Pengertian Pada Sistem Informasi Akuntansi Fungsi dan Manfaatnya

Pada artikel ini, saya akan membahas tentang sistem informasi akuntansi. Siapa yang disini baru mendengar kata SIA?

Mari kita bahas bersama, SIA yaitu Sistem Informasi Akuntansi yang menggunakan komputerisasi untuk mengolah data keuangan, ataupun berhubungan dengan data transaksi dalam siklus akuntansi serta penyajiannya dalam bentuk laporan keuangan.

Pengertian Pada Sistem Informasi Akuntansi

Sebelum kita membahas lebih jauh dari definisi sistem informasi akuntansi, Anda perlu tahu pengertian sistem dan informasi.

Sistem ialah suatu kelompok variable yang berhubungan dengan yang lain untuk tujuan yang tertentu. Sistem ini fungsinya bisa memudahkan pekerjaan yang dapat dilakukan secara terus-menerus atau rutin.

Lalu Informasi yaitu data yang kita dapatkan dari lapangan kemudian diolah untuk dijadikan untuk pengambilan pada keputusan.

Secara sederhana maksut dari definisi Sistem Informasi Akuntansi adalah sebuah sistem pada informasi yang telah dibuat untuk memudahkan kegiatan yang ada kaitannya pada akuntansi.

Baca Juga: Panduan Dasar Akuntansi Untuk Pemula (Dengan Contoh)

Ada 3 definisi menurut ahli manajemen, sistem informasi dan akuntansi :

Menurut Romnet dan Steinbart (2010) SIA merupakan “Sistem yang mengumpulkan, mencatat, menyimpan, dan juga proses data menjadi informasi yang sangat berguna dalam membantu proses pengambilan keputusan”.

Nugroho Widjajanto (2007) menyebutkan ”Sebagai tatanan catatan, perlengkapan alat komunikasi, form catatan, tenaga plaksana, dan laporan yang telah didsign untuk bertransformasi data di keuangan menjadi info yang manajemen butuhkan.

Mulyadi (2009), menyebutkan “bahwa sistem informasi ialah catatan, organisasi formulir dengan laporan yang dikordinasikan menyediakan informasi untuk keuangan yang dibutuhkan oleh manajemen guna memudahkan pengelolaan perusahaan”.

Jadi, manajemen bisa lebih tertata dalam mengkontrol sistem kerja yang telah digunakan. Dahulu catatan akuntansi memakai cara ditulis atau manual, sekarang sistem imformasi dapat dirancang dengan sistem secara otomatis.

Fungsi Sistem Informasi Akuntansi

  1. Penyimpanan dan pengumpulan pada data yang efektif dan efisien pada aktivitas keuangan di organisasi, misalnya mendapatkan data di transaksi dokumen sumber, posting jurnal ke dalam buku besar dan mencatat semua transaksi di jurnal.
  2. Meyiapkan informasi untuk mengambil keputusan, yaitu menghasilkan laporan di manajerial dan laporan keuangan, contohnya laporan di laba rugi.
  3. Bisa memastikan di data transaksi bisnis tersebut, bisa terproses dan terekam dengan aman dan akurat.

Manfaat Sistem Informasi Akuntansi

Ilustrasi Sistem Informasi Akuntansi
Ilustrasi Sistem Informasi Akuntansi (sumber: solusiukm.com)

Dapat diketahui bahwa sistem tersebut bisa menambah nilai organisasi dengan memberikan informasi yang benar dan sesuai.

Perusahaan bisa merancang dengan baik, sehingga bisa memperoleh manfaat yang akan digunakan dalam membantu menentukan pada strategi bisnis perusahaan sebagai berikut:

Mengurangi biaya dan meningkatkan kualitas

Bisa mengawasi kegiatan produksi secara otomatis. Dengan begitu Operator akan diinformasikan jika proses yang berjalan yang kurang dan melebihi batas yang telah ditentukan. Hal itu dapat membantu perusahaan mempertahanan kualitas dan mengurangi jumlah bahan yang terbuang.

Meningkatkan efisiensinya

Anda dapat memperbaiki pada efisiensi suatu proses, karena bisa memberikan informasi tepat waktu. memberikan informasi yang lebih tepat waktu. Contohnya, ada perusahaan menggunakan pendekatan di proses produksi waktu yang membutuhkan informasi secara konstan, tepat dan terbaru pada persediaan untuk bahan baku.

Mempercepat mengambil keputusan

SIA bisa mempercepat mengambil keputusan dengan memberi infor dengan tepat pada waktunya. Contohnya, perusahaan membuat database dengan lengkap berisi informasi transaksi penjualan perharinya. Melalui informasi itu, perusahaan bisa menganalisis produk yang sering di searching, barang yang dibeli dengan jumlah yang banyak, dan juga bisa digunakan sebagai memperbaiki letak pada barang agar penjualannya meningkat.

Berbagi pengetahuan

Bisa mempermudah proses penyaringan atau keahlian. Hal lainnya dapat memperbaiki didalam proses operasional dalam perusahaan, bahkan menjadikan keunggulan pada kompetitif perusahaan.

Elemen Pada Sistem Informasi Akuntansi

Diperlukan beberapa elemen agar sistem tersebut bisa berjalan baik. Elemen tersebut adalah:

  1. SDM yang terlatih dan paham proses pada bisnis akunyan dan keuangan.
  2. Hardware atau komputer yang dapat terhubung ke jaringan dan pelengkap yang lainnya.
  3. Dijalankan prosedur akuntansi dan keuangan
  4. Menggunakan Software akuntansi seperti MAS Software.

Baca Juga: 3 Basic Elements of an Accounting System

Hambatan Pada Sistem Informasi Akuntansi

Saat menjalankan suatu sistem tidak selalu lancar-lancar saja, ada beberapa hambatan yang bisa kita temukan. Hambatan-habatan tersebut dapat kita simpulkan sebagai berikut:

  1. Tidak lengkapnya data keuangan dan informasi yang dihasilkan. Sehingga harus ada proses verifikasi. Butuh waktu yang lebih lama dari yang seharusnya.
  2. Sumber daya manusia yang belum sebenarnya siap menerapkan sistem dan standarisasi dari keuangan baru, menjadikan waktu untuk pelatihan dan penerapannya tertunda.
  3. Perusahaan memerlukan software akuntansi dan perangkat dari komputer yang bisa mensuport aktivitas keamanan dan rahasia pada data keuangan secara tepat.

Apabila perusahaan mengaplikasikannya secara baik, jadi semua laporan bisa disajikan tepat waktu. Sehingga, pihak internal atau eksternal dapat mengambil keputusan tepat bagi perkembangan perusahaan. SIA sangat efektif untuk membantuk dalam perkembangan jangka panjang perusahaan.

Kesimpulan

Pada Sistem Informasi Akuntansi yang mempuni akan mendukung sesuatu usaha, apalagi dengan sistem pencataan sesuai dengan prosedur tersebut.

Melalui sistem informasi, membuat laporan keuangan perusahaan Anda di akhir periode akan jauh lebih mudah dengan dilakukan laporan yang efektif. Dengan sistem Informasi tersebut kinerja dalam perusahaan semakin efektif, efisien dan maksimal.

Dalam memudahkan proses tersebut Anda pasti membutuhkan software akuntansi dengan fitur terbaik dan mudah digunakan contohnya seperti MAS Software.

MAS Software adalah software ERP akuntansi yang dapat di modifikasi sesuai dengan kebutuhan bisnis perusahaan Anda, karena dengan adanya Program WEB –based MASERP dapat digunakan untuk mengintegrasikan data dari seluruh cabang perusahaan ke pusat.

MAS Software dapat dipergunakan dimana saja dan kapanpun, jadi akan lebih memudahkan Anda sebagai pemilik perusahaan memantau keuangan perusahaan dengan transparan dan memudahkan.

Jadikan proses akuntansi perusahaan Anda lebih mudah dan sesuai kebutuhan dengan software akuntansi terbaik di Indonesia, Anda bisa mencoba konsultasi tentang MAS Software secara gratis melalui link dibawah ini.

Dapatkan Free Konsultasi Langsung Dengan Konsultan Ahli Kami

New call-to-action