi PeopleSoft melampaui manajemen manusia karena juga membawa ke fungsionalitas platform untuk manajemen keuangan, manajemen hubungan pemasok, otomatisasi layanan perusahaan, manajemen rantai pasokan, dan toolset pengembangan yang komprehensif, yang semuanya dimaksudkan untuk mengatasi berbagai kebutuhan bisnis yang rumit.

FinancialForce ERP

Contoh software ERP yang terakhir ada financialForce ERP menargetkan organisasi skala menengah yang bertransisi dari CRM ke platform ERP. Aplikasi ini menghilangkan batas-batas antar departemen dengan menyediakan organisasi solusi ERP terpadu yang dibangun di platform Salesforce.

FinancialForce ERP dapat menyelaraskan semua penjualan, layanan, keuangan dan aplikasi SDM dan mengatur mereka untuk memberi Anda proses yang jelas, visibilitas yang jelas dan kemampuan untuk bertindak dari mana saja.

Platform terpadu menyatukan puluhan aplikasi untuk CRM Salesforce, otomatisasi layanan, manajemen keuangan, dan manajemen sumber daya untuk menyelesaikan masalah dan proses bisnis yang paling mendesak. Dengan skalabilitas penuh, Anda dapat memulai platform dengan satu aplikasi dan membiarkannya tumbuh menjadi suite ERP penuh dari waktu ke waktu untuk menyesuaikan kebutuhan bisnis Anda yang sedang berkembang.

Perbedaan Software Akuntansi vs Software ERP

Bisnis software dapat dibedakan berdasarkan fungsinya, seperti software ERP, software Akuntansi, Customer Relationship Management, dan Warehouse Management System. Penggunaan kata software ERP (Enterprise Resource Planning) dan software Akuntansi seringkali digunakan untuk software yang sama. Hal ini menimbulkan banyak pertanyaan, apakah perbedaan antara software akuntansi dan software ERP?

Software Akuntansi

Software akuntansi adalah software yang dapat digunakan untuk mengelola keuangan suatu perusahaan. Mulai dari pengelolaan General Ledger (GL) atau buku besar, pembuatan laporan keuangan seperti laporan laba rugi dan laporan neraca, semuanya dikelola oleh software akuntansi. Software akuntansi yang lebih lengkap bahkan bisa menyimpan transaksi dalam mata uang asing, dan mengelola kurs berbagai mata uang.

Pengertian software akuntansi yang lebih luas juga termasuk modul pendukung lainnya seperti Accounts Receivable (Piutang), Accounts Payable (Hutang), dan Cash/Bank (Kas/Bank). Modul-modul pendukung ini sama seperti buku hutang dan piutang yang mencatat transaksi dengan informasi yang lebih rinci seperti informasi pelanggan, due date dan lainnya.

Software akuntansi yang lebih lengkap bahkan memiliki modul-modul tambahan seperti modul penjualan, pembelian dan gudang (inventory). Semua modul ini terintegrasi dimana transaksi pada modul-modul operasional atau front office tersebut akan otomatis menghasilkan jurnal pada modul akuntansi.

Pada pelaksanaannya, perusahaan yang menggunakan software akuntansi akan mencatat transaksi yang terjadi di lapangan dengan dokumen manual, yang kemudian semua dokumen-dokumen tersebut dikirim ke bagian accounting yang akan memasukan data tersebut ke dalam sistem akuntansi.

Software ERP

Sedangkan software ERP adalah software yang mengelola seluruh proses bisnis mulai dari pembelian, penjualan, gudang, produksi, sampai ke proses keuangan. Software ERP biasanya memiliki fitur yang lebih lengkap yang dapat dikonfigurasi sesuai dengan proses yang ada di suatu perusahaan.

Sama seperti dalam software akuntansi, modul-modul dalam software ERP terintegrasi dengan erat. Transaksi yang terjadi pada modul operasional, akan membentuk transaksi untuk modul berikutnya sampai pada akhirnya menjadi jurnal di modul akuntansi.

Misalnya, pengiriman barang ke customer dapat memicu pembuatan transaksi invoice di modul piutang, yang selanjutnya memicu pembuatan jurnal di modul akuntansi.

Perbedaan Antara Software Akuntansi dan Software ERP

Melakukan Entri Data ke Sistem

Transaksi pada modul ERP dimasukan ke software sejak terjadinya di lapangan, misalnya penerimaan barang digudang akan dimasukan ke sistem langsung oleh bagian gudang. Sedangkan pada software akuntansi bagian-bagian lain mengirim dokumen transaksi ke bagian akuntansi untuk dimasukan ke software.

Banyaknya Fitur dan Fleksibilitas

Software ERP sangat fleksibel dan dapat dikonfigurasi mengikuti proses yang ada dalam perusahaan. Misalnya jurnal yang terjadi dari transaksi sales, dalam software ERP dapat diset ke akun berbeda-beda.

Jumlah Pengguna

Karena software ERP dirancang untuk digunakan pada perusahaan yang lebih besar dengan jumlah karyawan yang banyak, software ERP dapat digunakan oleh banyak users, sampai jumlah ratusan bahkan ribuan tanpa menimbulkan masalah dalam performance software. Kebalikannya software akuntansi biasanya hanya bisa digunakan untuk perusahaan dengan jumlah users lebih sedikit.

Software ERP dan software akuntansi memang memiliki kemiripan, namun ada perbedaan yang jelas. Jika Anda membutuhkan software untuk perusahaan, pastikan Anda sudah jelas apakah membutuhkan software akuntansi atau software ERP.

Kesimpulan

Contoh software ERP yang sudah dijelaskan diatas memang memerlukan investasi yang lumayan, tetapi jika bisnis Anda membutuhkan solusi menyeluruh bagi operasional bisnis, menggunakan software akuntansi MASERP adalah solusi terbaik dalam mengoptimalkan proses ini.

MASERP menawarkan layanan hybrid cloud, di mana Anda bisa memasang software di server kantor atau di cloud. Software tetap bisa dipakai meskipun koneksi internet mati.

MASERP dapat digunakan untuk lebih dari satu entitas perusahaan tanpa biaya tambahan. Dengan database SQL server, MASERP kuat menampung jutaan transaksi dan tidak akan corrupt.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan kendala apa yang Anda hadapi kepada konsultan ahli kami. Gratis!

Baca Juga: Lengkap! Harga dan Fitur 7 Software ERP Terbaik di Indonesia

New call-to-action